Tiket Pesawat Dibatalkan Karena Bandara Ditutup Akibat Covid, Tapi Saya Diharuskan Bayar Cicilan Traveloka PayLater

Pada tanggal 19 Maret 2020, saya melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Traveloka untuk keberangkatan tanggal 22 Mei 2020 dengan cara kredit 6x. Pada tanggal 20 April 2020, saya mendapatkan info dari pemerintah bahwa bandara ditutup untuk umum pada tanggal tersebut, karena Covid-19.

Pada tanggal 22 April 2020, saya langsung melakukan cancel, setelah sebelumnya saya mengkonfirmasi pihak maskapai. Bandara membenarkan hanya orang yang berkepentingan khusus yang bisa berangkat. Sebelum saya melakukan cancel, saya menanyakan ke CS, bahwa refund karena covid dana kembali 100% sesuai harga tiket ke akun Traveloka Pay saya, tanpa menjelaskan detail.

Setelah saya melakukan refund, dana berhasil kembali. Namun hanya seharga tiket dan saya harus tetap membayar bunga. Padahal pembatalan ini karena pandemi dan bukan kemauan saya.

Hingga saat ini saya dikejar debt collector mereka untuk membayar cicilan tagihan sisa angsuran tiket yang saya refund, ± sekitar Rp800 ribu. Jika membayar hanya pembatalan aplikasi kredit, saya masih terima. Namun ini saya disuruh membayar tagihan yang saya tidak pakai/cancel.

Arief Rahman Hakim
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Traveloka untuk Arief Rahman Hakim

Kepada Yth., Bapak Arief Rahman Hakim Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Arief Rahman...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Tiket Pesawat Dibatalkan Karena Bandara Ditutup Akibat Covid, Tapi Saya Diharuskan Bayar Cicilan Traveloka PayLater

  • 17 Februari 2022 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Coba cek SLIK , sudah lama itu kalau dianggap nunggak pasti masuk. Kalau SLIK bersih ya cuekin aja yang nagih. Saya yakin ga masuk SLIK, untuk pastinya cek aja online atau minta tolong kerabat yang kerja di bank.

    • 18 Februari 2022 - (15:49 WIB)
      Permalink

      tapikan , disini saya juga sebelum cancel pihak cs menyampaikan ke saya dana kembali 100 % , tau taunya pas di refund hanya pokok saja & seandainya ada penerbangan yang cancel , akibat bencana dsb , berarti saya tetap rugi

      • 18 Februari 2022 - (16:07 WIB)
        Permalink

        hehe, kalo anda berutang dana yang anda dapat dana nya saja ato sama bunganya?

        dana nya saja kan? ya konsepnya sama, kalo anda minta utang anda nda bilang saya mau berhutang senilai “dana+bunga”, tapi hanya bilang berhutang senilai “dana”, sama hal nya disini

        • 9 April 2022 - (06:20 WIB)
          Permalink

          Ya iyaaa kalau pinjam memang tdk sama bunganya, tapi disini kan tidak jadi pinjam tapi disuru bayar bunganya, istilahnya begitu

          Kalau memang pinjam dana kita pakai, pasti dengan penuh tanggung jawab ya kita bayar tuh pengembalian pokok dengan bunganya juga

          Ngerti kan pak?

  • 20 Februari 2022 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga begitu. Pas Maret 2020 lalu. Cicilan memang tetap saya bayar kalau sumber dana dari paylater atau kartu kredit. Dan itu beserta bunganya. Tapi nanti akan di refund kembali ke limit paylater atau kartu kredit sehingga mengurangi tagihan bulan berikutnya. Beda dengan sistem refund pembayaran tunai atau transfer rekening.

    Saya juga pernah ajukan refund dana ke maskapai langsung. Waktu itu menggunakan kartu kredit BCA. Pihak maskapai melakukan refund ke rekening tabungan. Jadi, mau gak mau saya tetap harus bayar cicilan kartu kredit BCA yang terlanjur berjalan beserta bunga cicilannya. Itu sudah risiko kalau pembayaran menggunakan pinjaman atau kredit.

    • 21 Maret 2022 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Saya paham dengan yang di sampaikan oleh mas nya , tapi disini saya refund bukan kemauan saya tapi di sarankan oleh aplikasi , bagaimana dengan keadaan seandainya saya pesan tiket pesawat , dan daerah yang saya ingin tuju dilanda bencana , contohnya saya ke jepang , jepang kena tsunami dan pemberangkatan di tunda tiket di refund 100 % , apakah saya harus ikut rugi juga ?

      • 21 Maret 2022 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Kalau berdasarkan artikel yang anda tulis, Dana kan sudah dikembalikan sesuai tiket. Jadi yang anda keluhkan adalah pembayaran bunga. Yang mana itu sudah prosedur semua pembiayaan dan fasilitas kredit termasuk force majure sekalipun. Beda cerita kalau anda memakai metode pembayaran tunai, debit atau transfer.

        Itu sudah risiko menurut saya. Namanya juga anda memakai jasa pinjaman. Tentu akan ada plus minusnya.

        • 21 Maret 2022 - (11:12 WIB)
          Permalink

          mohon disimak kembali , saya memakai jasa pinjaman betul , tapi disini aplikasi menyarankan saya batal / mengganti hari karena saya dibatalkan pemberangkatannya karena darurat di bandara , apakah disini saya harus menanggung resiko nya ?

          tapi seutuhnya kasus sudah di tutup mereka menghapus semua dendaan & sudah tidak ada tagihan , tapi akun saya di block dan saya juga sudah cek di slik data saya bersih

          • 21 Maret 2022 - (11:13 WIB)
            Permalink

            Baguslah biar ada pelajaran bagi anda juga. Kedepannya kalau gak mau kena bunga bayar cash. Selesai

      • 21 Maret 2022 - (10:49 WIB)
        Permalink

        Ini saya copas dari situs Traveloka langsung. Jadi ada baiknya menurut saya dibaca sebelum transaksi agar tidak menimbulkan kerugian atau ketidakpuasan di kemudian hari.

        Refund tersedia untuk pembelian menggunakan PayLater.

        Namun, jumlah refund yang Anda terima akan bergantung pada kebijakan pembatalan dan refund produk yang Anda beli. Harap diketahui bahwa biaya cicilan dan biaya keterlambatan bersifat non-refundable.

        Jika Anda belum melakukan pembayaran cicilan Anda, maka jumlah refund sepenuhnya akan dikembalikan ke limit PayLater Anda. Mohon diingat bahwa Anda tetap harus membayar biaya-biaya lainnya, seperti biaya cicilan dan biaya keterlambatan (jika ada).

        Jika Anda telah membayar sebagian cicilan, maka jumlah refund akan dikembalikan ke limit PayLater Anda terlebih dahulu. Jika jumlah refund lebih besar dari sisa limit Anda, surplusnya akan ditransfer ke rekening bank Anda.

        Jika Anda telah membayar penuh cicilan PayLater Anda, jumlah refund akan ditransfer ke rekening bank Anda.

        Sebelum memproses dana refund ke rekening bank Anda, kami akan mengirim email untuk meminta info rekening Anda. Silakan membalas email tersebut dengan info yang diperlukan.

        Mohon diingat untuk tetap membayar biaya-biaya, seperti biaya cicilan dan biaya keterlambatan (jika ada).

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Tiket Pesawat Dibatalkan Karena Bandara Ditutup Akibat Covid, Tapi Say…

oleh Arif dibaca dalam: 1 menit
14