Terjadi Lagi Pemakaian Pulsa untuk Koneksi Internet oleh Provider XL

Hai Media Konsumen, jika surat ini terbit terima kasih atas bantuannya. Saya cuma bingung mau ngungkapin di mana lagi. Jadi ceritanya saya mau coba pake XL, dengan harapan tidak ingin terpotong pulsa. Namun harapan cuma sekedar harapan, lagi dan lagi pulsa XL saya terpotong. Jika dilihat dari nominal memang tidak besar, tetapi apa iya yang terpotong hanya saya saja? Sepertinya tidak.

Tanggal 10 Juli 2022 saya beli kartu perdana XL. Informasi di kartu perdana, ya seperti pada umumnya terkait cara registrasi dan lain-lain. Saya coba dengan isi pulsa di nomor saya ini, awalnya Rp5 ribu tanggal 10 Juli 2022, kemudian Rp10 ribu tanggal 12 Juli 2022. Karena tidak ingin terpotong, jadinya tidak banyak-banyak saya isi pulsa.

Namun, tadi malam saat menggunakan internet yang posisinya ada di SIM 2 (kartu XL yang baru di SIM 1), tetapi masih terpotong juga. Padahal sudah di-lock jaringan 2G/3G. Heran saya, coba dikasih info juga di kartu perdana, biar tidak terpotong pulsa tuh seperti apa caranya dan bagaimana? Capek terpotong terus karena problem yang sama. Apa memang saya tidak boleh menggunakan XL atau bagaimana? Sepertinya untuk provider lain tidak ada isu seperti ini? Masalahnya di mana?

Mungkin di kartu perdana bisa diberikan info untuk customer, agar tidak terpotong pulsa yang sia-sia. Agar jadi tindak pencegahan, bukan saat sudah terjadi baru dicarikan solusinya. Itu sama seperti gali lubang tutup lubang. Terlebih lagi jika orang awam yang ingin gunakan nomor XL, seperti memberikan fee ke XL tanpa merasakan manfaatnya. Saya lampirkan juga jika memang saya gunakan akses datanya di SIM 2.

Terima kasih.

Zhakkie Norisman Akbar
Jakarta Timur


Catatan redaksi (diperbarui 23/7/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Zhakkie Norisman

Jakarta, 20 Juli 2022 Ref.CM/CU/E/006/0722/NT Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Zhakkie Norisman Akbar...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Terjadi Lagi Pemakaian Pulsa untuk Koneksi Internet oleh Provider XL

  • 15 Juli 2022 - (14:19 WIB)
    Permalink

    utk provider XL, cukup install myxl kemudian login, pilih balance control, pastikan semua tercheck list (data & sms), jd pulsa aman ga dicolong akibat pemakaian internet / sms premium.
    utk provider tri, aman, ga ada begal pulsa utk internet. (kalo sms makan pulsa bisa saja terjadi, langsung call cs aja kalo ini mah)
    utk provider telkomsel (kartu as,loop,simpati) & indosat, ga ada caranya utk tidak kena begal internet. udah matikan data pun bisa tetap kena begal kalo kartu lg di jaringan 4G & tdk ada paket data.

    Utk kominfo, tolong lah dibuat peraturan yg mengharamkan semua provider begal pulsa dari pemakaian eceran internet, karena hari gini ga ada yg menghendaki pemakaian internet memakai pulsa. tirulah kartu tri. Kalo sampe akhir tahun ini tidak ada perubahan, awal tahun sy masukin surat pembaca di media konsumen tertuju pada kominfo, biar semua kasus kemalingan pulsa akibat internet sudah tidak ada lagi

    27
    1
    • 15 Juli 2022 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak infonya. Harusnya di kartu perdana juga dijelaskan jg untuk penggunaan di apps MyXL.

      • 15 Juli 2022 - (15:17 WIB)
        Permalink

        sepertinya pihak operator sengaja pak. memanfaatkan kelemahan pelanggan, entah brp triliun rupiah masuk kantong dari hal2 seperti ini.

        • 16 Juli 2022 - (10:39 WIB)
          Permalink

          tidak juga jika anda membeli device dual sim juga pastikan anda paham betul on off data sellular dan settinganya , semua provider jika tidak dipaketkan internet pulsa utama pasti tersedot.

          1
          4
          • 19 Juli 2022 - (15:01 WIB)
            Permalink

            sy pemakai android ga baru2 ini pak, on off data mah anak kecil saja udah paham. “semua provider jika tidak dipaketkan internet pulsa utama pasti tersedot” – kalimat ini menandakan anda tidak begitu tau tapi sok tau. coba test internet tri tanpa paket, ga bakalan pulsa kesedot.

            2
            2
    • 16 Juli 2022 - (10:44 WIB)
      Permalink

      Nah kalo tidak mau kecolongan pulsa mode di hape jangan di 4G gunakan mode 2G atau matikan data sellulernya.

      • 21 Juli 2022 - (09:10 WIB)
        Permalink

        so far sih tri sama by.u , kalo XL masih di persimpangan, ada pengaturan di aplikasinya. masih setengah hati menolak pendapatan haram wkwkwk

    • 18 Agustus 2022 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Ayo bang taekin, buat petisi online kalo bisa, sudah gak bisa ditoleransi pemotongan pulsa untuk akses internet.

  • 16 Juli 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Nah kalo saya lihat maaf ini kesalahan pada anda maaf ,entah anda belum tahu atau bagaimana di gambar jelas sekali . anda menggunakan sim 2 untuk internet ok aman permasalahannya sim 1 xl tidak untuk internet tapi pulsa kesedot , bapak itu sim 1 untuk xl jangan mode 3G/2G sambung otomatis bapak . pakailah mode 2G saja . atau matikan data selluer beberapa device ada fitu itu anda memakai hape samsung kan ?? jadi kalo sim 1 nya tidak untuk internet matikan mode data internet atau ke 2G saja.

  • 16 Juli 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Sy pakai kartu 2 SIM: Indosat 3G & Telkomsel 4G.
    1. Kartu Telkomsel 4G. Ktk tiba2 pulsa trsedot walaupun data seluler tdk aktif, Sy email ke CS Telkomsel, utk slanjutnya pulsa sy tdk trsedot lg.
    Ktka Sy ganti HP Vivo 5G & kartu Sy Up Grade ke jaringan 5G. Pulsa sy tiba2 trsedot wlau Data Seluler tdk diaktifkan. Sy sdh komplain Kirim email ke CS Telkomsel utk pasg paket Internet. ktka Sy isi pulsa pasg paket Internet dgn data Aktif ttap sisa pulsa sy trsedot. Sy isi pulsa utk pasg paket Tlp, ttap sisa pulsa sy trsedot. Sdh Brp banyak Sy kirim email ke CS Telkomsel mslh pulsa tersedot Krn ktka paket Internet habis shg Data Seluler tdk aktif, ttap ketika isi Pulsa msh sisa pulsanya trsedot. Mungkin sdh permainan Jaringan Telkomsel ktka konsumen pke jaringan otomatis. Stiap ada kejadian di Telkomsel, pulsa tiba2 trsedot.
    2. Indosat.
    Sy pernah trsedot pulsa Indosat ktka pke HP Android & tdk pke Data Seluler. Sy komplain ke CS INDOSAT langsung ditangani. Shg Smp skrg Pulsa Indosat Sy tdk berkurang. Krn sy isi pulsa stiap bln 25rb & smp skrg sdh 250rb tdk berkurng. Sy ikut paket Tlp 5000 per bln shg hanya berkurang pemotongan paket.

  • 16 Juli 2022 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Semua operator kalau tidak dipaketin dan dijadikan data seluler (baik disengaja atau tidak) tentu akan nyedot pulsa. Terlepas dari itu, pemilik smartphone harusnya lebih “smart” bukan malah sebaliknya

    1
    2
    • 16 Juli 2022 - (23:42 WIB)
      Permalink

      Saya rasa anda anda yang tidak smart dalam menanggapi komplain TS ini.
      Si paling smart-,

      1
      2
      • 17 Juli 2022 - (00:55 WIB)
        Permalink

        Itu hp dual sim dan pake mode sambung otomatis wlopun pake jaringan 3g/2g. Karena sinyal hp di sim 1 atau 2 tidak selamanya stabil. Jadi bisa aja si hp pake sim 1 sebagai data seluler ketika sim 2 sinyal turun sesaat..gitu sipaling bijak penjelasan saya

        • 17 Juli 2022 - (17:37 WIB)
          Permalink

          Lah mana ada koneksi pindah otomatis ke sim 1 kalo sim 2 (yang dipake data) singal turun. Gw juga hp dual sim, dual 4G aktif dan pake data di sim 2. Kalo gw lagi nelpon pake sim 2 baru data seluler gw pindah ke sim 1. Kalo urusan singal di daerah gw singal buruk dan gada tuh kejadian kek yang abang smart jelasin.

          • 17 Juli 2022 - (17:52 WIB)
            Permalink

            Lalu masalah ini yang jadi persoalan kenapa walaupun pake data di sim 2 tapi sim 1 masih tersedot. Yang jadi pertanyaan apa hp TS dual 4G nya aktif? Dan kalopun aktif apa si TS pernah melakukan telpon pake sim 2 nya? Kalo emang iya wajar aja karena data seluler pasti switch ke sim 1 yang otomatis karena gada paket pasti nyedot tuh pulsa. Kalaupun tidak, harusnya itu bisa dijawab oleh operator langsung mengapa demikian? Bukan dengan jawaban “tidak dipaketin pasti tersedot”.
            Terlepas dari persoalaan ini, anda bilang “dipaketin atau tidaknya kartu seluler pasti nyedot pulsa” itu bukan hal yang sudah pasti. Karena sejauh ini hp saya gak pernah ada kecolongan seperti yang anda bilang “pasti tersedot ” makanya saya bilang tanggapan anda kurang lebih jauh dari kata “smart” seperti yang anda bilang. Karena apa iya? ketika posisi data non-aktif pulsa harus tersedot.

  • 16 Juli 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Saya Pake telkomzet juga sering…. Lupa matiin jaringan data, pulsa tersambar…

    Terakhir 7500 dalam hitungan detik… Karena kebiasaan Pake WiFi lupa matiin jaringa data pas gak konek WiFi…

  • 17 Juli 2022 - (00:52 WIB)
    Permalink

    Setuju nih Kominfo yg harus turun tertibkan.. lagian keterlaluan kalau udah d matiin masih kena potong juga.. kalau memang karena pemakaian sih sah2 aja tapi klo cuma nongkrong d sim yg ga aktif data tapi k potong buat data kan konyol.. maling namanya.

    • 19 Juli 2022 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Saya dua-duanya pake kartu Axis kalau SIM 1 daftar pakaet data, pulsa SIM 2 tersedot dan begitu sebaliknya.

      Seringnya daftar pkaet di SIM 2, dan SIM 1 di isi hanya untuk memperpanjang masa aktif dan niatnya nabung pulsa.

      Tapi setiap hari selalu tersedot meski nominal nya cuma 300’Rp kalau di kalikan perharinya isi 10’rb cuma habis tersedot kan sayang mau geluh ke siapa coba, untuk gonta ganti kartu. Kartunya sudha terdaftar untuk hal-hal penting lainnya jadi dilema.

  • 17 Juli 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Di telkomsel juga sama, hanya konek jaringan 4G tanpa on kan data saja bisa kena pulsa. Untung d XL ada fitur lock pulsa di apps myxl. Kalau ada kendala semacam ini mungkin bisa call 817 untuk panduannya.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Terjadi Lagi Pemakaian Pulsa untuk Koneksi Internet oleh Provider XL

oleh Zhakkie Norisman Akbar dibaca dalam: 1 menit
29