Pembayaran ke QRIS Maybank dari BCA Mobile Bermasalah

Surat ini terkait dengan keluhan Merchant QRIS untuk BCA dan Maybank. Saya sebagai pihak merchant yang menggunakan QRIS dari Maybank. Sudah beberapa kali terjadi, pelanggan saya yang menggunakan BCA mobile, melakukan pembayaran melalui QRIS yang diterbitkan oleh Maybank, akan tetapi tidak masuk ke rekening merchant saya. Sedangkan dari rekening pelanggan dananya sudah keluar.

Terlampir data yang dikirimkan oleh pelanggan saya:

Aktualnya kejadiannya lebih dari tiga kali. Setiap kejadian saya selalu melaporkan ke Maybank dan print rekening koran untuk membuktikan bahwa benar dana tersebut belum masuk ke rekening merchant saya di Maybank. Dari pihak Maybank pun tidak bisa memberikan solusi apa pun. Mereka pasti hanya akan menjawab bahwa itu kesalahan dari bank pengirim, yaitu BCA.

Kejadian terakhir pada tanggal 09 Juli 2022, ada pelanggan saya melakukan pembayaran menggunakan BCA Mobile Banking lewat QRIS Maybank. Di rekening pelanggan dananya sudah keluar sebesar Rp2.463.650 (terlampir di foto), akan tetapi di rekening merchant Maybank saya belum masuk. Dikarenakan dana pelanggan tidak mencukupi lagi di BCA Mobile-nya, sehingga tidak bisa melakukan pembayaran lagi. Sebagai pihak merchant, saya pun memperbolehkan dengan syarat nomor HP pelanggan dan niat baik dari pelanggan saya.

Hari Senin tanggal 11 Jul 2022, saya segera membuat laporan ke Maybank mengenai hal ini dan print rekening koran untuk membuktikan ke pelanggan saya bahwa dananya belum masuk. Sampai saya coba telepon ke Maybank Call Center, lalu saya diminta menghubungi nomor telepon khusus untuk merchant.

Ketika dihubungi ternyata bagian untuk merchant QRIS pada saat itu tidak ada, sehingga saya diberi alamat email. Tanggal 18 Jul 2022, saya coba email mengenai masalah ini, tapi sampai saat ini tanggal 22 Juli 2022, email saya tidak ada jawaban dari pihak Maybank.

Sedangkan pelanggan saya coba terus menghubungi Halo BCA. Pihak Halo BCA bilang sudah dikirim dananya pada tanggal 13 Jul 2022 (informasi dari pelanggan saya), akan tetapi ketika saya cek di rekening merchant saya tetap tidak ada.

Dari kejadian seperti ini, saya sebagai pihak merchant sangat dirugikan, karena ada beberapa pelanggan saya yang sudah membayar menggunakan BCA mobile banking dananya sudah terpotong, tidak mau membayar lagi dengan alasan dana mereka sudah terpotong. Saya pun tidak mau ribut dengan pelanggan, sehingga saya memperbolehkan mereka untuk tidak membayar lagi untuk saat itu. Begitu juga dengan pelanggan saya sudah pasti dirugikan juga, karena dananya sudah keluar tapi tidak masuk ke merchant.

Sedangkan dari pihak bank seperti tidak serius menanggapi masalah ini. Apalagi kalau saya baca di mediakonsumen.com masalah kegagalan BCA Mobile pembayaran QRIS ini sudah sering terjadi.

Saya berharap dengan surat terbuka ini ada tindak lanjut dari pihak BCA, terutama untuk menyelesaikan masalah ini. Dikarenakan saya bukan nasabah dari BCA, sehingga saya tidak bisa mengajukan masalah ini ke Halo BCA. Untuk pihak Maybank, sebaiknya ketika ada masalah seperti ini segera diberikan solusi. Jangan terkesan seperti melimpahkan semuanya ke pihak bank pengirim, karena kami pihak merchant tidak bisa komplain ke bank pengirim, dalam hal ini BCA, karena kami bukan nasabahnya.

Saya menggunakan QRIS untuk mempermudah pelanggan dalam pembayaran bukan mempersulit. Seharusnya bank mempunyai prosedur yang cepat jika terjadi masalah seperti ini (saya bayar 0,7% dalam menggunakan QRIS, tidak gratis). Saya saja merchant yang mungkin selevel UMKM sangat berhati-hati dengan pelanggan kami, jika ada keluhan dari pelanggan, bagaimana dengan perusahaan yang sudah level multinasional dalam memperlakukan nasabah atau pelanggannya?

Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau bahasa dalam surat ini. Saya tidak bermaksud menjatuhkan siapa pun. Sejujurnya saya malas dan tidak mau membuat surat ini, kalau bukan karena keterpaksaan yang diakibatkan seringnya masalah ini terjadi di merchant saya.

Terima kasih.

Enjang Otib
Karawang, Jawa Barat


Update (29 Juli 2022): Surat pembaca di atas juga mendapatkan tanggapan dari pihak BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS Maybank:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Maybank Indonesia atas Pengaduan Bapak Enjang Otib

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Enjang Otib melalui Mediakonsumen.com pada tanggal 24 Juli 2022 berjudul “Pembayaran ke...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pembayaran ke QRIS Maybank dari BCA Mobile Bermasalah

  • 24 Juli 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Lebih baik pakai transfer BI Fast, dana langsung masuk biaya hanya 2500.
    Saya sejak ada BI Fast tidak mau pakai QRIS, pelanggan saya suruh transfer langsung via BI Fast, dana masuk saat itu juga

    • 24 Juli 2022 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Iyah betul pak, tadinya niatnya untuk mempermudah customer tapi ujungnya mempersulit semuanya..

      Semoga ada perbaikan dari pihak2 terkait.

  • 26 Juli 2022 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah problem bayar QRIS pakai m-BCA untuk bayar di Blibli.
    Ternyata yang bermasalah dari sistem BCA nya, saldo sudah terpotong tapi pihak Blibli belum menerima.
    Setelah telp Halo BCA & email berulang kali akhirnya mengakui kesalahan pada BCA dan saldo akan dikembalikan hingga 14 hari kerja.
    Yang bikin sebel kenapa pengembalian dana butuh waktu yang lama.
    Padahal dana ingin segera dipakai untuk order, malah tertahan di BCA cukup lama.

    • 26 Juli 2022 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Semoga kedepannya pihak perbankan bisa membuat sistem yang lebih baik lagi untuk menangani masalah ini

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS Maybank?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pembayaran ke QRIS Maybank dari BCA Mobile Bermasalah

oleh Enjang dibaca dalam: 2 menit
5