CS Indosat “Bad Attitude”

Pada tanggal 25 Oktober 2021, saya mengunjungi gerai Indosat Mall Metropolitan Bekasi Barat untuk keperluan ganti kartu upgrade 4G. Namun sangat mengecewakan, setelah saya menunggu 90 menit untuk antrian ganti kartu, ketika dilayani ganti kartu 4G saya WAJIB MEMBAYAR uang sebesar Rp110 ribu, yang nantinya akan dikembalikan dalam bentuk kuota.

Alasannya karena data saya di sistem mereka belum lengkap. Padahal registrasi NIK dan nomor KK sudah sesuai. Validasi tambahan lainnya yang saya sebutkan pun sesuai. Hanya karena di data mereka tidak ada alamat, tempat tanggal lahir, dll, yang pelanggan tidak bisa lengkapi sendiri (hanya bisa diisi oleh petugas) saya WAJIB membayar biaya admin Rp110 ribu, dan sisa kuota yang saya beli sebelumnya pun hangus.

Karena saya menolak untuk membayar administrasi yang tidak jelas, kartu saya pun tidak mau digantikan oleh CS-nya. CS sangat bad attitude, bahkan mengancam kalau saya lapor ke Indosat pusat, nomor saya jadi pascabayar. Lalu temannya (CS di sampingnya) juga sangat mengintimidasi dan menghina saya. Dia mengatakan bahwa saya tidak punya uang untuk membayar dan saya disuruh jadi CS Indosat supaya ngerti. Pantaskah seorang CS berbicara seperti itu? Saya rasa hal tersebut sangat tidak cocok disebut sebagai customer service.

CS Fe*** yang melayani saya dan temannya (sesama CS) yang menghina dan mengintimidasi saya lebih parah attitude-nya. Dia berkata “Gak punya uang kali buat bayar, kalau gak percaya suruh jadi CS Indosat aja!” Dia juga tidak mau menyebutkan nama dan berkata “Kalau saya mau menyebutkan nama, mbak-nya mau apa? Mau pecat saya?”. Masih banyak lagi kata-kata yang seharusnya tidak diucapkan oleh CS. Waktu kejadian pukul 20:30 di Gerai Indosat Mall Metropolitan Bekasi Barat.

Seharusnya pihak Indosat men-training lagi soft skill CS-nya agar tidak bad attitude terhadap pelanggan, serta tidak menipu pelanggan seberapa pun targetnya yang mungkin besar. Saya sangat menyesal menggunakan Indosat dari tahun 2015. Kalau tahu pelayanannya sangat buruk seperti ini, Seumur-umur baru kali ini ditipu, dibentak, dan dihina CS.

Sebelumnya saya sudah komplain melalui Twitter, call center dan email. Namun hanya dari Twitter keluhan saya dibalas. Twitter resmi Indosat mengatakan sudah dibantu follow up, tapi hingga kini tidak ada konfirmasi apapun dari pihak Gerai Indosat, yang seolah-olah tutup mata akan kesalahannya.

Semoga pihak Indosat dapat menanggapi dengan tegas kepada oknum/petugas yang sangat mengecewakan pelanggan, serta mencoreng nama baik Indosat. Semoga tidak ada lagi pelanggan yang merasa ditipu oleh customer service-nya sendiri.

Neni Sugiarti
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai CS Indosat Ooredoo:
[Total:201    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Ibu Neni Sugiarti

Dengan Hormat, Terkait dengan Surat Pembaca yang disampaikan oleh Ibu Neni Sugiarti, seperti yang dimuat di Mediakonsumen.com tanggal 1 November...
Baca Selengkapnya

51 komentar untuk “CS Indosat “Bad Attitude”

    • 1 November 2021 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Mereka sedang menggiring pelanggan untuk beralih ke pascabayar….uang 110rb itu buat kartu pascabayar nanti kamu di kasih kartu baru pas udah selesai(kartu pascabayar) pergantian kartu ke 4G gratis kalo dulu.. tapi sekarang 15rb biayanya

      • 2 November 2021 - (08:45 WIB)
        Permalink

        Emg sprti itu cs gerai indosat klo dlu gnti kartu plg mhal byr 10rb, skrg kdu beli paket baru & paket kita yg masih aktif di hanguskan, yg lbih nyesek lgi kdg jumlah paket yg di msukkan tdak sesuai harga, byr 65rb dpt pket yg 25rb kan anjay bgt tlg lah indosat rubah sistem yg merugikan konsumen sprti itu saya user indosat sejak thun 2006 dg nmr hp 085640424042

        • 2 November 2021 - (19:57 WIB)
          Permalink

          Sekarang saya pindah gunakan kartu XL n Telkomsel yang sinyal stabil. N bagus .. akibat kna palak 600ribu. Buat Aktifin kartu. Sekarang kartu Indosat cm buat aktif2 Wa saja sbln cukup isi 5 ribu. Saya aktifin kenapa.. karena itu kartu lama sejak thn 2005. Dan tmn2 tahunya cm no itu..

    • 2 November 2021 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Wah alasannya bayar berbeda2 ya tiap gerai,tanggal 28 okt kemarin istri saya juga ganti kartu dari 3G ke 4G dan diminta bayar sebesar 110 ribu juga dengan penjelasan dari CS “peraturan baru” sedangkan ganti kartu dari 3G ke 4G melalui website resmi indosat gratis yang nantinya akan dikirim ke alamat tujuan.
      Sangat disayangkan sekali info dari indosat melalui sms tidak dijelaskan kalau pergantian kartu ke 4G di gerai berbayar segitu besar biayanya.

      • 2 November 2021 - (16:47 WIB)
        Permalink

        Setau saya dulu pas di gerai kalo mau ganti kartu 4G, emang dianjurkan buat beli kartu + kuota sih. Dulu bayarnya 85ribu pas awal-awal 4G ada tuh.
        Jadi ya mungkin flow / sop-nya begitu suruh bayar. Karena males ribet, ya ngikutin aja lah flow-nya gimana.

        • 2 November 2021 - (17:24 WIB)
          Permalink

          Wah kalau bicara dulu saya ganti tahun 2019 bulan februari free tidak dipungut sepeserpun,antrian tidak sepanjang dan selama sekarang ini..
          Mungkin karena memang sekarang peraturan baru jadi mesti berbayar.

    • 2 November 2021 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Sama pengalaman saya di indosat. Gerai Indosat Surakarta di SOLO. upgrade 3G ke 4G kena 160rb dan itu buat beli paket 30GB. Padahal saya telepon CS pusat. SOP nya hanya Menunjukkan KTP asli.

      Waktu nomer saya Hangus dan minta di aktifkan kembali harus membayar 160rb dan beralih ke pascabayar. Padahal SOP nya ga kayak gitu. Cuma isi pulsa 25rb dan data diri asli. Saya beralih ke gerai Indosat lain di Sragen. Di sana ramah dan bener bener sesuai SOP. Kartu saya bisa berfungsi lagi.

      Buat kalian, ayo rame rame alih provider. Indosat terburuk

    • 3 November 2021 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Emang bener.
      Kemarin aja ganti kartu istri minta biaya 110 ribu.
      Kalau ga bayar ga akan diganti.alasannya buat beli kuota tapi ternyata dapat perdana + kuota.Kuota masih banyak juga. Kalau ga mau ga usah ganti kartu katanya.

      Apa sekarang SOP indosat harus main palak konsumen.. ga liat kondisi konsumen juga???

      Udah di sini sering gangguan..

  • 1 November 2021 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan di Gerai Indosat Metropolitan Mall Bekasi. Ketika saya ingin mengubah kartu pascabayar ke prabayar, petugasnya malah bilang, “Dulu kenapa diubah ke pascabayar?”

    Padahal ya itu hak konsumen mau ubah ke prabayar atau pascabayar. Kenapa CS nya sampai menanyakan hal itu seolah-olah saya orang yang tidak mampu pakai pascabayar.

    Saya mengubahnya kembali ke prabayar karena saya mendapatkan SMS informasi resmi dari Indosat yang mengatakan bahwa tarif paket pascabayar saya akan naik. Sayapun memilih pindah ke pascabayar Telkomsel yang tarifnya dan jaringannya lebih baik.

    11
      • 1 November 2021 - (22:50 WIB)
        Permalink

        Sekarang kabarnya sudah tidak bisa kembali ke prabayar. Tapi waktu itu saya masih bisa. Hanya agak kesal dengan pertanyaan petugas CSnya yang terkesan mencemooh.

  • 1 November 2021 - (09:55 WIB)
    Permalink

    nanti kalau ada pihak indosat yang menghubungi mbak, jgn mau diterima begitu aja mbak. Minta CS yg kurang ajiarrr tadi yg lgsg datang minta maaf, kalau perlu kabulkan permintaannya untuk dipecat.
    Jangan kasih ampun model begitu, kasian customer lain yang kena perlakuan seperti itu.
    **Tuh Kan Jadi Ikut Emosi**

    19
  • 1 November 2021 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Ya udah kak, terima aja tawarannya buat jadi CS Indosat, mungkin dia udah bosen kerja di situ. 🤭

    10
  • 1 November 2021 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Ikut nyimak Bu, soalnya saya juga pakai Indosat dan kalau urus kartu kesitu. Dulu ganti kartu kartu karena rusak, tapi pelayan CS nya wajar ( bermuka ramah gak.. judes juga gak)

  • 1 November 2021 - (11:05 WIB)
    Permalink

    sebenarnya ada sebab ada akibat. apakah mbaknya datang ke cs dengan sopan atau tidak sopan? dan mbak sepertinya kerja juga diprovider telkomsel ya sampai tahu betul disetiap gerai atau grapari pasti ada target yang besar? ini murni mau ganti kartu atau ada unsur black campaign ya?

    *mastiin aja ini takutnya suudzon*

    1
    24
    • 1 November 2021 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Mungkin situ karyawan indosat atau kenal sama cs nya bodoh gak harus jadi karyawan juga buat tahu target perusahaan itu sudah umum

    • 1 November 2021 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Kalo anda udah lama stay di media konsumen..pasti tau beberapa cerita kebelakang..emang cs Indosat di target untuk mendapatkan/menggiring pelanggan beralih ke pascabayar

    • 2 November 2021 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya saya minta maaf pak izin memberikan tanggapan saya pernah bekerja sebagai CS Dan beberapa posisi di bidang pelayanan di beberapa PT setahu saya Dan selama ini saya jalani walaupun customer tidak ramah, membentak, berbicara kasar ( selama tidak memukul ) sebagai cs tidak di pekenankan memberikan respon yg sama CS harus tetap tersenyum walau di hati keselnya full bgt CS itu ujung tombak perusahaan yg harus memberikan pelayan yg excellent Dan sudah seharusnya CS indosat tsb tidak mengeluarkan kata2 sperti itu karena seharusnya CS itu tahu fungsinya melayani customer dengan baik ( bila Hal tsb benar terjadi )

  • 1 November 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kalo saya di posisi itu sih
    Yadah kalo gitu, Lumayan kan bisa kerja di situ..

    Tp emng bener kok
    Di kudus pun sama kena biaya 110
    Akhirnya beli kartu kosongan 5 ribu aja dah,
    Migrasi sendri aja

  • 1 November 2021 - (11:53 WIB)
    Permalink

    ini indosat uda banyak kayaknya kasusnya di media konsumen… di check aja ke sebelumnya complain tentang indosat…sama persis kasusnya dari tahun 2020 skarang udah 2021….
    kalo liat dari sebelum2nya kayaknya karena minta bayar 110 ribu tapi customernya gak mau bayar. karena memang seharusnya tidak usah bayar untuk upgrade…

    • 1 November 2021 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Tp aku ganti di nomer Indosat d garai nya cuma kena 10ribu, buat pergantian kartu aja
      Kalo gk salah tahun 2019 awal

      • 1 November 2021 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Pernah kena 600 ribu lebih gegara Lupa isi kartu sehingga mati.. padahal baru sehari. Eh diminta biaya aktifasi 600 ribu dijadikan pasca bayar.alasan biaaya itu untuk aktif harus jadi pasca dan bayar paket selama 5 bulan sekaligus… Mana paket data nya ga bisa dipakai karena sinyal nya internet indosat sangat ampunnn jeleknya di daerahku. 6 bl paket ga kepake. Musnah sia2. Males urusan sama Indosat lagi..

        • 1 November 2021 - (15:01 WIB)
          Permalink

          Saya pribadi sering di buat kecewa oleh Indosat , terutama layanan customer care via telp , sudah bayar menghubungi customer care Indosat … begitu tersambung lalu dimatikan telp nya & itu terjadi berulang – ulang kali .
          Pelanggan jadi tidak bisa komplein prihal kualitas internet Indosat yang sangat lambat di daerah Bungur – Jakarta Pusat .

          Kalau saya datang ke Gerai Indosat untuk melaporkan kondisi internet yang sangat lambat , customer service nya selalu menyalahkan pelanggan dengan statement negatif kepada pelanggan , seakan – akan pelanggan itu bodoh dan selalu salah , padahal memang kualitas internet Indosat sangat lambat , bahkan saya sampai undang pihak Indosat untuk melakukan inspeksi langsung ke lokasi tapi pihak customer service malah berkata memang orang Indosat tidak ada kerjaan apa ? datang – datang urusin begituan doang .

          Jadi pelanggan tidak bisa komplein ke pihak Indosat prihal kualitas internet Indosat sangat lambat , tidak bisa komplein melalui telp atau datang langsung ke Gerai Indosat ( karena tidak di layani dengan baik ).

          # Gerai Indosat – Rawamangun – Jakarta Timur .

        • 2 November 2021 - (11:01 WIB)
          Permalink

          Iya, dulu mau aktifasi pas thn 2020 jg d suruh bayar 600rb padahal y tuh kartu g d pakai, hanya butuh nomernya yg emang d sambungkan d beberapa e-money.
          Enak dulu cm bayar 30an buat aktifasi, emang buat apa sih Indosat maksa2 konsumen beralih k pascabayar toh ini hak konsumen mau prabayar atau pascabayar

        • 2 November 2021 - (19:06 WIB)
          Permalink

          Wah mahal banget. Saya aja tahun 2019 aktifkan kartu XL yg lewat masa aktif d kasih kartu baru dengan nomor yang sama cuman bayar 25rb 😂

  • 1 November 2021 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Cewe sama cewe biasanya taulah sesama “congor” bagaimana?
    Di Gerbong KAI cewe. Kos kos Cewek. Asrama cewek.
    Ribet.
    Indosat seharusnya bikin SOP d gerai. Kalau yang dateng cewe pelayannya harus cowok.
    Kalau yang dateng cowok pelayannya harus cewek.
    Nah kalau begitu saya bersedia antri lama lama demi mendapatkan nomor “nya” hehe

    1
    14
  • 1 November 2021 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Dih najong banget yaa CS indosat, saya juga pengguna Indosat semoga aja jangan pernah mampir ke galeri indosat.

    Ga pantes sih cs berucap kaya gitu. Telkom aja ga gitu.

  • 1 November 2021 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Mudah2an itu hanya segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab.
    Manajemen indosat harus melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja pegawai2nya.
    Kebetulan saya juga pengguna indosat, semoga kejadian serupa tidak menimpa saya

  • 1 November 2021 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Astagfirullah,

    Kenapa udah menghina konsumen ttp gadibantuin proses ganti kartunya, ngantri buat dihina doang, yang sabar ya mbak turut prihatin.

  • 1 November 2021 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Semoga keterima sgera jadi CS nya Mb udah dpt kesempatan tuh.. Btw, mungkin mereka lelah…

  • 1 November 2021 - (14:51 WIB)
    Permalink

    kok mahal banget ya di indosat harus bayar 110rb. saya dulu di telkomsel kartu yang tidak ada mbanking langsung ganti di mesin seperti ATM gratis dan cepat, yang ada mbanking mesti di CS buat verifikasi dan bayar 25rb (isi pulsa 25rb).

  • 1 November 2021 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Kalau berurusan dgn indosat sebaiknya ke galeri indosat jangan ke gerai indosat. Rata2 kl ke gerai pasti kena palak.

    • 1 November 2021 - (18:06 WIB)
      Permalink

      @hery sepertinya sudah susah cari galeri Indosat saat ini. Yang galeri sudah banyak yang berubah menjadi gerai . Setau saya yang di metropolitan mall itu dulunya juga galeri, tapi berubah menjadi gerai. Saya pelanggan Indosat matrix dari tahun 2005, 2 kali ganti kartu di metropolitan mall ini karena mati sinyal tidak pernah bayar sepeserpun , itupun sebelum berubah nama menjadi Indosat Ooredoo.

    • 5 November 2021 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Sama aja kena palak juga, dan ini yang ke 3 kali saya ke galeri karena kehilangan handphone masih di palak dan kartu sim belum bisa digunakan untuk apapun

  • 1 November 2021 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Jadi takut datang ke Gerai Indosat. Untung gak pakai Indosat.

    Saya pakai provider lain, waktu saya memperbaiki Kartu, CS nya ramah baik mengarahkan semua yang saya tidak tau. Karena data data saya seperti alamat dll kurang lengkap jadi CS hanya meminta KTP saja dan dilengkapi sendiri oleh CS nya, Profesional banget pokonya bikin pelanggan nyaman.

  • 1 November 2021 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Nyesel juga pakai indosat, takut kena kayak gini, mana nomer udah belasan taun, nnti disandera kayak gini klo kartu rusak atau ilang

  • 1 November 2021 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Kalo ada bukti video kemungkinan tanggapan anda di seriusin, tanpa bukti dan cuma klaim sepihak komplain kaya gini pasti di ragukan

    • 2 November 2021 - (00:06 WIB)
      Permalink

      Gak heran dah sering baca setiap penggantian kartu disuruh beli pkt data (malak secara halus) dr pusat disuruh seperti itu mungkin makanya tdk ada pembenahan atau punishmen yg tegas

    • 2 November 2021 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Saya sdh ada bukti videonya namun saya hanya share via dm di twitter resmi indosatnya mengingat privasi wajah cs ybs. Semoga pihak indosat dpt evaluasi lagi dan bisa dgn tegas bertindak agar kejadian serupa tdk dialami oleh pelanggan lain.

  • 2 November 2021 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Wah parah banget cs indosat seperti itu. Udah ga pengen kerja lagi kali ya, sampe segitunya. Nomor ibu sy indosat jg, udah dismsin suruh upgrade, tp gw ga mau, buat apa, 4G pun jg lelet

  • 2 November 2021 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Seharusnya Indosat melakukan training kembali terhadap Customer Service yang berada di galeri Indosat Ooredoo. Apalagi melayani pelanggan secara langsung. Attitude karyawan yang baik terhadap pelanggan sangat berperan penting terhadap image suatu perusahaan. Saya harap, yakin dan percaya Indosat Ooredoo bisa berubah dan segera berbenah. Terima kasih.

  • 2 November 2021 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Ganti aja ke provider telkomsel, gratis biaya ganti kartu ke 4G ada mesinnya di grapari cukup bawa ktp, no kk, sama sidik jari kita langsung jadi di tempat, cs-nya juga ramah kok cuman security na aja yg kurang ngerti alias ga nyambung kalo ditanya maklum bkn cs

  • 3 November 2021 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Wah pantesan aja beberapa bulan waktu urus pergantian kartu M3 di gerai Metmall bekasi ini juga. Waktu itu nomor M3 saya hangus karena kelupaan isi pulsa, karena nomornya udah jarang dipakai. Katanya untuk mengaktifkan nomor lagi saya diminta beralih ke pascabayar dulu selama 3 bulan, nanti abis itu kalau mau
    baru bisa pindah lagi ke prabayar. Karena gak ngerti prosedurnya saya iyain aja, dan diminta bayar langsung tagihan 3 bulan ke depan sekitar 3 ratus rb lebih dan dapat paket internet sekian GB/perbulan. Apa memang seperti itu ya prosedurnya kalau mau aktifkan nomor yg udah hangus harus ke pascabayar dulu?? Atau jgn2 modus mereka aja

  • 4 November 2021 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Bagi yg mau upgrade dari 3G to 4G disarankan cari konter sekitaran dulu. Asal dia punya kartu upgradenya pasti bisa. Sop indosat saat ini memang begitu. Apalagi cs hanya pelayan paling depan bertemu konsumen.

  • 5 November 2021 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Terima kasih media konsumen indonesia dan terima kasih utk respon cepat dari indosat, pihak indosat pusat sudah tlp saya untuk konfirmasi dan kartu saya pun sudah langsung dikirim ke rumah via gojek dgn gratis dan sangat dibantu oleh mba vita org pusat indosat yg sangat ramah dalam menangani. Terima ksh juga utk teman2 media konsumen indonesia atas responnya. case sudah close, Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran bersama oleh kita semua.

    • 5 November 2021 - (09:06 WIB)
      Permalink

      Dan info nya kedua cs ybs sudah diberikan punishment dan training kembali agar hal serupa tidak terjadi lagi.

  • 5 November 2021 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Memang buruk sekali pelayana dari gerai indosat tidak hanya penggantian kartu saja tetapi pelayanan yang lain, apakah ini hanya oknum, gerai untuk mengejar Target penjualan saya di Cilacap. Pengalaman mengaktifkan kembali kartu yang telah mati harus bayar 800rb secara bertahap dalam 6 bulan (kartu menjadi pascabayar) dengan penjelasan setelah 6 bulan kartu kembali lagi menjadi prabayar secara otomatis, setelah 6 bulan ternyata tagihan masih keluar sebesar 120 rb … Ampun dah Indosat, … Sekarang beralih ke operator 3 yang jauh lebih bagus untuk layanan baik masa aktif, harga quota, dll selamat tinggal Indosat yang sudah menemani selama 15 tahun

 Apa Komentar Anda mengenai CS Indosat Ooredoo?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

CS Indosat “Bad Attitude”

oleh NENI SUGIARTI dibaca dalam: 2 menit
51