Pelayanan Buruk SiCepat, Mulai dari Kurir sampai Customer Service, Merugikan Seller

Pada tanggal 26 Mei 2022 pukul 12.22 WIB, saya mendapatkan pesanan via marketplace Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20220526/MPL/2349816561. Pesanan tersebut langsung saya request untuk pick up pada tanggal 26 Mei pukul 15.02 WIB. Pesanan tersebut dikirim dengan kurir SiCepat, nomor resi: 003046524461.

Pada tanggal 26 Mei 2022, kurir sama sekali tidak ada datang ke rumah, dan tiba-tiba status resi menjadi “Kurir gagal melakukan pick up” dan “Paket akan di Drop Seller ke gerai terdekat“. Saya kira apakah mungkin sudah terlalu sore, dan bisa jadi akan di-pick up besok oleh kurir.

Namun sampai pada tanggal 27 Mei 2022 malam hari, paket belum juga di-pick up oleh kurir SiGesit dan status update pada resi menunjukkan bahwa “Kurir gagal melakukan pick up” dan “Paket akan di Drop Seller ke gerai terdekat“. Foto yang tertera pada bukti resi pengiriman juga bukan foto rumah saya dan jelas itu alamat yang salah.

Namun kurir tersebut sama sekali tidak menghubungi saya via WhatsApp maupun telepon, padahal nomor saya selalu aktif. Kemudian saya telepon CS Sicepat di nomor 02150200050, CS tersebut bilang bahwa akan dibantu follow up. Saya juga menghubungi CS via LINE dan lagi-lagi hanya bisa bilang akan dibantu follow up dan disuruh menunggu. baik akhirnya saya hanya bisa menunggu.

Kemudian sampai pada tanggal 28 Mei saya di telepon oleh CS SiCepat dengan nomor 02150995150, dan CS tersebut mengatakan bahwa akan dibantu follow up, tetapi tidak bisa memastikan akan di-pick up hari ini juga. Padahal paket sudah stuck di rumah saya dan belum di-pick up hingga 3 hari lamanya.

Sangat mengecewakan sekali, paket tidak kunjung di-pick up, dan lagi-lagi kurir tidak jujur, seenaknya menuliskan pada update resi pengiriman “Kurir gagal melakukan pick up” dan “Paket akan di Drop Seller ke gerai terdekat“. Anehnya foto rumah juga terus berbeda, dengan alamat yang berbeda juga, jelas itu bukan rumah saya.

Saya menghubungi CS SiCepat lagi via LINE, komplain atas semua masalah yang dibuat oleh SiCepat. Namun respons yang diberikan hanya akan dibuatkan pelaporan dan menunggu proses penjemputan ulang.

Kemudian karena rasa sabar saya sudah habis dengan pelayanan SiCepat yang jelas sangat lambat ini, saya meminta nomor kurir yang melakukan pick up paket saya. Namun CS mengatakan bahwa sistem SiCepat belum memuat info nomor telepon Kurir. Bagaimana bisa sistem Sicepat tidak memiliki nomor telepon para pekerjanya? Sangat aneh.

Saya juga menghubungi CS SiCepat via email pada tanggal 28 Mei 2022, dan PARAHNYA sama sekali tidak ada respons dari SiCepat, Semua bukti foto ada kalau semua kesalahan murni dari SiCepat, mulai dari kurir, customer service, dan semua pelayanannya yang mengecewakan. CS SiCepat via email baru membalas saat paket sudah di-pick up, yaitu baru dibalas setelah lebih dari 1 hari saya mengirimkan komplain saya via email, tepatnya dibalas pada tanggal 30 Mei 2022 pukul 12.04 WIB.

Pada tanggal 29 Mei 2022, paket di-pick up oleh kurir SiGesit pada malam hari. Itu pun kurir meminta saya mengantar paket ke depan gang, karena kata kurir paket pick up lagi padat. Saya bilang tidak bisa, langsung ambil saja ke rumah. Bagaimana bisa pelayanan SiCepat se-mengecewakan ini.

Paket saya stuck 4 hari mulai dari tanggal 26 Mei 2022, tidak di pick up. Yang harusnya estimasi barang saya sampai ke pembeli pada tanggal 29-30 Mei 2022, tetapi ini malah tanggal 29 Mei 2022 baru di pick up.

Pelayanan SiCepat makin tidak professional dan mengecewakan pengguna jasanya. Jika masalah seperti ini terus-terusan tidak ditangani dengan baik, saya yakin akan banyak pengguna beralih ke jasa pengiriman yang lain.

Saya sebagai seller Tokopedia juga dirugikan karena proses pengiriman barang lama karena pelayanan SiCepat buruk. Saya sudah sabar menunggu, tetapi masalah saya hanya disepelekan.

Ageng Syarevi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:138    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Ageng Syarevi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Ageng Syarevi dengan judul “Pelayanan Buruk SiCepat, Mulai dari Kurir sampai Customer Service, Merugikan...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Pelayanan Buruk SiCepat, Mulai dari Kurir sampai Customer Service, Merugikan Seller

  • 4 Juni 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Kerjasama dengan pihak matketplace yang mengorbankan seller dan buyer.

    Katanya Sicepat lagi banyan masalah, kurirnya banyak yang keluar karena ganti sistem jadi freelance

    16
    1
    • 4 Juni 2022 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Ya kan cuma katanya, saya sendiri sebagai buyer dan seller belum pernah mengalami masalah yg berat.

      5
      13
      • 5 Juni 2022 - (18:25 WIB)
        Permalink

        Sama, sicepat di tempat saya bagus pelayanannya, kalau ada masalah juga supportnya oke. Malah jnt yang lagi jelek. Merugikan saya sampai 2x dan gak mau ganti rugi

      • 6 Juni 2022 - (08:10 WIB)
        Permalink

        Emang, sicepat biruk pelayanannya. Paket saya 1 minggu gak sampai2, gagal pick ip sampai 5 x,,,

    • 4 Juni 2022 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Kejadian lagi.
      Sicepat emang bermasalah.
      Non aktifin aja.
      Punya gw isi paketnya hilang, yang dikasih cuma dusnya doang.

      5
      3
    • 5 Juni 2022 - (03:21 WIB)
      Permalink

      Keknya si cepat dah dari dulu deh problem kurir males pickup, kenapa saya berani bilang gini ya karena tahun lalu pernah kejadian begitu, dan sampai saat ini pengalaman pakai sicepat ga secepat dulu awal2 skrng beh kalah sama kompetitor lain perfomanya, kalau online make sicepat lacak pesanan stuk di request pickup.

      • 5 Juni 2022 - (19:03 WIB)
        Permalink

        Klw emng kantor ya dekt mending pilih opsi drof of aja klw pic up untung2n gmna sikon kurir ya ,klw kita Anter akan lebih cept paket sampe tidak hrs nunggu2

  • 4 Juni 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    jarak rumah ke gerai sicepat nya jauh? kalo saya daripada menunggu lebih baik diantar aja sendiri… memang mengecewakan karena harusnya dipickup, tapi demi kesehatan emosi diri dan kepuasan pembeli mending diantar aja meski repot sedikit

    33
    • 4 Juni 2022 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Setubuh, saya sendiri kl paketnya tidak smp 50 biji antar sendiri, tidak buang2 waktu. Kl pickup kita tidak tau mau di ambil jam berapa, yg artinya banyak waktu terbuang hanya nunggu kurir datang.

      16
    • 5 Juni 2022 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Setuju sih, bukan berarti membenarkan apa yang dilakukan, tapi ya gausah manjalah, harusnya kalo udah sehari gak dipickup, dateng aja ke gerai. Selesai kan.

      4
      2
  • 4 Juni 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    awal jadi seller online, saya pake jasa entaraja di penjualan pertama saya. dan 3 hari paket tidak di pickup2. sejak saat itu entaraja sudah bukan masuk listku.

    eh ini si cepot juga banyak masalah akhir2 ini, mau bersaing performa dengan entaraja yah.

    si ijo sayangnya program gratis ongkir hanya kerjasama dengan 2 expedisi ini, ya daripada pembeli komplain karena lama menunggu, belum kalau paket nyasar.

    saya urungkan dah pake program gratis ongkirnya si ijo.
    kalau 2 expedisi ini tidak bisa segera berbenah, semoga si ijo mau kerja sama dengan expedisi lain untuk program gratis ongkirnya.

    NB: Manajemen Sicepot dan Entaraja sudah banyak keluhan dari pembeli dan penjual di MK ini, segera benahi sistem kalian.

    8
    2
    • 4 Juni 2022 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Seandainya semua kurir yg anda pakai bermasalah, katakanlah telat pickup atau tidak di pickup, dll, apakah anda akan berhenti jualan? Hampir semua jasa kirim pernah bermasalah di mk ini. Atau pakai kurir yg masih manual, tiki, wahana, pos? Yg mana anda tetap antar paket ke gerai dan bayar manual? Belum lagi jasa kirim tsb tdk ada gratis ongkirnya sehingga kemungkinan bisa ditinggal buyer, pilih beli di toko lain?

      6
      2
      • 5 Juni 2022 - (14:24 WIB)
        Permalink

        Saya pribadi juga sering kok paket udah sehari gak dipickup2, tapi ya daripada saya misuh2 sndiri, trus koar2 dimedsos mending saya cus ke gerai. kalo saya biarin aja, duduk manis manja dirumah, tanpa pergerakan, ya nasibnya mungkin sama kaya TS

    • 4 Juni 2022 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Puji Tuhan selama ini saya pakai Anteraja gak masalah kak..kakak minta no WA kurir yg biasa handle di daerah kakak aja.kalau saya setiap ada kiriman paketan walau cuma 1 saya wa langsung chat kurirnya dan pasti langsung diambil kok

      4
      1
      • 4 Juni 2022 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Ini yang paling bener, mw ekspedisi apapun terlepas pikup atau nganter, pling bner ajak ngobrol kurirnya, tawarim minum atau kasih air putih, klo ane triknya krna rmh ane d dlm gg n nomer ngacak ane save nomer kurir yg tlp ane, trus klo ad pket sering kabarin kurirnya, lebih bgus klo ad kurir investasi uang tip, awal2 aja pasti alamat kk diinget sm kurirnya haha

    • 4 Juni 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      klo saya mending ga usah gratis ongkir. dr pada gratis ongkir dptnya sicepat. barang diantar bisa 7 hari dan barang di taro dpt rumah aja dalam kondisi rusak.
      Masih banyak kurir yg lebih baik misal JNE, J&T, gojek atau grab. memang ada yg pasti bermasalah cuma jarang terjadi…itu menurut saya. krn saya sdh 5thn lebih sebagai seller dan pembeli juga. JNE jarang masalah…kendalanya cuma barang diterima selisih cuma sehari dr yg biasanya. apalagi gojek sama grab…jd msh ada solusi kurir lain lah untuk jualan.

      1
      2
  • 4 Juni 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Awalnya setiap penjualan saya di Toped pakai expedisi sicepat,karena pernah 1 kali konsumen pakai pick up si cepat sampai 2 hari tidak diambil-ambil dan saya chat yg jawab cuma booth mesin .Terus akhirnya saya anter ..eh ternyata baru saya tau gerainya banyak yg ditutup dan hanya terfokus di 1 tempat besar per wilayah …setelah kejadian itu saya langsung gak pakai sicepat lagi saya blok di aplikasi penjualan saya sampai hari ini.

    3
    1
  • 4 Juni 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    hampir sama persis pengalaman saya. saya sebagai pembeli sdh 2x barang diantar lama banget 2-3 hari msh mending….ini 7 hari dari cargo 3 mereka di bogor antar ke kab. bogor aja bisa seminggu. trus barang diantar ga ketemu dengan saya hanya titip satpam atau diletakkan depan rumah. parahnya lg barang tersebut patah. CS nya apalagi buat laporan aja. ga pernah bantu menyelesaikan masalah biasa 3x bolak balik telp ga jelas paket saya kemana. betul yg dikeluhkan banyak org…CS sama sekali tidak tau menahu atau memang dengan sengaja menutupi. sama saya menanyakan no telp kurir atau gerai aja serba ga tau. alamat gerainya pun ga tau. ketahuan banget nutupin.

    2
    1
  • 4 Juni 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru saja mengalami hal yg mengecewakan dngn pelayanan sicepat Reg..saya membeli barang secara online & memilih sicepat sbg jasa pengiriman dan hasilnya paket saya 4x gagal kirim statusnya padahal kurir tidak pernah tlp saya tp tiap saya cek di pelacakan pasti statusnya gagal kirim & akan dikirim ulang bsknya begitu trs sampai 4x akhirnya saya tlp ke cs sicepat tp cm dijanjikan hal yg ga jelas…kapok pakai sicepat…akhirnya klau di merchant online jasa pengirimannya hny tersedia sicepat,saya lbh memilih batal beli di toko tsb & ganti yg jasa kirimnya tetsedia JNE atau J & T…

    1
    1
  • 4 Juni 2022 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwkwk.
    Pada baru tahu ia. W aja paket dah mau 4 hari belum sampai juga padahal lokasi toko nya dket dari tanggerang ke jakarta doank.
    Pake acara alamat salah dah jelas jakarta barat. Malah ke jakarta utara lama lagi.

    Cari karyawan yang sudah berkeluarga dijamin kerjanya bagus
    Jangan terima masih pada baru lulus sekolah kerjanya asal asalan dikarenakan masih pada bocah masih ada orang tua kerjanya ga betah.

    Klo cari karyawan yg sudah menikah pasti betah daripada anak istri ga makan.

    Pengalamaan hidup waktu lulus sekolah ane kerja baru 1 hari keluar males . Paling lama sebulan keluar . Cari kerja ga betah keluar lagi

    Semenjak punya anak istri ane mau ga mau harus kerja keras kerja bener biar anak istri bisa makan.

    Bukan cuma ane doank semua sama . Anak2 baru lulus pada ga betahan kerjanya.

    2
    1
  • 4 Juni 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Saya mantan kurir juga.
    Diperusahaan ekpedisi ncs. Banyak anak baru baru sehari banyak yg keluar .dah pusing cari2 alamat.

    Saya terpaksa betah kerja kurir sampai kepala pusing mau pingsan cari alamat sehari 200 alamat . Mau ga mau saya paksain .saya mikirin anak istri. Daripada ga makan.

    Yg pada bocah lulus sekolah banyak yg baru sehari keluar kerja. Resikonya kurir cari alamat klo kampung susah nya minta ampun. Nanya juga banyak yg pendatang .

    5
    1
    • 5 Juni 2022 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Sy punya banyak temen kurir di JNE, selama jd kurir, yg nyari alamat ga sebanyak yg sdh jadi pelanggan tetap, jd setiap antar paket ya ke org2 itu sj. Kalaupun ada kurir baru, pasti akan di bimbing kurir lama dan target mereka pun jauh lbh sedikit, jd untuk paket antar ulang bs diminimalisir.

  • 4 Juni 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Ya elah, nih seller ribet amat dah, tinggal Lo anter aje ke gerainya si Cepat apa susahnya sih ?! Punya tangan punya kaki juga. Jangan males jadi orang.

    6
    11
        • 5 Juni 2022 - (22:19 WIB)
          Permalink

          Jasa pick up gratis itu di sediakan pihak ekspedisi untuk mempermudah seller mengirim barang. Kalo tdk di gunakan jasa tsbt, mending ditiadakan. Dan TS sendiri sdh sabar sampe brpa hari ttp ga di pick up. Punya otak digunakan, jgn cm jd pajangan. Wkwkwkwkwk

  • 4 Juni 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Saya tidak begitu tau tentang aplikasi yang ada di HP nya para kurir, apakah ada denah / map pengantaran atau pick up, atau musti cari sendiri dijalan secara manual.

    Kalau ini sudah ada, masih juga salah alamat pickupanya, artinya kurir itu sendiri yang salah alamat. Bisa jadi apa yang dikatakan @hendra itu benar.

  • 4 Juni 2022 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Sya sering mengalami yg bapa alami. Lebih baik qt stop dulu kirim pake silemot. Bisa” darah tinggi y naik klo kirim paket pake silemot. Saya kirim paket Cod kargo dari jakarta ke pamulang d estimasi y 2- 3, setelah sya kirim hari jetiga sore paket d bawa kurir, tpi d pending AU, berhubung sudah sore saya maklumin. Paket d kembalikan ke pamulang cargo 4 klo g salah, nah yg biki kesel, itu paket g d kirim” lg sampe 1 minggu, ahir y YBS tlp paket minta d censel, karna barang y mau segera d pake, karna paket ta d anter” dan ahir y sya kensel, sampe hari ini paket yg d retur belum sya terima. Tpi ongkir sudah d potong dari saldo.

  • 5 Juni 2022 - (13:44 WIB)
    Permalink

    @mulya: Lo masih manusia normal kan? Kalo Lo masih manusia normal ya jangan malas buat bergerak. Kurir juga manusia, bisa aja dia workload nya lagi over.

    2
    2
    • 5 Juni 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Otak anda ga berfungsi ya? Ekspedisi menyediakan jasa pick biar di gunakan oleh konsumennya. Bs di pahami kalau hari pertama ga bs di pick up dgn alasan overload bawaan, lah di hari seterusnya? Alasan overload sdh tdk bs di gunakan karena sdh di jadwalkan lg. LOL

      3
      1
      • 6 Juni 2022 - (00:16 WIB)
        Permalink

        @mulya: OTAK LO YANG GAK BERFUNGSI. KURIR JUGA MANUSIA, BISA CAPEK DAN LELAH. KALAU PUNYA TANGAN DAN KAKI MASIH NORMAL KENAPA GAK GERAK AJA BUAT NGANTERIN? BIAR PESANAN CEPAT TERKIRIM. SIMPLE KAN.

        1
        2
        • 8 Juni 2022 - (13:59 WIB)
          Permalink

          Makanya di baca. Kalau hari pertama tdk di pick up mgkn seller msh bs terima, tp beberapa kali tdk terpick up itu namanya emg ga niat ambil tuh barang. Kalau sdm krg memadai, mending ditiadakan sj jasa pick up nya. Temen2 kurir sy di JNE kalau yg bersangkutan tdk bs pick, pasti di back up sama lain.

  • 5 Juni 2022 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, Saya selama belanja di Ijo. Malah senang kalau kurirnya SiCepat. Karena kalau pengiriman dari Jabodetabek, selalu besoknya sampai ke tangan Saya.
    Pernah mengalami, paket ga dikirim selama 2 hari. Pas kasus PHK besar²an. Jadi paket saya ambil sendiri ke Gerai. Dan di sana banyak berkarung² paket yg terbengkalai belum disentuh u/ dilakukan pengiriman.

    1
    1
  • 5 Juni 2022 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa siCepat skrg agak error. 2 hr yll paket ke alamat saya tidak diantar. Kita cerita ke pelapak kenapa dlm histori siCepat ksh keterangan bad address. Alasannya alamat tidak ditemukan, salah. Heran kita. Udah ratusan kali paket dtg ke rumah kok dibilang bad address. Kita ksh analog, jika susah cari alamat saya kenapa gak telp ? Semua yg saya tulis diteruskan ke siCepat. Akhirnya saya kirim screenshot pengiriman siCepat terakhir kali tgl 18 mei. Baru kemarin (Sabtu), paket diantar ke rumah. Heran juga dgn kurir siCepat skrg. Apakah management nya skrg lain atau gimana kita yg blm tahu.

    • 5 Juni 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Udah 2 kali beli barang online terus jasa kirimnya pake sicepat, ya 2 kali itu juga barang gak sampe, di retur balik kurir gak ada konfir

  • 6 Juni 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Masih aja loe pada pake jasa pengiriman yang sudah terkenal pelayanannya yang sangat buruk dan tidak berkualitas, Si Cepot udah ga layak lagi buat digunakan jasa pengirimannya cari jasa pengiriman yang berkelas dan bertanggung jawab dalam melayani konsumennya

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk SiCepat, Mulai dari Kurir sampai Customer Service, Mer…

oleh hernain29 dibaca dalam: 2 menit
40