Apa Tindakan Nyata yang Diberikan Kredivo, Saat Pelanggan Salah Memasukkan Nomor Virtual Account?

Pada tanggal 12 November 2021 saya salah memasukkan nomor virtual account untuk pembayaran Kredivo via m-banking BRI. Yang seharusnya nomor VA 1039082024910356, saya masukkan 1039082024910456.

Saat menghubungi CS Kredivo via chat aplikasi, jawaban yang diberikan:

“Kami lakukan pengecekan, sesuai bukti pembayaran yang dikirimkan tidak berhasil terverifikasi untuk akun Kredivo Kak Martiningsi. Hal ini disebabkan adanya kesalahan nomor virtual account yang dituju. Kami akan bantu melakukan konfirmasi kepada penerima dana terkait pembayaran yang dilakukan. Sehingga untuk saat ini tagihan yang masih tertera di aplikasi Kredivo kamu tetap harus dibayarkan kembali. Jika proses pengembalian dana telah dilakukan oleh penerima dana, maka akan dibantu proses alokasi pembayaran ke tagihan akun”.

Saya telah melakukan pembayaran kembali pada tanggal 15 November 2021, karena sudah mau jatuh tempo. Tapi saat saya hubungi CS Kredivo via contact center, saat saya tanyakan apa sudah ditindaklanjuti dengan menghubungi si penerima dana, jawaban yang diberikan mengambang dan sangat tidak jelas.

Begitu halnya saat dihubungi via email. Jawaban yang diberikan berulang dan menggantung. Saya harap Kredivo dapat memediasi hal ini dengan penerima dana. Karena sesungguhnya dana tersebut betul masuk ke rekening Kredivo dan hanya tim Kredivo yang memiliki akses dan kontak si penerima dana tersebut. Setidaknya ada jawaban pasti kalau si penerima dana ada itikad baik untuk mengembalikan atau tidak. Atau memang hal ini tidak diproses Kredivo?

Terima kasih.

Martiningsi S. Akase
Gorontalo


Update (16 November 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh Pihak Kredivo sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:9    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Martiningsi S. Akase

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Apa Tindakan Nyata yang Diberikan Kredivo, Saat Pelanggan Salah Memasukkan Nomor Virtual Account?

  • 15 November 2021 - (11:08 WIB)
    Permalink

    sangat betul uang tersebut masuk ke akun kredivo, namun, masuknya pembayaran tersebut tentu dianggap sebagai pembayaran oleh pemilik VA tersebut. tentu karena alasan legal, tidak bisa dibilang serta merta kredivo menarik uang tersebut, kredivo tentu tidak mau disalahkan.

    semoga saja masalahnya cepat selesai

    • 15 November 2021 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Tadi pihak kredivo sudah menghubungi saya langsung dan masalahnya sudah selesai . Dana saya sudah dikembalikan dan pembayaran cicilan kredivo saya sudah selesai. Terima kasih 🙏

      3
      1
        • 16 November 2021 - (11:31 WIB)
          Permalink

          @Suprapto. Benar dan itu berlaku untuk rekening Simpanan. Kalau rekening pinjaman atau akun pinjaman tidak perlu meminta Ijin kepada si penerima dana. Karena Dana tersebut jika diurut adalah milik Lembaga Kreditur sendiri. Berupa cicilan yang dilakukan kreditur.

          Jadi dalam hal ini Kredivo tinggal pindahkan antar akun saja. Lha wong duitnya punya Kredivo sendiri. Siapa yang bisa nuntut?

          Begitu pula jika anda salah bayar akun KPR, akun Kartu Kredit, lapor saja langsung ke lembaga kreditur daripada ke Bank asal/Issuer malah bikin lama.

  • 15 November 2021 - (11:59 WIB)
    Permalink

    sekedar saran, utk selanjutnya input no BRIVA bisa dgn copas dr aplikasi Kredivo shg bisa mengurangi resiko salah input

  • 15 November 2021 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya kemarin juga saya, mau bayar via virtual account jg tidak ada namanya hanya ada no account saja, saya takut kalo saya salah memasukkan no tidak ada krosscheck nya seperti kejadian ini. Akhirnya saya menemukan solusi nya, yaitu saya membayar cicilan via Tokopedia, disitu ada namanya tertera dan besaran nya jg sama ( saya jd merasa aman) dan kelebihannya lg ada cashback nya juga bayar via Tokopedia. Tambah lagi saya, masuk lewat shopback dl kemudian lanjut ke Tokopedia jadi dapat dobel cashback.

  • 16 November 2021 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sarannya.. 🙏
    Case closed. Sudah dihubungi kredivo dan masalahnya sudah selesai. Terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Apa Tindakan Nyata yang Diberikan Kredivo, Saat Pelanggan Salah Memasu…

oleh Martiningsi Suryani dibaca dalam: 1 menit
8