Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

Kejadian ini bermula ketika saya bertransaksi di Tokopedia pada tanggal 27 Oktober 2021. Saya membeli barang seharga Rp 2.928.000. Metode pembayaran yang saya pilih Indodana, karena waktu itu sedang ada promo cicilan bunga 0%, dan saya ambil tenor 3 bulan dengan angsuran Rp976.000/bulan.

Seiring berjalan waktu, saya pun selalu tepat waktu membayar tagihannya, sehingga tidak terkena denda. Namun pada bulan terakhir, pembayaran saya sempat pending. Karena tanggal gajian jatuh setiap tanggal 30, dan ketentuannya jika tanggal 30 jatuh pada hari libur (Sabtu, Minggu) maka gajian saya di-pending hingga hari kerjanya (Senin – Jumat). Saya sudah berbicara lewat WhatsApp dengan DC Indodana, bahwa saya janji akan bayar pada tanggal 31 tepat saat saya gajian. Saya dan mereka (pihak DC) pun sudah sepakat.

Namun kenapa saat saya mau bayar, saya cek lagi ke tagihan Indodana, yang seharusnya tagihan saya tinggal tersisa 1 lagi alias LUNAS, malah bertambah 1 bulan tenor lagi, menjadi 2 tagihan saya pada saat itu.

Saya sudah mencoba hubungi DC-nya, mereka pun tidak berani angkat bicara dan disuruh menghubungi CS-nya langsung. Kemudian kata CS-nya, karena saya pakai promo cicilan 0% dan Syarat & Ketentuannya berlaku kalau terlambat bayar, nambah tenor 1 bulan.

Jujur saja ini sangat berat bagi saya di masa pandemi seperti ini, untuk membayar denda tersebut. Saya mohon pengertiannya dari pihak Indodana. Saya sudah beritikad baik ingin membayar, tetapi kenapa seakan saya dijebak seperti ini?

Semoga ada tindak lanjut dari pihak Indodana untuk kasus saya ini. Terima kasih.

Okky Alwan Baidhoo
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indodana:
[Total:60    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan INDODANA atas Keluhan Bapak Okky Alwan Baidhoo

Sehubungan dengan surat pembaca atas nama Bapak Okky Alwan Baidhoo yang diterbitkan oleh Media Konsumen pada tanggal 1 Februari 2022...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

    • 1 Februari 2022 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Mending shopee paylater deh boss lebih jelas dan transparan tokopedia cuma menyalurkan kita ke indodana..ya yg ber urusan kita sama indodana tau sendiri lah kalau pinjol itu bagaimana ..awkwk

      7
      3
    • 1 Februari 2022 - (22:08 WIB)
      Permalink

      Ini jelas penipuan oleh Indo dana, karena kesepakatan yang telah dibuat kedua belah pihak tentang pembayaran tanggal 31 itu. Jahat

      7
      1
  • 1 Februari 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Jebakan betmen. Telat sehari dua hari langsung nambah tenor, yang kalo dihitung2 lebih dari 30% nominal pinjaman. 😱 Bunga 0% hanya gimmick aja. 🤭

  • 1 Februari 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lihat di SK nya memang begitu pak cicilan 0% kalau telat bakal nambah tenor bukan di indodana saja di yang lain seperti kredivo juga sama bunga 0% kalau telat dapat tenor tambahan

    • 1 Februari 2022 - (19:14 WIB)
      Permalink

      memang seperti itu S&K untuk promo cicilan 0%, lagian DC gk pny kuasa utk rubah S&K….

  • 1 Februari 2022 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Gile…segera lunasin deh. Pantang untuk ajuin kembali ke pinjol apapun. Bukan untungin malah mengerugiin.

    1
    1
  • 1 Februari 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Makanya sebelum ambil pinjaman baca dulu s&k , karena hampir semua suka ada jebakan Betmen nya ,kalau telat, sama kayak kredivo, cicilan 0% , tapi kalau telat bayar ada denda 1x cicilan, ini juga sama

    2
    2
  • 1 Februari 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu mekanisme cicilan 0% jika telat telat 1hri akan otomatis nambah denda 1x angsuran…

    • 1 Februari 2022 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Sebelum kredit, baca betul2 aturannya.. Biasanya kalau bunga 0% memang gitu aturannya.. Kalau telat, nambah 1 bulan cicilan.. Usahakan ambil tenor yg paling lama, kalaupun telat nambah nya dikit/kecil

      • 2 Februari 2022 - (00:41 WIB)
        Permalink

        Jatuh tempo 27 Februari. Tgl tsb jatuh pada hari minggu. Itu kalo gajian nya hari senin tanggal 28 Februari, telat sehari lagi. Nambah lagi gak tuh tenor jadi 5 bulan? Mantapz sekali.

        • 3 Februari 2022 - (15:33 WIB)
          Permalink

          Lapor aja ke website nya OJK dan BPKN .. itu promo promo gak masuk akal ..siapkan semua bukti untuk aduan

    • 3 Februari 2022 - (04:59 WIB)
      Permalink

      Ketentuan hampir disemua platform pinjol memang seperti itu…terlambat angsuran akan menambah tenor pinjaman.. Jangan sekali2 bernegosiasi dengan DC nya..mrk tidak memiliki kewenangan sedikitpun untuk menentukan kebijakan..

  • 1 Februari 2022 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Jangan ngutang kalo gak sanggup bayar. Baca dulu syarat dan ketentuannya. Anda yang salah, malu2in aja

    3
    16
  • 1 Februari 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    itulah yg terjadi jikaurusan sama riba, sama aja anda mau urusan ama “setan …
    yg penuh tipu muslihat !!

    • 1 Februari 2022 - (23:58 WIB)
      Permalink

      Iya betul pak, saya setuju terkait riba nya,
      Definisi riba kan jika ada kelebihan bayar.

      yang terpikir oleh saya pada saat itu adalah 0%. jadi jumlah yang saya bayar sesuai dengan yang saya beli pada saat itu.

      manusia tempatnya kesalahan, namun ada suatu kejadian yang diluar ekspektasi, sehingga membuat saya telat bayar.

      • 2 Februari 2022 - (00:36 WIB)
        Permalink

        itulah pak, pinjol itu mencari uang/penghasilan dr riba….
        makanya mereka menggunakan celah2 yg ada, agar dapat uang haram nya….
        pinjol itu seperti setan yg teekutuk, terlihat manis , seakan2 baik…. tapi , mencari celah… menjerumuskan kita.

        akhir nya, mau ga mau kita “harus bayar lebih dr pada bunga standar nya…
        ya, semoga berkah aja uang riba yg mereka dapat, dan anda yg di rugikan… di berikan rejeki yg lebih , amin🙏

        3
        2
        • 2 Februari 2022 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Pinjol GK akan dapat uang riba kalau GK ada yang pinjam. Tidak bisa 100% pinjol disalahkan dan merasa diri korban. Keduanya pemberi hutang dan peminjam sudah sepakat. Artinya tidak bisa hanya sepihak yang disebut kejamlah, jahatlah dkk.

  • 2 Februari 2022 - (01:19 WIB)
    Permalink

    Smoga ada rezeki buat melunasi nya pak
    Pelajaran juga buat saya setelah baca ini
    Dan smoga lain kali jika trjdi spti ini
    Karena gaji telat dibayarkan,
    Saya sarankan utk pinjam dlu kpda kluarga
    Cuma 4 hari janjikan anda akan lebihkan 50 atau 100rb, daripada harus telat pinjol
    Jujur saya serem kalo telat pinjol

    • 2 Februari 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Aamiin…
      semoga ini bisa jadi pelajaran buat kita semua.
      saya juga baru kali ini menggunakan PayLater.

  • 2 Februari 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    itulah pentingnya baca syarat dan ketentuan sebelum melakukan sesuatu.

    makanya jangan asal pencet tombol pak, pahami dulu S&K nya.

    kalau sudah sesuai S&K diawal yang bapak setujui ya mau gimana lagi. lha kan bapak sudah setuju?

    jadikan pembelajaran besok2 kalo mau apa2 baca dulu S&K dengan teliti

    • 2 Februari 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf ya mas,
      saya posting disini tujuannya untuk mendapat solusi dan agar yang lain juga teredukasi dann tidak mengalami hal serupa..

      kalau anda bertanya kenapa saya mau pinjam, yaa karena butuh pada saat itu, laptop saya kondisi rusak, sedangkan saya butuh itu untuk bekerja.

      • 2 Februari 2022 - (12:24 WIB)
        Permalink

        saya tidak bertanya

        mending anda mengedukasi diri anda sendiri dengan membaca S&K sebelum memakai sebuah layanan

        1
        3
        • 2 Februari 2022 - (12:37 WIB)
          Permalink

          Bukan urusan situ buat hakimin orang mau pinjam uang ke bank, atau pakai cicilan o%, atau menggunakan kartu kredit.. Dumb Dumb 😊.. Bapaknya minta bantuan dengan diberikan. Edukasi, lalu indo dana menjawab, bukan di hakimi… Dumb Dumb… Diatas kan ada bukti dia sudah bicara dg pihak indo dana, kesalahan juga pada penjawaban pihak indo dananya yg mengatakan IYA. seharusnya pihak pegawai tsb mengatakan: pak mohon maaf sesuai S&K yg berlaku, apabila telat 1 hr itu ditambah tenor. Saya tdk punya kewenangan merubah S&K. Kalau bapak nya diberikan penjelasan spt itu, sy yakin bapaknya akan buru buru melunasi tanpa harus menunggu tgl 31… See ini cara pandang dan penalaran orang dalam memahami masalah, kalau kebanyakan org cara mikirnya kaya sampeyan, semuanya mengalami kemunduran dalam berkomukasi… Untuk pihak yg mengalami shok dg penambahan tenor, sy harapkan kedepannya khusus hal2 yg menyangkut uang, elektronik, perhiasan, hadiah gift, pembelian tiket pesawat dll harap membaca dengan detail S&K nya, apabila kurang paham segera hub CS mereka dan simpan percakapan bapak. Krn sy juga mengalami kejadian spt S&K tidak sesuai, sehingga sy mengajukan protes keras ke Traveloka dan krn sy pelanggan lama maka mrk segera mengatasi dg memberikan informasi yg proper dan detail spt yg sy tanyakan… Semoga lekas selesai masalah nya… 😃👍

      • 2 Februari 2022 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Kan di awal sudah menyetujui syarat dan ketentuan, kalau telat bayar di tambah tenor 1 bulan. Di pembayaran terakhir telat walaupun satu atau 2 hari, ya namanya system data komputer ya otomatis berlaku. Walaupun kita ngomong juga. Mereka tidak mau tahu. Karena perjanjian sudah di sepakati di awal kredit.

    • 2 Februari 2022 - (12:39 WIB)
      Permalink

      Jangan hakimin orang mau pinjam uang ke bank, atau pakai cicilan o%, atau menggunakan kartu kredit.. Yg begitu = Dumb Dumb 😊.. Bapaknya minta bantuan dengan diberikan. Edukasi, lalu indo dana menjawab, bukan di hakimi… Dumb Dumb… Diatas kan ada bukti dia sudah bicara dg pihak indo dana, kesalahan juga pada penjawaban pihak indo dananya yg mengatakan IYA. seharusnya pihak pegawai tsb mengatakan: pak mohon maaf sesuai S&K yg berlaku, apabila telat 1 hr itu ditambah tenor. Saya tdk punya kewenangan merubah S&K. Kalau bapak nya diberikan penjelasan spt itu, sy yakin bapaknya akan buru buru melunasi tanpa harus menunggu tgl 31… See ini cara pandang dan penalaran orang dalam memahami masalah, kalau kebanyakan org cara mikirnya hakimi orang, semuanya mengalami kemunduran dalam berkomukasi… Untuk pihak yg mengalami shok dg penambahan tenor, sy harapkan kedepannya khusus hal2 yg menyangkut uang, elektronik, perhiasan, hadiah gift, pembelian tiket pesawat dll harap membaca dengan detail S&K nya, apabila kurang paham segera hub CS mereka dan simpan percakapan bapak. Krn sy juga mengalami kejadian spt S&K tidak sesuai, sehingga sy mengajukan protes keras ke Traveloka dan krn sy pelanggan lama maka mrk segera mengatasi dg memberikan informasi yg proper dan detail spt yg sy tanyakan… Semoga lekas selesai masalah nya… 😃👍

  • 2 Februari 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Gua penguna indodana jd serem juga pakai indodana ! Selesai bulan ini gua tutup ! kalo kejadiannya ma gua bs² nekat abis gua ma DCnya ! (viral² dah yg ptg hati puas !!)

  • 2 Februari 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Ya tahu gtu mnding pinjem teman / sodara dlu buat bayar dr pd telat nmbh 1 cicilan… Buat pelajaran buat kita semua

  • 3 Februari 2022 - (06:07 WIB)
    Permalink

    HAPUS SAJA ITU APLIKASI RENTENIR PALING GILA, MENGAKALI DENGAN SEGALA CARA DEMI KEUNTUNGAN SESAT!!!

  • 7 Februari 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Orang jaman sekarang pengen barang mahal tetapi dengan cara cicilan, pantesan pinjol semakin berjaya

 Apa Komentar Anda mengenai Indodana?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

oleh Okky dibaca dalam: 1 menit
40