SiCepat yang Semakin Mengecewakan

Saya adalah salah satu penjual frozen food yang cukup aktif di marketplace Tokopedia dan Shopee sejak 2018. Pada awal siCepat masuk ke kedua platform tersebut, tidak pernah ada masalah sama sekali dengan sicepat BEST. Belakangan selalu terjadi kendala khususnya sicepat BEST (BESOK PASTI SAMPAI), entah paket yang delay sampai berhari-hari ataupun paket yang rusak dibanting di perjalanan.

Setelah surat ini naik ke media konsumen, saya resmi mematikan jasa pengiriman oleh Sicepat karena saya sudah cukup kecewa. Saus frozen yang saya jual terutama untuk next day, selalu dipacking menggunakan styrofoam box dan selama ini selalu tidak pernah ada masalah baik itu JNE YES atau TIKI ONS. Produk akan selalu sampai di customer dengan baik. Berbeda ceritanya dengan sicepat. Saya sudah mengalami berkali-kali bahwa customer dihubungi oleh pihak siCepat langsung untuk minta izin membuka paket dikantor mereka karena ada indikasi paket rusak atau bocor.

Dengan alasan paket yang tidak dikemas dengan baik, pihak Sicepat seolah-olah melempar semua tanggung jawab kembali ke penjual. (Bisa dibaca di screenshot terakhir, mereka mengatakan kalau paket saya tidak dikemas dengan baik sehingga proses refund pun tidak bisa).

Pertanyaan saya, kalau paket saya tidak dikemas dengan baik, apa ceritanya dengan JNE dan TIKI???? Hellowwww??? Saya tidak pernah sekalipun mendapat komplain dari customer JNE dan TIKI yang mengatakan kalau paket mereka rusak dijalan. Pihak Anda (Sicepat) yang harus intropeksi diri terhadap kurir-kurir anda di lapangan. Banyak pengalaman dari orang lain juga mengatakan hal yang serupa, entah barangnya dibanting lah atau dilempar lah atau tidak di-HANDLE dengan baik.

Dan poin kedua adalah kenapa saus-saus saya bisa bocor? Karena pengiriman yang seharusnya BEST, menjadi tidak BEST dan akhirnya saus saya rusak di jalan dan meledak. (Karena mengandung susu dan cream). Sebagai gambaran, saus-saus saya hanya bertahan maksimal 2 hari 1 malam di jalan dan kenyataannya saus tiba di customer setelah 3-5 hari. Saya sebagai penjual hanya memilih opsi SICEPAT BEST, bukan regular, bukan halu, dan bukan gokil dan saya MENGHARAPKAN produk saya tiba di customer H+1, bukan H+2+3+4+5.

Bisa dilihat juga dalam 3 hari ini saja (Lihat screenshot), berapa banyak paket sicepat BEST yang benar-benar BEST? Saya sudah yakin bahwa ujung-ujungnya pihak sicepat tetap akan menyalahkan saya yang packingnya tidak benar, saus bocor dan akhirnya gagal REFUND. Saus saya TIDAK DIHANDLE DENGAN BAIK dan RUSAK karena lebih dari 2 HARI.

Jadi di sini, tolong untuk pihak siCepat untuk tidak selalu menyalahkan kita sebagai penjual. Tolong perusahaan anda yang begitu besar untuk INTROPEKSI DIRI terutama ke karyawan lapangan kalian. Dan saya yakin, bukan hanya saya yang mengalami hal serupa.

Terima kasih.

Konstara Prawiro
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:11    Rata-Rata: 4.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “SiCepat yang Semakin Mengecewakan

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

SiCepat yang Semakin Mengecewakan

oleh LittleMaria dibaca dalam: 2 menit
3