Kapok Kirim Paket melalui Kurir J&T Express

Pada tanggal 18 April 2022, saya mengirim paket melalui ekspedisi J&T, dengan area kirim Jakarta menuju ke Karawang, nomor resi: JD0175228810. Keterangan isi paket makanan dan sebelum kirim kita juga sudah menanyakan berapa hari sampai tujuan. Jawabannya estimasi 3 hari, ok kita kirim!

Namun sampai hari keempat paket masih belum sampai tujuan. Saya masih sabar menunggu. Akhirnya tanggal 26 April 2022 (setelah 8 hari) pagi, saya telepon call center untuk komplain, dengan jawaban akan dicek. Alhasil siang itu juga paket sampai, tapi isi paket berupa makanan sudah terlanjur busuk.

Penerima langsung video unboxing buat bukti komplain dan mengirimnya ke kami. Hari itu juga saya komplain lagi ke call center dan dicek tracking-nya. Ternyata paket nyasar dulu ke Bandung, dengan alasan salah gate!!

Tanggal 29 April 2020 saya komplain lagi ke call center, tanya solusi penyelesaian gimana. Karena paket makanan sudah busuk, pembeli tidak mau terima. Kemudian saya diarahkan kirim ke email bagian pengaduan dengan nomor resi dan video unboxing paket tersebut.

Kami ikuti prosedur klaim, tapi sama sekali tidak ada respons dari balasan email tersebut. Jadi bingung apakah email kita sudah diterima atau dilewatkan.

Tanggal 11 Mei 2022, saya telepon komplain ke call center lagi. Karena setelah ditunggu sampai hari itu juga belum ada sama sekali respons dari pihak J&T maupun balasan email. Jawaban dari call center selalu kata-kata manis “Lagi diproses pak, mohon sabar ya”.

Sampai hari ini tanggal 01 Juni 2022 surat komplain ini dibuat, masih belum ada pihak ekspedisi yang menghubungi kita dan mungkin saya harus merelakan nilai paket yang tidak lebih dari Rp200 ribu hangus.

Liu Siau Phin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:98    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Kapok Kirim Paket melalui Kurir J&T Express

  • 3 Juni 2022 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Bulan April bulan pas overload KK
    Pas bulan puasa sebulan full event shopee sampe overload Ampe awal2 mei
    Hbs lebaran
    BS molor dr masa estimasi yg diberikan
    Pengalaman pribadi sih

    7
    1
      • 6 Juni 2022 - (03:29 WIB)
        Permalink

        Saya sebelum lebaran kemarin check uot HP dari tangerang buat ke tasikmalaya menggunakan ekspedisi j&t. Dan yaa estimasi barang barang kacau abis, di jalan paketan saya nyampe 10 hari baru saya terima dari estimasi 3-5 hari.
        Paketan di ajak nyasar dulu + barang (HP) saya ada yang bobol entah siapa itu. Yang saya terima hanya dus hp kosong.
        Menurut saya pihak ekspedisi harus mensejahterakan pekerjanya untuk meminimalisir membobol paket konsumen.
        Pokonya SDM dalam menerima pegawai juga harus di perhatikan. Karena biarpun ada kesempatan kalau SDM nya bagus gak bakalan berani mengambil yang bukan haknya.

    • 3 Juni 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Memangsih overload, uang masuk ke J&T juga overload. kenapa ga buat sistem lembur atau diperbanyak kurirnya?

      8
      1
      • 3 Juni 2022 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Kan bulan puasa kemungkinan jam kerja ga seperti hari normal
        Lebaran kmrn setahu q jnt cm libur 2 hari
        Event shopee bulan puasa gila2 an cashback 10 rb
        Tiap hari 5x bagi2 tu voucher

        1
        1
        • 3 Juni 2022 - (11:03 WIB)
          Permalink

          Bkn alasan. Itu namanya bkn perhitungan yg baik, promo gila2an tdk di ikuti dgn sdm yg memadai. Apa “bakar” Duitnya sdh ga segencar awal2 sehingga tuk memperkerjakan freelance sj kurang?

          6
          1
          • 3 Juni 2022 - (12:27 WIB)
            Permalink

            Lha sy cm jelas kan yg dicerita kurir2 pas anterin paketan sy,
            Pas bulan puasa Gudang overload dan udah rekrut freelance juga
            Karena gara2 shopee event gila2an pas bulan puasa
            Sebagian paketan sy juga pas bulan puasa yg anter juga freelance

            Kan ga mungkin kurir juga puasa di suruh lembur juga

            4
            1
        • 3 Juni 2022 - (23:24 WIB)
          Permalink

          Itu bkn cm program shopee bung, tp gratis ongkir jg program ekspedisi. Jd seharusnya sdh di siapkan dgn baik apa sj yg hrs di lakukan ketika barang membludak, termasuk merekrut banyak freelance. Kalau yg di rekrut cm segelintir, barang ga akan cpt hbs. Apalagi kurir baru msh blm tau wilayah.

    • 3 Juni 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Apapun itu…bukan alasan yg dapat diterima oleh konsumen. Sebagai pelayan jasa distribusi seharusnya sdh dapat memperhitungkan estimasi waktu pengiriman, apalagi itu makanan/ minuman.
      Apalagi J&T bukan penyedia jasa pengiriman yg baru kemarin sore..
      Kesalahan human error tdk dpt diterima krn sdh terlalu bnyk permasalahan yg muncul di media konsumen ini. Dan itu² sj…
      Alhasil konsumen & produsen yg dirugikan..
      MHN MJD PERHATIAN BAGI SELURUH PIHAK EKSPEDISI TERKAIT HAL INI..
      Terima kasih.. 🙏🏾

      8
      1
    • 4 Juni 2022 - (11:10 WIB)
      Permalink

      Sebelum kirim kan udah ditanyakan, estimasi berapa hari… Kalau memang lagi overload kan dari awal bisa bilang estimasi 3-7hari atau mungkin lebih karena overload, jadi sipengirim bisa mempertimbangkannya lagi, apa jadi kirim atau tidak, apalagi ini makanan. Dan… Ternyata nyasar,,, berarti masalah sesungguhnya bukan karena overload, tapi karena salah sortir. Masalah seperti ini memang sering terjadi,,, apakah akan terus dibiarkan atau diperbaiki.

      • 4 Juni 2022 - (18:08 WIB)
        Permalink

        Biasanya di shopee setahuku stlh checkout ketahuan masa estimasinya

        Kl spt momen lebaran atau pas event biasanya masa estimasi BS seminggu
        Jd kl masa estimasi nya kurang berkenan kan bisa di batalkan stlh checkout

    • 6 Juni 2022 - (22:10 WIB)
      Permalink

      Kalo dari pengalaman sya sih, bukan kesalahan dr pihak expedisi saja. Terkadang dari pembeli juga.buyer tidak melampirkan alamat yg sesuai, atau buyer mengacu alamat pada gmap, tidak mencantumkan nomor telefon yg bisa dihubungi.terkadang orang pendatang.udah gitu paket gak sampai2 yg disalahin seller sama kurirnya yg katanya lelet

    • 3 Juni 2022 - (09:42 WIB)
      Permalink

      @soni chan ya bisa di coba juga sih expedisi yang lain. Intinya dari saya sih, J&T lg overload barang, uang masuk ke kantong J&T juga overload kan. Kenapa ga bisa minta kurirnya lembur atau diperbanyak kurirnya pakai system outsourcing dulu atau bagaimana. karena setiap bulan bulan ramadhan begini pasti ada aja kendala musiman seperti ini.

      2
      1
    • 3 Juni 2022 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Saya selama ini pake jnt alhamdulilah ga ada masalah, kirim hp kirim apa aja aman.
      Cuma klo ada keterlambatan apalagi pas hari raya saya maklumin.
      Makanan seharusnya kirim paket yang 1 hari sampai.
      Daripada sicepat yang pasti terlambat dan barangmu hilang.

  • 3 Juni 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Overload karena kurir banyak yang dipecat, diubah jadi freelance. Cabang dikurangi. Kurir lain juga ada yg mengalami transformasi serupa.

    Kalau barang gak hilang itu namanya beruntung sih walau keki kesal sebal gak sampai2… Kebanyakan cerita yang ramai sih barang hilang dimaling oknum.
    Saya sendiri jualan di marketplace sudah 1 tahun terakhir nonaktifkan J&T. Gak berani coba2…

    Mudah2an paket TS cepat sampai dan tidak rusak barangnya.

    1
    2
    • 4 Juni 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Nah itu dia. Kalau memang operator lapangan berkurang, sehingga kepastian akan terlambat datang brang ke pembeli, HARUSNYA dari pihak ekspedisi memberi tahu marketplace untuk merubah tanggal estimasi tibanya. Dan harus ada permintaan “KLIK” untuk memperbolehkan terlambat datangnya barang ke pembeli ( diperpanjang sekian hari). Karena pembeli juga harus menunggu dirumah kalau barang yang di beli rawan di banting atau di lempar, walau sudah pakai bubble atau kayu. Walaupun inti pembicaraan adalah makanan yang terlanjur rusak, dikarenakan telat sampai. Tapi inti permasalahannya sama saja, yaitu keterlambatan.

    • 5 Juni 2022 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Yg paling sering ngalamin kayak gini ada 2.. J&T express dan Sicepat, tp paling parah emang J&T express.. Untungnya sy waktu itu beli VGA, kirim ke bandung nyasar ke 4 tempat sorting yg berbeda.. Harusnya 3 hari malah 11hari baru sampe.. Sicepat juga kadang suka ada criss-cross tp jarang. Aneh J&T

  • 3 Juni 2022 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Sama paket saya baby tanaman hidup dengan no resi JD0179998389 dari tanggal 20-05-2022 sampai tanggal 03-06-2022 belum juga nyampe,paket dari Lampung dengan tujuan kota Tangerang bisa nyasar ke Bandung,Cirebon,Cikampek balik lagi ke Bandung,dasar tolol J&T.gw sumpahin tutup lo,setiap hari bisa 5 kali telpon cs nya jawabannya sudah ditangani oleh team keluhan,fuck sama J&T.

    7
    6
    • 3 Juni 2022 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Kl bicara di media online mbok jgn kasar2 gitu,kayak orang gak punya otak buat mikir nata bahasa yg lebih baik, kl kayak gitu orang Pd gak respect ke km

      3
      2
    • 4 Juni 2022 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Masalah seperti ini bukan hanya terjadi di J&T Bosss… Ekspedisi yg lain juga pernah mengalami masalah yg sama. Hati-hati lho kalau berkomentar,,, Do’a yg buruk bisa kembali pada diri kita sendiri. Do’a anda sangat KEJAM. apa anda tidak pernah berfikir, jika J&T tutup maka akan ada ratusan orang yg kehilangan pekerjaan, sedang mencari pekerjaan sangat sulit. Apa itu yg anda inginkan???

  • 3 Juni 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Tiki lebih profesional, hanya saja Tiki tidak mengantar pada hari minggu untuk paket reguler kalau minggu hanya mengantar paket ONS, sayang di Toped jarang yang menggunakan jasa TIKI

  • 4 Juni 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Bulan april emang lagi overload. Saya juga kirim paket dr bekasi ke jakarta ada 2 barang COD dgn alamat yg sama, estimasi 3 hari sampe. Yg satunya besok langsung sampe, eh yg satunya lg seminggu kemudian baru sampe krn nyasar dulu ke medan😆

  • 6 Juni 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Satu2nya expedisi yg bikin saya di penalty krn barang g di pick up. Saya pikir OK lah, jgn minta di pick up, di drop aja.. Eeeeh taunya sama aja.. Koq bisa gitu loh paket di drop di J&T udah berjam2 tp notif di marketplace nya masih MENUNGGU BARANG DISERAHKAN KE KURIR! Lu pada ngapain aja, tong?! Di Bandung doang apa se Indonesia sih J&T ni begini? Perbaiki SDM nya deh, jgn mau gaji nya doang kerjanya ogah. Kalopun iya gitu ya gajinya kecil, bukan berarti lu pada boleh ogah2an sama tanggung-jawabnya.. Deuh cape hati.. Kerjaan lu pada busuk..🙄 Kalo g ngebelain buyer pgn gratis ongkir, udah gw matiin pilihan J&T nya..

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Kapok Kirim Paket melalui Kurir J&T Express

oleh Liu Siau Phin dibaca dalam: 1 menit
26