Transaksi SCAN QRIS Berhasil tapi Uang Tidak Masuk, Pihak Terkait Tidak Memberikan Solusi

Surat ini saya tujukan kepada: Yang pertama untuk Mitra Bukalapak, kedua untuk LinkAja, dan ketiga untuk Shopee. Pada tanggal 30 Juni 2022 pukul 17.22, saya scan QRIS dari ShopeePay. Status transaksi berhasil, tapi tidak masuk ke akun merchant saya.

Saya sudah komplain ke pihak Shopee dan Shopee menyatakan transaksi berhasil.

Pernyataan pihak Shopee

Namun masalahnya pihak Mitra Bukalapak minta transaksi yang terdapat RRN, tapi di lampiran transaksi di Shopee gak ada.

Lalu saya coba menghubungi pihak LinkAja. Sebelumnya saya jelaskan peranan masing-masing perusahaan tsb;

  • Mitra Bukalapak sebagai pihak penyedia layanan QRIS (cuma menyediakan bukan pemilik, semacam kerja sama).
  • LinkAja sebagai pihak pengakuisisi/pemilik QRIS.
  • ShopeePay sebagai metode pembayaran.

Balasan dari pihak LinkAja menyatakan berhasil dan disuruh menghubungi Mitra Bukalapak.

Pernyataan pihak LinkAja

Setelah itu saya kirimkan bukti tersebut ke Mitra Bukalapak dan pihak Mitra Bukalapak dan tim terkait menyatakan kesulitan mencari mutasi karna gak ada RRN.

Untuk pihak terkait, saya mohon tolong selesaikan ini secepatnya. Masalah ini saya kerucutkan ke pihak LinkAja karena sebagai pihak pemilik kok bisa merespons transaksi sukses tapi RRN, ID terminal, PAN merchant, dan PAN pelanggan tidak dikeluarkan?

Sebelum saya akhiri surat pembaca ini beberapa dokumen gak saya posting dengan alasan privasi, tapi yang pasti semua bukti keperluan komplain sudah saya serahkan ke pihak terkait.

Sekian.

Karmi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS:
[Total:9    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan LinkAja Atas Surat Pembaca Bapak Karmi

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Karmi pada 6 Juli...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Transaksi SCAN QRIS Berhasil tapi Uang Tidak Masuk, Pihak Terkait Tidak Memberikan Solusi

  • 6 Juli 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Saya konfirmasi lagi, pihak shopee meminta untuk linkaja & partner untuk mengajukan goodfaith ke shopee, saya harap untuk linkaja menanggapi permintaan tsb.
    Satu lagi pihak MitraBukalapak tetap terus menerus meminta RRN kpd shopee dan shopee meminta pihak linkaja & partner untuk mengajukan goodfaith, tapi baru direspon permintaan ini kemarin setelah berulang kali diberitahu. Pertanyaan saya itu uang ada dimana?

  • 6 Juli 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Hmmm… Link aja ribet sekali tampaknya.. Makanya saya males pake link aja kecuali terpaksa 😅

    • 8 Juli 2022 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Jangan gitu dong pak, sekarang hampir semua moda transportasi bisa pake LinkAja. Kalau untuk bayar QRIS saran saya lebih baik pake punya bank langsung, misal CIMB Niaga, BNI, BCA, BRI, dll. biar lebih gampang pengaduannya.

      • 8 Juli 2022 - (18:33 WIB)
        Permalink

        Betul sekali, kalau saya transaksi keuangan lebih dari 1 juta, mending langsung pakai aplikasi milik bank, kalau ewallet saya transaksi dibawah 1 juta, karena bank, lebih mudah proses pengaduannya karena banyak kantor fisiknya, nah ewallet jarang ada kantor fisiknya..

  • 7 Juli 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Jangan pake produk bumn deh, jelek semua. Mulai dr perbankan, transportasi, komunikasi, klo udah plat merah, kayak ada cap ‘saya jelek’ didahi mereka dan mereka pura-pura gak tau…

    3
    2
  • 7 Juli 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Kemarin pihak mitra bukulapak sudah memberikan respon dan dana penyesuaian sudah diberikan hari ini, saya berterimakasih kpd media konsumen dan pihak terkait yg sudah membantu penyelesaian masalah ini(terkhusus MBL & shopee, Linkaja tidak termasuk), saya harap tidak ada kejadian serupa dikemudian hari

    sekian.

  • 12 Juli 2022 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Alhamdulilah.
    Udah selesai ya kawan…

    Kurangi pakai metode metode seperti ini kalau memang tidak kepepet banget teman.

    Niatnya biar praktis menghemat waktu..
    Semua serba digital. Tapi
    Begitu trobel langsung pusing kepala..
    Hehehe.

  • 23 Juli 2022 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Jangan swdih mbak, anda tidak sendiri. Di tanggal yg sama dengan qrus yg sama yaitu shopee duit saya juga gatau hilang kemana yg harusnya masuk ke merchant Permata. Saya punya qris permata dan kebetulan saya punya dana di shopee 634.000, akhirnya saya scan biar masuk ke permata saya. Di shopeepay sama persis kayak mbaknya, kalo transaksi berhasil namun di merchant saya tidak menerima transaksi apapun di tgl tersebut. Dan yg bikin jengel call center dr pihak shopee menyatakan ini penipuan. Sumpah ribet banget ngarepin duit 634.000 balik ke rekening. Aku rasa yabg hermasalah dari pohak shopee, dan terlalu lama dalam menangani hal yg riskan begini. Ayolah shopee kan uda banyak tuh usernya, masa ngga mau ditingkatkan lagi pelayanannya.

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Transaksi SCAN QRIS Berhasil tapi Uang Tidak Masuk, Pihak Terkait Tida…

oleh Es dibaca dalam: 1 menit
11