Overlimit Fee Kartu Kredit HSBC yang Tetap Tercetak Walaupun Belum Melampaui Limit

Sebelumnya terima kasih atas kesempatan yang diberikan Media Konsumen untuk memuat hal ini. Pada tagihan bulan Maret ini, saya menerima tagihan HSBC seperti biasanya. Namun ketika dilihat kembali, terdapat overlimit fee sebesar Rp250 ribu. Ketika pengecekan sisa limit, masih tersedia sekitar Rp6 jutaan.

Sebetulnya ketika bulan Februari saya pun terkena overlimit fee Rp250 ribu dan dicoba pengajuan. Awalnya saya berpikir, apakah sebenarnya ini harusnya credit/bukan pendebetan karena pengajuan overlimit tersebut. Namun ketika mencoba bertanya ke CS, ternyata memang dikenakan kembali overlimit untuk tagihan kelebihan Rp5 juta yang seharusnya sudah terbayarkan ketika tagihan bulan Februari.

Limit saya adalah Rp42 juta. Ketika tagihan Februari (periode Januari – awal Februari) total pemakaian adalah Rp47 juta (memang kelebihan) dan saya mencoba pengajuan. Saya bayarkan full dahulu, dan dapat dilihat pada lampir tagihan Maret. Yang membingungkan ketika tagihan Maret, alasan overlimit adalah karena kelebihan Rp5 juta itu juga. Sedangkan pemakaian Februari – awal Maret saya tidak melampaui limit. Sangat membingungkan untuk saya, bagaimana sistem penghitungannya? Secara tidak langsung kelebihan limit bisa jadi acuan untuk charge juga bulan kedua dan jangan-jangan seterusnya.

Saya kali ini pun lebih memilih untuk membayarkan saja full. Karena penggunaan tersebut juga bukan untuk keperluan pribadi, tapi sebagian besar pembelian kantor dan supply produk ke rekan kerja dan saya akan charge hal ini ke pengeluaran tersebut. Namun bagi saya pribadi hal ini termasuk menjengkelkan. Sebab akhir-akhir ini penggunaan kartu kredit HSBC agak terbatasi.

Saya kadang melakukan pembelian dengan jeda waktu 2-3 menit saja untuk 2-3 transaksi berturut-turut di online, dan kadang transaksi kedua sudah pembatasan. Yang anehnya, ketika sudah mendekati limit seolah tidak ada pembatasan, dan dapat mengakibatkan kelebihan limit (ini yang menyebabkan saya bisa lebih limit Rp5 juta di bulan Februari). Tidak ada SMS notifikasi bahwa melebihi limit (apabila ada bisa saya langsung bayarkan agar tidak terkena charge) dan tidak ada anulir karena limit tidak mencukupi.

Ketika saya bertanya kenapa sistemnya seperti itu ke pihak HSBC, infonya karena adanya limit cadangan. Namun bagi saya sepertinya menjadi jebakan tersendiri, dikarenakan saya sering tidak ingat total pemakaian dan menganggap limit masih ada, walaupun sebenarnya bisa dicek via SMS. Saya sudah mulai agak malas jadinya untuk penggunaan dibanding kartu kredit lainnya

Hal lainnya, apabila pihak HSBC ingin menghubungi untuk klarifikasi, lebih baik melalui email. Sebetulnya nomor hp saya aktif, tapi sudah banyak sekali nomor yang saya blokir, dikarenakan seringnya penawaran KTA dan asuransi baik dari HSBC sendiri maupun kartu kredit lainnya. Apabila tidak ada pun, setidaknya saya sudah sering mendapat free annual fee dari HSBC. Ketika terjadi transaksi fraud Rp700 ribu di luar negeri, limit sudah dikembalikan. Terima kasih untuk hal tersebut.

Demikian surat ini saya tulis, bukan untuk mendiskreditkan atau lainnya. Saya hanya ingin tahu saja apakah sistem pengenaan overlimit seperti ini? Dimana untuk logika saya belum masuk. Terima kasih.

Felix
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit HSBC:
[Total:11    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Overlimit Fee Kartu Kredit HSBC yang Tetap Tercetak Walaupun Belum Melampaui Limit

    • 13 Maret 2022 - (16:42 WIB)
      Permalink

      sebenarnya bukan minta freenya sih,sayapun ngerti kalo overlimit karena kelebihan penggunaan karena ketidakwaspadaan pengguna. makanya diajukan , dan pernah pengajuan sebelumnya diloloskan. yang februari ok lah tidak bisa, tapi mengapa sudah bayar full + fee 250rb overlimit pun tetap kena overlimit di maret kembali. itu yang saya kurang paham

  • 13 Maret 2022 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Itu sudah jelas pada saat tangal cetak tagihan over limit pak makanya muncul biaya over limit. Perhatikan tangal cetak tagihannya pak.

    1
    2
  • 13 Maret 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Daripada overlimit terus lebih baik skalian pengajuan kenaikan limit. Karena limit masih kurang.
    Overlimit juga sebagai punishment bagi yang serakah dg utang

  • 14 Maret 2022 - (01:15 WIB)
    Permalink

    lho iya, koq bisa over limit ya?? aneh…
    tolong diupdate pak, apakah kesalahan sistem atau bagaimana..

    • 25 Maret 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      per kemarin sudah ada email info dari pihak hsbc, intinya ada kalimat “penagihan biaya overlimit diperhitungkan setiap kali pemakaian kartu, bukan pada saat ketika tagihan kartu kredit tercetak”. ntah, kemungkinan sistem detect 2x penggunaan overlimit. tapi ketika cek kembali seharusnya nominal terakhir yang terkena overlimit pada bulan januari untuk tagihan februari tersebut.

      namun pada akhirnya kedua overlimit akan dihapus baik tagihan cetak februari maupun maret. intinya sudah clear. saya coba lebih aware lagi untuk cek limit biar tidak terulang.

    • 21 Maret 2022 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Percuma hubungi, ga akan ada solusi. Tetep bakal dipaksa bayar biaya overlimit. Saya juga uda mengalami.
      Hsbc mau bangkrut mungkin makanya semua nasabahnya kena biaya overlimit.
      Saran saya tutup aja kartunya. Banyak bank lain yang pelayanan memuaskan. Hsbc terlalu banyak mengeruk dana dengan biaya ga masuk akal.

      • 25 Maret 2022 - (18:23 WIB)
        Permalink

        per kemarin yang kasus saya rencananya akan anulir overlimit. mungkin yang kasus anda akan serupa kemungkinannya, kedepannya mau ga mau saya harus hitung2 dan cek limit khusus kartu kredit satu ini agar tidak terulang

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit HSBC?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Overlimit Fee Kartu Kredit HSBC yang Tetap Tercetak Walaupun Belum Mel…

oleh felix felix dibaca dalam: 2 menit
12