Biaya Overlimit Kartu Kredit Bank Mega yang Terkesan Terlalu Dipaksakan

Di sini saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan kartu kredit Bank Mega. Alasan saya memakai kartu kredit Bank Mega (10 tahun yang lalu) adalah karena bebas annual fee dan banyak promonya.

Namun seiring berjalannya waktu, selain annual fee yang melonjak dari Rp200 ribu ke Rp450 ribu, ada juga peraturan baru yang membuat saya cukup terkejut. Karena untuk penghapusan overlimit fee hanya boleh 1 kali selama pemakaian kartu (kalau dulu bisa berulang kali). Belum lagi overlimit fee yang cukup tinggi sebesar Rp250 ribu, walaupun kelebihan limit yang saya pakai hanya Rp7 ribu, itu pun karena biaya SMS dan billing statement.

Karena masih berhutang, saya terpaksa mengikuti aturan yang ada. Yang membuat saya kesal adalah, pada tagihan bulan ini saya dikenakan overlimit fee dengan alasan ada tagihan dari XL sebesar Rp130 ribu (terlihat di tagihan tanggal 24/11). Padahal pada saat itu, kartu saya dalam keadaan terblokir akibat overlimit.

Ketika saya tanyakan kenapa tidak ditolak tagihannya? Dijawab oleh CS call center bahwa saya menggunakan limit toleransi saya, karena ini tagihan langganan yang akhirnya membuat saya kena overlimit lagi dan (untung masih kuat jantung saya) bulan depan saya akan dikenakan overlimit fee lagi, karena bulan ini tagihan saya overlimit.

Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Dengan berbagi cerita ini saya harap orang lain bisa lebih berhati-hati ketika mau membuat kartu kredit. Doakan semoga saya bisa segera melunasi tagihan dan segera menutup kartu kredit ini. Terima kasih.

Rosnita SE
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:249    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Rosnita

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Ibu Rosnita SE di mediakonsumen.com yang disampaikan pada Tanggal 3...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Biaya Overlimit Kartu Kredit Bank Mega yang Terkesan Terlalu Dipaksakan

  • 3 Januari 2022 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Ya pakainya jangan sampai overlimit biar tdk kena biaya, enak kan? Anda pakai kk itu merasa terbantu atau merasa direpotkan? Kl merasa lebih banyak direpotkan ya tutup saja, selesai.

    18
    17
    • 4 Januari 2022 - (17:25 WIB)
      Permalink

      CC Mega memang kadang ngada2 tagihannya, biaya statement e channel masih ada biaya surat menyurat, padahal zaman udah di e channel terus itu Mega surat menyurat ke mana? Ke DC yg ga punya otak dan urat malu

      5
      1
  • 3 Januari 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Hah? Gak mutu sama sekali. Baru punya kartu kredit ya? Baru limit 5 juta aja dah koar koar gak jelas.

    1) itu kena interest charge. Ada indikasi bakalan susah pembayaran nih.

    2) gak ada yang dipaksakan kok. Lu nya aja yang BEGGO ngitung bisa over limit.

    3) istilah blokir itu pemakaian kartu yg diblokir. Seperti e payment dan gesek di EDC. Lu langganan mah masih tetap ditagih. Kecuali lu tutup itu kartu.

    4) selamat ya bayar biaya biaya yg gede akibat kebodohan perhitungan ente. Hahaha…

    8
    46
    • 3 Januari 2022 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Jaga bicara anda. Anda merasa paling pintar dan paling hebat? Org klo gak tau gak ngerti itu d ksh tau baik2. Coba klo anda yg d bodo bodohi atau d katain goblok anda mau? Pikir sebelum menulis. Jgn2 anda kerja debt col? Sombong sekali anda.

      40
      1
      • 4 Januari 2022 - (01:43 WIB)
        Permalink

        Jangan dengerin dia bang, dia orang dalemnya bank Mega, makanya bahasa ga beretika. Saya jg sama seperti kasus anda bang, kena over limit karena bunga, komplain ga d tanggapin wkwkw

        11
        • 5 Januari 2022 - (10:57 WIB)
          Permalink

          Memang sih bank mega ini biaya2 nya luar biasa cc bank lain rata 20-100rb, saya langsung tutup cc ini saat thnan 400an dan gak bisa dihapuskan lagi, saran saya itung dg cermat total pemakaian + kemungkinan muncul bunga2, biaya2 dg limit yg ada dan sisakan minimal 500-1 jt jgn dipake full supaya gak kena cas sebsr itu mending pake jajan2 cantik, coba hub. Callcenter ajukan permohonan penghapusan minimal pengurangan sy pernah ngajuin ini dan dihapuskan tergantung kebijakan bank ya. Menurut sy lebih baik ditutup sj ganti aja bank lain bni mdri…

      • 6 Januari 2022 - (10:42 WIB)
        Permalink

        Tagihan msh bbrp hari jatuh tempo, dah ditlp diminta bayar, di email juga 🤣🤣🤣🤣
        Sy pegang CC dr 4 bank, hanya dr Mega lah yg begini blm jatuh tempo sdh ditlpin.
        Suami sdh menutup CC nya.Saya menyusul segera setelah pembayaran dr netflix n sportify sy alihkan ke cc lain.Dl ditawarin apply cc ini krn belanja di spmktnya dpt discount 10% tp skrg dah tdk prnh belanja disitu 😀 Jd sdh tdk guna sih pegang cc ini

    • 5 Januari 2022 - (05:48 WIB)
      Permalink

      Sepertinya ini dari Bank Mega, faham banget ngejelasinya. Saya lebih senang PAKAI KARTU DEBIT BIAR NGGAK DITAGIH DEBT KOLEKTOR

  • 3 Januari 2022 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Saya saya mau tutup cc bank mega klau semua tagihan sudah saya lunasi. Tinggal 2X tagihan lagi, lunas & akan saya ajukan tutup sebab limit kecil, biaya nya terlalu tinggi & overlimit bisa tiba2 ada ( sdh pernah kena 2X dlm 2 thn ).

    Awal cek sebelum jatuh tempo tagihan masih ada sisa limit & ga pernah di pakai lagi sampai jatuh tempo tagihan, tapi di billing tagihan tiba2 jadi over limit & kena biaya over limit

    Saran saya di tutup saja cc bank mega klau semua tagihan sudah di lunasi

  • 3 Januari 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    yg aneh itu limit yg diberikan itu katanya limit toleransi .. yg kita juga gak minta itu karena kalau emang melebihi limit max… ya gagal aja transaksinya seperti yg lain.
    tapi ini malah dilebihkan yg kata CS nya limit toleransi yg ga pernah kita minta untuk kenaikan limit dan setelah cetak tagihan muncul biaya over limit.
    trus toleransinya dimana ?
    setau aku sikap toleransi ya tolong menolong bukan ditambahin beban biaya.
    karena kita gak pernah minta atau mengajukan kenaikan limit.
    jadi tolong itu di perbaiki

    • 4 Januari 2022 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Memang setiap bank ada limit toleransinya. Kartunya masih bisa dipakai walaupun overlimit asalkan tidak lebih terlalu banyak. Tapi jika sudah jauh di atas limit, transaksinya akan ditolak otomatis. Ini berlaku di semua bank, tidak hanya di bank Mega saja.

      • 4 Januari 2022 - (11:22 WIB)
        Permalink

        Sepertinya anda salah. Tidak semua bank menerapkan aturan tsb. Pengalaman menggunakan Mega memang ada toleransi 10% dari limit kartu. Sedangkan menggunakan BCA tidak ada aturan toleransi 10%. Pernah menggunakan kartu 2x melebihi batas limit kartu. Yang pertama penggunaan auto reject, yang kedua lolos (over limit) dan kena biaya overlimit, tapi setelah aku call CS, apa ada kebijakan toleransi limit dari BCA seperti Mega terapkan dan CS bilang tidak ada, setelah itu biaya overlimit di refund ke limit kartu.

  • 3 Januari 2022 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Udah tutup aja. Kebanyakan biaya aneh2 di cc bank tersebut. Konsumen sperti dirampok aja. Sy dl nasabah cc bank tersebut 10thn, awalnya ok dan mudah tapi lama2 kita sperti dicekek dengan biaya2 cc macam2. Akhirnya tutup aja dengan tegas ke cs. Kapok wes

  • 4 Januari 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Biaya overlimit adalah hal biasa yang harus diketahui setiap pemegang kartu kredit. Jika kita menggunakan kartunya melewati batas tersebut, ya siap-siap saja kena biaya overlimit.

    Oleh karena itu, pastikan limit kita selalu cukup agar tidak kena biaya tersebut. Jika dirasa kurang cukup, minta kenaikan ke banknya, baik sementara maupun permanen. Selain itu, apply kartu kredit ke bank lain juga agar punya cadangan ketika limit di kartu kredit utama kita sudah mulai habis.

  • 4 Januari 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Saya pun sudah lama mau menutup cc ini,
    Kalo soal overlimit bisa dikontrol di m-smile,
    Tapi annual fee nya itu lho, ga imbang sama limit hikzzz

  • 6 Januari 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Bagi saya memiliki CC itu cukup menyenangkan dan membantu aktivitas. Hampir 3 tahun menggunakan CC lain bank, justru limit ditambah secara gradual karena pembayaran lancar. Pastikan jangan over limit. Saya juga paling anti bayar nyicil , bayar full sebelum jatuh tempo. Sehingga tidak ada biaya aneh2.

  • 6 Januari 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    saya jg mau tutup ni cc sebenarnya, tp suami ngelarang takut ada kebutuhan mendadak, rasanya udh jengkel limit kecil, annual fee nya 500, dipake cuma buat bayar pasca bayar xl tiap bulan, 500 bisa buat beli saham, nanti lah tunggu anak saya bs diajak pergi jauh, mau ganti pembayaran xl, trs tutup nih cc

  • 8 Januari 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kunci nya itu adalah pemakaian kartu kredit secara bijak sesuai dengan kebutuhan, mau pakai cc bank apapun itu pasti ada aja kebijakan yg ga sesuai dengan keinginan kita, dan peraturan setiap bank itu berbeda beda dari segi annual fee,biaya,limit,kebijakan denda bunga dll.
    Bukan kebijakan banknya yang salah, krn namanya bank atau perusahaan pasti cari keuntungan guys ☺🙂🙃.
    Sebisa mungkin kalau punya cc misalkan limit 5 jt :
    1. kalau kemampuan bayar kita sebulan ga lebih dari 1 juta ,brti pakai cc max 1 bulan ya 1 juta atau 800rb (belanja keperluan yg penting aja / yg di perlukan dan ada diskon jd bs sekalian hemat juga).
    2. Setiap bank punya promo yg berbeda jadi pakai promonya sesuai kebutuhan saat ini bukan sesuai keinginan.
    3. Pakai kartu untuk keadaan urgent ( pengobatan,pendidikan)atau hal2 lain yg di luar dugaan dan harus di penuhi saat itu juga.
    4.jadikan kartu sebagai perputaran modal usaha juga bisa bisa aja sih ,bisa dapet keuntungan juga ,tapi kalau yg ini harus teliti ya guys supaya kita ga terlilit hutang.

    Setau aku annual fee di bank mega setiap tahun bisa ngajuin hapus biayanya bilang aja ke call centernya keberatan annual fee kalau ga bs di hapus ,pertimbangan saya buat tutup kartu..pasti di ajuin tuh sama call centernya.

    Untuk masalah biaya admin ya anggep aja kita kan udah terbatu dengan adanya kartu kredit ya anggep aja bagi hasil atau saling menguntungkan…

    Kalau kena denda bunga ,ya memang sewajarnya kena kalau kesalahan dari kita..terima aja…

    Yang bijak pakai ccnya ya guys 🙃😀

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Biaya Overlimit Kartu Kredit Bank Mega yang Terkesan Terlalu Dipaksaka…

oleh Ros dibaca dalam: 1 menit
23