Sudah Tidak Ada Tagihan Satu Rupiah pun di Traveloka PayLater, tapi Status SLIK OJK Kolektibilitas 2

Saya Rikyan Ristanto, pengguna PayLater Traveloka. Saya ingin sedikit mengeluhkan mengenai tidak update-nya Traveloka PayLater atau PT Catur Nusa Tunggal terkait SLIK OJK. Saya sudah melunasi semua tagihan saya dan di aplikasinya pun sudah tidak ada tagihan yang tertera. Namun saat saya mengecek SLIK OJK saya, ternyata banyak sekali tunggakan dari PT Catur Nusa dengan status kolektibilitas 2.

Saya sangat kecewa, karena saya sudah membayar semua tagihan saya lunas (terlampir bukti pembayaran dan tidak ada tagihannya di aplikasi Traveloka saya). Saya sudah telepon ke call center Traveloka, infonya saya harus update ke OJK-nya.

Saya sudah telepon ke OJK, untuk menanyakan yang seharusnya meng-update apakah pihak pelapor (dalam hal ini Traveloka atau PT Catur Nusa) atau saya? Saya juga bekerja di bank, dimana untuk pelaporan tagihan dan untuk update pembayaran dilakukan oleh pelapor, dalam hal ini seharusnya yaitu PT Catur Nusa. Namun call center tetap memaksa bahwa saya yang harus melapor ke OJK untuk update di SLIK-nya.

Sangat tidak masuk akal. Saya sudah melunasi tanggung jawab saya terhadap tagihan PayLater saya. Seharusnya PT catur Nusa langsung update ke SLIK OJK setelah nasabah sudah melunasi tagihan di Traveloka. Saya di sini jadi terkendala karena status Coll 2 di SLIK OJK, karena pihak Traveloka belum meng update ke SLIK OJK terkait pelunasan yang sudah saya lakukan.

Rikyan Ristanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Total:24    Rata-Rata: 1.2/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak Rikyan Ristanto

Kepada Yth., Bapak Rikyan Ristanto, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Rikyan tujukan kepada...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Sudah Tidak Ada Tagihan Satu Rupiah pun di Traveloka PayLater, tapi Status SLIK OJK Kolektibilitas 2

  • 10 Maret 2022 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Malu pak sama diri sendiri ๐Ÿ˜ bilang kerja di bank tapi tidak mengerti sistem SLIK OJK atau BI Checking…. Hahahaha namanya laporan oleh lembaga keuangan di BI Checking atau Slik OJK tidak bisa dihapus hahahaha…. Makanya jangan macam macam apalagi sampai kolek 2 hahahaha…..

    7
    2
    • 11 Maret 2022 - (00:31 WIB)
      Permalink

      kata siapa gak bisa di hapus… aneeeh
      bisalah bambang, gunanya slik ojk itu buat yang galbay sadar, dan bisa memperbaikinya dengan cara melunasinya.
      setelah lunas ada update data.
      hadeeh

      1
      3
    • 11 Maret 2022 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Anda salah,histori yg tidak bisa di hapus,tapi laporan bisa di update setelah pihak traveloka(paylater) melaporkan data terkini.

      • 11 Maret 2022 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Yuupp betul sekali Abang .
        Mudah mudah an traveloka nya cepet update .

        Nanti saya coba belajar sistem Slik sama Abang Toy ๐Ÿ™๐Ÿคญ๐Ÿคญ

        • 12 Maret 2022 - (05:10 WIB)
          Permalink

          Mending gak usah… Buang energi saja…..toy itu cuma tukang ganggun penulis di MK ini… namanya pun ganti ganti….

  • 10 Maret 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Kenapa mesti malu . Saya bayar lunas kok. Kecuali saya nggak bayar baru malu . sekelas kartu kredit saja ada tunggakan dan di SlIk Coll 2 , Jika sudah di lunasi dan sudah di tutup itu 30 hari kedepan di Slik nya sudah update lunas,dan yg melapor dan update untuk pelunasan ke sistem Slik nya pihak finance lembaga keuangan nya . Kecuali Coll 5 atau macet baru dia akan nempel terus di Slik dan nggak akan hilang. Saya macam macam ngapain . Mas , klo pun Coll 2 nya masih nempel di history nya,minimal di Slik nya tertulis lunas atau tutup . Lha ini tulisan nya masih aktif . Itu yg saya tanyakan … ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€. Nggak tau tapi sok tau. Mas kerja di bank juga ?.

    • 11 Maret 2022 - (00:45 WIB)
      Permalink

      Masih ada kolek 2 kan hahaha ya tetap lah jadi patokan lembaga keuangan lain kalo ada kolek 2. Itu maksudnya jangan macam-macam sama kolektibilitas

    • 11 Maret 2022 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Bayar aja baru tgl 5 Febuari udah mau cepat cepat aja… Mau apa ni kolektibilitasnya dipakai lagi berikut

      • 11 Maret 2022 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Saya juga nggak masalah coll 2 seandai nya menurut anda tidak terhapus, dan anda kan paham betul ya mengenai Slik itu menurut anda sendiri๐Ÿ˜๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€, . Yg saya kecewa pihak call center traveloka nya yg suruh saya untuk update ke SLIK nya, dan saya di suruh untuk ke OJK , bahwa saya sudah lunas . Logika nya di mana saya sebagai pengguna traveloka , di suruh untuk ke OJK untuk update slik saya. Yg harus nya update dan melaporkan bahwa nasabah sudah lunas dan tidak ada pinjaman , ya lembaga keuangan nya dalam hal ini traveloka/ PT catur Nusa .
        Ahh yasudah Lah.. lebih paham anda mengenai sistem Slik . ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ˜Š.

  • 10 Maret 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Kena tegur atasan kah ? Setau saya kerja perbankan SLIK harus mulus.
    Col 2 berarti telat , ya mungkin lebih hatiยฒ lain kali untuk kedepannya.
    Kalau pinjol paling rajin lapor kita telat bayar terutama Kredivo ( pinjaman uang Kredivo ga masuk SLIK ), KreditPintar,Traveloka dan Shopeepay ( ShopeePinjam ga masuk SLIK ). Ada teman saya telat sehari bayar pulsa 100rb di Kredivo kebaca di SLIK pas mau ajuin KPR, untungnya udah lunas tapi tetep kebaca.
    Pinjol juga paling males update kalau kita lunasin bisa 2-3 bulan, semoga dengan adanya surat ini cepat diupdate ama Travelokanya.

  • 10 Maret 2022 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk masukan dan pengalaman nya mas . Tidak seperti komen yg pertama , ๐Ÿ™.

    Kena tegur si nggak mas. Cuma memang di kita setiap per 4 bulan ada penarikan data Slik karyawan dari HR . Pas saya cek agak kaget si. Karena saya sudah lunas . Tapi masih tertulis aktif dan Coll 2 . Jika memang Coll 2 nya tetap menjadi history tidak masalah , yg saya mau update tulisan Lunas atau tutup di Slik nya , dan sampai sekarang pihak traveloka nya blm update untuk lunas atau penutupan nya, dan status masih aktif . Untuk bukti pembayaran dan pelunasan sudah saya lampirkan ke pihak HRD kantor saya. Dan sudah tidak ada masalah . Yg jadi pertanyaan, berapa lama traveloka akan update ke sistem Slik nya jika nasabah sudah melakukan pelunasan.mohon kepada traveloka untuk segera update

    Ya mudah mudah an traveloka segera updated untuk system pelaporan di Slik nya
    Terima kasih ๐Ÿ™

    3
    1
    • 11 Maret 2022 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Setau saya histori coll 2 itu tdk hilang, biasanya kalo BI checking menandakan bahwa pernah status pembayaran coll 2 saja, tetep ada tp ada keterangan lunas itu pun jika memang sdh lunas. Mungkin seharusnya GK jauh beda dengan slik OJK, tetep ada histori Coll 2 tp dgn keterangan lunas.

      • 29 Maret 2022 - (04:50 WIB)
        Permalink

        Redaksi saya mau bertanya. Mungkin bisa ditanggapi yang berwenang dalam hal ini OJK atau Kominfo dll. Dan ini pertanyaan penasaran ingin tahu jawabannya.

        1. Apakah Kredivo (PT. FinAccel Finance Indonesia) termasuk dalam pinjol legal OJK
        2. Jika masuk, pada urutan berapa Kredivo berada pada file pdf lansir OJK dengan judul ‘Perusahaan Fintech Lending Berizin”
        3 Apa hubungan Kredivo den KrediFazz (PT. FinAccel Digital Indonesia) urutan 81
        4. Apakah perizinan Kredivo menginduk Ke KrediFazz sedang jelas nama perusahaan Berbeda.
        5. kenapa listing pinjol legal yang dikeluarkan
        OJK terlihat kurang profesional dalam pengaturan isi konten dan terlihat seperti tidak transparan. Contoh seperti kolom website tidak seragam (http:// atau www. Atau text.id).

        Terimakasih atas penjelasannya.

  • 10 Maret 2022 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Slik ojk itu menarik data sampai 2 thn kebelakang, kalo pernah kol 2 jg tetep nongol itu di historinya. Yg diliat itu status koleknya udah balik ke kol 1 apa belum, kalo masih kol 2 ya belom di update brarti.

    2
    1
    • 12 Maret 2022 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Iya mas ,mungkin history Coll 2 nya masih ada tapi jika traveloka sudah update biasa nya Coll 2 tertulis Lunas .. ini di SLIK nya ket nya masih aktif padahal saya sudah tidak ada tagihan sama sekali di traveloka nya . Dan info call center, saya yg harus update ke SLIK OJK bukan traveloka nya. Hehehe ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • 10 Maret 2022 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Iya mas , untuk Coll memang akan terus menempel sampai 2 tahun ke belakang. Kecuali Coll 5 akan ada history kita pernah kredit macet. Iya mas , masalah nya itu saya sudah bayar lunas dan sudah tidak ada tunggakan tapi di Slik nya blm kembali ke Coll 1 atau tertulis lunas . Tertera nya masih Coll 2 dan aktif .

    Oleh pihak traveloka nya blm update seperti ke sistem Slik OJK nya . Saya call ke call center nya . Kata nya malah saya yg harus update ke SLIK OJK nya .. Hehehe

    Terima kasih mas untuk penjelasan nya

  • 12 Maret 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Moga2 cepat diupdate yah statusnya… Aneh bgt traveloka … Yang ngutang yang ngupdate ke ojk.. toh uda dibayar juga sama si pengutang. Mungkin butuh waktu kali yah pak si traveloka. Sekali ngupdate mungkin banyak jadi skalian…moga2 next time gak telat lagi…

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Sudah Tidak Ada Tagihan Satu Rupiah pun di Traveloka PayLater, tapi Stโ€ฆ

oleh Rikyan Ristanto dibaca dalam: 1 menit
23