Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Pesanan Custom

Surat ini saya sampaikan kepada SiCepat Gokil. Kami adalah penjual di Shopee dengan nama toko Altiba Screen Printing. 80 persen produk adalah custom sesuai pesanan pembeli. Jika pada saat dicetak atau dalam pengiriman, ada pembatalan oleh pembeli, maka barang/pesanan tersebut sudah hilang nilai ekonominya.

Pada tanggal 10 April 2022, saya menerima pesanan sablon plastik, desain disesuaikan dengan konsep pembeli lewat aplikasi Shopee, dengan nomor pesanan 2204108J1ND77. Tanggal 14 April 2022, paket di-pick up kurir SiCepat Gokil dan keluar nomor resi: 004008808505.

Selama 5 hari, sejak tanggal 14 April sampai dengan tanggal 18 April 2022 pukul 16:34, status paket masih berada di Gudang Lumajang. Baru setelah pembeli mengajukan pembatalan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 18 April 2022 pukul 20:51, paket bergerak ke gudang transit Probolinggo. Akhirnya pembeli mengajukan pembatalan lewat aplikasi Shopee tanggal 18, karena alasan paket terlalu lama. Pada tanggal 19 April 2022 pukul 13:40 Shopee menyetujui pembatalan yang diajukan pembeli.

Seperti yang saya sampaikan di atas, pesanan pembeli adalah bersifat custom, yaitu sablon plastik dengan desain gambar sesuai dengan pesanan pembeli. Sehingga jika barang itu dikembalikan, sudah hilang nilai ekonominya, karena barang tersebut tidak bisa didaur ulang atau dijual kembali.

Pihak SiCepat Gokil susah dihubungi, saya hanya mendapatkan nomor WhatsApp customer service yang rupanya dijalankan oleh robot/sistem bukan operator, sehingga tidak bisa interaktif 2 arah. Pembatalan oleh pembeli ini murni disebabkan oleh KELALAIAN tim SiCepat GOKIL, yang akhirnya saya menderita kerugian:

  1. Saya harus kehilangan pelanggan.
  2. Paket tidak bisa dijual kembali.

Semoga SiCepat GOKIL segera memberikan solusi siapa yang harus menanggung kerugian yang diakibatkan oleh team work mereka.

Kushaeri
Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Kushaeri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Kushaeri dengan judul “Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian...
Baca Selengkapnya

71 komentar untuk “Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Pesanan Custom

  • 27 April 2022 - (00:48 WIB)
    Permalink

    LAH KIRAIN SAYA DOANG YG JADI KORBAN EKSPEDISI SI CEPAT TRNYTA BANYAK JUGA YG LAINNYA , WKWK … BENER2 TUH YA EKSPEDISI GA SESUAI DGN NAMANYA MENDING DIUBAH SI LAMBAT.. NORMAL PAKE EKSPEDISI LAIN 3 HARI UNTUK LUAR PROPINSI , ANE 5 HARI BRU SAMPE PADAHAL MASIH SE PROPINSI .. WKTU ITU SAYA AMBIL LNGSUNG DI KNTOR CABANGNYA KARENA 2 HARI MASIH STTUS DROP POINT DISANA .. ALHASIL YG SAYA LIAT GEROMBOLAN MANUSIA PAKE SERAGAM SICEPAT CUMA DUDUK BERBARING DI GUDANG NYA , GEDEEG BANGET LIATNYA..

    • 27 April 2022 - (07:23 WIB)
      Permalink

      Perlu diketahui. Saya hanya pembeli, tidak punya akun seller manapun di olshop. Buat para seller, mending skip aja merek ekspedisi yg satu itu. Sudah banyak korban dan bukan hanya seller tapi juga buyer. Saya juga telah dua kali jadi korban merek kurir itu. Pertama harus menjemput paket jauuuh banget dengan alasan ga tau jalan (lucu kan, kurir bilang tau jalan, padahal ekspedisi lain lalu lalang lho). Kedua ketemu sama kurir suka ngegas tanpa alasan yg jelas.

  • 27 April 2022 - (03:25 WIB)
    Permalink

    untuk platform jual beli online seperti shopee option untuk memilih ekspedisi pengiriman sangat dipersulit, tidak seperti tokped bisa dengan mudah memilih ekspedisi,,,

    untuk para penjual, sebaik nya tidak sembarang menyalakan semua opsi pengiriman, saya juga berharap pihak platform berhati dalam memilih partner pengiriman,

    paling aman pengiriman menggunakan JNE, JDID Express, Shopee Xpress, Gojek dan Grab
    selebih nya jangan pernah di aktifkan seperti si cepat, antar aja, JNT/J&T, 3 Expedisi ini pelayanan nya sangat parah, sangat lambat, sangat sulit untuk mendapatkan solusi walaupun di jawab cust service nya

    daripada barang muter2 ga jelas, kadang ga di pick up, pengiriman yg sangat lambat,

    ya tidak bisa menyalahkan konsumen untuk membatalkan pesanan krn lama pengiriman, krn ada yg beli butuh untuk di pakai cepat atau tanggal tertentu, ya klo uda lewat untuk apalagi barang tsb. lain cerita klo pengiriman luar kota ya, untuk dalam kota sih biasa nya 2 hari uda sampai, klo lebih dari 2 hari tutup aja ekspedisi anda, berarti sistem anda tidak dapat bersaing dan berpotensi merugikan penjual dan pembeli.

    ( ini pengalaman saya pribadi sebagai konsumen )

  • 27 April 2022 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Saya malah 3 kiriman Shopee express sudah dikirim semua. Diajukan pengembalian dan disetujui dan barang tidak dikembalikan.
    Alhasil saya kehilangan 3 barang seharga 300rb.
    Chat CS malah di end chat sama mereka. Parah banget.

  • 27 April 2022 - (04:42 WIB)
    Permalink

    1. Bila penerima mengjukan pembatan nanti akan ada forum diskusi, marketplace memberi ruang untuk penjual maupun pembeli untuk berargumen, kalau penjual bilang paket sudah dkirim brti pihak marketplace meng investigasi pihak eskpedisi itu pun egag 10-15 menit tp bs berhari² jd gak mungkin langsung batal
    2. Bila setelah ditemukan ekspedisi yang salah, biasanya pihak ekspedisi menyatakan hilang maka uang penjual akan kembali, dan uang pembeli akan di tanggung pihak ekspedisi

    Kayaknya begitu bos prosedurnya

  • 27 April 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Saya jg kecewa sama sicepat, paket saya ga bergerak 3 hari padahal isinya bahan baku buat jualan makanan. Untungnya barangnya ga rusak . ?‍♂️?‍♂️?‍♂️

  • 27 April 2022 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penjual di shopee, dan saya sangat sangat kecewe telah menggunakan jasa kirim si cepat gokil. Pick up sampe 1minggu baru di jemput, dan pengiriman nya lama banget. Yg paling parah nya lagi, kerugian saya cukup besar, dikarnakan sering sekali pembeli membatalkan pesanan nya. Dan itu yg harus menjadi tanggung jawab saya. Saya saranin untuk kalian yg sedang merintis dan bergabung di dunia usaha. Lebih baik jgn menggunakan ekspedisi ini(sicepat), karna itu akan menghambat usaha mu disaat masa merintis. Gunakan saja ekspedisi yg sudah terpercaya cepat dan aman. Trims mungkin hanya ini komplain dari saya sbgai penjual online?

  • 27 April 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Bisa dibatalkan sepihak sm cs memang asal udh lewat estimasi..mgkn dsini ts kurang detail tampilkan ss order penjualannya. Tp klo blum lewat estimasi pembeli mau batalkan bagaimana klik ajukan batal aja kan ga bisa dipencet.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Gokil?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Akibat Paket SiCepat Gokil 5 Hari Tidak Bergerak, Saya Menderita Kerug…

oleh CAK dibaca dalam: 1 menit
71