Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Pesanan Custom

Surat ini saya sampaikan kepada SiCepat Gokil. Kami adalah penjual di Shopee dengan nama toko Altiba Screen Printing. 80 persen produk adalah custom sesuai pesanan pembeli. Jika pada saat dicetak atau dalam pengiriman, ada pembatalan oleh pembeli, maka barang/pesanan tersebut sudah hilang nilai ekonominya.

Pada tanggal 10 April 2022, saya menerima pesanan sablon plastik, desain disesuaikan dengan konsep pembeli lewat aplikasi Shopee, dengan nomor pesanan 2204108J1ND77. Tanggal 14 April 2022, paket di-pick up kurir SiCepat Gokil dan keluar nomor resi: 004008808505.

Selama 5 hari, sejak tanggal 14 April sampai dengan tanggal 18 April 2022 pukul 16:34, status paket masih berada di Gudang Lumajang. Baru setelah pembeli mengajukan pembatalan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 18 April 2022 pukul 20:51, paket bergerak ke gudang transit Probolinggo. Akhirnya pembeli mengajukan pembatalan lewat aplikasi Shopee tanggal 18, karena alasan paket terlalu lama. Pada tanggal 19 April 2022 pukul 13:40 Shopee menyetujui pembatalan yang diajukan pembeli.

Seperti yang saya sampaikan di atas, pesanan pembeli adalah bersifat custom, yaitu sablon plastik dengan desain gambar sesuai dengan pesanan pembeli. Sehingga jika barang itu dikembalikan, sudah hilang nilai ekonominya, karena barang tersebut tidak bisa didaur ulang atau dijual kembali.

Pihak SiCepat Gokil susah dihubungi, saya hanya mendapatkan nomor WhatsApp customer service yang rupanya dijalankan oleh robot/sistem bukan operator, sehingga tidak bisa interaktif 2 arah. Pembatalan oleh pembeli ini murni disebabkan oleh KELALAIAN tim SiCepat GOKIL, yang akhirnya saya menderita kerugian:

  1. Saya harus kehilangan pelanggan.
  2. Paket tidak bisa dijual kembali.

Semoga SiCepat GOKIL segera memberikan solusi siapa yang harus menanggung kerugian yang diakibatkan oleh team work mereka.

Kushaeri
Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Gokil:
[Total:600    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Kushaeri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Kushaeri dengan judul “Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian...
Baca Selengkapnya

70 komentar untuk “Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Pesanan Custom

  • 25 April 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini bukan sepenuhnya kesalahan Sicepat, tapi pembeli di tokomu juga gak sabaran plus Shopee sebagai pihak rekber juga main asal kembalikan dana bukan bantu follow up ke pihak Sicepat. Kenapa gak nuntut juga ke pihak Shopee? Ingat loh, kalau kamu transaksinya di marketplace lain, transaksi itu gak akan mungkin dibatalin, yang ada di hold sampai dapat info dari Sicepat.

    Saya pernah stuck transaksi 1 bulan di Tokopedia, gak ada istilah marketplace menyetujui pengembalian dana, mereka tetap bantu follow up ke pihak kurir sampai akhirnya paket dinyatakan hilang dan klaim asuransi. Ini sih, Shopee juga males ribet, dan terlalu mendewakan pembeli.

    Lebih baik kamu tulis surat ini juga untuk ditujukan ke pihak Shopee, mereka emang penyakitnya begitu, terlalu males buat bantu seller, cs-nya kejar setoran buat nutup laporan, mereka ga peduli sama kerugian sellernya sendiri.

    65
    40
    • 25 April 2022 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Di Tokopedia bisa cancel paket dlm perjalanan, tapi ga asal cancel. Pembeli diberi opsi nolak paket saat diterima, jadi retur biaya ditanggung seller. Ini baru kejadian bulan kemarin, tapi dilihat juga kasusnya. Dalam kasus saya pembeli ada lalai,barang seminggu ga dipick up juga ga ada usaha didrop di gerai terdekat. Berhubung barang besar berat 5 kg lebih, dan kasihan sama kurir yang sudah kenal baik. Tetap saya terima paket, cuma rating 1 saja buat toko.

      8
      6
    • 25 April 2022 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Klau saya barang ngendon digudang 2 hari gak ada pergerakan ya pasti q batalkan. Kita belanja online juga butuh cepat pengirimannya… Apa lgi sampai 4 hari… Jelas itu expedisinya bermasalah…

      23
      9
      • 25 April 2022 - (17:50 WIB)
        Permalink

        Ya..saya juga sering mengalaminya , sudah pick up nya lama ditambah tidak ada pergerakkan/stag paket . Pembeli juga punya jadwal yg hrs dipenuhi bisa jadi transaksinya gagal karena keterlambatan tersebut.

        7
        1
        • 27 April 2022 - (08:45 WIB)
          Permalink

          Saya juga pernah punya pengalaman, beli barang di tokopedia lamayan barang mahal saya pilih kurir SI CEPAT GOKIL setelah beberapa hari saya perhatikan estimasi tiba tujuan tiba2 berubah 9 hari lamanya saya menunggu dengan beberapa komplainan baik ke kurir sicepat maupun ke Tokopedia ternyata cek per cek yg harunya di kirim dengan Paket GOKIL ternyata dikirim pakai Paket HALU.

          Mending pakai JNE atau JNT lebih meyakinkan dan ngga pernah alami yang serupa.

      • 25 April 2022 - (21:40 WIB)
        Permalink

        Kalo pemahaman saya sebagai pembeli agak berbeda kak. Saya selalu beli offline kalo butuhnya cepat. Kalo butuhnya agak santai beli online aja biar ga repot. Jadi memang harus lebih bersabar apalagi mau lebaran yang kirim kirim banyak antrian.

        27
        4
        • 26 April 2022 - (06:28 WIB)
          Permalink

          Di toped ga bs main setuju aja marketplace nya ngasih waktu buat investigasi kurir nya terus penjual bisa nolak pembatalan dan penjual serta pembeli bisa saling diskusi dg marketplace sampai sama2 setuju batal atau tidak…kok shopee gitu ya

          6
          1
        • 26 April 2022 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Tapi tetap aja kalau sampai tertunda berapa hari. Semua aktivitas juga ikut tertunda. Apalagi bila kita di bisnis jual beli. Jadi buat penjual jgn cuma asal ngomong jika kamu di pihak kita sebagai pembeli kalian juga merasa kesal bila barang yg akan kita gunakan tertunda cukup lama. Bagi kita pembeli tertunda lebih dari 4 hari itu udah terhitung cukup lama. Ini bisnis bro. Kalau ngk sanggup jgn jualan online……. Berpikirlah sebagai pembeli dan jgn cuma berpikir untuk cari untung…… Jadilah penjual yg baik agar pembeli senang dan terus berbelanja di lapak kalian. Jika ekspedisi tidak bagus lsg coret dr daftar kalian. Agar pembeli tdk kecewa……

          11
          8
          • 26 April 2022 - (13:18 WIB)
            Permalink

            Wew kenapa bahas sisi pembeli. Ya pembelinya buat aja komplain macam penjual begini dimedia konsumen biar bantu komplain pihak kurir gak diam aja loh.ayo bantuin komplain ke si cepatnya. Lah yg konsumem cuman batalin tapi ga mau ikutan komplain.memangnya yg salah seller??? Yg ounya hasa kirim seller?? Komen itu juga jangan mikir pihak pembeli yg korban.mikir kalo km jadi pengusahanya juga.
            Karna memang ini murni jasa kirim yang lelet bukan penjualnya. Memang kalo telat pengiriman itu yang dirugikan kedua belah pihak. Toko juga tidak segera terima uang,semakin telat semakin lama juga dana cair. Segi pembeli mau pakai juga hadi lama.
            Terkadang pembeli itu mau hadi raja seperti komen anda ini. Tapi jadilah raja bijak jangan raja semena2 yg mau dipuja dan dinomer satukan.pikirkan juga yg lainnya bagimana. Kalo memang ada telat kurir, ya usaha loh bantu komplain juga itu jasa kirim jangan cuman bisa komplain ke seller.seller itu bukan yg punya jasa kirim.buat apa ada market place sebagai penengah abtara buyer dan seller

            Komen kok melenceng.yg dibahas itu si cepat bukan kritik seller.

            17
            3
          • 26 April 2022 - (18:53 WIB)
            Permalink

            Inilah istilah pembeli adalah raja. Berbuat seenaknya karena mereka yg punya uang. coba posisikan anda sebagai penjual ya bos. Kesalahan bukan pada penjual tapi pembeli. Karena pembeli yg menentukan pilihan kurir. Walaupun menggunakan ongkir gratis ya harus sabar. Namanya gratis. coba anda yg jualan dan di perlakukan seenaknya seperti itu. Karena anda pembeli jadi ga tau kerugian yg harus di tanggung penjual seperti apa. Ini bukan barang yg anda beli dan langsung jual bos. Ini barang yg harus di buat dan hanya bisa di jual dan di gunakan oleh pemesan. Belum tentu bisa di gunakan orang lain.

            tolong dibaca dengan teliti dan di fikir dulu sebelum comment. THX

            KOK KASUSNYA SHOPEE LAGI SICEPAT LAGI…..😫😫😫😫. Kok marketplace yg lain tenang” aja ya.

            6
            5
    • 25 April 2022 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Kalo pendapat saya dr sisi buyer tau nya saya beli dr tgl 10 dan sampe tgl 18 belum sampe ketempat saya pasti saya complain. apa lagi kalo masih 1 jawa timur.
      Sebagai buyer saya melihat nya saya pesen tgl 10 kok tgl 14 baru sampe kurir?

      Tetapi stahu saya barang yg sudah proses kirim tidak bisa di batalin sepihak kecuali dr pembeli mengajukan proses pengembalian barang.

    • 26 April 2022 - (02:03 WIB)
      Permalink

      Betul tuh.. Shopee emang gt barang ada kendala dipengiriman tapi pas pembeli minta pembatalan malah disetujui beda banget sama si ijo.. Yg tetep proses cek dulu ke ekspedisi dan bisa klaim bila barang hilang. Makanya saya ga pernah jual barang diatas 50rb di Shopee.. Ngenes cuy..buat seller..

      3
      2
      • 26 April 2022 - (06:34 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya sih ekspedisi Sicepat yang tidak professional. Saya melihat operasional mereka dan manajemen yang hanya bisa ngomong tapi tidak ada perbaikan. Menurut saya yang harua diganti adalah kepala manajemennya. Saya sebagai penjual tidak memasukkan opsi Sicepat sebagai pilihan pengiriman sama sekali. Saya selalu deg”an sebagai pembeli jika pengiriman melalui sicepat!!! They sucked!

        • 26 April 2022 - (19:45 WIB)
          Permalink

          Shopee emang keterlaluan, saya juga pernah ngalamin hal serupa, ketemu Pembeli yg maunya ongkir gratis (hemat) tp kejar2 terus padahal paket sudah dikirim di hari yg sama hanya saja kurir blom ada update lagi. Pembeli ngajuin pembatalan langsung disetujuin sama shopee. Bener2 parah seller rugi, barang ga tau dimana.

    • 27 April 2022 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Maaf sebelumnya setau saya disitem Shopee itu ada S&K terkait pengajuan pembatalan pesanan kak. Jadi jika buyer mengajukan pembatalan pesanan biasanta Shopee tidak langsung ACC, pihak Shopee akan mengirimkan notif ke akun penjual terkait pengajuan tersebut dan Shopee memberikan waktu 3×24 jam untuk penjual merespon pengajuan tersebut dan jika penjual tidak merespon sampai waktu tersebut maka sistem Shopee akan menganggap penjual menerima pengajuan pembatalan dari pembeli. Itupun sistem Shopee akan menyetujui pembatalan tersebut pada hari ke 4 sejak buyer mengajukan pembatalan pesanan kak. Jadi menurut saya di kasus ini pure kelalaian seller dan jasa kirim, seharusnya sebagai seller kakak bisa lebih aware lagi untuk cek pesanan kakak dan notif yang mungkin muncul pada pesanan tersebut

      • 27 April 2022 - (20:56 WIB)
        Permalink

        Saya berjualan di Shopee sudah cukup lama, 3 tahun. Dan itu sudah cukup untuk saya belajar bagaimana cara mengatasi komplain, dan faktanya memang tim resolusi Shopee itu adalah yang paling bobrok dari semua marketplace tempat saya jualan.

        Saya tidak pernah menang banding, sekalipun selalu rekam video packing bertanda timestamp. Sanggah pakai resi fisik segala macam pun sudah. Tapi tetap, Shopee lebih mendewakan pembeli.

        Bahkan saat ini, saya menulis komentar untuk balasan kamu, saya sedang menunggu kejelasan transaksi paket saya yang dibuat gagal oleh Shopee karena sudah lewat estimasi pengiriman (karena stuck terlalu lama di jasa kirim).

        Dan tebak? Transaksi tersebut dibuat gagal tanpa persetujuan saya apapun. Cukup modal lewat estimasi, langsung batal gitu aja. Kamu belum pernah merasakan? Baiklah, mungkin kamu masih beruntung. Kalau saya, sudah seringkali dirugikan oleh sistem Shopee yang bobrok macam itu. Mau nulis di media konsumen pun, sudah banyak yang mewakili.

  • 25 April 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    ada yang aneh, biasanya kalau paket sudah dalam perjalanan, tidak bisa dibatalkan oleh pembeli meskipun sudah lewat estimasinya, komplain pun diarahkan untuk menunggu biasanya

    18
    4
    • 25 April 2022 - (12:15 WIB)
      Permalink

      pembeli untung nih dapat duit kembali dan dapat paket juga jika sama sicepat tetap dikantarkan

      6
      3
      • 25 April 2022 - (17:36 WIB)
        Permalink

        Masa pembatalan bisa sepihak?? Ini mah penjual jg lalai, pasti gak lihat ada notif permintaan pembatalan dari buyer.
        Saya pernah kok pesan barang yg ternyata pengiriman dari LN, karena takut lama maka saya batalkan tpi ditolak Seller, padahal barang belum dikirim, jdi mau gak mau harus menunggu barang datang.

        6
        1
        • 25 April 2022 - (18:26 WIB)
          Permalink

          iya biasanya seller dikasih waktu 2x24jam/1x24jam untuk konfirmasi menyetujui pembatalan atau tidak, kalau sampai waktu yang ditentukan tidak ada respon seller, pesanan dibatalkam otomatis

    • 25 April 2022 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Paket udah di pick up ekspedisi dan udah keluar resinya kok masih bisa dibatalkan ya? Saya pernah mau membatalkan pesanan di tokopedia karna mau ganti model tapi status pesanan udah keburu diproses penjual dan permintaan pembatalan saya ditolak oleh tokopedia, klo shopee saya kurang paham tp klo sampai segitunya parah juga sistem shopee

      3
      1
      • 26 April 2022 - (11:08 WIB)
        Permalink

        saya pernah belanja online pengiriman pakai si cepat. paket ngendon di gudang lumajang hampir seminggu. di tracking sudah dibawa sama kurir di hari pertama barang diterima di gudang lumajang. tetapi hampir seminggu tidak nyampek, pas saya cek, ternyata barang masih ada di gudang dan menurut info admin disana barang tsb belum prnh dibawa oleh kurir dg alasan overload.

        • 26 April 2022 - (18:58 WIB)
          Permalink

          Kalo telat sampai alasannya selalu overload kok. Lagu lama kaset bajakan deh. Alasannya selalu itu

  • 25 April 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Kalau di Tokopedia sih kalau produknya sudah diproses penjual, pembeli tidak bisa langsung membatalkannya. Harus ada persetujuan penjual untuk bisa membatalkannya.

    Berarti beresiko banget jualan di Shopee. Penjual tidak bisa dilindungi dengan baik.

    9
    1
  • 25 April 2022 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Setau sy prosedur shopee pada saat customer mengajukan pembatalan pihak penjual bisa menolak dan menunjukkan bukti pesanan sudah dikirim.
    Jadinya nanti investigasi kurir, tp kl pihak penjual terlambat atau tidak merespon pengajuan pembatalan pembeli di waktu yg ditentukan maka pihak shopee akan melakukan refund.

    Mgkn ada notifikasi pembatalan tp tidak direspon pihak penjual.

    Kt jg baru mengalami hal yg sama dmn status pelacakan barang tidak bergerak dan pembeli mengajukan pembatalan.

    11
    • 26 April 2022 - (20:06 WIB)
      Permalink

      gak gitu kak aq baru hari ini sdh nolak pengembalian dana ke pembeli tapi shopee malah bela pembeli main acc padahal barang sdh sampai di kota tujuan di cancel pembeli

      • 27 April 2022 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Kl gt bs banding kak slama kakak udh ksih bukti kl brg tlh dikirim dan status pengiriman jalan.

        Kt ajukan pelaporan kasus di no resi tsb. Trkhir dilakukan penyesuaian oleh pihak shopee.

        Memang jd kerjaan tmbhn krn kesannya pihak CS shopee cm mau cpt2 slesaiin mslh dgn nutup2 kasus tnpa membaca dgn jelas.. Jujur sy jg smpat ngamuk krn sistem kerja gk Profesional dan tidak hargain baik pembeli / penjual yg lg kebingungan nyari kejelasan dan solusi.

  • 25 April 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Seharusnya Shopee jg melindungi seller dalam hal ini kan yg lambat si cepatnya. Mengaku si Cepat padahal Lambat.
    Iya bener shopee terkesan buru2 utk menyetujui pembatalan dan refund.
    Sebaiknya ada koordinasi antara shopee, seller dan si cepat.
    Kalo sdh begini yg rugi ya sellernya.

  • 25 April 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Sudah jelas pembeli yg tidak sabaran atau memang lagi sangat butuh mau cepat. Tapi rata2 saya baca ulasan setiap toko sinoembeli tahunya salahkan toko katanya pengiriman lama. Padahal pengiriman itu bukan tugas toko tapi jasa ekspedisi yg bekerja sama dgn Shopee dan setiap pembelian kan ada pilihan pengiriman. Kalo memakai jasa gratis ongkir tahu sama tahu la itu jasa paling low biget jelas lama pengiriman karena tidak di prioritas kan. Ini pendapat saya selama ni pakai apl belanja online dri si
    merah dan si hijau.

    • 25 April 2022 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Ini maksudnya lama di penyerahan ke expedisi utk dikirimkan kali, klo orderan pembuatan sablon ataupun printing itu biasanya kan sistem PO (preorder), mungkin PO nya disitulah mksd dr lama nya, mungkin jg karena sdh melebihi estimasi waktu PO nya makanya dibilangnya lama pengirimannya.

  • 25 April 2022 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Saran saya sudah OFF kan kurir Sicepat, saya sendiri sudah hampir 10 hari menunggu paket yang dikirim padahal biasanya 1-2 hari aja Sampai, kemarin order pakek kurir lain sama-sama dari Surabaya 1 hari malah Sampek. Nama Sicepat tidak merefleksikan Kinerja mereka yang lambat harusnya diubah menjadi SiLambat.
    Saya disini sebagai buyer sudah berhari-hari komplain katanya akan ditindaklanjuti tapi tidak ada progress apapun sampai sekarang Stuck Terus.
    Tapi pihak shopee sebenarnya juga bersalah karena saya memilih pengiriman reguler dan tidak bisa memilih kurir dan otomatis langsung masuk ke SiCepat.
    Saya mungkin terkesan menghina tapi memang separah itu bayangin lah kalian paket biasanya 1 hari sampek ini 10 hari lho MASIH BELUM SAMPAI!!! DAN TIDAK ADA USAHA YANG JELAS DARI PIHAK SICEPAT!!!! CUMA BASA-BASI DARI SAYA CHAT TANGGAL 17 APRIL HINGGA SAAT INI!!!!
    ANDA GA PERCAYA SAYA KASIH BUKTI KLO PERLU!!!

    • 25 April 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Gak perlu pak, semua jasa ekspedisi pernah ngalamin. Karena yg menjalankan manusia bukan Tuhan.
      Dan untuk kasus ini emang kalau pilih yg Cargo ntah itu Sicepat, JNE dan lainnya kadang emang berhenti lama.
      Ya sistem jasa ekspedisi itu sama. Untuk cargo prioritasnya bukan di kecepatan.

      4
      1
      • 25 April 2022 - (19:00 WIB)
        Permalink

        Siapa bilang saya pakek Cargo saya pakai Sicepat Reguler. Klo kargo emang biasanya lebih lama 1-3hari. Tapi 10 hari tetep ga make sense secara logika posisi pengirim dan penerima sesama Jawa Timur

      • 25 April 2022 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Dan ini sekarang masalahnya uangnya akan otomatis masuk ke penjual dalam 24jam, jika saya tidak mengajukan pengembalian di shopee. Kan jadi Rugi Donk Saya sebagai Buyer dan Penjual yang ngirim, samasekali ga ada solusi. Btw paket saya Stuck Keluar Masuk Probolinggo dari tanggal 17 April Sampai Detik Ini!!! Meskipun manusia masa ngulang mistake terus bukannya barang dikirim malah keluar masuk Gudang. Klo ada progress OTW ke saya masih saya maklumi, lah ini serasa G ada niatan untuk kirim Barang!!!

  • 25 April 2022 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Shopee mmg K****L
    Seenak udelnya main terima cancel..
    Pembelinya jg A*****G gak sabaran.., sudah tw resiko Custom bagaimana…
    Btw
    Lebih 350x transaksi baru 2x kalau gak salah Beli barang di Shopee K****L karena kebetulan barang yang mau dibeli gak ada di toko Ijo dan BL

    2
    2
    • 26 April 2022 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai penjual di Shopee juga pernah dalam posisi ini. Pembeli sudah menghubungi pihak jasa kirim (bukan SiCepat) dan sudah menghubungi pihak Shopee. Tetapi pembeli menghubungi pihak Shopee bukan untuk meminta cancel, tapi menanyakan paket sudah sampai mana. Setelah sekian waktu, paket dinyatakan HILANG oleh jasa kirim, lalu Shopee mengembalikan DANA PENUH kepada Penjual dan Pembeli.

      Jika diamati dari kasus anda, tindakan Pembeli pada toko Anda sebenarnya sangat tidak tepat, meminta cancel dari pesanan yang masih dalam pengiriman. Dan anehnya, pihak Shopee malah menyetujui permintaan cancel atas pesanan yang masih dalam pengiriman. Biasanya, respon pihak Shopee yang tepat untuk laporan Pembeli tersebut, Pembeli disuruh untuk menunggu status pengiriman hingga estimasi waktu yang telah ditentukan, bukan menyetujui permintaan cancel. Jika sudah melewati estimasi waktu tetapi status pengiriman masih tetap alias tidak berubah, maka status pesanan bisa dinyatakan HILANG.

  • 25 April 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Masalahnya produk di jual adalah sablon kayak spanduk pesanan. Mungkin punya batas waktu pakai kali. Untuk acara workshop, seminar atau apalah. Klw sdh lewat waktunya buat apalagi di pasang

    • 25 April 2022 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Kelemahan di shopee emang kalau barang tidak sampai ke pembeli dalam waktu lama maka akan batal otomatis. Untung pada kasus seperti itu posisi saya sebagai pembeli pada waktu. Saya juga sebagai penjual juga, kalau ngrasain dibatalkan otomatis tanpa verikasi ya rugi sangat karena yg saya jual produk custom juga.

  • 25 April 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Mestinya klw orderan sdh diproses terus keluar kode booking apalagi sdh dikirim, pembeli gak bisa cancel tanpa sepersetujuan seller, apalagi dibatalkan sepihak oleh shopee atw marketplace manapun. Ini mesti ada kelalaian seller sudah menyetujui atw membiarkan permintaan cancel hingga jadi otomatis batal. Betul apa betul?

    1
    1
  • 25 April 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Saya kurang jelas sih.. krn kesalahan tdk 100% dari kurir. Untuk pengajuan pembatalan seller dikasi opsi utk terima atau tdk dan klo di acuhkan dlm waktu tertentu baru dana di kembalikan ke buyer. Saya rasa semua marketplace begitu. Krn saya pernah sdh beli dan bayar tp barang tdk dikirim juga. Saat ajukan pembatalan di tolak oleh seller. Jd terpaksa harus menunggu 2mggu, ya setelahnya baru kasi rating aja.

  • 25 April 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Saya customer Shopee dan Tokopedia dan suka jual barang jg d shopee dan tokopedia. Setau saya kalau customer mebatalkan, penjual dikasih waktu utk respon. Kalau tidak ada respon dr penjual s.d batas waktu yg d berikan, secara otomatis, sistem menerima pembatalan customer.
    Ini berlaku di Shopee dan Tokopedia.
    Jd kalau saya lihat kronologisnya, murni kelalaian penjual karena tidak merespon permintaan cancel customer, sehingga sistem secara otomatis membatalkan pesanan.

    • 26 April 2022 - (00:07 WIB)
      Permalink

      Masih kurang info saya.. btw estimasi kedatangan paketnya berapa hari? Biasanya kan ada.. klo masih dalam lingkup estimasi berarti buyernya yg ga sabaran plus aturan marketplacenya yg cacad main setujui pembatalan.. tapi klo udah lewat dari estimasi berarti ya pihak ekpedisi yg bermasalah..

    • 26 April 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Klo setau saya sih klo toko ijo gk ba di batalkan klo sttus udah dikirim, yg bs dbtlkan klo blm dkirim

  • 26 April 2022 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Emang kacau nih sicepat pas mau lebaran gini.. paket sudah tiba dikota tujuan tapi >5 hari ga ad yg antarin, alhasil jemput sendiri ke pool. sepertinya overloaded pisan

  • 26 April 2022 - (00:39 WIB)
    Permalink

    Waktu pembatalan saya sebagai seller sudah memberikan resi dan bukti status pengiriman ke sisitem shopee, dan saya sudah Komunikasi dengan buyer leway chat, bahwa pesanan custom (sablon plastik kalau dicancel, andaikan paket kembali kesaya lagi. saya jelaskan panjang lebar ke buyer dan sistem shopee
    sablon plastik ada masa preoeder 7 hari, tapi hari ke 4 paket sdh di pick up oleh si Cepat Gokil….
    setelah 1 X 24 jam ternyata shopee menyetujui pembatalan, diluar dugaan saya karena saya sudah mnenjelaskan bahwa pesanan tsb tidak nilai ekonominya selain buyer tersebut, tampa ada solusi, pesanan yang sudah terlanjur tercetak siapa yang akan menanggung kerugian. Sistem di shopee sepertinya berbeda dengan marketplace lainnya sikap dan cara menjadi penengah saat ada salag satu pihak ada yang keberatan, mungkin karenan salah 1 sebab ini shopee di India tidak bisa berkembang, cuma sayangnya di Indonesia diakui atau tidak shopee masih memegang peringkat pertama dalam hal jumlah transaksi…
    semoga marketplace lokal seperti tokopedia kedepannya bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri…

    Mengapa saya tulis disini karena pandangan/pendapat saya sebagai seller penyebab keterlambatan ini disebabkan oleh kelalaian tim work ekpedisi…
    dan saya beberapa kali menghubungi kurir / ekspedisi kesulitan, semua nomor CS dikendalikan oleh mesin penjawab otomatis, sehingga tdak ada komunikasi 2 arah… selanjutnya saya kirim email ke ekspedisi, jawabannya sama.. itu sebuah kesulitan bagi saya untuk berkomunikasi langsung tanpa mesin penjawab (robot)

    Baru tadi siang setelah tulisan ini terbit ada beberapa nomor menghubingi saya dan akan mengganti nilai paket pesanan… cuma sampai saya tulis jawaban ini masih belum ada konfirmasi lanjutan

    • 26 April 2022 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai penjual di Shopee juga pernah dalam posisi ini. Pembeli sudah menghubungi pihak jasa kirim (bukan SiCepat) dan sudah menghubungi pihak Shopee. Tetapi pembeli menghubungi pihak Shopee bukan untuk meminta cancel, tapi menanyakan paket sudah sampai mana. Setelah sekian waktu, paket dinyatakan HILANG oleh jasa kirim, lalu Shopee mengembalikan DANA PENUH kepada Penjual dan Pembeli.

      Jika diamati dari kasus anda, tindakan Pembeli pada toko Anda sebenarnya sangat tidak tepat, meminta cancel dari pesanan yang masih dalam pengiriman. Dan anehnya, pihak Shopee malah menyetujui permintaan cancel atas pesanan yang masih dalam pengiriman. Biasanya, respon pihak Shopee yang tepat untuk laporan Pembeli tersebut, Pembeli disuruh untuk menunggu status pengiriman hingga estimasi waktu yang telah ditentukan, bukan menyetujui permintaan cancel. Jika sudah melewati estimasi waktu tetapi status pengiriman masih tetap alias tidak berubah, maka status pesanan bisa dinyatakan HILANG.

    • 26 April 2022 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Saya bersimpati dgn mas yg sedang menghadapi masalah ini.
      Namun saya ada sedikit pertanyaan, Saya juga penjual di Shopee, Sistem Shopee menerapkan ketika ada pembeli mengajukan pembatalan, maka penjual akan mendapat notifikasi dan harus merespon pengajuan tersebut dalam 1×24 jam utk menerima atau menolak pengajuan pembatalan dengan cara penjual melakukan tindakan berupa pencet tombol terima atau tolak.
      Ketika tahapan ini apa yg penjual lakukan?, karena kalau penjual tidak merespon terhadap notifikasi pengajuan tersebut dan tidak melakukan tindakan apa-apa, maka pesanan akan dibatalkan otomatis tanpa intervensi admin Shopee.
      Penjelasan melalui chat langsung kepada pembeli/cs shopee tidak membawa pengaruh, jika penjual tdk memberi respon terhadap pengajuan tolak /terima tadi.

    • 27 April 2022 - (03:41 WIB)
      Permalink

      maka nya jangan sembarang mengaktifkan jasa pengiriman nya, cari yg aman aja kyk jne, shopee xpress, gojek dan grab

      selebih nya ga usah di nyalain, mereka ga layak menyediakan jasa pengiriman krn sistem dan sop mereka NOL, drpd barang ga di pick up2, cuma transit gudang sini gudang situ, telp cust service paling jawaban nya, maaf ya pak, mohon di tunggu saja, saya akan menjadwalkan pengiriman ke tempat anda hari ini, sampe seminggu juga jawaban nya kyk gtu, di tanya di gudang mana jawaban nya tidak bisa memberitahu, di tanya setelah ini di kirim ke mana lagi juga ga bisa di jawab, ya uda terima nasib barang cuma ngendok di gudang pengiriman,

      J&T, siCepat, anter aja, itu ekspedisi terparah
      masih mending wahana lol

  • 26 April 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Udah mulai jelek memang kurir itu…
    Saya juga pernah ngalamin, akhirnya setiap belanja online langsung ganti kurir lain..

  • 26 April 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Namanya Saja sudah GOKIL cara kerjanya juga GOKIL kalau mau kirim barang cari yang normal jangan yang gokil sudah tau gokil itu kan gila kalau sudah gokil sudah tidak bisa kerja bener😁😁😂😂😂

  • 26 April 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Untung saya biasa beli di bukalapak udah jelas ada waktunya kalo ga sampe sesuai yang di berikan ya wasalam

    • 26 April 2022 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Punya saya rute Probolinggo juga sama. Truk si cepat lagi kebakaran. Uang dana dikembalikan ke pembeli. Trus saya coba komplain ke sicepat barang akhirnya ketemu dan diretur ke penjual. Ini ada 1 lagi paketan rute yg sama ke Jember barang sudah 16 hari tanpa kabar. Kata shopee klo hilang nanti diganti 100 %. Coba sabar menunggu sambil terus komplain ke si cepat dan si shopee

  • 26 April 2022 - (12:10 WIB)
    Permalink

    kalo si cepat masih mending,,coba klo dapat nya jasa kirim anter aja,,,
    lebih parah..,
    pasti reschedule deliveri,,alasan receiver tidak bisa di hubungi,,padahal wa aktif,no juga aktif,,
    kalo dapat jasa kirim anteraja,,saya anggap barang pesanan ga bakal di kirim

  • 26 April 2022 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Saya Mw Update Paket Saya Masih Stuck Sampai Detik ini sudah terhitung 10 hari dari tanggal 16 April – 26 April 2022. Sicepat cuma membalas dengan basa-basi saja. EMANG MANTAP SI LAMBAT INI, CUKUP GAK AKAN PAKAI SILAMBAT LAGI!!!!! SAYA PAKAI SILAMBAT REGULER YA BTW. DAN SESAMA JAWA TIMUR. UDAH GA USAH DIBELA SICEPAT MENCERMINKAN KEBODOHAN ANDA!!

  • 26 April 2022 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca beberapa komentar dan Klarifikasi dari pihak Shopee dan Si Cepat Gokil ada beberapa pembelajaran bagi seller dan buyer
    1. Secara sistem Si Cepat Gokil bukanlah yang sempurna, kayak e memang tidak ada yang sempurna, human eror juga salah satu sebab utama dalam hal ini, khususnya di gudang Lumajang, selain pengalaman teman kita yang komen diatas, saya sendiri pernah harus ambil paket sendiri ke Gudang Lumajang, tapi saya mengapresiasi kurir yang pick up semangatnya luar biasa…
    2. Klarifikasi Shopee bahwa pembatalan ini disetujui karena sudah lewat estimasi, ya begitulah mungkin ini adalah sistem yang diberlakukan untuk melindungi hak konsumen, dan dalam persetujuan tersebut pihak seller akan diselasaikan lebih lanjut dengan pihak kurir, cuma tidak rinci seperti apa sistemnya penggantian kerugiannya
    3. Si Cepat Gokil bersedia mengganti kerugian berupa nilai paket, cuma bagaimanapun ada kerugian yang tidak bisa diganti oleh beberapa pihak diatas adalah SAYA KEHILANGAN PELANGGAN
    4. Jika disini ada buyer yang juga melayani jasa sablon harap hati-hati, apalagi buyernya berkaitan dengan produk sesuai di foto tersebut

  • 26 April 2022 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Saya dibuat stress juga dgn pengiriman barang,tdk sampai2,padahal saya pantau pergerakannya,seharusnya sampa i,sesuai estimasi dan paket saya sdh berada di kurir,namun tdk kunjung datang,sementara paket tersebut sangat urgent,akhirnya saya ambil sendiri ke gudang si cepat,untungnya gudang si ceoat tdk terlalu jauh dgn rmh saya..yg saya heran,kurir tdk dpt memilah mana yg hrs diutamakan pengantarannya padahal jaraknya dkt…saya jadi kapok pakai si cepat,karena sudah 3 x dikecewakan.

  • 26 April 2022 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Sebuah pelayanan yang memberikan solusi untuk paket kargo yang dengan estimasi pengiriman lebih cepat, ada beberapa hal perlu diperbaiki:
    1. Nomer kontak CS selain dijalankan oleh mesin penjawab, juga diberi opsi CS yang dijalankan operator sehingga jika ada permasalahan cepat terselesaikan
    2. SDM di daerah khususnya di Lumajang perlu ditingkatkan kinerja dan komitmennya, kurang siap saat ada ledakan arus pengiriman
    3. Yang paling penting disaat paket stuck disuatu tempat mengapa sampai lama baru ketahuan, apa tidak sistem yang berbasis aplikasi sehingga memberikan sinyal/laporan pada operator pengendali

  • 26 April 2022 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Kl dilihat kronologisnya pihak shopee jg Salah main batalin pesanan saja tanpa konfirmasi lg ke seller, beda dengan Tokopedia yg menunggu update Dr pihak ekspedisi. Saran saya lbh baik stop berjualan di shopee krn lbh banyak merugikan seller.

  • 26 April 2022 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Di twitter jg lg rame mengenai keterlambatan sicepat ini, karena free ongkir dari olshop rata2 pake sicepat mgkin yaa jadi numpuk dah pengirimannya

  • 27 April 2022 - (00:35 WIB)
    Permalink

    mau komen gimanapun, masalah utama ada di sistem shopee sndiri. udah tau barang udah dikirim kok masih ada fitur batalkan pesanan. kan ******

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Gokil?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerug…

oleh CAK dibaca dalam: 1 menit
70