Tokopedia & Asuransi Tokopedia Mengulur-Ulur Pembayaran Klaim atas Barang yang Hilang oleh Anteraja

Surat ini adalah lanjutan dari keluhan saya sebelumnya pernah saya posting di Media Konsumen yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan oleh TOKOPEDA, ASURANSI TOKOPEDIA,& ANTERAJA:

TOKOPEDIA & ASURANSI TOKOPEDIA telah mengorbankan penjual & pembeli atas ketidakjelasan keberadaan barang yang dikirim melalui layanan jasa pengiriman ANTERAJA yang notabene adalah perusahaan layanan pengiriman rekanan dari TOKOPEDIA.

Pembeli & Penjual disini hanya diminta untuk selalu menunggu terus menerus hingga waktu yang tidak dapat ditentukan atas kelalaian yang dilakukan oleh ANTERAJA. Padahal sudah jelas disini peran penjual adalah mengirimkan barang sesuai dengan invoice yang tertera melalui jasa pengiriman yang sudah ditentukan dalam invoice tsb (dalam hal ini adalah ANTERAJA). Sedangkan peran pembeli adalah membayarkan sejumlah dana & asuransi (krn produk yang saya jual mewajibkan kepada pembeli untuk menyertakan asuransi).

Namun ketika Peran penjual & pembeli telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh TOKOPEDIA, pihak kurir pengiriman tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya (estimasi waktu pengiriman yang tercantum adalah 5-9 hari) bahkan yang lebih parahnya lagi tracking atas nomer resi 10004344616228 hingga saat ini (tanggal 03/05/2022) masih belum berubah sejak tanggal 20/04/2022 (tertera: barang masih berada di hub tangsel).

Pihak tokopedia telah meminta saya untuk menunggu dari waktu ke waktu menunggu laporan/hasil investigasi dari pihak kurir max 3×24 jam (sebanyak 2x: tanggal 26/04/2022 &; tanggal 29/04/2022) yang hasil kedua2nya hingga saat ini NIHIL.

Seharusnya di sini pihak Tokopedia harus mampu mengambil keputusan bahwa permasalahan ini harus dilanjutkan kepada divisi Asuransi Tokopedia (tanpa harus menunggu lagi laporan dari ANTERAJA yang memang selama ini tidak pernah ada hasilnya).

Tanggal 30/04/2022 saya telah mengisi form asuransi dan saya diminta kembali untuk menunggu proses claim asuransi yang katanya perlu waktu kembali untuk memverifikasi. Namun hingga saat ini pihak Asuransi Tokopedia masih belum mencairkan dana penjualan saya atas barang yang telah saya kirimkan namun tidak jelas keberadaannya hingga saat ini (yang boleh kita asumsikan barang tersebut telah hilang). Padahal sudah jelas-jelas transaksi tersebut telah diproteksi oleh Asuransi Tokopedia.

Lantas apa gunanya asuransi tersebut jika memang tidak mampu membuat rasa aman kepada penjual & pembeli atas transaksi yang dilakukan di marketplace Tokopedia yang boleh dibilang terbesar di Indonesia? Jelas menurut saya hal ini sangat ironis sekali. Sementara dana pembeli pun hingga saat ini belum dikembalikan oleh Tokopedia (padahal sudah melewati batas waktu estimasi pengiriman yang tercantum).

Di sini saya harap agar Pihak TOKOPEDIA & ASURANSI TOKOPEDIA dapat segera memberikan apa yang memang telah menjadi hak saya & pembeli (bukan malah terkesan mengulur-ulur waktu untuk sesuatu yang tidak jelas).

Hendri Tjahjadi
Tangerang, Banten


Update (9 Mei 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Anteraja sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Hendri Tjahjadi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan dua surat Bapak Hendri Tjahjadi yang berjudul: “Status Kiriman Seller Tokopedia dengan Layanan Kurir Anteraja Tidak...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Tokopedia & Asuransi Tokopedia Mengulur-Ulur Pembayaran Klaim atas Barang yang Hilang oleh Anteraja

  • 4 Mei 2022 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Mana nih peran pemerintah,harus tegas donk pada perusahaan perusahaan yg merugikan masyarakat ,dan minimal ada tindakan agar jngn hanya mau enak nya ajah bayar asuransi tapi dipersulit

  • 4 Mei 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    pasti balik uangnya pembeli, cuma memang proses claim nya agak lama , pengalaman udh beberapa kali mengalami kehilangan di tokopedia pengembalian dana antara 14-21 hari. kadang cepat kadang lambat. butuh kesabaran aja tapi aman kok pasti balik,

  • 8 Mei 2022 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Saya mau share sedikit dari sudut pandang pembeli. Kebetulan saya sedang mengalami juga kejadian barang hilang oleh Anteraja.

    Saya membeli barang tanggal 18 April di Tokopedia dan dikirim Anteraja Next-day. Pada tanggal 19 April status barang tersebut adalah “Parsel sudah tiba di kota saya”. Malam harinya CS Anteraja menghubungi via Whatsapp dan menanyakan apakah barang sudah diterima, setelah itu status barang berubah menjadi “Parsel belum tiba di staging”. Sejak itu statusnya tidak berubah lagi dan barang belum sampai.

    21 April saya menghubungi CS Anteraja via email dan mereka menyuruh menunggu 3 hari. 3 hari kemudian saya menanyakan update dan disuruh menunggu lagi.

    Lalu saya ajukan komplain di Tokopedia Care pada tanggal 24 April dan disuruh menunggu 5 hari. Tanggal 6 Mei saya minta bantuan admin dan disuruh menunggu lagi. Hari ini, 8 Mei saya minta bantuan admin lagi dan barang sudah dinyatakan hilang oleh pihak kurir sehingga saya bisa mengajukan klaim. Katanya penjual dan pembeli akan mendapatkan uangnya kembali maksimal tanggal 12 Mei.

    Dari beberapa balasan terakhir dari admin Tokopedia Care di kasus saya, sepertinya kedua belah pihak (penjual dan pembeli) harus melakukan komplain, karena ternyata pihak penjual sudah mengajukan komplain juga. Setelah pihak ekspedisi mengakui bahwa barang tersebut sudah hilang, pembeli bisa menandai bahwa komplain sudah selesai, lalu dana akan diteruskan ke penjual.

    Ini balasan terakhir yang saya dapat:
    “Terima kasih atas kesediaan kedua pihak untuk menunggu. Pihak asuransi menyetujui klaim yang diajukan, untuk itu kami tutup kendala ini dengan penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual.

    Selanjutnya pergantian dana ke Pembeli senilai yang Pembeli bayarkan akan diproses maks 12 Mei 2022. Sehingga Pembeli bisa menunggu terlebih dahulu dan cek berkala pada saldo Refund.”

    Mungkin anda bisa menanyakan ke pembeli, apakah dia sudah mengajukan komplain juga.

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tokopedia & Asuransi Tokopedia Mengulur-Ulur Pembayaran Klaim atas…

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 2 menit
5