Tagihan Pinjol Indodana Sudah Lunas, tapi Tidak Diberikan Surat Keterangan Lunas

Saya minta penjelasan untuk pinjaman online (pinjol) Indodana. Sebelumnya saya pernah mengajukan pinjaman sejumlah Rp1 juta. Namun setelah itu tagihan pembayarannya menjadi Rp2 juta.

Minta surat lunas, bisakah reff email jadi bukti lunas?
Pinjaman 1 juta, tapi setelah dibayarkan menjadi 2 juta.

Setelah saya bayar lunas, ketika saya minta surat bukti lunas, tidak diberikan. Apakah reff email bisa dijadikan bukti lunas?

Setelah saya telepon CS, pihak Indodana tidak memberikan surat bukti lunas, alih-alih hanya bukti dari rincian aplikasi Indodana. Apakah hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk tidak bisa mengeluarkan surat bukti pelunasan pinjaman saya? Apakah itu aman untuk SLIK data OJK dan BI Checking saya sebagai debitur?

Mohon sarannya, terima kasih.

Deni Hari Yuliardi
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indodana:
[Total:52    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan INDODANA atas keluhan Bapak Royke

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Deni Hari Yuliardi di Media Konsumen tanggal 25 Januari 2022 dengan...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Tagihan Pinjol Indodana Sudah Lunas, tapi Tidak Diberikan Surat Keterangan Lunas

      • 27 Januari 2022 - (16:56 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah pinjem di Ovo Finance 2 Tahun semenjak awal Covit 2Tahun Ga bayar2 Posisi tagihan dulu 1,2 jt sebelum di tutup OJK dulu masih Aktip Ovo Finance Saya Cuma bayar Total All sama denda Cuma 1.260.000 2Tahun Ga kaya ini Bungga berbungga, Ovo dulu 3 Bulan Gagal Bayar debitur sudah stop Bungganya Ga jalan terus kaya Finance2 Yang Ngaku Sudah terdapat di OJK, Saya heran Sama OJK emang ga tau atau pura2 Ga tau Yaa kan sudah jelas rentenir berkedok Finance dan Banyak Banget Ko malah di Diemin aja, Kredivo sama 3 Bulan berturut 2 Gagal bayar stop Bunga2 ga jalan terus kaya yang lain, Cuma tukang tagihnya aja Kredivo Kasar2 Kredivo Ovo Lebih Beretika sopan, istri Pake Produk Findaya Sama Bunga jalan terus per hari 2000 Ga berhenti selama kita belum bayar plus biaya bulanan 12000, Pernah gagal bayar jaman Pedemi dari awal hutang diangka 300rb lebih dikit bayar sampai 700rb lebih yang tukang tagih sudah Macam2 kasar2 Profil wa Golok Pamer tato Kaya, Udah kaya makannya Batu Tukang2 Tagih Pinjol yang resmi OJK juga sama apalgi yang ga resmi

    • 26 Januari 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Tenor 1 bulan tapi liat itu dari pinjaman nunggak tahunan, pinjam nov 2019 dibayar nya dicicil dari sep, okt, nov 2021. Ini orang emang gak niat bayar kek nya dari awal tapi pas dia mau pengajuan pinjaman di tempat lain gak bisa karena track record kredit nya jelek di ojk, dia pikir setelah dia bayar tunggakan nama dia bersih ya gak semudah itu ferguso. 😂

      6
      1
  • 26 Januari 2022 - (05:48 WIB)
    Permalink

    Jangan sampai coba coba utang di online ya,apapun itu.krn semuanya ilegal…label ojk hanya untuk meyakinkan pengguna saja. Kalau sudah lunas jgn coba lagi.
    Tp kalau belum lunas biarin saja..kalau ditagih suruh kerumah saja.sekalian negosiasi..krn bunga pinjol itu tidak masuk akal sekali.

    2
    3
  • 26 Januari 2022 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Pinjem 2019, lunas 2021. Sepertinya masuk kategori kredit macet di slik. Tp engga tau nominal 1jt masuk itungan apa engga.

    “Apakah itu aman untuk SLIK data OJK dan BI Checking saya sebagai debitur?” bapak lunasin tagihan pinjaman itu jg sepertinya krn “tersandung” sesuatu. Di tolak bank mungkin.

  • 26 Januari 2022 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Collect 5 alias macet di slik OJK..walaupun ada surat lunas..pemutihan 2 tahun. . Jadi ya….sabar aja

  • 26 Januari 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga pake aplikasi indodana tapi cuma buat cari keuntungan doank dari diskon², bnyak yg bilang aplikasi² begini nyekik penggunanya padahal yg pake yg nyekik diri sendiri padahal aplikasi begini kalo kita pinter pake nya bisa untung juga, contoh saya kemarin beli barang di tokpedia harga 90rb kalo cash harus bayar full tapi kalo pakai indodana bisa dapat diskon bayar cuma 83rb promo cuma berlaku buat pembayaran indodana berarti saya untung dapet diskon, kalo aplikasi gak ada celah buat nguntungin dan cuma nyekik doank ya jangan di pakai. Pakai dengan bijak dan sesuai kemampuan aja.

    5
    1
  • 27 Januari 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Dicek aja diaplikasinya. Kalau sudah tidak ada tagihan ya berarti lunas tapi SLIK OJK ya tidak serta merta berubah dari macet menjadi lancar. Pinjaman online GK mungkin terbitkan surat pelunasan. GK bisa salahkan Indodana terkait status kredit macet di SLIK. Untuk membersihkan ya harap sabar sampai pemutihan.

  • 28 Januari 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Sumpah gak paham. Minjem Nov 2019. Bayarnya 2 tahun kemudian tahun 2021. Terus baru lapor skrg, bilang tagihannya jadi 2 juta? Kamu telat 2 tahun hey 😅 lagian udah lunas dari Nov kok masih tanya

 Apa Komentar Anda mengenai Indodana?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Tagihan Pinjol Indodana Sudah Lunas, tapi Tidak Diberikan Surat Ketera…

oleh Deni dibaca dalam: <1 menit
12