Pengalaman Membeli Akun Netflix dari Penjual di Bukalapak

Saya adalah salah satu pembeli dan pelapak setia di marketplace Bukalapak. Akan tetapi hari ini saya mengalami banyak kekecewaan karena perilaku salah satu pelapak akun Netflix bernama Jericho, dengan status Juragan area Bandung.

Pada tanggal 21 November 2021, saya melakukan pembelian akun netflix UHD 6 bulan 4K dengan harga Rp95.000, nomor transaksi BL2116ZZXB8CINV. Awalnya penjual ramah menjawab dan menawarkan produknya, dengan jaminan garansi ketika ada bermasalah dengan akunnya. Penjual pun mengingatkan kepada saya untuk mengklik tombol selesai di transaksi penjualan agar uang hasil penjualan masuk ke saldo penjual.

Masalah muncul ketika tanggal 30 November 2021 saya ingin menonton Netflix, muncul keterangan akun ditangguhkan karena tagihan belum dibayar.

 

Kontak saya kaget dan malu, karena pada saat itu saya menonton bersama keluarga besar. Akhirnya saya langsung mencoba chat seller sekitar pukul 19.30. Ternyata seller tidak ada itikad baik, pada saat itu status seller online, tapi tidak pernah menjawab bahkan membuka chat saya sampai dengan hari ini. Padahal seller telah menjanjikan akan memberi akun pengganti pukul 11 malam, tetapi sampai sekarang jangankan akun, bahkan chat saya pun diblok oleh penjual.

Saya tidak akan meminta pengembalian dana jika memang tidak memungkinkan oleh Bukalapak karena tindakan pelapak yang nakal. Saya tidak akan saya bawa ke ranah hukum walaupun secara tidak langsung ini sudah tindakan penipuan, karena saya yakin selain saya pasti ada konsumen lainnya yang tertipu oleh seller nakal dengan id JERICHO ini.

Jika anda tanya mengapa saya menggunakan akun sharing premium Netflix? Karena saya hanya ingin mencoba akun sharing yang harganya lebih murah dari aslinya, biasanya saya pun langganan setiap bulannya paket UHD sebesar Rp186.000/bulan.

Kesimpulan dari surat pembaca ini:

  1. Saya sarankan agar konsumen tidak mudah tergiur harga yang lebih murah, cukup saya saja yang menjadi korban.
  2. Untuk pihak Bukalapak, agar menyediakan fitur komplain tambahan untuk pembelian produk digital, karena jenjang waktu pembelian hanya 3 hari, sedangkan produk digital seperti voucher berjangka waktu, ketika bermasalah di kemudian hari tidak dapat dilakukan komplain oleh konsumen yang dirugikan, padahal bukti bukti sudah jelas bahwa pelapak memanfaatkan celah ini untuk melakukan tindakan penipuan besar besaran di Bukalapak, maksimal dapat dilakukan refund ketika diselidiki terdapat penyelewengan oleh pelapak nakal agar pelapak ini tahu diri dan tidak semena mena.
  3. Allah SWT Maha Melihat, Maha Mengetahui dan Maha Adil, uang konsumen yang telah anda makan mungkin anda kira tidak akan diketahui, tapi ingat JERICHO bahwa baik di dunia ataupun di akhirat nanti akan ada balasan untuk semua yang telah kita perbuat.

Terima kasih.

Cahaya Nur Alam
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:17    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Perihal Pengalaman Membeli Akun Netflix dari Penjual di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala transaksi yang...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Pengalaman Membeli Akun Netflix dari Penjual di Bukalapak

  • 2 Desember 2021 - (13:29 WIB)
    Permalink

    **Saya tidak akan saya bawa ke ranah hukum walaupun secara tidak langsung ini sudah tindakan penipuan** ==>> yakin anda ngerti hukum?

    3
    5
    • 2 Desember 2021 - (14:24 WIB)
      Permalink

      mohon maaf kak saya tidak tahu tentang hukum, yang saya tahu adalah ketika saya membeli suatu produk seharusnya saya mendapatkan produk yang saya beli dengan uang yang saya keluarkan, sehingga jika penjual tidak memberikan apa yang telah mereka janjikan itu saya anggap tindakan penipuan dan melanggar hukum. Sekiranya kk tahu hukum seperti apa boleh bantu saya dan rekan – rekan lainnya yang mengalami hal yang sama, agar tidak ada pelapak yang nakal seperti ini. Terima kasih

      3
      7
      • 4 Desember 2021 - (02:23 WIB)
        Permalink

        Sebernya bisa laporan ke penjual . Nanti juga di proses kalo lebih enak beli di sho*pe ada garansinya ini ilegal yah bukan resmi

    • 3 Desember 2021 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Bukannya beli Netflix dari bukan aplikasi itu tindakan ilegall ya
      Kenapa ga langganan dari aplikasinya langsung ngapain beli dari orang dengan sistem harus pake sharing kaya gitu

      Lalu situ mau ke hukum yg ada malah situ diketawain polisi karena beli langganan bukan dari penyedia resmi tapi lewat pihak ke 3 yg jelas ilegall

      • 3 Desember 2021 - (14:46 WIB)
        Permalink

        Norak, duit ga sampe 100rb aja sampe bikin post di MK… Ngomongnya nonton bareng keluarga besar…😅
        Emang sebesar apa sih keluarganya..🤪
        Emang nonton dimana?.. TV?..Komputer?.. atau cuma lewat HP?.. lewat HP nonton rame2 gitu???. Ngakak…
        Generasi micin maunya serba murah… Wajar aja sih kalau kena tipu…

        1
        2
        • 3 Desember 2021 - (20:13 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf kak yang saya fokus kan disini bukan saya cuma 100rb, tapi konsumen lainnya yang merasa dirugikan, karena laporan dari bukalapak pun memang banyak yang melaporkan melalui CS atas pembelian akun yang tidak sesuai dengan janjinya, sehingga kerugian yang dialami bukan sekedar 100rb, tapi melebihi dari itu. Terima Kasih

          1
          1
      • 3 Desember 2021 - (20:16 WIB)
        Permalink

        Makanya dari itu kak, saya membeli disini untuk memberikan awareness kepada mereka yang ingin membeli, tolong dibaca poin yang saya berikan, karena dari pihak bukalapak menawarkan penggantian kepada saya, tetapi saya menolak nya, karena saya pribadi menggunakan layanan netflix resmi setiap bulannya. Dan yang saya laporkan disini ada kemungkinan tindakan penipuan karena dari pihak bukalapak pun mengiyakan terjadi permasalahan tersebut dan akan men-take down pelapak nakal. Terima Kasih kak

        1
        1
  • 2 Desember 2021 - (13:56 WIB)
    Permalink

    “biasanya saya pun langganan setiap bulannya paket UHD sebesar Rp186.000/bulan.” sudah biasa berlangganan yang resmi malah mencoba yang ga resmi? Mau nonton netflix ya bayar yang resmi lebih aman, jangan percaya netflix lebih murah karena netflix harganya flat tidak ada harga borongan.

    8
    2
    • 2 Desember 2021 - (14:22 WIB)
      Permalink

      betul kak, makanya disini saya pun niatnya ngeshare mengingatkan agar tidak terjadi hal yang sama terhadap konsumen lainnya. karena setelah saya tanyakan ke beberapa rekan saya pun ternyata sama untung-untungan ada yang jujur dan tidak

      3
      3
    • 4 Desember 2021 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Semua akun yang dijual itu kebanyakan ilegal. Bisa jadi hasil hack atau carding. Mending lakukan pembelian sendiri melalui website atau aplikasi resmi. Karena memang biaya yang berlangganan itu pastinya mahal kalau resmi.

      M

  • 2 Desember 2021 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Wah pak ini mah jelas-jelas ente yang salah. Kan dah jelas-jelas dilarang reselling akun Netflix (atau beli akun yang resell). Kalo lu ketauan bayarnya lewat seller nakal gitu, siap-siap akun lu yang satu lagi diban secara permanen dari Netflix aja sih.

    5
    1
    • 2 Desember 2021 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf kak saya tidak mengetahui ada larangan membeli akun yang resell karena sangat banyak ditemukan di berbagai marketplace, mungkin ini teguran juga untuk saya sehingga 1 minggu sudah matot, Terima kasih untuk informasinya untuk saya dan rekan rekan lainnya yang tertarik agar mengundurkan niatnya untuk berlangganan dari akun reseller

      3
      4
  • 2 Desember 2021 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Kalau ga mampu atau ga mau bayar Netflix ya download aja, kalau saya sih pake torrent. Biasanya sejam dari acara tampil di Netflix udah tersedia di situs torrent. Ada gratis kenapa bayar. Hehe

    2
    3
    • 2 Desember 2021 - (14:48 WIB)
      Permalink

      iya betul kak, silahkan disesuaikan dengan kemampuan, disini saya sharing pengalaman saja, karena menurut saya cukup besar kalau misal ini dijadikan celah oleh para pelapak yang nakal, di case saya, netflix 6bulan uhd senilai 95.000, aktif seminggu biaya resmi (186/4 = 46.500, profit penjual senilai 48.500. Yang sudah melakukan transaksi sekitar 2000 lebih, bisa diperkirakan kerugian total konsumen yang sudah berbelanja ke lapak kurang lebih 97.000.000, sehingga kedepannya takutnya akan dimanfaatkan oleh pelapak nakal untuk mencari cuan. Terima kasih untuk sarannya kak

      2
      3
      • 2 Desember 2021 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Sudah dilaporkan ke Bukalapaknya ? Iya terima kasih sudah berbagi, semoga tidak ada lagi yang tertipu seller nakal seperti Anda.

        1
        1
        • 2 Desember 2021 - (15:04 WIB)
          Permalink

          Sama – sama kak terima kasih, iya betul sudah saya laporkan, tetapi karena saya sudah mengklik terima/selesai, sehingga dari pihak BL tidak dapat memproses laporan saya, akan tetapi sesuai poin ke 2 di surat pembaca yang saya tulis, mereka akan mempertimbangkan saran tersebut karena banyak jual beli akun berjangka waktu lainnya seperti netflix yang bisa menjadi peluang tindakan menuju penipuan, dan akan memantau akun pelapak yang saya laporkan agar dapat segera ditindak ketika terdapat laporan dari konsumen lainnya

          2
          2
  • 2 Desember 2021 - (19:35 WIB)
    Permalink

    wkwkwkkwkkwkkwk
    beli akun di bukalapak sama seller pembajak!
    itu buat akun kamu pakai “dana … yg gratis seminggu dan trus di tagih kalez 😂☝️👇.
    trus???? itu pembodohan atau anda yg bodoh !?
    yg jelas seharus nya pihak penyelengara apapun itu ( tokopedia, shopee, bukalapak) … yg bertindak !
    semoga posting saya berguna🙏

    1
    3
    • 3 Desember 2021 - (11:49 WIB)
      Permalink

      “ada balasan untuk semua yang kita perbuat” hah gak salah kalo menurut kristen kan enak semua dosa dah ditebus jadi otomatis diampuni ama yesus. Tinggal percaya aja kalo dia mati dikayu salib

      1
      9
    • 3 Desember 2021 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah sudah dibalas oleh pihak bukalapak, dan kedepannya akan memperbaiki fitur digital, karena setelah melalukan investigasi menurut mereka memang pelapak melakukan kesalahan dan sudah ditindak. Terima Kasih ☺️

  • 3 Desember 2021 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Mending komplainannya dihapus aja deh, daripada malu 2x sama keluarga besar. Akun murah ya pasti sharing, minta garansi pula. Banyakin piknik ngab

    • 3 Desember 2021 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Kenapa harus malu kak? Disini saya bukan mengemis dari siapapun, adapun saya membeli akun sharing ini untuk sekedar mencoba, karena saya mendapatkan info dari rekan-rekan saya hal ini bahwa banyak pelapak nakal yang memanfaatkan ketidak tahuan konsumen, saya pun seperti biasa pribadi langsung membeli akun resmi dari netflix.
      Tolong agar anda lebih fokus pada inti permasalahannya bahwa ada pelapak yang merugikan banyak konsumen selain saya. Terima kasih atas komentar yang sangat membangun

      1
      1
    • 3 Desember 2021 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf kak saya beli tidak ilegal, saya beli melalui jalur resmi marketplace yang disediakan bukalapak, dan saya marah” disini hanya ingin menunjukkan bahwa ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelapak nakal dalam menjual produk yang tidak semestinya, lagipula saya sudah menjelaskan bahwa saya membeli akun ini karena ingin mengecek kebenaran dari informasi yang saya dapatkan dari rekan-rekan saya, dan ternyata terbukti bahwa ini terindikasi penipuan, dari pihak bukalapak sudah menawarkan solusi untuk digantikan akun yang baru, tetapi saya menolak, karena niat saya menulis surat pembaca ini untuk memberikan edukasi kepada konsumen dan saran kepada marketplace. Jadi tolong dibaca dan dipahami konteksnya yah kak. Terima kasih untuk hahaha nya, semoga terhibur kak 😁

      1
      1
  • 4 Desember 2021 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Coba tanya ke NETFLIX, adakah mereka menjual lewat pihak lain di Marketplace. Saya rasa tidak mungkin. Maka itu pasti ilegal.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Membeli Akun Netflix dari Penjual di Bukalapak

oleh The dibaca dalam: 2 menit
26