Paket Hilang, ID Express dan Pihak Penjual Saling Lempar Tanggung Jawab

Saya membeli sebuah barang dari Penjual Juragan Kado (seller di Shopee) di Jakarta, dan saya minta untuk dikirimkan menggunakan ID Cargo ke Surabaya.

Setelah saya tunggu sampai seminggu, paket tidak kunjung datang. Saya minta bantuan ID Express Surabaya untuk tracking paket, ternyata dikembalikan ke pengirim. Namun pengirim bilang barang belum dikembalikan. Sampai saat ini pihak penjual dan ID express saling lempar tanggung jawab mengenai keberadaan paket saya.

Jujur saya sangat kecewa, karena saya sudah langganan bertahun tahun di toko tersebut. Begitu terjadi kehilangan, kok tidak ada niat baik untuk membantu mengurus kejelasan paket ke ID Express? Saya juga sangat kecewa dengan layanan ID Express, karena banyak sekali kekurangan mengirim barang menggunakan ID Cargo.

Kekurangan tersebut antara lain:

  1. Resi ID cargo tidak bisa di-tracking melalui website resmi ID Express.
  2. Semua kontak yang tertera di website resmi ID express, satu pun tidak ada yg bisa dihubungi, baik nomor telepon, maupun sosmed-nya. Sehingga bila terjadi masalah, pelanggan tidak tahu harus komplain ke mana.
  3. Paket diukur dan ditimbang oleh pihak ID Express, resi sudah di-print dan sudah saya bayar sesuai, kok bisa paket dikembalikan karena alasan salah ukur? Kalau pegawai ID Express salah dalam mengukur paket, ya harusnya pegawai tersebut yang bertanggung jawab. Bukan malah paket dikembalikan, sementara ongkos dan nilai barang sudah saya bayar penuh.

Saat ini saya malah dibantu oleh pihak ID Express Surabaya untuk mencari keberadaan paket saya, padahal kesalahannya ada di cabang Jakarta. Lucunya lagi berhari hari tidak ada respons dari pihak Jakarta. Halooo, zaman modern seperti ini apa tidak ada nomor telepon atau no WA yang bisa dihubungi?

Bagaimana cabang Surabaya sampai berhari-hari cuma dapat jawaban, belum direspons oleh cabang Jakarta. Sedangkan ketika saya minta nomor telepon cabang Tambora, baik pihak ID Express Surabaya, maupun seller Juragan Kado, tidak ada yang bisa memberikan. Bisnis angkutan kok bisa bisanya tidak memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi sama sekali?

Dengan posisi tracking paket kembali ke pengirim, saya tidak tahu dalam masalah ini yang berbohong pihak ID Express atau pihak Juragan Kado. Seharusnya bila pihak toko merasa tidak menerima, sedang tracking tertera telah kembali, toko kan membantu konfirmasi ke pihak ID Express untuk menjaga nama baiknya.

Ini Pihak Juragan Kado pun cuek bebek, tidak membantu sama sekali. Padahal tetap ada kemungkinan paket telah diterima oleh pegawainya, mengingat ada tracking yang menyatakan demikian. Apa saya dari Surabaya harus jauh-jauh ke Jakarta untuk mengurus paket saya karena Juragan Kado lepas tangan?

Dari sini saya menarik kesimpulan baik ID Express maupun Juragan kado sama sekali tidak peduli reputasi dan nama baiknya, lebih memilih mengorbankan konsumen. Saya sangat kecewa dan tidak akan menggunakan servis keduanya lagi di masa mendatang.

Lucy Rahayu
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ID Express:
[Total:84    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Paket Hilang, ID Express dan Pihak Penjual Saling Lempar Tanggung Jawab

  • 24 April 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Mungkin lain kali lebih baik transaksi melalui shopee, jadi kalau kejadian seperti ini uangnya bis direfund oleh shopee

    1
    6
      • 25 April 2022 - (14:35 WIB)
        Permalink

        Saya kurir id expres dari blitar. Tidak sengaja membaca artikel ini. Dan sudah saya screenshot dan saya kirim ke pimpinan id expres SBY.mungkin ada nomer WA yang bisa dihubungi ? Untuk melanjutkan nnti hasil dari laporan yang saya kirim.

        • 25 April 2022 - (19:36 WIB)
          Permalink

          Sudah direspon dengan baik sekali oleh ID express surabaya, malah dr ID express jakarta yg lamban responnya

      • 25 April 2022 - (19:07 WIB)
        Permalink

        Ya bakal susah kalau begini, di pihak penjual pasti punya karyawan juga dan di pihak ekspedisi juga pakai karyawan. Jadi bukan cuma 2 pihak yang berselisih.
        Cuma bisa nunggu penyelidikan mereka jika dilakukan, itu pun kalau berhasil.

        • 25 April 2022 - (19:38 WIB)
          Permalink

          Benar sekali kk. Hari ini saya menghubungi owner dari juragan kado dan dapat tanggapan yang lebih responsif, setelah beberapa hari dicuekin oleh adminnya

    • 25 April 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      saya sudah langganan bertahun tahun dan biasa transaksi via wa kk. terima kasih sarannya

  • 25 April 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    ID Express tidak menjamin karyawan yang benar” Kerja, keputusan untuk pengurangan atau pemecatan tidak sesuai prosedur nya.. Terima kasih

  • 26 April 2022 - (00:54 WIB)
    Permalink

    sy aja di pecat grgr posting masalah id truck di bawa pake motor , dan terlalu memaksakan seperti ikut” jnt cargo 😂 , dan besok nyaa saya di pecat sepihak kan lucuu

  • 26 April 2022 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Maaf sebenernya kalau mau menyelesaikan masalah ini gampang.
    Pertemukan kurir Id express yang mengantar barang dengan karyawan seller yang menerima.
    Nanti akan ketauan siapa yang boong.

  • 26 April 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Kalau mau aman pilih jasa pengiriman yang punya nama Jangan Pakai ID Ekspres jasa pengiriman usaha rumahan jasa kirim abal abal ngirim barangnya juga mungkin nyewa mobil bak pangkalan jadi paket pelanggan sering hilang

  • 27 April 2022 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Sy jg prnh transaksi di **** itu,, udh langganan at least pesanan terakhir ngacoo bgt yg di kirim, ttp sy ksh bintang 5 wlw hati mengkel bgt. Se**r blg maaf / makasih jg nggak. Udh kirimm lamaaaaabgt bgitu nyampe ngacoo semua gk sesuai pesanan di pake pun gk bisa (beda ukuran) beli ukuran besar di kirim ukuran bocil.

  • 3 Mei 2022 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih Media Konsumen, sejak ditayangkan keluhan saya, ada progress yang signifikan dari pihak ID Express dan Juragan Kado untuk menyelesaikan masalah saya. Saat ini paket Cargo saya telah ditemukan, sudah dikirimkan ulang tanpa biaya tambahan, dan sudah saya terima dengan selamat. Terima kasih kepada ID Express Surabaya yang sigap membantu permasalahan saya, dan terima kasih kepada pimpinan Juragan Kado yang tanggap membantu keluhan saya. Semoga dengan kejadian ini semua pihak bisa memberikan servis yang lebih baik di masa mendatang.

 Apa Komentar Anda mengenai ID Express?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, ID Express dan Pihak Penjual Saling Lempar Tanggung Jawa…

oleh Lucy Rahayu dibaca dalam: 2 menit
22