Dukungan “After Sales” Samsung yang Sangat-sangat Buruk

Saya pengguna kulkas Samsung tipe RT62K7011BS/SE, serial number: 0F164DBJC00028P2016.
Kulkas tersebut saya beli tahun 2018 karena pertimbangan volume yang sangat besar dan saya banyak menggunakan produk Samsung.

Kondisi saat ini kulkas tidak berfungsi (tidak dingin) dan saya telah mengajukan perbaikan ke Samsung.

  • Tanggal 2 Januari 2022, saya melaporkan kerusakan kulkas tersebut ke customer care Samsung dengan nomor pengaduan 4339368380.
    Tanggal 3 Januari 2022, teknisi datang untuk cek kondisi kulkas, info dari teknisi part yang rusak adalah step valve
  • Tanggal 4 Januari 2022, teknisi memberikan estimasi harga part sebesar Rp940.000 dan kompresor tetap akan diganti baru karena masih dalam masa garansi (garansi kompresor 10 tahun) dan tidak bisa diberikan estimasi waktu perbaikan karena alasan ketersediaan part.
  • Tanggal 27 Januari 2022 (setelah berkali-kali telepon ke teknisi dan customer care), akhirnya teknisi datang memperbaiki dan kulkas berfungsi normal. Info dari teknisi yang melakukan perbaikan, garansi berlaku 3 bulan setelah perbaikan dan jika terjadi kerusakan dalam masa garansi bisa langsung menghubungi teknisi (tidak perlu menghubungi customer care Samsung)
  • Tanggal 1 Februari 2022, kulkas kembali tidak dingin dan saya sudah ikuti prosedur yang diberikan teknisi untuk mematikan kulkas minimal 8 jam dan menyalakan lagi tetapi tetap tidak dingin.
  • Tanggal 2 Februari 2022, teknisi datang untuk cek unit, informasi dari teknisi kerusakan terjadi di step valve lagi dan freon Dijanjikan akan dikunjungi teknisi pada tanggal 4 Februari 2022.
  • Tanggal 4 Februari 2022, teknisi menginformasikan tidak bisa datang dan dijanjikan kunjungan tanggal 8 atau 9 Februari 2022, tetapi teknisi tidak datang, bahkan nomor telepon saya pun di blok oleh teknisi.
  • Tanggal 10 Februari 2022, saya membuat pengaduan ke customer care Samsung melalui chat WhatsApp, diminta menunggu 2 -3 hari (bahasa standar customer care)
  • Tanggal 15 Februari 2022, saya hubungi lagi customer care Samsung tidak pernah ada teknisi yang datang, bahkan pemberitahuan pun tidak pernah ada, dan saya hanya diminta menunggu (lagi).
  • Sebagai informasi, bulan November 2020 kulkas tersebut juga pernah mengalami kerusakan yang sama. Part yang diganti juga sama yaitu: step valve dan kompresor. Saya juga sudah menuruti saran teknisi agar menggunakan voltage regulator (stabilizer) untuk kulkas tersebut.
Tanda terima dan bukti pembayaran

Saya sangat kecewa dengan pelayanan after sales Samsung, customer service online 24 jam tidak ada gunanya jika fungsinya hanya untuk mendengar keluhan pelanggan tanpa ada tindak lanjut yang cepat. Apalagi saya juga memiliki produk-produk home appliances Samsung lainnya. Sekarang jadi terpikir jika sampai rusak, karena nama besar Samsung tidak menjadi jaminan layanan after sales yang bagus.

Sudah banyak kerugian saya, banyak makanan kami yang rusak dan banyak waktu terbuang untuk menunggu teknisi datang, bahkan saya sampai membeli freezer baru hanya karena menunggu yang tidak jelas.

Rino Heriyon
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Indonesia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Dukungan “After Sales” Samsung yang Sangat-sangat Buruk

oleh Rino dibaca dalam: 2 menit
0