Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman Kembali, Setelah Melunasi Tunggakan Pembayaran Kredivo

Saya melakukan pinjaman sebelumnya kepada Kredivo, pada tanggal 17 Oktober 2021, dengan ID transaksi: 165969646, nominal Rp5.100.000 dengan tempo 6 angsuran. Pada angsuran ke-4 dan ke-5, saya mengalami keterlambatan pembayaran. Namun pada angsuran ke-6, saya langsung melakukan pelunasan seluruh angsuran.

Sebelum pelunasan seluruh angsuran, saya sudah bertanya kepada pihak Kredivo apakah jika saya melunasi semua tunggakan saya, saya bisa mengajukan kembali? Pihak Kredivo mengatakan bisa, tapi harus tunggu 2-3 hari. Saya pun menelepon CS pada hari kedua, menanyakan kenapa pengajuan saya ditolak. Mereka menjawab sesuai email dari pihak Kredivo, terkait kendala keamanan.

Mereka juga mengatakan agar saya coba mengajukan dengan nominal lebih kecil, serta melakukan transaksi lain. Akhirnya saya membeli pulsa melalui Kredivo dan langsung melunasinya. Saya pun mencoba kembali mengajukan pinjaman, tetapi tidak bisa.

Saya menelepon kembali pihak Kredivo, tetapi kali ini jawabannya adalah investigasi akun dan harus menunggu 1 x 24 jam. Saya pun menyetujuinya dan menunggu kembali. Namun hari ini pun masih tetap tidak bisa. Bagaimana solusi dari Kredivo? Bagaimana agar saya bisa mengajukan pinjaman? Tolong kejelasan dari pihak Kredivo.

Karunia Shella Wardhany
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:244    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Karunia Shella Wardhany

Terima kasih atas informasi yang Ibu Karunia Shella Wardhany sampaikan di website Media Konsumen. Dalam menanggapi keluhan Ibu Karunia Shella...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman Kembali, Setelah Melunasi Tunggakan Pembayaran Kredivo

  • 10 Maret 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Bagaimana agar saya bisa mengajukan pinjaman?
    ——————-
    Kalau saya jadi Kredivo sy tidak akan mengabulkan pinjaman anda.
    Saya sudah capek dibohongi, katanya bayar tepat waktu ternyata harus dipancing kata kata dulu supaya hutang dilunasi.

    Akyu tidak rhomaa….

    21
    3
  • 10 Maret 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    kemarin ditagih dc tunaiku komplain di sene kan.sekarang ga di kasih utang sama kredivo komplain juga..wkwkwkwkwkwkwkwk hobi kok ngutang…

    16
    3
    • 10 Maret 2022 - (16:56 WIB)
      Permalink

      Walah, Hobby ngutang Pinjol ternyata.

      Sekalinya telat bayar lalu diancam Pinjol gak terima dan ngadu disini, ….pas udah gk diijinkan minjam pinjol curhatnya jugaa disini ..

      Ya udah lah, mungkin Pinjol lain udah ngeliat track record mu disini…suka telat bayar dan ngeluh di sini ketika dipaksa bayar..

      siapa yg ngga kapok minjemin kalau yg model begini?

      16
      3
        • 11 Maret 2022 - (00:35 WIB)
          Permalink

          Setau sy emang gitu. Dulu pernah telat 2 hari. Abis itu gak bisa langsung ngajuin. Nunggu dulu, cuma lupa waktu itu berapa lama. Kayaknya sebulan lebih dah. Benerin skor credit dulu. Kalau jelek gak di approve. Coba pake aplikasi laen… Indodana misalnya. Limitnya biasanya gede, tenor nya juga panjang… Masih banyak sih sebetulnya app lain.

          ~Hehe

          1
          1
      • 12 Maret 2022 - (01:15 WIB)
        Permalink

        Untuk kalian terutama untuk ts.JANGAN LAH SUKA MEMINJAM MINJAM DI PINJOL..KLO ANDA MENGERTI RIBA.ANDA TIDAK MINJEM KLO ANDA MINJEM ANDA PASTI ADA KENDALA.HIDUP SEDERHANA AJA.BISA MAKAN DPT HASIL HALAL BUAT ANAK MAKAN GA MASALAH BERSYUKUR AJA.DARIPDA HIDUP ANDA STRES MIKIRIN UTANG UTANG YANG BERAKIBAT TERHADAP DIRI ANDA SENDIRI..JANGAN MENJADI SOK KAYA.KLO MISKIN PENGEN FASILITAS SEPERTI ORANG KAYA BUANG JAUH2 PEMIKIRAN SEPERTI ITU…HIDUP MISKIN SEDERHANA ITU ENAK.SAYA MISKIN ALHADULILLAH GA PUNYA UTANG.WALAU SAYA SAMA ANAK ISTRI TINGGAL DIKONTRAKAN.GA NEKO2 BELI MOBIL BELI MOTOR YG MAHAL2..
        DAN JANGAN LUPA BERSYUKUR

        3
        4
    • 11 Maret 2022 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Kaya’nya gali lubang tutup lubang.., setelah dapat pinjaman dari pinjol lain, lunasi di Kredivo, mau pinjam lagi dikredivo apa mau ngelunasin yang lain lagi..
      Sebaiknya HENTIKAN membiasakan pinjam dibanyak tempat…

      6
      1
  • 10 Maret 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Mbak harus tahu, dalam sistem layanan keuangan mbak itu memiliki nilai atau skor kepatuhan dalam membayar, dan itu tercatat di OJK. Skor kredit itu bisa diakses sama semua lembaga keuangan, jadi kalau skor mbak-nya rendah pasti semua kreditur akan menolak memberi pinjaman, walau mbak belum pernah meminjam di perusahaan pemberi kredit tersebut…
    Ketepatan pembayaran pokok dan bunga itu disebut kolektibilitas kredit…
    Ada 5 kolektibilitas kredit sesuai peraturan OJK :
    1. Kolektibilitas 1: Lancar, apabila debitur selalu membayar pokok dan bunga tepat waktu. Perkembangan rekening baik, tidak ada tunggakan, serta sesuai dengan persyaratan kredit.

    2. Kolektibilitas 2: Dalam Perhatian Khusus, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 1-90 hari.

    3. Kolektibilitas 3: Kurang Lancar, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 91-120 hari.

    4. Kolektibilitas 4: Diragukan, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 121-180 hari.

    5. Kolektibilitas 5: Macet, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga lebih dari 180 hari.

    Jadi mbak bisa mengira² pernahkah macet membayar tunggakan kredit ditempat lain. Kalau pernah, bisa dihitung berapa hari mbak menunggak pembayaran? Kalau lebih dari 90 hari dipastikan mbak akan kesusahan mencari kreditur yg resmi…

    15
    1
    • 10 Maret 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Kredivo emg begitu, suka2 punya…saya nga pernah telat bayar, byr tepat waktu masih aja pengajuan nga di terima. Pinjam1x di kasih,2x di kasih, 3x buru2 di kasih alasan ini itu.pinjol apa begtu hahaha udah mesti kasih izin lagi kontak….langsung saya unistall…wkwkwk

      2
      5
      • 11 Maret 2022 - (06:24 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna kredivo dari awal tahun 2017, awalnya karena tertarik dari salah satu ecomerce yg menawarkan beli sekarang bayar 30 hari tanpa bunga. Saya tertarik dan install aplikasinya, syaratnya cuma foto KTP, sama menghubungkan dg akun digital, tanpa meminta ijin akses ke kontak (kalau anda bilang minta ijin akses kontak, berarti anda tidak pernah install kredivo), dan saya disetujui sebagai basic account. Saya tidak pernah mengajukan sebagai premium, tapi karena skor kredit saya bagus tiba² saja sudah jadi premium akun saya. Terus terang saya menggunakan kredivo untuk pembelian barang, bukan untuk pinjam uang, karena cicilan kredivo untuk 3 bulan bunganya 0 persen. Dan saat akhir bulan promonya cicilan 6 bulan bunga 0 persen…
        Untuk pinjam uang mending datang ke BRI, disana ada KUR dengan bunga rendah. Tentu saja syaratnya skor kredit di OJK bagus… 😁😁😁

      • 25 Maret 2022 - (23:38 WIB)
        Permalink

        Sudah terlalu banyak kasus kasus yang terjadi menggunakan aplikasi Kredivo. Pihak Kredivo harusnya tanggap melindungi konsumennya dengan membuat penyelidikan dan laporan ke Polisi. Dan masukan kepada OJK serta Polisi harusnya tidak tutup mata dengan kasus viral Kredivo. Harus aktiv juga melakukan pemeriksaan dan penyelidikan apakah yang terjadi ini, murni pemain eksternal atau jangan jangan ada juga pemain internal Kredivo yang mengerti system dan kelemahan di Kredivo..

  • 10 Maret 2022 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Hahaaa pemaksaan supaya bisa utang lagi.. temen gue aja gak bisa dipake lagi Biasa aja.. ini Komplen wkwkwk..

    4
    1
    • 11 Maret 2022 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Silahkan evaluasi sendiri bagaimana pembayaran utang anda. Dan ngaca diri tukang pinjam. Sebelum protes.

      2
      4
  • 10 Maret 2022 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Hahaha harusnya anda nyadar diri,gak punya Cermin kali ya jadi gak bisa ngaca diri sendiri,pada Bulan Februari 2022 anda mengemis pada Dc Tunaiku untuk diberi keringanan Suku bunga, anda menunggak tidak membayar angsuran dari bulan Desember 2021-Februari 2022.
    Dan sekarang anda mengemis meminta diberikan kredit oleh Kredivo !!!
    Status Skor kredit anda sebagai kreditur ada di System OJK.
    Sepertinya anda sudah tidak akan mendapatkan kredit lagi karena History anda pernah menunggak/macet pembayaran selama 90 hari.
    Ko Seneng banget sih Mbak Hidup banyak Hutang,apa mempunyai Hutang itu cuma hobi & gaya Hidup Mbak saja.
    Sekian dan Terima Nasib.

    2
    7
    • 15 Maret 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Ya betul kak, apalagi tunaiku itu kan apk nya bank ya, bank Amar. Ya jelas aja bank bisa gampang untuk ngecap kalo kreditnya jelek, kena deh tu BI checking atau KOL nya

  • 10 Maret 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    jangan berusaha lepas dari pinjol.. di saat di tolak jangan berlangganan hutang.. biar hidup tenang..

  • 10 Maret 2022 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Gali lobang tutup lobang akhirnya berada dipusaran pinjol laknat yang susah buat lepas. Saya sudah lepas dari pinjol dibuat galbay, daripada harus galob tulob. Peduli amat sama blacklist perbankan, yang penting sudah tidak berurusan lagi dengan perbankan

    21
  • 10 Maret 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    kagak usah protes disini,tuh kan di buli, biar ane aja yang dukung..lanjutkan masih banyak pinjol lain….sapa tahu di acc 5 sampai 6 pinjol kan bisa nutupin kecewa sama kredivo….wkwkwkwk(kagak ikut bayar iya)…cusss

  • 10 Maret 2022 - (21:12 WIB)
    Permalink

    semoga dapat rezeki lebih,.. dr usaha atau pekerjaan, jadi tidak perlu lagi pinjam duit… di Pinjol ..

    • 10 Maret 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Anda sepertinya terlalu banyak telat bayar hutang dan membuat kredit score anda buruk, ini akan berdampak di masa depan krn akan terekam di BI checking

      1
      1
  • 11 Maret 2022 - (00:26 WIB)
    Permalink

    saya pengguna kredivo, saya rasa yang anda lakukan itu terlalu ceroboh dan tergesa gesa. terlalu banyak harapan.
    sehingga melakukan yang tidak seharusnya di lakukan.
    initinya karena anda sudah telat membayar untuk dunia pinjol jangan harap anda di beri kesempatan kedua.
    jangankan yang telat bayar, yang bayarnya tepat waktu saja masih sering kena tolak.
    intinya jgn terlalu bnyak berharap jika sudah telat bayar.

  • 11 Maret 2022 - (01:29 WIB)
    Permalink

    Ya klo pihak kolektor bilamg bissa ajuin ya itu cuma basa basi agar bisa dilunaskan.. Yg menilai itu bukan colector atau cs tapi ada sistem analisnya.. Lagian klo dah nunggak harusnya selesain dulu tunggakan jangan langsung dilunasi biar kreditnya lancar dulu baru bayar angsuran terakhir, jadi penilaiannya baik.. Bersyukur aja, karena artinya kita g dikasi hutang kedepannya g da beban kita jg buat nunggak lagi karena utang

  • 11 Maret 2022 - (02:18 WIB)
    Permalink

    Skor kredit anda sudah buruk mbak Karunia. Coba anda sekali-kali cek ke OJK kualitas kredit anda. Jangan-jangan sudah kol 3 atau kol 4. Makanya penyedia jasa pinjol berhak menolak.

    2
    1
    • 11 Maret 2022 - (03:11 WIB)
      Permalink

      Mbak karunia, mbak seharusnya bersyukur ditolak. Berarti mereka sayang sama mbak biar mbak gak membiasakan diri untuk berhutang.
      Ambil hikmahnya saja mbak. Enak lho nggak ada utang. Ada pepatah begini, “lebih baik makan pakai singkong nyabut dari kebun belakang drpd makan steak tp berhutang”.

  • 11 Maret 2022 - (03:15 WIB)
    Permalink

    Kan kredivo jg udh kirim email itu ke semuanya.. klo ga salah pertanggal berapa itu udh ga bisa lgi ajukan pinjaman tunai.. cek dlu email / notif dr aplikasinya

    • 11 Maret 2022 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Hadeuh ini orang lagi. Kemarin komplin diteror dana tunai, sekarang komplin pengajuan hutang ditolak kredivo. Sebenarnya orang ini ngutang untuk apa? Sampai semua aplikasi dipakai. Apa sistemnya gali lubang tutup lubang. Kalau mau begitu mending ngutang ke bank. Ngutang ke pinjol bunganya mehong.

  • 11 Maret 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Apakah kaka termasuk pelaku gali lobang tutup lobang??? Mudah2an bukan…

    Di syukurin aja kak mungkin ini sebagian jalan agar kaka gak berhutang kembali ke pinjol.

  • 11 Maret 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Apakah ibu tidak punya rasa malu? Buat kredivo jangan mau kasih pinjaman. Sebenarnya dia melunasi hutang yang 2 jutaan terus pinjam 10jt lalu kabur. Ketika ditagih kasar komplain ke media. Semoga aja saya salah ya

    3
    3
  • 11 Maret 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Bagus tidak dapat pnjaman, kan situ pernah mnunggak telat byar, mungkin saja situ pnjam bsoknya tlat bayar lagi,, orng yg ngutang gak ada jamin bsok bisa bayar.

    2
    1
  • 11 Maret 2022 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna kredivo sudah 2 tahun.
    Selama memakai kredivo Saya aman2 aja tuh ga Ada masalah.
    Memang untuk sebagian transaksi ga bisa di proses kredivo Karena alasan tertentu.
    Dan juga Saya tidak pernah telat bayar cicilan atau paylater.
    Saran Kalo ga mampu jangan ngutang atau ngajuin pinjol nanti ujung2nya susah sendiri, kesel sendiri.

    1
    1
  • 12 Maret 2022 - (03:14 WIB)
    Permalink

    saya selaku DC dan salah satu nasabah Kredivo juga ingin menyampaikan informasi bahwa kemungkinan akun anda sedang proses clearing ya . untuk info yg ada di WA setelah saya baca dengan seksama terkait tunggakan anda yg sempat menunggak selama 2 bulan, kemungkinan yg WA anda itu pihak DC ya bukan CS kredivo . karena itu apapun tujuan anda, yg terfikirkan oleh dia hanya bagaimana caranya anda tetap harus bayar . walau demikian info yg dia berikan terkait bisa atau tidaknya anda mengajukan pinjaman lagi sudah benar . anda tetap dapat melakukan pinjaman lagi karena setahu saya peraturan di Kredivo untuk nasabah yg tertunggak lebih dari 90 hari akan berada di blacklist . point utama yg ingin saya sampaikan adalah, jika ingin mengajukan lagi cobalah dibulan berikutnya karena proses clearing tersebut . karena saya juga sempat melakukan pinjaman di Kredivo dengan tenor 3 bulan, tetapi saya lunaskan total tagihan di bulan pertama dengan niat ingin mengajukan lagi dengan tenor dan jumlah yg lebih besar tetapi tidak bisa dan ada email masuk persis seperti yg anda post . kemudian saya baru bisa mengajukan lagi di bulan berikutnya

  • 13 Maret 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    bukannya ini orang yg udah pernah complain di sini karna di tagih DC Amar Bank yaak 😂

    lakok laaahh
    bingung gua mindset lu tong 😂

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman Kembali, Setelah Melunasi Tunggakan Pem…

oleh Karunia dibaca dalam: 1 menit
46