Masalah Upgrade Akun LinkAja

Dear LinkAja,

Saya Dendy Raharjo, pengguna LinkAja yang sebelumnya bernama T-Cash. Saya adalah pengguna T-Cash dari tahun 2017 dan sudah Full Service, dengan metode upgrade datang ke Grapari Margo City. Upgrade akun Full Service tersebut menggunakan KTP yang sama, Nomor NIK yang sama, dan wajah dan background foto yang sama. Selanjutnya saya sebut upgrade 1.

Lalu, saat T Cash berubah menjadi Link Aja tahun 2019, saya diminta upgrade lagi dengan metode upgrade di aplikasi Link Aja, dengan menggunakan KTP yang sama, Nomor NIK yang sama, dan wajah dan background foto yang sama. Selanjutnya saya sebut upgrade 2.

Pada tanggal 16 Juli 2022, saya transaksi Tokopedia. Karena masih ada sisa saldo, saya berniat memindahkan sisa saldo ke rekening bank. Namun ternyata saya harus upgrade ke layanan Full Service lagi. Kali ini upgrade terkendala masalah background foto KTP saya.

Yang saya sayangkan, sebelumnya saya sudah upgrade 2 kali, dengan KTP yang sama dan background foto yang sama. Masa saya harus upgrade ulang? Lalu data yang sebelumnya saya upgrade 2 kali itu ke mana? Apakah disalahgunakan oleh LinkAja? Kenapa kali ini gagal, padahal upgrade sebelumnya 2 kali itu gak ada masalah?

Saya mengalami hal yang sama di beberapa aplikasi dan akhirnya mereka melakukan verifikasi manual. Walaupun memakan waktu yang lama, tapi masalah selesai. Di LinkAja ini, malah mewajibkan saya harus ke Dukcapil untuk memperbarui KTP. Sungguh solusi yang sangat membantu. Saat saya sudah menjelaskan bahwa masalah yang sama pernah terjadi dan aplikasi lainnya mau verifikasi manual, tapi LinkAja tetap keukeuh mengharuskan saya ke Dukcapil.

Kalian apakan data saya di-upgrade akun 2 kali sebelumnya sehingga saya harus upgrade ulang?

Dendy Raharjo
Tanjung Pandan, Bangka Belitung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai LinkAja:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan LinkAja atas Surat Pembaca Bapak Dendy

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Dendy pada 18 Juli...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Masalah Upgrade Akun LinkAja

  • 18 Juli 2022 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Mirip kasusnya dengan saya. sy sebelumnya juga sudah full service di Grapari waktu masih pakai stiker T-Cash. Setelah sekian lama digunakan, tiba-tiba statusnya berubah jd Basic, sedangkan punya istri saya yg sama2 sudah full service masih tetap sama statusnya. Sy juga sudah coba upgrade 2x dengan kirim foto ktp dan selfie, dan selalu direject dengan alasan background kurang pencahayaan, padahal hasil foto sudah terang dan jelas. komplen ke CS ga ada resolusinya. Ya udah sy uninstall saja aplikasinya, sampe sekarang belum coba install ulang lg

    • 20 Juli 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Masalahnya adalah. Saya belum pernah nemuin kasus ini di Gopay, OVO, DANA. Mereka sih bilang karena ada perapihan data. Tapi menurut saya masalah perapihan data adalah masalah mereka bukan masalah user. Yang user tau adalah akun mereka sudah full service karena sudah kasih data KTP dll. Kalau memang belum rapih di mereka ya ngapain launching produk.

  • 18 Juli 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Benar-benar senasib dgn alasan yang sama. Solusi terakhir dan satu-satunya cuma disuruh ke Dukcapil untuk membuat KTP baru. Aneh memang. Secara, pembukaan bank online, RDN, dll, semua tidak ada masalah. Kalaupun foto buram atau foto lama, kan bisa verifikasi tambahan dgn SIM atau KK atau lainnya. Namun LinkAja tetep keukeuh, harus ke DUKCAPIL!!!
    Memang luar biasa aplikasi yang satu ini!

    • 20 Juli 2022 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Benar. Saya gak pernah bermasalah saat pembukaan rekening, RDN. Hanya pernah saat daftar aplikasi P2P Lending. Itu juga mereka bantu verifikasi manual dan tanpa ada embel embel harus buat surat pernyataan bermaterai atau konfirmasi dukcapil. Link Aja ini mereka tetep minta surat keterangan bermaterai. Udah promo gak ada, pemakaian ribet, verifikasi pun dibuat ribet. Setau saya bank aja hanya cocokin data NIK, Nama, Tempat Tanggal Lahir, dll di KTP dan di sistem Dukcapil. Ngapain Link Aja kayak kurang kerjaan nyocokin background yang gak penting

  • 19 Juli 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    dulu jg pernah gagal terus upgrade via aplikasi. akhirnya ke grapari, langsung jadi. tp udah lama banget ga pake linkaja, promonya banyak yg ‘curang’, sering ga dpt cashback dgn alasan kuota penuh. sejak itu say goodbye.

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Masalah Upgrade Akun LinkAja

oleh dendy dibaca dalam: 1 menit
6