Beban Biaya Bunga atas Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit Maybank

Selamat siang Redaksi Media Konsumen yang saya hormati. Melalui surat ini sebelumnya saya ingin menyampaikan terima kasih atas terbitnya surat terbuka untuk Maybank Indonesia, yang dalam hal ini terkait tagihan kartu kredit saya sedang mengalami kendala.

Awalnya saya mendapatkan penawaran melalu telepon, untuk program XCASH, yaitu transaksi pencairan dana tunai dari sisa limit kartu kredit Platinum saya. Saya menyetujui program itu, dengan syarat hanya dikenakan satu kali biaya proses dari lima kali proses yang terjadi dan hal tersebut dikabulkan oleh Vera, yang memberikan penawaran saat itu. Dijanjikan bahwa biaya proses hanya dikenakan sekali, dimana nominalnya sebesar Rp20.000/proses.

Namun sampai mendekati tanggal jatuh tempo tagihan (bisa dipantau melalui mobile banking), saya tidak melihat adanya perubahan dari transaksi ataupun mekanisme dari apa yang sudah dijanjikan tersebut.

Singkat cerita saya melaporkannya kepada Customer Care Maybank, dengan nomor laporan: R0306WX oleh Kak Jimmy. Keesokan harinya saya mendapatkan panggilan telepon dari Maybank (a.n. Ibu Vera). Menanggapi kendala yang saya alami, disepakati bahwa tagihan atas biaya proses yang Rp 80.000 (biaya untuk empat kali proses), diabaikan atau langsung dikurangi saja, sesuai dengan kesepakatan pada waktu pada awal penawaran.

Sampai di sini saya mengira kendala yang saya alami sudah selesai. Ternyata setelah menerima tagihan baru, kok muncul Finance Charge yang nominalnya sebesar Rp363.956? Saya langsung melaporkannya, dengan nomor laporan: R03OOD0, oleh Kak Ambar.

Ada hal yang menarik di sini, yaitu sebelum tagihan secara utuh saya terima, Saya menerima panggilan telepon dari Ibu Vera, yang kira-kira bunyinya seperti ini: “Pak, proses penghapusan biaya proses nanti tidak akan muncul dalam rincian tagihan ya. Ditunggu bulan depan akan terproses”. Saya merespons, bukannya sudah beres dengan sudah disepakati untuk biaya proses tersebut langsung di kurangi? Sampai saya menerima tagihan secara utuh baru mengerti apa maksud penelepon tersebut.

Dari cerita tersebut di atas, saya minta pertanggungjawaban Maybank Indonesia untuk penghapusan biaya bunga yang muncul, serta biaya proses yang dianggap oleh sistem bahwa saya kurang bayar. Hal tersebut bukan karena kesalahan saya. Sampai dengan surat ini saya buat, juga sudah ada nomor laporan yang sifatnya urgent, dengan nomor laporan R03OPBP oleh Kak Hamzah.

Perlu diketahui bahwa semua isi percakapan saya yang oleh sistem Maybank direkam. Dengan demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Atas perhatian serta kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Jhameson Suciadi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Maybank Indonesia:
[Total:26    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Beban Biaya Bunga atas Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit Maybank

  • 18 Mei 2022 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Saya menerima panggilan telepon dari Ibu Vera, yang kira-kira bunyinya seperti ini: “Pak, proses penghapusan biaya proses nanti tidak akan muncul dalam rincian tagihan ya. Ditunggu bulan depan akan terproses”

    berarti ada miskomunikasi, harusnya disuruh bayar dulu yg 4×20000 nya agar tidak muncul INTERESTnya.. kejar terus minta dihapus, dan jika sudah dimuat di media konsumen ini biasanya akan sukses permintaan hapusnya

  • 18 Mei 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sebelumnya Pak Soni Chan memberikan komentarnya. Dan supportnya. Awalnya malahan si “oknum” ini mencoba menawarkan finance charge bisa ke hapus sekitar 30 hari. What?? Selama itu. Padahal tagihan akan segera jatuh tempo. Sepertinya akal-akalan oknum aja neh. Dan Maybank kesannya mau lepas tangan dan meminta si oknum tsb bertanggung jawab. Sehingga case ini berlarut larut.

 Apa Komentar Anda mengenai Maybank Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Beban Biaya Bunga atas Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit Maybank

oleh Jhameson Suciadi dibaca dalam: 2 menit
2