Pelayanan Alfamart Muwardi Jakarta Barat Mengecewakan

Selamat malam semua pembaca media konsumen,

Saya mau cerita tentang pelayanan Alfamart Muwardi Jakarta Barat yang sangat mengecewakan. Begini kronologisnya:

Pada hari Minggu tanggal 16 Januari 2022 pukul 20:45 saya berbelanja di Alfamart Muwardi, setelah saya memilih beberapa produk dan ingin membayar saya ikut antrean di kasir. Karena hanya 1 kasir saja yang buka jadi antreannya hanya di satu kasir saja. Lalu saya dan beberapa konsumen antre, namun ada satu bapak yang baru masuk ke Alfamart dan tidak mau antre.

Lalu bapak tersebut ke kasir sebelah yang tidak ada orangnya, mbak kasirnya masih melayani di kasir antrean yang saya antre. Setelah beberapa orang di depan saya sudah dilayani giliran saya yang mau bayar, tapi mbaknya malah ke kasir sebelah dan lebih memilih melayani bapak tersebut. Padahal saya dan beberapa konsumen sudah antre dari tadi tapi malah ditinggalin demi bapak yang tidak mau antre. Alhasil saya dan beberapa konsumen yang ikut antre sabar menghadapi mbak kasir tersebut.

Lalu setelah bapak tadi dilayani kami pikir si mbaknya balik ke kasir tempat kami antre, ternyata kami disela kembali. Mbaknya ditanya sama seorang ibu yang membawa keranjang harga minyak goreng yang dia bawa, setelah dikasih tahu harganya kami pikir mbaknya bakal balik ke kasir semula ternyata ibu tersebut bilang saya bayar aja mbak, eh mbaknya malah melayani.

Saya yang sudah antre langsung marah dan taruh barang belanjaan saya di atas kasir dan keluar karena saya merasa tidak dihargai yang sudah antre dari tadi. Sedangkan bapak dan ibu yang tidak antre malah diutamakan. Team management Alfamart apakah begini cara kalian memberikan edukasi kepada karyawan kalian tentang pelayanan terhadap konsumen? Apakah perusahaan kalian juga tidak memberikan edukasi terhadap karyawan kalian tentang pentingnya budaya antre?

Jujur saya sangat kecewa padahal di Alfamart tersebut ada beberapa staff, yang satu sedang display produk dan saya mengerti, dan yang satu dari tadi sedang main hp. Mohon cek rekaman CCTV kalian pada hari Minggu tanggal 16 Januari 2022 pukul 20:45.

Asep Maulana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:157    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Pelayanan Alfamart Muwardi Jakarta Barat Mengecewakan

  • 17 Januari 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Pernah ngalamin juga ..
    Udah selesai bayar ..
    Nungguin kembalian malah ngelayanin pelanggan yang lain ..
    Jadi nunggu didepan kasir kayak orang bego ..
    Akhir nya nanya mas kembalian nya mana ..dia cuma bilang lupa , jengkel banget mana gak ramah

    10
    3
  • 17 Januari 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Budaya antri di Indonesia itu sangat rendah sekali. Sudah sering saya lihat orang yang tidak mau antri ke belakang, tapi langsung menyerobot ke depan agar bisa dilayani duluan. Saya sendiri pernah mengalami hal itu, saya langsung tegur orang yang menyerobot itu dan memberitahu kasirnya bahwa saya yang sudah mengantri duluan.

    • 18 Januari 2022 - (08:09 WIB)
      Permalink

      knp gak beli diwarung ajah,kan lebih membantu perekonomian warga yg menengah kebawah, Daripada yg punya pengusah besar ,saling membantu yg membutuhkan itu lebih baik mba

      15
      13
      • 18 Januari 2022 - (08:17 WIB)
        Permalink

        Pada akhirnya semua bisnis akan tersistem. Tukang ojek digantikan ojek online, toko digantikan toko online, dan warung digantikan minimarket, dsb. Sudah menjadi tugas pebisnisnya agar terus berinovasi agar tidak kalah dengan perkembangan zaman.

        Sebagai konsumen, kita hanya memilih mana yang terbaik dan lebih nyaman untuk kita. Tidak mungkin kan kita jalan kaki 1 kilometer untuk naik ojek karena kasihan dengan tukang ojek pangkalan, padahal dengan satu sentuhan tukang ojeknya bisa langsung datang ke tempat kita.

        Untuk warung, sekarang masih bisa bertahan kok karena jumlahnya masih lebih banyak dan tersebar dibandingkan minimarket, tapi kedepannya mereka harus bisa berinovasi agar bisa terus bertahan dan tidak tergerus zaman.

        17
        1
        • 19 Januari 2022 - (22:32 WIB)
          Permalink

          Saya termasuk pelanggan setia alfamart, bahkan sy punya aplikasi biar tau poin sy masuk berapa.
          Dan setiap saya belanja terkadang kasirnya tidak pernah menanyakan apakah ada member atau tidak, bahkan saya pernah ngomong sendiri, mbak sy ada member itupun point tidak pernah bertambah.. Belanja saya pun bisa smpek 500rb.an atau 800.an setiap bulan tapi kok poin tidak pernah masuk. Dan setiap mau bayar apapun selalu bilang gangguan, apa mereka malas atau memang tidak tau caranya? Pernah negetes bayar -+3 menit temenku masuk buat bayar xxx dan itupun lansung direspon. Itupun mungkin yg temennya sudah senior. Gimana mau bisa bayar kamu gk logout dulu KATA SI TEMEN SENIORNYA MUNGKIN. Lah dalem ati.. Piye iki. Kasirnya sudah JUDESS. Kita kan disana belanja bukan ngemis. Terkandang JUGA STRUK GAPERNAH DIKASI KECUALI MASUK POINT ITUPUN KALO MASUK. SUDAH DARI DULU PENGEN KOMPLAIN AKHIRNYA NEMU SITUS INI. KALO BISA SETIAP AlfamART NGASI KOTAK SARAN… JANGAN BEGITU YA LAEN KALI

  • 17 Januari 2022 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Kalau Soal Ramah Mah Alfamart Paling Buruk, Kebanyakan Staff Alfamart Melayani Nya Kayak Ga Ikhlas Dan Terlalu Pilih – Pilih Orang

    10
    5
  • 17 Januari 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    pernah juga di indomaret kebon jeruk 32
    padahal ud langganan disitu eh ganti karyawan baru cewe pake kacamata di tanya mau bayar pake mandiri bisa ga mbak ? jawabnya Gak bisa tp ketus banget klo emang ga bs bilangnya ga usah gtu jg dong..pdhl sm karyawan yg lama ramah2 banget loh..jadi males deh kyak minta aja kan mau beli kita

    • 19 Januari 2022 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Andai gue yang punya alfamart wkwkwk.. pecat dan ganti yang lain wkwkwk
      . Yang mau kerja banyak, dan yang lebih ramah banyak

      3
      1
      • 19 Januari 2022 - (19:41 WIB)
        Permalink

        Semenjak ada Alfa, Indomaret imbasnya kerasa bgt buat usaha sembako rumahan seperti sy.orng” LBH memilih membeli d market itu!d tambah LG skrg wrng sembako LG d serang SM wrng sembako m*d*r*.mrk sistim nya SM seperti alfa dan indom,Kla m*d*r* d situ ada wrng sembako dia akan buka d dekat wrng itu,nyempil jg jd mrk ga knl wkt 24 jam HR raya HR besar buka ga pernah ttp!

  • 17 Januari 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Mantappp, semoga ada tindaklanjutnya sebagai pembelajaran juga buat kasir atau staff minimarket.

  • 18 Januari 2022 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya harga barang di alfa atau indo itu lebih mahal di banding swalayan atau warung deket rumah ,kalau pas lagi gak promo . Tapi hebat nya aku tetep sering belanja disitu , dan harus teliti kar3na keseringan pegawai lupa ganti harga promo yang sudah lewat dengan harga normal di rak , coontoh nya , sampo lefboy kemasan kecil kalau di tempat laen 8000 di alfa bisa diatas 9000

    2
    2
    • 19 Januari 2022 - (06:24 WIB)
      Permalink

      Itu akal-akalan om.. biasanya lebihnya masuk kantong mereka, gue tau karna punya temen yang mantan karyawan alfamart

      1
      3
    • 19 Januari 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      akal2an gmn gan? Kalo lupa ganti harga promo yg udh gak berlaku mana bs masuk kantong pribadi.. Yg ada malah nombok kalo customer nya ngotot mau harga promo

  • 18 Januari 2022 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya tinggal di daerah susilo deket ke muwardi, padahal di susilo ada alfa tapi saya maunya ke alfa muwardi aja ga tau kenapa mungkin kara karyawannya pada cakep cowoknya apa lagi ada yang staylnya kaya oppa gitu uhh🥰 pengen minta nomernya malu gengsi 😩 tapi pelayannya bagus ko kadang barangnya ga ada suka di cariin dulu ke gudang top lah saya suka

    8
    13
  • 18 Januari 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Parah kesel bgt sih, soalnya aku juga pernah alamin hal yg sama di alfa dan bukan cuma layanin orang yg serobot antrean tapi si kasir ini pelayanannya lama bgtttt gatau emang dari mesin kasirnya yg lemot atau emang pegawai kasirnya yg kurang gesit, sampe abang aku lempar salah satu barang belanjaannya ke kasir karna udah kesel banget😅

    2
    2
  • 18 Januari 2022 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Ka boleh minta no hp /WhatsApp nya…soalnya saya dari pihak toko untuk klarifikasi msalah ini ka..
    Tks ka..

    16
    • 18 Januari 2022 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Kenapa anda yang harus klarifikasi? PT Sumber Alfaria Trijaya itu ga punya publik relation ya?

      6
      2
      • 19 Januari 2022 - (16:50 WIB)
        Permalink

        BUBARIN ajalah minimarket² cukong!!! 👎🏼💩👎🏼🤮👎🏼
        Kembali ke toko² kelontong tradisional!!

    • 18 Januari 2022 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Silakan Anda minta nomor kontak penulis keluhan ke Media Konsumen. Yang harus klarifikasi harusnya Alfamart pusat, nanti mereka yang akan mengevaluasi kinerja pekerja-pekerjanya. Yang jelas, catat ya sodara-sodara, Alfamart Muwardi Jakarta Barat.

      10
    • 19 Januari 2022 - (06:26 WIB)
      Permalink

      CIE TAKUT DI PECAT CIE QKWKWKWKWK
      UDAH ADA MASALAH BARU KLARIFIKASI WKWKWK
      GAK ADA IMPROVEMENTNYA

      2
      4
  • 18 Januari 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal sangat buruk di almamart paingan yogyakarta. Ditanya baik-baik jawabnya ketus,
    sy ketusin balik dan lg banyak2nya konsumen. Mbaknya terus plonga-plongo (Dalam hati, emang gw pikirin). Setelah itu Saya tidak pernah belanja ke alfamart sekalipun keadaan mendesak.

  • 18 Januari 2022 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Gue juga pernah di Pamulang, jadi ada ibu2 cuma naro roti di kasir terus dia wara Wiri nyari yg belanjaan yg lain, dan gue udah antri lama karena memang rame eh itu ibu2 di layani kasir Alfamart katanya ibu itu udah duluan dengan bukti roti di kasir, kalau caranya seperti itu gue juga mau masuk Alfamart ambil aja permen Taro kasir terus muter2 nyari yg lain, serobot dah antrian, malah si ibu2 yg marah

  • 18 Januari 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya management alfamart itu sudah sangat bagus, cuma gara gara oknum karyawan yang malas melayani jadi seolah olah itu kesalahan perusahaan. Trus lagi personil yang main hp juga biasanya mengerjakan tugas dari atasan yang kadang mendadak tapi minta cepat. Serba salah kadang ada atasan yang tidak mau tau kondisi di toko.

    10
    2
  • 19 Januari 2022 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Ka.. saya karyawan tokonya.. boleh minta no hp/wa.. mau klarifikasi WKWKWKWKWK
    TAKUT DI PECAT ?
    ada masalah baru klarifikasi wkwkw
    Improvementnya gak ada ya kalo gk ada masalah ?

    1
    2

 Apa Komentar Anda?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Alfamart Muwardi Jakarta Barat Mengecewakan

oleh asep dibaca dalam: 1 menit
35