Penutupan Kartu Kredit Bank Mega, Kenapa Dipersulit?

Menurut saya Bank Mega kurang bijak, justru mempersulit penutupan kartu kredit. Bulan Juli 2021, saya sudah melunasi hutang pembayaran di kartu kredit (justru surplus, ada sisa di dalamnya), sebab saya berniat untuk menghilangkan kartu kredit dari dompet saya.

Saya menelepon ke call center Bank Mega pada bulan Juli juga untuk penutupan, agar tidak terjadi tagihan iuran tahunan. Namun customer service (CS) bagian penutupan justru berbelit-belit, tanya alasan ditutup. Sudah saya jawab bahwa kartu kredit sudah selesai dan tidak memerlukan lagi. Namun CS bilang gak usah ditutup biarkan saja, gak apa-apa. Saya tetap minta ditutup, tapi CS tetap berbelit-belit, malah bilang nanti dihilangkan iuran tahunannya, free administrasi dll.

Saya agak marah dan minta agar kartu tetap ditutup, tapi CS tidak mau menutup, minta dibiarkan saja gak apa-apa. Akhirnya saya habis pulsa banyak dan dengan jengkel marah, saya tutup teleponnya. Saya benar-benar jengkel, kenapa ya mau menutup kartu kredit Bank Mega kok sulit?

Selanjutnya saya biarkan kartu kredit tersebut dan saya potong agar tidak terpakai. Selama bulan Juli 2021 sampai Desember 2021 saya tidak lihat tagihan di email saya. Namun tanggal 22 Jan 2022 malam ini, saya iseng coba lihat email dan ternyata Bank Mega menerbitkan tagihan iuran tahun sebesar Rp500 ribu.

Benar-benar saya mengumpat dalam hati. Katanya free tahunan, tapi malah ditagih dan mau ditutup dipersulit. Nah konsumen kan sudah menjalankan kartu kredit saat terima untuk kebutuhan dan sudah selesai dengan baik, kenapa Bank Mega mempersulit? Ke mana saya harus melangkah? Saya tidak mau bayar iuran tahunan. Bagaimana tanggapan Bank Mega tentang hal ini?

Muhammad Yasin
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mega:
[Total:133    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan “Penutupan Kartu Kredit Bank Mega, Kenapa Dipersulit?”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat keluhan yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Yasin di mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Penutupan Kartu Kredit Bank Mega, Kenapa Dipersulit?

  • 24 Januari 2022 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Benar-benar saya mengumpat dalam hati. Katanya free tahunan, tapi malah ditagih dan mau ditutup dipersulit.

    selama belum ditutup iuran akan tetap muncul, mau free harus telp CS lagi untuk dihapuskan. tidak serta merta janji free oleh CS langsung tidak muncul,
    biasanya habis di SP begini bisa ditutup dengan gampang

    7
    1
  • 24 Januari 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Bank mega terkenal susah tutup kartu kredit, beda dengan BCA saya pernah menutup milik istri dan mertua saya 1x telepon Halo BCA sudah beres.

    • 25 Januari 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Seharusnya Bank Mega bijaksana…kalo mau di tutup karena kondisi keuangannya tidak memadai…pihak berwenang. OJK jangan diem saja melihat kondisi seperti ini…

    • 25 Januari 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Saran saya mas, coba telepon CS lagi, Rekam pembicaraannya, jadi kalo mereka mempersulit ada buktinya, jadikin rekaman ini sebagai bahan bukti laporan anda ke OJK, yang seperti ini harus dikasih pelajaran, menutup CC itu adalah hak jadi gak boleh dipersulit

    • 24 Januari 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Tapi kenapa mesti konsumen atau nasabah …yang jadi korban…bingung mau gimana ? Padahal hidup inginnya tidak terjerat begini..makanya KK sdh selesai ditutup. Eee malah bank nya sulit….Bank itu dipemerintahan dikelola bagian apa sich…kok begini dibiarin…rakyat jadi susah juga, dimana harus mengadu ????

  • 24 Januari 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    annual fee sudah terbit begitu pasti nanti argument cs minta nasabah untuk bayar tagihan tsb. Sepertinya sih harus mempersiapkan pulsa yang banyak buat telpon cs supaya bisa tarik ulur pengajuan penutupan. Dulu juga trik tsb aku lakukan sampe ada 15-20 menit tarik ulur request penutupan.

    3
    1
  • 24 Januari 2022 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Mungkin bisa datamg langsung ke Banknya pak..
    Selama belum ditutup Kartu Kreditnya pasti dikenakan iuran Tahunan..CS Hanya mengelabui anda.
    Semoga cepat Terselesaikan.

  • 25 Januari 2022 - (04:04 WIB)
    Permalink

    Mau cepat proses penutupan kartu kredit di bank ini? Coba pakai alasan di bawah:

    1. Kartu kredit itu riba, dan saya tidak mau terlibat dengan hal riba lagi.
    2. Saya ingin pengajuan KPR, kartu kredit harus saya akhiri.
    3. (Atau yang lebih ekstrim) Saya sudah tidak punya pekerjaan/penghasilan lagi, jadi tagihan kartu kredit pun tidak akan mampu saya bayarkan akhirnya.

    Biasanya dengan alasan-alasan di atas (berdasar pengalaman teman-teman yang saya kenal) CS bagian penutupan tidak punya alasan lagi dan akan segera memproses penutupan.

    Hindari menggunakan alasan di bawah ini agar tidak berbelit-belit:
    1. Saya sudah tidak memerlukan kartu kredit lagi.
    2. Limit yang diberikan terlalu kecil.
    3. Kartu kredit ini sudah tidak menarik lagi untuk saya.

    Tips lain:
    1. Sudah sangat dikenal proses penutupan kartu kredit paling menguras waktu, tenaga dan pulsa sejauh ini adalah bank ini. Sebelum telpon ke bagian penutupan, lebih baik isi dengan paket telepon di operator masing-masing.

    2. Annual Fee yang sudah terlanjur tertagih harus dibayar jika tidak ingin punya catatan buruk di SLIK atau berurusan dgn Debt Collector. Langkah yang bisa diambil:
    A. Bayar langsung lunas dan minta penutupan kartu; atau
    B. Ajukan penghapusan Annual Fee terlebih dahulu, begitu sudah terhapus baru lakukan penutupan kartu. Jangan mengajukan penghapusan iuran tahunan dan penutupan kartu di saat bersamaan. Biasanya proses penghapusan iuran tahunan tidak akan memakan waktu lama untuk bank ini. Cek berkala di aplikasi kartu kredit apakah ada pengembalian limit ke kartu atau ada notifikasi penghapusan iuran tahunan disetujui.

    9
    1
  • 25 Januari 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Bagus jangan bayar. Bilang saja dulu sudah mau tutup tapi ga boleh dan udah dikasih tahu iuran tahunannya free. Yang kasus begini bukan cuman 1 – 2 x aja. Yg komplain udah bnyk kok. Nanti tahu2 preman yg disewa Bank Mega buat jadi debt collector datang. Lain kali kalau mau nutup kartu harus direkam pembicaraannya.

    3
    1
  • 25 Januari 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    saya juga sama minta ttup tpi di tahan dan akhirnya kesepakan di ttup sementara dan di bebaskan sgala iuran..tpi kmren ada anual fee kyak si bapak masalahnya..saya telpon cs mnta di apus dan memaklumi lgi pandemi keuangan keluarga lgi kecukupan untuk hidup pas2an..dan akhirnya di apus tagihan anual fee dan mnta stop billing statement..dan di setujui ..pasang paket telpon pak biar hemat saya pasang 10rb grtis tlpon 60 mnit all operator..semoga cpet slsai masalahnya..saya juga trmasuk sayang untuk ttup tkut ada keperluan usaha untuk kredit barang dengan cicilan murah..ambil tengahnya aja..mnta tutup sementara dengan tnpa di bebankan biaya apapun..bank mega juga mengerti pak..

  • 25 Januari 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Mega lagi, mega lagi. Aduh semoga nggak pernah berhubungan dengan bank satu ini.

    Saya ada pengalaman beberapa kali tutup kartu di bank lain. Memang selalu dirayu-rayu supaya tidak ditutup. Dikasih semua rayuan mulai dari free annual fee, bisa dapat KTA bunga rendah dsb. Tapi saya selalu kekeuh buat minta diproses tutup saat itu juga plus saya pasti minta dikirim juga email penutupan kartu tersebut sebagai pegangan saya sudah tidak ada kewajiban di bank tersebut.

    Saran saya jangan percaya dengan omongan akan dibantu tutup tapi kita nggak dapat surat penutupan dari bank. Pastikan kita dapat surat tersebut pak

  • 25 Januari 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    2x pengalaman nutup KK bank BUMN syukurlah sejauh ini mudah cukup 2x telpon, 1x telpon permohonan penutupan dapat nomor laporan, telpon ke-2 untuk konfirmasi apakah sudah benar2 ditutup dan ternyata sudah. Saran saya kalau tutup KK alasan harus kuat, jangan bilang karena tidak memerlukan lagi, itu bakal dirayu2, tapi bilang saja sudah resign atau pindah pekerjaan biasanya disetujui atau bisa langsung ke kantor cabangnya. Semoga berhasil

  • 25 Januari 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Bner bgt ini bank emg rada..
    Gw udh 3x gak ditutup tutup sma dy mulai dr pulsa abis, rayu2 mau, dll..
    Akhirnya mau nutup smp skrg lupa lg..
    Bsk deh cba tlp..

  • 27 Januari 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Saya pengalaman handling KPR konsumen kalo ada masalah collectibilitas biasanya salah satunya bank ini . Ntah tutup tp ada iuran tahunan, ada lagi pernah nyangkut biaya materai . Yg dr brp ribu jadi ratusan ribu…kalo ada yang baca pengalaman bapak ini . Jangan buka cc dari bank ini . Jangan terkesima dengan promo2nya.. kecuali sudah siap…

  • 17 Februari 2022 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Kejadian serupa dgn saya dikirim metro visa platinum limit 5 juta dan langsung Sy telp cs utk pengembalian kartu dgn alasan limit yg kecil dibandingkan CC BCA platinum sy yg dijadikan referensi,di telpon cs nya bukan kasih solusi malah dengerin cs nya ceramah dan kasih saran Ngalor Ngidul tanpa kasih kesempatan utk bicara,nyerocos terussss udah ky dosen gelar profesor…saking kesalnya sy bentak bentak dan minta bayar berapa sy bayar sekarang juga,langsung ditutup telponnya..baca review orang2 Kalo nagih DCnya Kaya orang kampung yg norak banget gayanya..koboi hutan..Mungkin bank ini cara tutup CC nya musti di bobol kali yah kartu kredit nya..gak dibayar sekalian,akhirnya sampai hari ini sy gak aktifin itu CC.. biarin ajalah

  • 11 Maret 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah per tanggal 11 maret, kartu ni bisa di tutup.. gila nutupnya susah bener, udah dibilang ingin tuttup masih ditahan aja kartunya sama cs jangan ditutup, harus marah2 dulu utk penutupan..masih tunggu nih 10 hk , bukti pentupan ke email..semoga cepat selesai

  • 21 Juni 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    kalo mau tutup pasti di tahan2 pihak bank
    bank akan cek kita komplain apa aja di email2 sebelumnya
    contoh nya oh iya bapak kemaren ada komplain mengenai biaya admin dan biaya kelebihan dlll totalnya misalkan 300 rb , mereka akan info dana nya akan dikembalikan asalkan jangan ditutup.

    tapi ya mending ditutup aja kalo misalkan udh mau tutup , jangan terlena dan teriming imingi lagi sebagai pemegang kartu kredit

    tunggu sampai kita dapet no referensi penutupan cc nya . dan kita tunggu prosesnya 6 sd 14 hari kerja

  • 21 Juni 2022 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Nih pengalaman sy nutup cc mega. Anda jgn bilang ud gak perlu lg.. Bilangnya sy udah gak kerja karna pandemi. Sy takut kena hutang dan gak bisa bayar lalu bilang nanti kalau sy butuh lg saya bakal apply lg. Skrg ud gak memungkinkan punya cc. Dia pasti nawarin untuk free ini itu dan suruh biarkan sj kartunya. Bilang NO dan keukeh gak. Gak lama dia bakal langsung proses penutupan. Usahakan pakai telpon biasa atau paket bicara all operator kalo hape. Soalnya kalau pake pulsa mahal jatuhnya. Apalagi dibiarkan hening sama sih CS yg disengaja sampai putus

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Penutupan Kartu Kredit Bank Mega, Kenapa Dipersulit?

oleh muhammad dibaca dalam: 1 menit
20