Pengalaman Tidak Menyenangkan Transaksi di Halodoc, Pengembalian Dana Tidak Diproses Lebih dari 14 Hari

Pada tanggal 03 November 2021 pukul 14.59, saya melakukan pembelian obat di aplikasi Halodoc dengan nomor pesanan: 6EGWXP-6032, senilai Rp888.000 (obat Rp870.000 dan ongkos kirim Rp18.000). Namun setelah dilakukan pendebitan oleh Halodoc, transaksi pembelian obat tersebut dibatalkan oleh Halodoc, tanpa pemberitahuan sebelumnya dan tanpa alasan yang jelas.

Saya sudah menghubungi pihak Halodoc pada hari yang sama untuk meminta pengembalian dana. Pihak Halodoc menginformasikan bahwa untuk proses pengembalian dana membutuhkan waktu 14 hari kerja. Agak miris, karena pendebitan dana hanya butuh hitungan detik, tapi pengembalian dana membutuhkan waktu 14 hari kerja. Saya pun meng-iya-kan untuk pengembalian dana paling lambat sudah saya terima tanggal 23 November 2021.

Namun sampai saat surat ini dibuat, yaitu tanggal 24 November 2021 (sudah lebih dari 14 hari kerja), pengembalian dana belum juga dilakukan oleh Halodoc, tanpa kejelasan kapan pengembalian dana tersebut akan saya terima.

Agustina Rahmawati
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Halodoc:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Pengalaman Tidak Menyenangkan Transaksi di Halodoc, Pengembalian Dana Tidak Diproses Lebih dari 14 Hari

      • 25 November 2021 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Walah…Kalau semua hari anda hitung ya memang benar sudah 22 hari, tp kan yg dihitung hari kerja aja…

        Anda proses tgl 3 Nov 21, berarti hr ini 25 Nov 21 adalah hari ke 16 donk kl dihitung 14 hr kerja saja (Senin-jumat) . Makanya saya bilang mungkin ada tambahan 3 hr kerja lagi kliring bank atau apa

        Coba buka kalender, hitung pelan pelan.

          • 25 November 2021 - (12:03 WIB)
            Permalink

            Berarti betul ya anda salah hitung hari…

            Ok deh

  • 25 November 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Top Up halo doc pakai apa? Kartu kredit atau debit ? Kalau saya lihat pada Screen Capture itu melalui jaringan VISA. Mungkin Halo Doc sudah tolak dana ke Banknya (dana tidak jadi disettle ke rekening merchant) untuk diteruskan ke ViSA. Bank atau pihak VISAnya belum teruskan ke Bank penerbit kartu anda.

  • 25 November 2021 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Pengennya refund hitungan detik itu semoga Indonesia menerapkan trx jaringan Blockchain. Biar ga ada urusun sama Bank dan pengelola jaringan Visa, GPN, Mastercard, Bersama, Prima, Himbara. wkwkwk

    • 25 November 2021 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Sesuai janji Halodoc 14 hari kerja, faktanya lebih Dari 14 hari kerja belum ada realisasi.

    • 25 November 2021 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Tidak ada urusan sama bank? Terus anda mau beli obat dengan apa bitcoin? Bisa bisa harga obat yang tadinya 800rb an dengan sekejap menjadi 1.5jt memang betul transaksi dijamin lebih mudah. Tapi apa anda bisa menjamin harga daripada cryptocurrency itu stabil? Sudah ada contoh negara yg menggunakan cryptocurrency dan pada akhirnya masyrakat nya kewalahan dan protes. Wkwkkwkw

      1
      2
      • 25 November 2021 - (12:14 WIB)
        Permalink

        @Hananya. Coba baca pelan pelan kok bisa jadi Bitcoin? Criptocurrency?

        Saya bilang teknologi jaringan blockchain nya. Bukan Coinnya apa? Jaringan Blockcain tidak ada perantara disini. Per to per. Ga ada server penampung Bank atau pengelola jaringan. Pembeli beli ke penjual. Dana masuk ke akun penjual. Penjual refund langsung masuk ke pembeli. Tersarah mau pakai rupiah, dollar, coin cripto. dinar, dirham dsb.

        Kalau sekarang tidak begitu. Dari Server Mandiri —.Server VISA—> Server BCA./BRI/BPD

  • 25 November 2021 - (16:20 WIB)
    Permalink

    mending pake cash lah, ada produk bayar.
    kaga ada produk nya…
    produk ga cocok…
    atau beeubah pikiran….
    tinggal balik kanan ke pecel lele …
    aman cuy 😬
    kebetulan saya punya tahapan bca aja….
    ga punya cc apalagi pinjol bikin benjol 🤕

  • 27 November 2021 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Memang aneh dan sangat tdk wajar, terima transferan cepet, tapi pas kembalikan dana sampai butuh waktu 14 hari kerja. Jadi ini namanya birokrasi sistem mereka yg bertele2. Mereka lbh mementingkan rekening koran mrk terlihat bagus ketimbang hak pembelinya krn klu uang masuk dalam hitungan kurang dr 24 jam sdh keluar lg, mungkin dianggap transaksi yg tdk bagus. Jadi tdk ada kaitan dgn sistem perbankannya. Walau mau diganti blockchain sekalipun, klu birokrasi bertele2 yg diterapkan, tetap saja pengembalian dana akan lama krn harus ACC bagian ini dan itu, dan menunggu bagian ini dan itu, baru dana bisa diproses, ya itu sdh masalahnya. Sebab sdh terbukti, ketika transfer dlm hitungan detik dana sdh diterima pihak penjual. Artinya tdk ada masalah dgn sistem banknya. Ini hanya masalah birokrasi pengembalian dananya saja yang disengaja bertele2 supaya neraca pembukuan mereka terlihat bagus saja krn klu sehari ada 1000 transaksi senilai 1 miliar dan gagal proses dan dlm sehari dikembalikan lg dananya 1 miliar, ya keliatan spt aliran dana gak jelas, pdhal faktanya memang transaksi gagal dan dana memang harus dikembalikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Halodoc?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Tidak Menyenangkan Transaksi di Halodoc, Pengembalian Dana …

oleh Agustina Rahmawati dibaca dalam: 1 menit
14