Kecewa dengan Bank BNI, Sudah Setahun Lebih Menutup Kartu Kredit dan Pelunasan, tapi SLIK Tidak Di-update

Kepada Bank BNI,

Saya kecewa atas pelayanannya. Saya sudah menutup dan melunasi tagihan kartu kredit saya setahun yang lalu. Namun sampai saat ini Status SLIK IDEB saya masih dalam Kol-5 (Kredit Macet).

Saya juga sudah menghubungi pihak Collection BNI dari 3 bulan yang lalu, tapi tetap saja tidak di-update di SLIK IDEB atas nama saya. Hal ini menyusahkan saya untuk dapat mengajukan plafon pinjaman di bank lainnya.

Mohon segera untuk update status IDEB saya. Saya sangat menyayangkan kejadian ini. Terlampir bukti lunas. Saya mohon supaya pihak BNI dapat lebih baik dalam penanganan proses seperti ini, supaya tidak seperti ini lagi.

Terima kasih.

Rio Adhitya Huwae
Bekasi, Jawa Barat


Update (29 Desember 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Bank BNI sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:78    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Kecewa dengan Bank BNI, Sudah Setahun Lebih Menutup Kartu Kredit dan Pelunasan, tapi SLIK Tidak Di-update

  • 27 Desember 2021 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Laporkan ke OJK apabila ada ketidaksesuaian data dan jika dirugikan anda bisa menuntut secara hukum

  • 27 Desember 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa namun dengan bank DBS.
    Sudah sejak awal tahun 2021, tidak menerima tagihan apapun, namun ketika cek iDeb SLIK ternyata ada status 5 kredit macet.
    Masih proses pelaporan ke OJK. Belum ada kabar lebih lanjut

  • 27 Desember 2021 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Lah lu pikir SLIK itu punya nya BNI?

    Lu itu kredit macet. Tau status kredit macet itu apa? SAMPAH..!! Ya lu itu sampah. Lu gak punya harga diri di perbankan dan lembaga pinjaman lainnya. Lalu lu udah lunas, lu berharap nama lu bersih? MIMPI…!!

    30
    • 28 Desember 2021 - (00:11 WIB)
      Permalink

      Kalo mau koment
      .yg baik pak
      .ga usah sinis2 begitu.. Stiap org pny mslh. Kecuali mgkn anda yg tdk pernah pny masalah.. Anda mgkn merasa malaikat saat ini yah. Suatu saat jg anda akan mendapatkan mslh bro.. Jgn sombong ya jd manusia.

    • 28 Desember 2021 - (01:36 WIB)
      Permalink

      Lu punya mata dipake jangan dimasukin ke pan8, di pembayaran terakhir jlas dia gaada nunggak. Lu kira pinjol ilegal di tmpt lu krja ya pan8

    • 28 Desember 2021 - (02:26 WIB)
      Permalink

      komentar yang baik-baik aja mas bro. saran dan informasi yg berguna.
      sekiranya pribadi lagi banyak masalah dan pikiran ya istirahat , tenangkan diri. jangan malah di luapkan di MK ini kepada orang yang tidak dikenal.

  • 28 Desember 2021 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah punya riwayat kredit macet golongan 5 itu akan selalu tercatat pak. Walaupun seluruh fasilitas kredit telah dilunasi. Catatan tersebut akan selalu ada

  • 28 Desember 2021 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Caranya cuma lapor OJK , tapi kalau gak dibersihkan juga ambil hikmahnya saja dan anggap itu cara untuk anda berhenti meminjam dari bank

  • 28 Desember 2021 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Penghapusan blacklist butuh waktu kurleb 24 hingga 60 bulan sejak status blacklist diterima. Dalam jangka waktu tersebut, jika Anda mengajukan kredit, kemungkinan besar akan ditolak.

  • 28 Desember 2021 - (14:05 WIB)
    Permalink

    tpi udh macet mas ,di juli 2020 udh kolek 5 ..kalo udh msuk kolek 5
    2 tahun baru ilang mas
    mau udh lunas sklipun
    itu dr feb 20 dia udh nunggak, kol 1 2 3 4 msuk juli 20 msuk kol 5

    heheheh

    • 1 Januari 2022 - (08:35 WIB)
      Permalink

      itu memang lama gan ..
      itu sdh d update itu ..
      butuh minim 2 thun , baru bener2 hilang ..

      saran saya ftokopy aja surat lunasnya minim 5 lembar buat pegangan 2 tahun kedepan biar filenya g hilang ..

      terus kalau mau pengajuan kredit d bank , bisa lampirin surat lunasnya

  • 28 Desember 2021 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Itu bukan salah BNI nya sih. Pahami dulu cara baca laporan SLIK. Kol 5 dimulai dari Juni 2020 dengan maksimal lama tunggakan 150 hari+. Pada bulan Agustus 2020 memang sudah terlihat bahwa tunggakan lunas. Di sini BNI sudah menunaikan kewajiban nya dengan melapor pelunasan ke OJK. Tapi status Kol 5 tidak akan hilang dengan sekedar lunas. Butuh waktu seperti kata beberapa komentar lain.

    • 28 Desember 2021 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Bank Mandiri tidak seperti BNI, langsung berubah tanpa waktu yang lama.

  • 6 Januari 2022 - (23:59 WIB)
    Permalink

    Saran saya ini langsung ke OJK disertai dengan bukti SKL dari BNI nya keterangan lunas. itu sih pengalaman pribadi

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Bank BNI, Sudah Setahun Lebih Menutup Kartu Kredit dan P…

oleh Rio Adhitya Huwae dibaca dalam: 1 menit
20