Pemesanan Villa Sudah Dibatalkan Tetapi Traveloka Tetap Menagihkan Bunga

Pada tanggal 28 Maret 2022, saya melakukan transaksi pembelian untuk menginap sebuah villa dengan private pool untuk tanggal booking 20 Mei 2022. Dikarenakan setelah saya terima WA dari pihak villa yang menyebutkan berbagai aturan villa tersebut dan membuat saya merasa kurang cocok, maka saya membatalkan pemesanan tersebut.

Dana refund pun telah dikembalikan ke Traveloka PayLatersaya. Tetapi yang membuat saya kaget yang dikembalikan hanyalah biaya sewa tempatnya saja, sedangkan saya tetap dikenakan bunga PayLater.

Saya sudah menghubungi CS beberapa kali tetapi tidak ada solusi dengan kejadian yang saya alami, dan saya harus tetap membayar bunga tersebut pada tanggal 12 April 2022.

Saya bingung dengan Traveloka mengapa kalau kita tidak jadi pakai PayLater dikenakan bunga, sedangkan untuk aplikasi merchant yang lain tidak ada yang seperti itu karena kalau kita batalkan pasti tidak dikenakan biaya bunga dll.

Terima kasih.

Novrita Winata
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Traveloka untuk Novrita Winata

Kepada Yth., Novrita Winata, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Novrita tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Pemesanan Villa Sudah Dibatalkan Tetapi Traveloka Tetap Menagihkan Bunga

  • 9 April 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Udah banyak laporan tentang case kaya gini di mk, ntar juga dihapus kalo udah terbit disini mah…
    Traveloketttt

      • 10 April 2022 - (08:00 WIB)
        Permalink

        Hal ini kejadiannya sama persis dgn saya. Saat itu tahun 2020 waktu awal2 pandemi. Jauh hari sebelumnya saya pesan tiket pesawat PP jakarta padang. Namun saat pemerintah masih baru2 lockdown saya membatalkan keberangkatan saya. Memang kembali penuh saldo traveloka paylaternya tetapi saya tetap harus membayar bunga yg bahkan saya gak pakai. Memang di syarat dan ketentuan di jelaskan dan saya tdk bijak untk membaca nya. Kemudia bunga tsb di anggap hutang yg saya harus bayar. Sampai detik ini saya tercatat sbg nasabah yg memilik hutanh di traveloka paylater dan di bekukan akun saya. Saya memang ga berniat utk membayar bunga tsb walaupun kolektor traveloka sering chat dan mengirimkan surat lewat WA yg berbunyi akan mendatangi saya. Ramah2 si tetapi ya dr 2020 smpai skrg alhamdulillah enggk ada yg datang.. Kalo datang pun ya sya akan bicra keadaan sejujurnya dan mslah akun di blokir ya biarin aja lah. Toh klo mw beli tiket dll ga cm lewat situ saja kan.

    • 9 April 2022 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Dulu saya sering bngt pake Traveloka untuk pembelian tiket jakrta malang bgtu malang jkt terkadang saya pake jalur udara kdng jalur darat kereta api.. Kejadian spt itu 1 kax ya emang nga besar nominalnya cuma kesel dibikin sakit hati dan q langsung hapus itu aplikasi , mnding kya lainya

  • 10 April 2022 - (04:41 WIB)
    Permalink

    Dah lah, jangan pernah pake yg namanya PayLater, apapun itu namanya. Bahkan untuk sesuatu yg urgent. Lagian ini mau nginep di villa yg harganya lumayan mahal tapi ngutang, pake paylater pula? Maaf, anda konsumtif sekali.

    5
    3
  • 10 April 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Aneh ya.. Seharusnya transaksinya batal likit di kembalikan penuh tanpa apapun. Pake credit card maupun sekelas kredivo, ketika transaksi batal, tidak ada tagihan dan limit di kembalikan penuh. Saya kalau beli tiket pake tiket.com dan untuk pemesanan hotel pake booking.com atau Airbnb.

    • 10 April 2022 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Kasus diatas, transaksi sdh sukses dan berhasil.. Dia minta refund, uang sdh kembali.. Dan bunga memang harus dibayar.. Sdh aturan dari awal gitu

  • 10 April 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Aturan paylater memang seperti itu. Kalau refund, uang tetap kembali, tapi bunga tetap harus dibayar.. Di aplikasi apapun, shopi dll juga gitu.. Baca jelas2 syarat dan ketentuan dan tanya jelas2 ke cs sebelum bayar pakai paylater.. Jangan salahkan traveloka..

    • 14 April 2022 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Di shopee saya pernah pakai spaylater, pembelian dibatalkan oleh penjual. Dan limit saya dikembalikan tanpa bunga. Ky nya cmn traveloka yg begini.

  • 11 April 2022 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Sama nih kayak kasus saya dulu refund tiket pesawat. Tetap dikenakan bunga dan admin. Karena yang di refund itu hanya pokok pinjaman atau tagihan.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pemesanan Villa Sudah Dibatalkan Tetapi Traveloka Tetap Menagihkan Bun…

oleh Novrita Winata dibaca dalam: 1 menit
14