Susah Memang Indihome dengan Berbagai Macam Alasan Kendalanya

Kepada Yth. PT. Telkom

Walau covid 19 sudah mulai mereda dan kondisi sudah mulai normal, pekerjaan saya kebanyakan bersifat online karena perubahan yang terjadi dari awal pandemi melanda sehingga butuh koneksi internet yang stabil. Saya berinisiatif mendaftar ke Indihome karena hanya ada provider tersebut yang tersedia di daerah Desa Kecila Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.

Tanggal 24 Maret 2022 daftar melalui Telkom Indihome dan te-record nomor MYID-6022203240209. besoknya atau lusa akan disurvei. Namun sampai hari yang ditunggu tidak ada teknisi Indihome datang. Saya tunggu hingga 2 minggu dan akhirnya saya datang lagi ke Telkom untuk menanyakan hasilnya dan setelah dicek katanya sudah ada survei ke rumah, tanpa ketemu saya dan juga tidak ada telepon ke saya.

Hasil surveinya katanya posisi rumah dengan ODP terlalu jauh, 450 meter. Sehingga tidak bisa dipasang saat itu. Info dari teknisi nunggu pemasangan jaringan baru yang tidak tahu kapannya. Perlu pengajuan dulu, kalau mau cepat cari 8 orang pasang bersama-sama…susahhhh.

Pendaftaran Tanggal 24 Maret 2022
Pendaftaran Tanggal 24 Maret 2022

Setelah komunikasi sama sales yang mendaftarkan saya ke Indihome, menyarankan untuk menunggu saja…1 bulan tanpa kabar, dan sampai Maret 2022 belum juga terpasang.

Lalu akhir bulan Mei 2022 saya minta kontak orang Indihome dari teman kantor saya … dapat dan segera kontak. Dan informasinya ada ODP baru di lokasi rumah saya. Akhirnya saya minta bantu ke dia. Diarahkan untuk daftar baru, saya setuju untuk mendaftar BYOD. Dengan delete pendaftaran yang lama, saya setuju karena berharap segera bisa menikmati program-program Indihome.

Tanggal 22 Mei 2022 didaftarkan dengan nomor MYIR-10400601410001, besoknya atau lusa akan disurvei. Hasil surveinya katanya posisi rumah dengan ODP terlalu jauh, dan akhirnya di pending karena membutuhkan 4-5 tiang hingga saat ini.

Saya mencoba solusi dari sales yang saya hubungi kemarin dan menyarankan mencari orang lagi untuk bisa membuat akses port baru lagi, di mana di desa seperti daerah rumah saya mencari orang yang membutuhkan internet dengan biaya cukup tinggi merupakan hal yang cukup susah.

Bagaimana solusinya, perlu tambah kabel/biaya? Tidak bisa, lalu bagaimana? Tunggu ada pelanggan lainnya berlangganan, baru bisa pasang. Kapan? Jelasnya tidak tahu kapan ada pelanggan yang akan ikut lagi, saya sudah berusaha mencoba mencari ya pastinya mereka lebih membutuhkan untuk kehidupan sehari hari. Serba tidak jelas lagi.

Kenapa seperti ini? Susah sekali pasang Indihome dan tanpa kepastian. Dengan Indihome produk global skala nasional dan bersifat BUMN apa ya begini perlakuan ke customer? Mengecewakan pelanggannya Indihome.

PT. Telkom minta tolong bantu solusinya bagaimana? Apa memang menunggu tanpa kepastian untuk bisa menikmati Indihome? Minta bantu.

Terima kasih.

Putra Herdiawan
Banyumas, Jawa Tengah


Update (7 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak PT Telkom sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:62    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Susah Memang Indihome dengan Berbagai Macam Alasan Kendalanya

    • 3 Juni 2022 - (18:31 WIB)
      Permalink

      kalau ada pasti ke yang lain, di daerah sini belum ada selain telkom soalnya

    • 5 Juni 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Coba daftar iconnet (dulu namanya stoomnet) milik PLN, kemungkinan bisa karena PLN sudah punya tiang listrik, tinggal narik kabel. Bulanannya paling murah, lancar jaya gak pernah trouble. Daftarnya bisa tanyakan ke PLN setempat.

      • 5 Juni 2022 - (14:18 WIB)
        Permalink

        bahkan iconnet hanya masih berkutat di kota Purwokerto nya mas, belum tersedia juga di daerah pinggiran seperti saya ini. saya sudah coba tanya dan ingin mendaftar tapi masih saja mengatakan belum bisa.

  • 3 Juni 2022 - (22:31 WIB)
    Permalink

    Dr awal survery kan sudah dikatakan terlalu jauh, 450meter. Anda daftar barupun juga akan sama hasilnya kl belum ada penambahan tiang baru. Tp biasanya kl ngoceh di mk akan cepat ditindaklanjuti, semoga saja.

    • 4 Juni 2022 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Semoga saja, solusi yang ditawarkan hanya mencari orang sebanyak 8 orang atau menggunakan orbit (sekarang saya hanya menggunakan orbit) dimana sinyal provider pun buruk (maksimal upload/download 2mbps/2mbps) ketika user yang memakai lebih dari 2 orang langsung request timed out jika saya sedang melakukan zoom

      • 5 Juni 2022 - (05:25 WIB)
        Permalink

        Kenapa nggak pakai modem yg bisa semua operator, misal Advan cpe, kalau sinyal Telkomsel lemah kan bisa coba operator yg lainnya… Pasti ada salah satu yg sinyalnya bagus, Jika semua operator sinyalnya buruk, berarti anda tinggal di pedalaman.

        • 5 Juni 2022 - (14:20 WIB)
          Permalink

          operator provider yang tersedia di daerah saya hanya 2 yang bisa dikatakan bagus speed upload/download bisa sampai di 2-3Mbps (saya test menggunakan speedtest by ookla) yaitu Ind*sat dan Telkomsel. untuk kartu lain hanya dapat sinyal 1 bar bahkan ada juga yang sampai tidak ada sinyal (x) untuk 4g nya

      • 6 Juni 2022 - (18:51 WIB)
        Permalink

        Kalau ga ada tiang susah om. Karna telkom pun ga mau rugi. Mungkin kalau mau masang harus ada 8 orang klau g salah.nanti klau misalhkan dipaksain masak dengan jarak diluar sop malah g bagus internet nya. Moga ada nnti ada tiang baru

    • 4 Juni 2022 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Saya sudah pakai orbit, orbit star 2. Koneksi hanya mampu upload / download : 2mbps/2mbps. Dan itu hanya kuat untuk 2-3 user yang konek bersamaan, selebih dari itu sama sekali ga bisa untuk browsing, liatvideo youtube. Bahkan chat wa pun kadang pending apalagi jika kirim gambar

      • 4 Juni 2022 - (23:16 WIB)
        Permalink

        menurutku memang untuk informasi dari bawah mulai bagian sales dab pemasangan indihome ini memang sering miss komunikasi ya.
        saran saya klo mau pasang mending langsung tanya keteknisinya langsung yang tau di lapangan.

        baik, pertama untuk tim survey biasanya teknisi ngecek port odp terlebih dahulu apakah ada yg kosong.

        kedua, jarak tarik kabel.
        kabel sendiri maks 250m tarikan paling jauh, kalo ada port kosong tapi jarak rumah dari odp lebih dari 250m percuma g bisa dipasang juga!
        jangan di paksain bro, walaupun lu bayar teknisi maksa untuk dipasang nnti kedepan sering gangguan dan lelet maki” indihome lagi.

        ketiga diasarankan untuk tarik jaringan baru yang belum tercakup, ini memang solusinya tapi itu juga g jamin pemasangan jdj lebih cepat dan syaratnya memang harus 10 kk.

        • 5 Juni 2022 - (14:23 WIB)
          Permalink

          makanya saya membuat surat disini untuk menanyakan solusi nya kepada telkom pusat. apakah bisa memberikan solusi yang lebih bagus dan bisa diterima. mengingat telkom merupakan BUMN mungkin bisa ada solusi untuk di daerah pelosok seperti saya ini.

  • 4 Juni 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    ya klo emang terlalu jauh dari tiang memang gitu prosedurnya,
    kecuali anda mau modalin tiang sama kabel untuk sampai ke lokasi anda,
    dan saya rasa anda ga akan mau, karena biaya y pasti mahal.
    solusinya pakai modem 4g yg sinyal y sampai ke lokasi anda,
    anda bilang sudah pakai orbit, coba pakai orbit max yg harga modem y 2jt an
    karena modem menentukan

    • 4 Juni 2022 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Saya sudah bilang diatas, ada tambahan biaya saya bersedia Tapi pihak teknisi tidak mau mas

      • 4 Juni 2022 - (17:39 WIB)
        Permalink

        Saya sudah coba pakai orbit pinjam dari kantor saya yang harga 2jt sama saja dapatnya tetap di 2-3mb untuk upload download

      • 4 Juni 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        klo anda y ga keberatan, mungkin prosedur di area anda memang harus memenuhi kuota pelanggan bang, dan untuk orbit, klo bisa pake yg orbit MAX lebih bagus soalnya. atau test sinyal aja, kartu gsm apa yg sinyalnya paling penuh di area anda, nah kartu itu yg di pake untuk modem

      • 5 Juni 2022 - (09:58 WIB)
        Permalink

        ia resiko di merek kawan , susah nanti ggn
        dan bro memang Telkom kalu mau bangun jaringan harus cari minimal 8 orang itu karna supaya incomenya seimbang dengan pembangungan jaringan, loe sedirih di bangn jaringan sendiri pasti dari Telkom nggak maulah secara bisnis itu rugi, jadi saran saya jik memang tidak tercover jaringan indihome berarti belum rejeki bro

  • 4 Juni 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Itu termasuk pengalaman saya juga mas. Saya bolak balik telp indihome kendalanya jaringan jauh, yg dekatpun portnya penuh. Jadi bisa dipasang kalo port terdekat salah satu ada yg ga pasang lagi mas baru bisa.

    • 4 Juni 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Betul mas, saya juga begitu mungkin ada lebih dari 5x ke telkom akses buat nanya perkembangannya waktu itu. Semoga untuk yang sekarang ada hasil yang positif mas

      • 4 Juni 2022 - (21:08 WIB)
        Permalink

        Nieh maseh, saran saya beli atau buat antena Yagi yang sudah ada kabel coaxial atau plus kabel pigtail untuk antena modem, dulu saya pernah pakai di daerah pedalaman Riau hutan sawit waktu itu jaringan masih 3 G, cari di online shop Jogja bolic atau apa sy lupa nanti tinggal arahkan kemana sinyal yg bagusnya, memang harus kreatif, pasti Joss , biaya murah.

          • 5 Juni 2022 - (18:45 WIB)
            Permalink

            Bisa sy bantu untuk penarikan kabel opticnya dari ODP sampai rumah..

          • 6 Juni 2022 - (01:06 WIB)
            Permalink

            Percaya maseh biaya murah antena kisaran 200 rb, pasti Joss, tambah tiang, makin tinggi makin bagus, rekom tokonya maximal 30 KM jangkauan nya, download game PES waktu itu 7giga semaleman, cari modem yg ada slot antena atau bisa juga di induksi dengan kabel tembaga nya, selamat berjuang

      • 5 Juni 2022 - (02:56 WIB)
        Permalink

        Mas,
        Di banyumas serius ga ada isp selain indi?
        Udah coba ke citranet, biznet, mentari satria, banyumas digital?

        • 5 Juni 2022 - (14:07 WIB)
          Permalink

          mereka masih fokus di kota nya mas, di purwokertonya. belum mau untuk masuk ke daerah pelosok yang berada di pinggiran kota dekat dengan perbatasan

  • 5 Juni 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Bagaikan désa blm ada listrik, tapi anda memaksakan minta pasang listrik d rumah.. Gimana bang? Yah pasti pihak pln mikir2 dong kalau cuma 1 orang yg mau pasang listrik,, biaya nya besar pasang tiang kabel dll..
    Nah makanya dari pihak indihome mensyaratkan min 8-10 orang, barudeh mereka berani pasang jaringan/kabel/tiang..

    Kalau mau memaksakan itu bisa aja dipasang indihome, tapi anda bayar sendiri biaya material tiang kabel dll..

    • 5 Juni 2022 - (14:12 WIB)
      Permalink

      jika menggunakan pengandaian seperti itu apakah wajar jika perusahaan milik negara tidak mengurus untuk kesejahteraan kepentingan masyarakat nya? masing2 perusahaan tersebut (dari contoh pengandaian anda dan kasus saya) merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Saya tau pasti membutuhkan biaya yang banyak jika hanya untuk 1 orang, namun saya tidak takut untuk membayar lebih jika diharuskan membayar materaial tiang/kabel sendiri hanya saja pihak dari telkom sendiri (khususnya teknisinya) tidak mau melakukan hal tersebut. Di surat yang saya tuliskan sudah menyebutkan “Bagaimana solusinya, perlu tambah kabel/biaya? Tidak bisa”. bisa saja juga setelah saya pasang dan ada odp/tiang mulai dekat warga yang lain merasakan membutuhkan pasti mulai tertarik.

      terima kasih mas

      • 5 Juni 2022 - (14:17 WIB)
        Permalink

        Kalau bersedia keluar biaya tiang/kabel/dll datang aja bang ke kantor indihome nya.. Cerita kalau siap keluar biaya pengadaan material,, 4 pcs tiang+kabel kurleb 25jt itu.. Pasti nnti dihitungkan estimasi biayanya..

        • 5 Juni 2022 - (14:29 WIB)
          Permalink

          sudah mas, tapi memang mereka tidak mau dengan hal tersebut dan seolah sudah tidak bisa lagi dilakukan untuk membayar tiang sendiri. kemudian saya disarankan untuk membeli orbit. lalu saya membeli orbit dengan harapan sinyal bagus dan speed juga cepat. lalu hasilnya sama saja mas. speed mentok di 2/2Mbps max 2/4Mbps untuk download/upload

  • 5 Juni 2022 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Sekedar ngasi saran ya bg, lebih bagus pakai Advan Router Cpe Star. Saya jg kebetulan tinggal lumayan jauh ke pelosok² (tempat kerja). Awalnya pakai telkomsel orbit (kartu bawaan) bisa, tp kdng ngadat juga, trus ganti ke smartfren. Mungkin itu aja sih bg yg bisa saya sarankan, krna harus cari kartu yg cocok di tempat masing². Kalau pulang kampung, jaringan tlkmsel kurang ada, jd saya pakai indosat. Hrga advan nya cukup terjangkau kok bg, sekitar 600rb-an. Mungkin kalau di desa abg bisa pakai tlkomsel orbit dan kencang, krna itu td 450m atau apalah kurang nyimak. Krna disini aja jauhnya 12km dri towernya, masi bisa walaupun agak ngadat. Coba dipertimbangkan kembali lah bg, klo urusan indihome² ini ribet, harus ginilah, gitulah.

    • 5 Juni 2022 - (14:14 WIB)
      Permalink

      orbit di tempat saya sama seperti jaringan hp mas, jarak tower telkomsel terdekat sekitaran 10km. sedangkan yang saya maksud 450m itu ODP untuk pemasangan kabel indihome. Mungkin bisa jadi untuk bahan pertimbangan mas, kembali lagi sinyal provider disini yang kuat hanya 2, Ind*sat dan Telkomsel

  • 5 Juni 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Semoga segera dapat tanggapan dan Indihomenya terpasang ya, Kak.

    Kmrn saya juga lama daftarnya, kontak via seluruh jalur yang tersedia juga hanya dapat respon SOP.
    Mau pakai provider lain tidak ada sampai.
    Tapi begitu surat tayang di portal ini, lgsg terpasang di hari yang sama.

    • 5 Juni 2022 - (14:15 WIB)
      Permalink

      kemarin langsung ditanggapin oleh pihak telkom pusat, sudah mulai di proses. semoga cepat terealisasi nantinya.

      terima kasih mas untuk doanya

  • 5 Juni 2022 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Mas,
    Sy baru keingetan, gimana kalau pakai P2P 2.4 GHz? ada yang maksimal s/d 10 km. Nah tinggal konsultasi sama isp misalnya biznet dkk. Biasanya mereka nggak mau nyediain infrastruktur awalnya. Tinggal si mas aja modalin 2 buah perangkat P2P/ CPE Outdoor Point To Point Wireless Network.. Misalnya ya (bukan ngiklan), pake merek Tenda O6 atau pake TPLINK TP-Link CPE220 .
    Produk yg lain yang jangkauannya lebih dari 10km sy blm tau.
    Ngobrolin aja dulu sama sales/technical engineernya ISP2 itu. Ya ini bilang aja kasusnya ‘pengecualian’ buat arah ke desa sementara waktu. Kan kalau misalnya secara bisnis mereka pasti mikir buat kedepannya. “wah ini desa potensial”

  • 6 Juni 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Proses nya emg lama, salah satunya lapor 147 terus menerus dan kantor .

    Tapi jika benar 450m semestinya pembangunan pt2 plus bisa dilakukan tetapi ya kmbali lagi salesnya harusnya gerak cari customer jgn 100% bapak. Karena utama nya sales bergerak cari calon pelanggan lain lagi . Kalo pun bpk mau menawarkan boleh saja tapi jgn 100% .

    Sales jga harus aktif sih kalo bener² dia mau dpt upah soalnya sales jga kn dpt bayaran pertitik lokasi pasang kalo misalkan bpk ini trpasang dn aktif dia dpt bayaran soalnya mereka sistem target .

    Kalo kaya gini brarti sales nya gak bgitu aktif giat .

    Solusi nya nunggu ya entah sampe kapan, atau cari ISP swasta / ISP lokal desa biasanya ada .

    Indihome soalnya emg kacau skrng pekerjanya jga bnyk yg resign karena masalah upah yg dipangkas job kerja yg extra+peraturan target yg dluar batas . Kalo boleh jgn indihome dh nyesel nnti nya 😁

    • 6 Juni 2022 - (17:54 WIB)
      Permalink

      @Okke,
      Kalau mengandalkan 147 sih saya rasa ngabisin waktu/pulsa dengan percuma.
      Saya lihat di map google, desa Kecilan, kec. Kemranjen , Kab. Banyumas ini rapih dan bersih.
      Sayang kalau ‘dikotori’ sama kabel2 optik yang bertebaran seliweran nantinya. Solusinya ya wireless 😁😁

  • 11 Juni 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Indihome kalo gk salah cuma bisa pasang pas jarak rumah dengan tiang 150m max lebih dari itu (160m)aja suruh cari orang dulu,itu enak dulu 2018 daerah gw suruh nyari 10 orang baru di pasangkan tiang,pasang indihome kalo tiangnya jauh berasa kaya di suruh nyales padahal kita pelanggan
    Solusinya kalo masih tetep mau pake produk telkom(karena jaringannya paling enak mungkin)bisa coba produk barunya orbit kalo gk salah itu gk perlu pasang kabel2 lagi

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Susah Memang Indihome dengan Berbagai Macam Alasan Kendalanya

oleh Putra dibaca dalam: 2 menit
39