Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan di Shopee yang Hilang dalam Pengiriman SiCepat

Pada tanggal 14 Juni 2022, saya ditelepon oleh CS SiCepat a.n. Debi, bahwa ada paket saya yang hilang oleh kurir SiCepat, tetapi di status tulisannya diterima. Nomor resi pengiriman: 004035497448. Saya bertanya “Kenapa dana yang dikembalikan hanya sebagian, tidak sepenuhnya? Kan yang salah kurirnya yang menghilangkan barang dan pihak SiCepat. Kalau seperti ini namanya pencurian. Saya akan tulis di Suara Pembaca dan Media Konsumen”. Namun malah ditantang loh oleh CS Debi. Hebat sekali CS-nya bisa membalas seperti itu.

Saat kami cek lagi, CS SiCepat sudah mengkonfirmasi bahwa paket hilang dikarenakan oleh kurir. Namun ada perubahan status, menjadi komplain customer bahwa barang tidak terima. Padahal di statusnya sudah diterima.

Kami juga mendapatkan promo dari CS SiCepat, bahwa akan ada pergantian apabila barang hilang. Namun ini yang menjadi bukti kebohongan, apabila harga barang mahal tidak diganti full. Ini yang berbahaya bagi konsumen yang menggunakan SiCepat. Promo terselubung, tetapi tanggung jawab ditanggung pihak konsumen apabila ada kehilangan.

Tanggal 16 Juni 2022, saya dapat telepon lagi dari Shopee a.n CS Adhi, tetapi tidak memberikan solusi untuk pergantian sisa uang yang harusnya dibayarkan oleh Shopee. Saya jujur sangat kaget, dari Shopee tidak menggantinya, sedangkan nominal paketnya juga tidak kecil. Harga barang yang saya kirim sebesar Rp339.000, sesuai bukti transaksi berikut:

Dana yang dikembalikan hanya Rp200.000. Pertanyaannya bagaimana dengan kerugian saya yang Rp139.000-nya? Sudah jelas dan diakui oleh CS Debi SiCepat barang dihilangkan oleh kurir dan uang akan dikembalikan ke pembeli 100% berserta ongkir-nya. Seharusnya penjual juga dapat nominal yang sama.

Di sini kami upload bukti terlampir, bahwa pembeli mendapatkan uang full dari transaksi barang yang hilang.

Sedangkan pihak penjual terima biaya tidak full. Padahal saya sudah kirim barang yang sesuai, tetapi dikorbankan oleh pihak Shopee dan SiCepat.

Jangan coba-coba lagi dengan pengiriman SiCepat, ini bukti tanggung jawab yang cukup mengerikan bagi ekspedisi yang bisa menantang customer untuk speak up. Saya berharap SPV Shopee atau SPV SiCepat bisa mengurus masalah ini, karena ini sudah bukti kesalahan SiCepat dan Shopee melepas tangan, tidak membantu kami yang seharusnya dilakukan.

Irvan Panggih
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:42    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Irvan Panggih

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Irvan Panggih dengan judul “Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan di Shopee yang Hilang...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan di Shopee yang Hilang dalam Pengiriman SiCepat

  • 22 Juni 2022 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Akhirnya Saya Kembali Lagi Ke Media Konsumen Setelah Saya Sempat Hengkang Dari Media Konsumen Gara2 Para Netizen Yang Dislike Alias Tidak Suka Komentar Saya Kasus Jasa Ekspedisi J&T Beberapa Waktu Yang Lalu & Mereka Tidak Terima Jasa Ekspedisi Kesayangan Mereka Di Jelek Jelekan & Akhirnya Saya Tidak Terima Komentar Saya Dihina Habis Habisan Seperti Ini Saya Punya Kejadian Yang Hampir Serupa Dengan Kasus Mas Yang Diatas Surat Pembaca Ini Saya Beli Handphone Stok Lama Barang Nya Masih Baru Di Shopee Belinya 1 Minggu Setelah Lebaran Hari Selasa Tanggal 10 Mei Kemarin Seharga Rp 85.000 Lalu Saya Pilih Layanan Reguler & Pihak Shopee Malah Pilih Sicepat Tapi Saya Tetap Santai & Tidak Terlalu Panik Karena Saya Sudah Terbiasa Pakai Sicepat Namun Ditengah Perjalanan Paket Saya Sempat Stuck Di Kudus Selama Sehari Penuh Sekitar Dini Hari & Paket Pesanan Saya Baru Keluar Dari Kudus Hari Minggu Jam 1 Dini Hari & Paket Pesanan Saya Berhasil Datang Dengan Selamat Di Gudang Sicepat Disekitar Tempat Tinggal Admin Sekitar Jam 7 Pagi Sampai Di Rumah Admin Jam 10 Pagi & Setelah Kejadian Sicepat Bulan Mei Kemarin Yang Tidak Berjalan Dengan Baik Akhirnya Saya Memutuskan Untuk Tidak Mau Pakai Sicepat Lagi Alias Sicepat Sudah Di Blacklist Dari Daftar Jasa Ekspedisi Pilihan Saya

    6
    7
    • 22 Juni 2022 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Memang WAKTU checkout pilihannya hanya reguler, kargo, instan, dll dan jasa pengirimannya otomatis dipilih sistem Shopee tapi SETELAH checkout jasa pengiriman bisa diganti ya Kak. Coba cari di Yo*t*be banyak koq yang sharing.
      Mengenai jasa kirim sicepat memang cs arogan dan ingin menang sendiri. Barang rusak dikomplain keluar jurus2 mengelak banyak alasan. Bubble kurang tebal lah, packing buruk, tidak ada sticker fragile, dll.

  • 23 Juni 2022 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Setahu saya kebanyakan expédisi hanya ganti 10x biaya kirim. Emang susah sistem pengiriman barang kalau ada pihak ga jujur.

  • 23 Juni 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Kurang setuju sih.
    Gw pernah 2x kejadian soal si cepat
    Yg pertama barang hilang , diganti full 150rb
    Yg kedua barang pecah dan saya tolak , dan dana pun diganti full 96rb . Jadi di mata saya sih sicepat masi yang terbaik soal tanggung jawab menurut saya mah berdasarkan pengalaman.
    Dengan catatan saya tidak mengklik “pesanan diterima” .

    2
    2
    • 24 Juni 2022 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Barang yg anda jual/beli murah, masih di bawah batas 10x ongkir (10×20rb atau 10x10rb). Coba aja klo HP harga 5jt ilang diganti brp🤣

  • 23 Juni 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Hebat sekali CS Shopee debi ini? Kita geruduk beramai ramai saja?

    Tp sekedar informasi ya makanya sy selalu bilang jgn jd seller di Shopee karena orang indonesia kebanyakan malas membaca catatan dan syarat ketentuan berlaku. Tanpa asuransi memang hanya akan diganti max 10x ongkir..
    Dan shopee ga punya fitur asuransi.. hanya tokopedia/bukalapak yg punya. Jd klo hilang sama kurir ya memang hanya diganti segitu. Sepertinya tulisan kecil kecil ini memang malas dibaca sama org indonesia yg taunya, kan hilang sama kurir diganti full donk? Logika ini masuk akal kalo ga ada syarat ketentuan berlaku sebelumnya. Sy juga seller tokopedia jd akrab dengan kurir termasuk si cepat. Mereka mengatakan klo ga ada aturan seperti itu maka seller bisa curang karena sering bertemu dgn seller lalu kerjasama dan sengaja menghilangkan barang.. kalo cuma 100rb 200rb its okay buat perusahaan.. gmn klo isi paket laptop harga belasan sampai puluhan juta? Dan terjadinya berkali kali di tiap daerah. Bangkrut ekspedisi. Makanya dicari lah rekanan asuransi jd klo terjadi sesuatu asuransi akan mengganti full. Nah shopee tdak punya fitur ini. Maka kejadiannya ya kayak penulis akhirnya.. sy sudah sering bilang di mediakonsumen.. jgn jd seller di shopee resiko besar.. selain tdk ada asuransi, customer service shopee juga parah dan arogan.. tp klo msh mau jd seller di shopee ya silahkan.. dengan resikonya ditanggung penumpang hehe

    • 23 Juni 2022 - (10:42 WIB)
      Permalink

      Bukan CS shopee. Tp CS sicepat.
      Saya pengalaman pakai sicepat belum pernah sampai hilang sih, Tp pernah telat datang dari estimasi seharusnya 3-4 hari sampai bali, jadi 12 hari. Saya coba hubungi CSnya sicepat via chat WA, tp yg bales itu semuanya “BOT bernama”. Entah namanya kiki, anggi, ayu, dkk. Pokoknya setiap bales chat berubah2 terus CSnya. Pertanyaannya diputar2 teroooss sampe bosen…

      Klo saya bisa bilang, tim CS sicepat tidak ada sopan santunnya handling customernya. Padahal saya bayar ongkos kirimnya dan ngg pake fitur free ongkir.

  • 23 Juni 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Saya pernah hilang barang dari aplikasi Tokopedia dan sicepat di ganti full 2.9juta senilai barang tersebut. karena di Tokopedia wajib asuransi. Dan inilah manfaatnya.
    Beda dengan toko oren yang diganti 10x ongkir.
    Saya kira ini memang kesalahan dari sicepat tapi mengikuti sop penggantinya memang 10x ongkir. Karena biasanya sopee tidak pakai asuransi

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Penggantian Dana Sebagian atas Barang Jualan di Shopee yang Hilang dal…

oleh irvan irvan dibaca dalam: 1 menit
9