Sudah Ada Kesepakatan, tapi Pihak BCA Tetap Menagih Kekurangan Pembayaran Kartu Kredit

Pada tanggal 22 Februari 2022, saya didatangi oleh DC pihak ketiga dari Bank BCA atas nama Hengki Nan**** (saya gak foto ID card-nya). Dia mengatakan bahwa saya bisa mendapatkan diskon 20% dari total pembayaran, jika dibayar tanggal 28 Februari 2022.

Akhirnya saya menyetujui dan membuat surat pernyataan minta di-acc diskon tersebut (bukti terlampir). Nah besoknya Bapak Hengki email saya, mengirimkan foto bahwa saya sudah disetujui mendapatkan diskon 20% dan bayar tanggal 28 Februari 2022, dengan nama kepala bagian penagihan Ibu Widi (bukti terlampir).

Sesudah saya melakukan pembayaran pada tanggal 28 Februari 2022 sesuai dengan kesepakatan. Sampai kemarin tanggal 19 Maret 2022, saya belum juga mendapatkan surat lunasnya. Namun hari ini tanggal 20 Maret 2022 saya dapat surat e-statement lagi dari Bank BCA yang menagih sisa kekurangan.

Jelas saya tidak akan bayar lagi, karena saya ada semua bukti dan saksi, waktu Bapak Hengki bilang tidak akan ada tagihan apa pun di kemudian hari. Kalau ditagih lagi, berarti saya dibohongi oleh pihak ketiga dari BCA tersebut. Kalau nanti saya didatangi kembali, saya mau proses ke kepolisian.

Tolong pihak BCA, saya minta kejelasannya. Terima kasih.

Yuliana Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:32    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

65 komentar untuk “Sudah Ada Kesepakatan, tapi Pihak BCA Tetap Menagih Kekurangan Pembayaran Kartu Kredit

      • 22 Maret 2022 - (01:07 WIB)
        Permalink

        Yang begini nih orang gak punya tanggung jawab yg ngutang malah lebih galak dari pada yg diutangin

        5
        5
        • 22 Maret 2022 - (14:11 WIB)
          Permalink

          Galak dimana’y ya? Saya kan sudah bayar sesuai kesepakatan..tp toh msh ditagih kembali. Salah gak kalau saya minta penjelasan??? Kalau anda di posisi saya gimana?? Diam2 aja kalau di tagih lagi??

        • 22 Maret 2022 - (17:26 WIB)
          Permalink

          Bener tuh mas danu, org yg utang lebih galak dasar ga punya malu yg utang. Geleng deh liat org begitu

          1
          2
          • 22 Maret 2022 - (18:51 WIB)
            Permalink

            Semoga hidup Anda gak punya hutang piutang ya, Mbak/Mas Febri. Semoga juga hidup Anda bersih suci dan tidak punya dosa ke siapapun ya.

            4
            1
    • 22 Maret 2022 - (01:13 WIB)
      Permalink

      Lawak dc gaji dibawah umr, beda kelas bhost ama kerjaan lu di pinjol yg modalnya masih dibawah 100T
      Ini cc boss

      3
      1
      • 22 Maret 2022 - (10:19 WIB)
        Permalink

        apakah arti dari kredit di kartu kredit? wkwkwkwkkw

        kita diberikan uang dalam bentuk kartu, yang dapat kita gunakan untuk bertransaksi sekarang dan dibayarkan pada waktu yang ditentukan oleh bank nya

        dalam arti kita ngutang dulu, terus dibayar kemudian hari

        kalau ada yang bilang cc nya saya pakai, tapi lsg saya bayar lunas hari itu juga, itu juga ngutang masihan, 2 jam, 5 menit, 1 menit anda sudah bayar pun, tetap tercatatnya ada mengutang dlu, baru anda bayar

  • 21 Maret 2022 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Pake logika terbalik aja. Saya belanja 4,2 juta pake uang TS. Trus saya balikin uang nya 3.3 juta ke TS dan minta dianggap lunas dg alasan kesulitan ekonomi dll. Apakah kira2 TS rela atau ikhlas.?

    • 22 Maret 2022 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Yah ga ikhlas lah udh di ksh pinjem malah balikin kurang dr hutang yg di pinjam. Ngelawak sekali

    • 21 Maret 2022 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Dikabulkan kata debtcollector’y. Dan dikirimin jg bukti dapat diskon pembayaran 20%. Takut’y cuma akal2an dc’y aja.

      1
      1
      • 21 Maret 2022 - (21:37 WIB)
        Permalink

        Itu doc pdf acc persetujuan diskon ada persetujuan pejabat banknya ngga? Biar jelas mana tau dikadalin, bukti yg discreenshot kan cuma tagihan cc, permohonan diskon, sama coretan diskon.

        • 22 Maret 2022 - (05:37 WIB)
          Permalink

          Sepertinya mba nya blm di setujui permohonannya ,4 bulan lalu saya ada tunggakan cc bca akhirnya kami ajukan keringanan ,bukti keringanan itu akan di kirim via email tertera kami dpt diskon 30% setelah kami bayarkan saat itu juga kami dapat keterangan sdh di bayarkn dan surat keterangan lunas,, petugas yg berwenang itu bapa widi , dan sangat membantu kami dan kooperatif utk memberikan bukti pelunasan , semoga info ini bisa membantu

          4
          1
          • 22 Maret 2022 - (17:40 WIB)
            Permalink

            Temen saya punya tagihan kartu kredit bca. Yang saya tau bca tidak pernah memberikan diskon lebih dr 20% yang saya tau ya. Makannya bisa komen begini

    • 22 Maret 2022 - (04:02 WIB)
      Permalink

      Diskon terkabulkan dr bca makanya minta surat lunas mau cepet² biar nama di bi dan ojk hilang makannya penting klo baca harus detail dan memahami kalimat

    • 22 Maret 2022 - (04:37 WIB)
      Permalink

      Mana bukti diskon palsunya? Saya liat itu resmi dr bca terlihat data² yg di berikan itu benar adanya

      2
      1
      • 22 Maret 2022 - (05:52 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya 4 bln lalu surat keterangan diskon dari bca itu dikirim resmi via email ada nominal yg tertera disana dan ada nama pejabat bca nya, stlh saya bayarkan saat itu dalam hari yg sama lsg surat keterangan lunasnya kami terima,

        2
        1
        • 22 Maret 2022 - (07:44 WIB)
          Permalink

          Ada mbak neneng..saya di kirim via email persetujuan dapat diskon 20% dari Bpk/Ibu Widi waktu bln februari kmrn. Dan saya bayar sesuai dgn kesepakatan. Tapi baru saja dc’y blg kemungkinan lama…karna yg mau minta surat lunas jg banyak nasabah’y. Diminta menunggu..

          • 24 Maret 2022 - (03:30 WIB)
            Permalink

            Makannya mau apa² tuh harus bersabar, semua yg diminta pasti akan di ksh jgn terburu², memang ada apaan sih mau cepet²? semua itu ada proses org bikin surat lunas, emng data nasabah di apus di bi dan ojk itu lu kira gampang dengan masyarakat di indonesia kan banyak memakai kartu kredit bukan hanya 1 atau 2 coyy , yah klo mau cepet² bikin bank aja sendiri biar utang di bank sendiri dr pada ribet bikin bacot sana sini jdnya ribet sendirikan kaga mau sabar.

        • 22 Maret 2022 - (17:44 WIB)
          Permalink

          Mana ada byr lunas hari itu langsung diberikan surat lunas dengan hari yg sama pasti ada proses pembuatan apa lagi nasabah yg hutang ke bca bukan cmn 1 org pasti byk. Makannya perlu bersabar utk mendapatkan surat diskon

  • 21 Maret 2022 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari case ini, sebagai informasi: pada SLIK OJK akan tetap tercatat histori skor kolektif 5 (macet) sampai minimal 2 tahun ke depan meskipun pembayaran telah lunas.

    Tujuannya agar lembaga finansial lain dapat mengetahui bahwa yang bersangkutan pernah macet di suatu lembaga finansial dalam kurun 2 tahun terakhir meski tidak jarang ada beberapa bank yang tetap dapat menyetujui pengajuan kredit jika dalam 6 bulan terakhir sejak kolektif 5 telah terjadi pelunasan dan tidak ada tunggakan kembali.

    Untuk pembelajaran bersama:
    Jangan percaya dengan pihak manapun yang menjanjikan dapat “membersihkan nama” di SLIK OJK.

    • 22 Maret 2022 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Abaikan komentar komentar depcolector yg mantau di media konsumen,mereka 🐶 rentenir harus s nya dibasmi dari Indonesia bersama bos nya,menunggu pemerintah yg benar benar mu’min dan menjalankan perintah ALLAH , yaitu hapus riba dinegri ini!!

  • 22 Maret 2022 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Waduhh mbak situ udh di kasih pinjam uang dr bca kok ga tau diri bgt sih malah ngebacot pake bikin berita msh mending di ksh keringanan dr debtcollector org ke 3 dr bca resmi di ksh diskon dan mbak menyetujui, juga dengan foto² yg mbak bikin juga disini bahwa sy liat debtcollector ingin mbak lunasin kartu kredit dan mempermudah mbak makannya di ksh diskon 20% dan debtcollector mengajukan ke bca agar mbak segera melunas pinjam uang mbak. Makannya mbak jgn begaya org kaya tp msh pake kartu kredit situ ga malu bca bisa tuntut situ mbak

    3
    5
  • 22 Maret 2022 - (03:40 WIB)
    Permalink

    Jangan asal bikin berita mbak. Malu dong udh pinjem uang mestinya debtcollector bca ga ush ksh diskon biar byr keseluruhan aja pake minta diskon lg

    • 23 Maret 2022 - (01:11 WIB)
      Permalink

      Collection BCA bnyk skli…ap keuntungan anda komentar.. negatif…?? jika suatu saat keluarga anda d hadapkan situasi seperti ini.. menangis pstinya..y.. biasanya jago nulis d lapangan menangis 😭😭

      • 24 Maret 2022 - (03:36 WIB)
        Permalink

        Ngapain nangis memang klo nangis bakal menyelesaikan masalah di dunia? Dr pada nangis lebih baik mikir bagaimana caranya buat byr hutang biar jg mati dan smpe ke akhirat kaga ada beban di dunia. Ngutang yg tidak bayarkan lunas dr pinjaman bikin dosa allah marah

  • 22 Maret 2022 - (03:51 WIB)
    Permalink

    Mbak byr lunas ga tuh? dr diskon yg di berikan dr bca jgn² situ ga bayar sesuai diskon yg di kelurkan bca lg makannya bca tidak mengeluarkan surat lunas dengan seharusnya dgn secepatnya. Coba mbak liat mutasi pembayaran kartu kredit yg mbak byr sm diskon yg di keluarkan dr bca udh sesuai blm? . Mbak jgn permalukan diri sendiri bikin berita asal² situ ga punya logika yak kayanya situ kurang mengerti dalam pinjam uang kartu kredit bca

    • 22 Maret 2022 - (06:27 WIB)
      Permalink

      Bayar lunas lah dari yg sesuai kesepakatan diskon 20%. Tapi bukti’y bln ini saya masih di tagih lagi tuh kekurangan pembayaran. Gimana tuh???? Ya semoga aja Anda hidup’y lancar jaya ya. Gak punya hutang apapun dan ke siapapun. Saya disini cuma minta kejelasan aja kenapa koq ditagih lagi? Karna dr bln maret awal baik pihak bca maupun dc’y, saya email dan wa gak ada tanggapan.

      Bahkan sampai email ke Ibu Widi bagian urusan penagihan dan penyelamatan kartu kredit jg gak ada tanggapan.

      3
      3
      • 22 Maret 2022 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Jangan ditanggepi mba. Buzzer ampas ternakan memang begitu. Ga pernah fokus penyelesaian masalah. Bukti bukti screen capturenya sudah jelas. Ada missing antara BCA dan Customer. Bukannya diperbaiki servicenya malah customer dimaki maki. Kapan tambah bagusnya? Saya juga nasabah BCA tapi risih ngeliat ternakan sotoy BCA seperti ini dungunya.

        • 22 Maret 2022 - (17:58 WIB)
          Permalink

          Liat tuh buktinya di atas customer tdk ada di maki² dr pihak bca jgn asal bicara. Ga semua pihak bca maki² customernya malah customernya yg sopan santun dan punya etika. Makannya lebih baik ga ush punya hutang di bank bca atau bank lainnya karna bakal jelek aja namanya di BI dan OJK

          • 22 Maret 2022 - (18:15 WIB)
            Permalink

            Liat tuh buktinya di atas customer tdk ada di maki² dr pihak bca jgn asal bicara. Ga semua pihak bca maki² customernya malah customernya yg ga sopan santun dan ga punya etika kali. Makannya lebih baik ga ush punya hutang di bank bca atau bank lainnya karna bakal jelek aja namanya di BI dan OJK

        • 23 Maret 2022 - (03:13 WIB)
          Permalink

          Terlihat kok yang komentar negatif itu seragam dan serupa. Itu buzzer semua. Biar rame aja situs ini. 😅😅

      • 22 Maret 2022 - (17:53 WIB)
        Permalink

        Gimana mau ada tanggapan emng ibu/bapak widi kenal anda apa lg lewat email, apa lagi banyak nasabah bukan hanya 1 org yg hutang di bca

        1
        2
    • 23 Maret 2022 - (07:18 WIB)
      Permalink

      Takut banget mbak nya kena penyakit AIN. Abis nyeramahin org kayak paling sempurna tiba” bsk atau secepatnya kena AIN ngeri bgd. Saya dari 3 tahun baca” keluhan di MK hanya baca aja wlpn terkadang pengen komen tp saya jaga agar tidak menyakiti org lain dan kena bala ke diri sendiri atau AIN. Semoga km sehat dan keluarga km sehat, di jauhkan dr hutang piutang dan punya banyak waktu buat liburan biar g terlalu ikut campur urusan org lain yg sedang kesusahan. Banyak”in doa untuk diri sendiri

      • 24 Maret 2022 - (03:50 WIB)
        Permalink

        Aminn terima kasih bu may. pasti lah harus happy dan berbagi ke org lain yg penting klo mau happy cari cuan banyak dan simpen cuan biar di timbun banyak² jdnya ga punya hutang, karna klo punya hutang jdnya kaya punya beban hidup di dunia dan akhirat. Banyakin doanya biar hidup lancar jaya doain diri sendiri tolak hutang piutang karna doa itu pasti di kabulkan dr allah, sesusah apapun jgn smpe berhutang. Aminnn ya allah 🤲😇

  • 22 Maret 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya.. kelihatannya lho yaaaaa…
    kalau masih ditagih lagi, berarti TSnya kena tipu..

    Sama seperti kasus pinjol macet, dan ada oknum yg pura-pura bisa memberi diskon pelunasan dipercepat, tapi harus transfer ke VA (virtual account) pembayaran yang sudah dbuat oknum tersebut.. jadi ketika TS transfer, sebenarnya memang BCA tidak memberikan diskon atau apapun, tapi setelah TS transfer (tidak ada info dari TS bayar lewat apa, kemana) itu sebenarnya masuk ke Rekening Oknum tersebut.. jadi yaaaa… fix, TS ditipu..

    • 22 Maret 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Case close. Per hari ini pihak BCA sudah menelpon saya(dgn Ibu Leni)..dan menjelaskan kalau ada misskom sama pihak ketiga, karna pihak ketiga TIDAK memberikan info apapun ke pihak BCA mengenai nasabah yg sdh melakukan pembayaran sesuai kesepakatan. Baru per hari ini tgl 22 Maret 2022, pihak ketiga melaporkan ke pihak BCA setelah surat saya dimuat di media konsumen.

      Untuk Media Konsumen..terima kasih banyak 🙏

      Dan untuk yg nyinyir2..semoga hidup Anda2 sekalian lebih suci dari saya dan lurus2 aja serta gak punya salah selama hidup di dunia!!!

      7
      1
      • 22 Maret 2022 - (20:50 WIB)
        Permalink

        GK usah sok mendoakan orang lain lebih suci. Anda sendiri tidak punya kaca bagaimana sosok anda? Anda berani ngutang tapi GK mau bayar. Mau bayar pun karena ada embel embel diskon. Apa ini tabiat anda? Ngutang, bayarnya tunggu diskon?

        2
        3
  • 22 Maret 2022 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Saya gak bilang kalau saya suci koq dari awal. Saya cuma doain Anda2..supaya gak seperti saya. Ingat bung..roda selalu berputar.

    • 23 Maret 2022 - (03:11 WIB)
      Permalink

      Menurut saya abaikan saja komentar negatif. Gak perlu dibaca dan dibalas semua. Karena mereka juga gak semua paham. Dan jika suatu saat mereka ada di posisi yang sama pasti akan mengeluh juga. Tabiat manusia memang gitu. Maklumi saja.

  • 23 Maret 2022 - (03:09 WIB)
    Permalink

    Kadang lucu lihat komentar orang-orang kayak belum pernah mengalami kesusahan. Ini bank bukan pinjol. Yang artinya pihak bank pasti akan lebih memberikan solusi dan keringanan. Yang penulis utarakan disini adalah kejelasan dari pengajuan tersebut.

    Dan saya yakin setelah ini pasti akan ditangani dengan baik oleh BCA. Soalnya bank ini salah satu yang paling pro aktif kalau ada keluhan dari nasabah.

    Buat penulis, abaikan saja komentar negatif yang ada. Dan semoga bisa terselesaikan dengan baik.

    • 24 Maret 2022 - (04:04 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami kesusahan tp sy berusaha mikir bagaimana cara tdk kesusahan berulang kembali yaitu cari kerja yg halal dan tdk menghutang, yah klo punya hutang pun besar maupun kecil intinya cepet² segera byr sebelum jatuh tempo biar hidup ini kaga ada panas hati,otak,mulut dan mentang² jaman ini sudah canggih baru deh org² bikin mempermalukan orang lain dan diri sendiri dr media sosial, kalo di pikir² jaman dulu kaga ada tuh media sosial dan kartu kredit masyarakat indonesia tenang² aja

      1
      2
      • 24 Maret 2022 - (04:29 WIB)
        Permalink

        Yah gpp dong namaya juga media sosial masalah buat LU? HP HP GUA 🤪🤪, GUA SM LU SAMA AJA BUZZER LU LAGI LU LAGI YG KOMEN. NGAKAK GUA LIAT NGOMONG BEGITU 🤣🤣🤣

        1
        1
  • 24 Maret 2022 - (03:59 WIB)
    Permalink

    Orang miskin kok banyak gaya. Orang miskin itu kerja.

    Udah tau pandemi banyak pengangguran, ya lu cari kerjaan lah, jadi pembantu kan bisa. Lumayan kan bisa bayar untuk utang gaya hidup.

    1
    2
    • 24 Maret 2022 - (04:10 WIB)
      Permalink

      Betul sekali ibu/bapak steven. Yah udh tau miskin apalah lg ada pandemi cari kerjalah biar kaga kesusahan ke dua kalinya yak. Hidup kan sekali seumur hidup makannya perlu kerja, kerja apapun mau tukang cuci maupun tukang parkir yg penting halal. Emberkan

      1
      2
      • 24 Maret 2022 - (04:34 WIB)
        Permalink

        Cowok pake foto cewek. Pasti ini b3nc0ng baru pulang pagi. Cari kerja halal ya. Wkwkwkw. Skip.

        • 24 Maret 2022 - (04:55 WIB)
          Permalink

          Mau cowok atau cewek kek bisa berkomentar kaga mandang gender coyaaa. situ juga kaga tidur jgn² bencong baru pulang lg . Cari cuan halal ya. Wkwkwkwk. SKIPP

          1
          1
          • 24 Maret 2022 - (05:00 WIB)
            Permalink

            早点回家

          • 24 Maret 2022 - (05:16 WIB)
            Permalink

            الكثير من الكلام

  • 26 Maret 2022 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Sy bkn pegawai bank atau akun buzzer. Tp empet kalo liat gaya org2 indonesia yg ga punya tp sok iye pake CC. Giliran bayar susah dan ngemis2 minta diskon. Sdh di kasih diskon malah jelek2in pihak yg ngasih hutang tanpe terlebih dahulu tanyakan lgsg ke pihak yg ngutang. Ckckckckck

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

Sudah Ada Kesepakatan, tapi Pihak BCA Tetap Menagih Kekurangan Pembaya…

oleh Yuliana Kurniawan dibaca dalam: 1 menit
65