Pengiriman Kartu Kredit BRI Tokopedia Tidak Jelas Hingga 1 Bulan

Kepada Tokopedia, BRI, dan NCS,

Saya merupakan salah satu pelanggan Tokopedia, yang kecewa dengan pelayanan dan kejelasan dari program kartu kredit Co-Branding antara Tokopedia dan BRI ini. Saya melakukan pendaftaran pada tanggal 2 Juni 2022, dengan ID Pendaftaran: CB-ZEFIH. Setelah menunggu sekitar 4 hari, saya menerima notifikasi bahwa kartu saya telah dalam proses pengiriman pada tanggal 6 Juni 2022.

Detail pendaftaran kartu Tokopedia

Sesuai dengan syarat dan ketentuan Tokopedia yang tertulis jelas, bahwa kartu akan sampai maksimal 5 hari kerja, saya menunggu hingga batas waktu tersebut. Begitu saya tidak menerima kartu tersebut dalam batas waktu yang dijanjikan, saya menghubungi Customer Service Tokopedia pada tanggal 15 Juni 2022, untuk melaporkan bahwa saya belum menerima kartu saya.

Namun jawaban dari Customer Service yang saat itu kebetulan ditangani oleh Ibu Idella, saya kembali disuruh menunggu dan menghubungi Customer Service BRI.

Percakapan dengan CS Tokopedia setelah pengiriman melewati ketentuan Tokopedia

Saya kemudian menghubungi CS BRI di (021)150017 pada hari yang sama, pukul 18.46 WIB, dan mendapatkan nomor laporan: 40673012. Berbekal nomor laporan tersebut, saya kemudian melakukan follow up pada tanggal 21 Juni 2022, 23 Juni 2022, 27 Juni 2022, dan 29 Juni 2022. Pada tanggal 29 Juni 2022 tersebut, saya diberi nomor laporan baru yaitu 40792841.

Karena saya sudah kesal, saya mencoba mencari ke Media Konsumen untuk kasus serupa, dan ternyata ada kasus serupa dengan domisili yang serupa. Setelah saya baca, di kolom komentar ada yang mencoba untuk hubungi kurir NCS. Setelah itu, saya berusaha mencari nomor kurir NCS.

Setelah saya tanyakan ke pihak yang bertanggung jawab soal kartu kredit di NCS Malang, ternyata kartu saya dinyatakan telah diretur ke Jakarta dengan alasan nama tidak dikenal. Dari sini saya bingung, saya selalu ada di rumah, dan keluarga juga ada di rumah, alias rumah tidak pernah kosong, tetapi tidak pernah ada kurir dari NCS yang datang ke rumah. Alamat yang saya gunakan juga sangat jelas, dan tidak pernah terjadi kendala kirim dengan ekspedisi apa pun seumur hidup saya memakai alamat itu.

Konfirmasi dari kurir NCS Malang

Setelah mendapat jawaban tersebut, saya kembali menelepon CS BRI. Jawabannya mereka tidak merasa bahwa kartu sudah dikirimkan kembali ke Jakarta, karena riwayat pengiriman masih pengiriman pertama.

Saya tidak menyangka bahwa Tokopedia, BRI, dan NCS bisa tidak profesional dalam mengatasi permasalahan yang sebenarnya sepele. Setelah saya lihat di Media Konsumen, ternyata yang mengalami pengalaman seperti saya juga banyak.

Jadi bagaimana pertanggungjawaban dari Tokopedia, BRI, dan NCS atas semua ketidakjelasan ini? Saya juga konsumen kalian semua, saya ingin memakai layanan kalian, tetapi kenapa kok pelayanannya sangat buruk seperti ini? Mohon kejelasannya, karena kartu kredit tersebut juga ingin segera saya gunakan.

Arief Hidayatullah
Malang, Jawa Timur


Update (8 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak BRI, NCS dan Tokopedia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Card:
[Total:12    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Arief Hidayatullah

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Arief Hidayatullah menjadi nasabah...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Pengiriman Kartu Kredit BRI Tokopedia Tidak Jelas Hingga 1 Bulan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Card?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Kartu Kredit BRI Tokopedia Tidak Jelas Hingga 1 Bulan

oleh Arief dibaca dalam: 2 menit
12