Transaksi BRIZI di Agen BRI Link; Saldo BRIZI Terpotong, tapi Tidak Masuk ke Saldo Agen BRI Link

Melalui surat ini, saya Maydhan Pramana ingin menginformasikan tentang buruknya pelayanan dari pihak Bank BRI yang tidak ada solusi dan kepastiannya.

Sebelumnya pada tanggal 2 Februari 2022 yang lalu, saya melakukan transaksi tarik tunai melalui agen BRI Link menggunakan kartu BRIZI di salah satu kota Bandar Lampung. Pada transaksi tersebut, berhasil seperti biasanya dan saldo di kartu BRIZI saya sudah terpotong. Namun saat petugas agen BRI Link mengecek saldo penampungannya, ternyata tidak ada transaksi saya Rp600.000.

Singkat cerita si pemilik Agen BRI Link sudah berupaya untuk menghubungi pengelola dari BRI bahkan mendatangi kantor Bank BRI. Namun tidak ada solusi dari pihak Bank BRI. Alasannya bahwa transaksi menggunakan BRIZI sudah tidak dapat dilakukan di agen BRI Link, dan harus si pemilik kartu BRIZI (yaitu saya) yang harus membuat laporan ke Bank BRI terdekat atau ke call center.

Saya dan agen BRI Link sudah melakukan kedua hal tersebut. Namun jawaban dari petugas BRI dan call center sama saja. Hanya diputar-putar saja. Ketika agen BRI Link laporan harus pemilik Kartu BRIZI, ketika saya buat laporan harus pemilik Agen BRI Link. Begitu terus tidak ada kepastian.

Hal yang paling menariknya adalah ini, petugas call center dan petugas Bank BRI berkata: “Pemakaian atau transaksi menggunakan Brizi di Agen BRI Link itu sudah tidak bisa atau sudah dihapuskan sejak Februari 2021 ”

Nah di sini menariknya, secara logika dan secara sistem, kalau transaksi apa pun dengan menggunakan kartu BRIZI di semua agent BRILink/merchant sudah tidak bisa dan dihapuskan. Seharusnya transaksi saya pada saat itu GAGAL/INVALID dong!!! Anehnya menu di mesin EDC tersebut masih ada, tidak di-lock atau dihapus!!!

Transaksi ini sukses dan saldo terpotong, tapi entah saldo itu masuk ke mana. Dari pihak Bank BRI tidak ada tanggung jawab atau solusi seperti apa atas dana saya tersebut. Satu hal lagi, kalau transaksi menggunakan BRIZI di setiap merchant sudah dihapuskan, seharusnya transaksi pembayaran atau sejenisnya di mini market atau lainnya juga tidak bisa, tapi di minimarket-minimarket masih bisa. Pihak BRI tidak ada edukasi atau pemberitahuan seluruh ke setiap agen BRILink mengenai hal tersebut???

Di sini saya meminta dari pihak Bank BRI selaku perusahaan besar milik pemerintah, di mana tanggung jawab dan solusinya dari persoalan saya? Tolong edukasi setiap karyawan pelayanan untuk memberikan solusi dan penjelasan yang detail sehingga para nasabah mendapatkan jawaban dari setiap keluhan.

Maydhan Pramana
Bandar Lampung, Lampung


Update: Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk atas pengaduan Bapak Maydhan Pramana

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Maydhan Pramana menjadi nasabah...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Transaksi BRIZI di Agen BRI Link; Saldo BRIZI Terpotong, tapi Tidak Masuk ke Saldo Agen BRI Link

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transaksi BRIZI di Agen BRI Link; Saldo BRIZI Terpotong, tapi Tidak Ma…

oleh Reivan dibaca dalam: 2 menit
2