Proses Refund Paket Speed on Demand Indihome yang Gagal Tidak Kunjung Terselesaikan

Pada tangggal 06 Agustus 2022 pukul 10:45:09 Wib, saya melakukan pembelian add-on Speed On Demand (SOD) 100 Mbps/1 Hari dengan harga Rp 110.000 (termasuk PPN) menggunakan kartu kredit BRI di aplikasi My Indihome. Ketika pembayaran sudah selesai status pembayaran pembelian add-on tersebut GAGAL di aplikasi My Indihome, tetapi Limit Kartu kredit saya terpotong (bukti pembayaran terlampir).

Nah saya coba tunggu sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan pikiran di benak saya mungkin aplikasinya lagi gangguan. Sambil saya cek secara berkala speed internet saya hingga jam 12.00 tersebut, dan hasilnya tidak ada perubahan sama sekali.

**Sebagai catatan, biasanya jika kita melakukan pembelian, pembayaran dan pelaporan melalui aplikasi My Indihome di aplikasi tersebut terdapat notifikasi di halaman utamanya yang menampilkan proses suatu pembelian, pembayaran dan pelaporan. Nah, di kasus saya ini di aplikasi tidak menampilkan apa-apa.

Kemudian dikarenakan saya ada kebutuhan yang harus saya kerjakan dengan membeli add-on tersebut, pada tanggal yang sama 06 Agustus 2022 pada pukul 12:07:53 WIB saya melakukan pembelian add-on tersebut untuk yang kedua kalinya, dengan metode pembayaran yang berbeda, menggunakan transfer bank, dengan add-on dan nominal yang sama (bukti pembayaran terlampir) dan statusnya berhasil. Dan seperti yang saya katakan di aplikasi My Indihome terdapat notifikasi add-on yang sedang diaktivasi setelah saya melakukan pembayaran yang kedua tersebut.

Kemudian, saya coba biarkan terlebih dahulu perihal limit kartu kredit saya yang terpotong tersebut dikarenakan status pembayaran di aplikasi kartu kreditnya juga masih pending, sampai pada tanggal 08 Agustus 2022 status potongan limit Kartu Kredit tersebut berhasil.

Nah setelah saya melihat transaksi itu berhasil saya coba menghubungi CS BRI melalui telepon di 14017, setelah saya tanyakan kepada CS BRI memang benar status transaksi tersebut berhasil, dan pihak BRI tidak bisa membatalkan transaksi tersebut, mereka menyarankan saya untuk menghubungi pihak Indihome.

Nah kemudian saya coba melaporkan ini kepada pihak indihome melalui telepon di 147, penjelasan mereka kurang lebih seperti ini;

  1. Bahwasanya add-on yang saya beli menggunakan kartu kredit sudah berhasil di teraktivasi dan sudah saya gunakan.
  2. Bahwasanya saya pada tanggal 06 Agusutus tersebut hanya melakukan sekali pembelian dengan menggunakan kartu kredit tersebut (sesuai data yang tersimpan di mereka).
  3. Dan di jelaskan juga oleh CS Indihome dalam satu hari pelanggan hanya bisa membeli add-on Speed On Demand hanya 1 kali pembelian.
  4. Bahwasanya pada tanggal 06 Agustus tersebut saya mencoba melakukan pembelian secara berulang-ulang pada pukul 10.00, 12.00, 15.00, 18.00 WIB yang mengakibatkan pembelian saya gagal.
  5. Dan pada akhir percakapan mereka menyampikan akan memfollow up pelaporan saya ini dan akan menindaklanjutinya.

Membahas poin ke-1 tsb, bagaimana bisa CS Indihome menyatakan pembelian saya sudah berhasil diaktivasi dan sudah saya gunakan, sedangkan saya sama sekali tidak mendapat notifkasi transakasi berhasil, dan fasilitas yang saya beli sama sekali tidak bisa saya gunakan?

Membahas poin ke-2 tsb, bagaimana bisa saya dikatakan hanya melakukan pembelian 1 kali saja menggunakan kartu kredit tersebut sesuai data yang tersimpan di sistem mereka. Yang saya pertanyakan adalah bagaimana sistem penyimpanan data, histori pelanggan oleh pihak Indihome kok sampai-sampai pembayaran saya 2 kali hanya terinput 1 kali di sistem mereka, kok segitu buruknya?

Membahas poin ke-3 tsb, saya sudah sampaikan bahwsanya saya melakukan 2 kali pembayaran dengan metode pembayaran yang berbeda, dan saya juga menyimpan bukti pembayaran tersebut, dan pihak indihome meminta saya mengirimkan bukti pembayaran tersebut melalui Whatsapp di nomor +62 811-6090-147 (screenshot terlampir) dan hanya di-read saja oleh pihak Indihome, tidak ada kelanjutan dari Whatsapp tersebut.

Membahas poin ke-4 tsb, di poin ke 4 ini perasaan saya bercampur-campur mulai dari bingung, terpelongo, dan lucu, gimana tidak lucu CS Indihome menyatakan saya berulang kali melakukan pembelian yang menyebabkan pembelian saya gagal, sedangkan saya pada tanggal 06 agustus sekitar pukul 12.10 WIB sudah bisa menggunakan add-on tersebut dengan pembayaran yang ke 2 menggunakan transfer bank.

Jika kita berpikir secara rasional sebagai manusia, Apakah benar saya melakukan percobaan pembelian pada pukul 18.00 sedangkan saya masih memiliki add-on yang aktif per pukul -+ 12.10 WIB yang aktif 24 jam. Untuk apa saya mau beli lagi pada pukul 18.00 sedangkan saya masih punya add-on yang aktif ???? ini hal yang sangat lucu.

**sebagai catatan, bahwa setiap pembelian add-on melalui indihome setiap kali add-on tersebut akan berakhir masa aktifnya di aplikasi My Indihome akan ada notifikasi di aplikasi My Indihome (sama seperti melakukan pembelian, pembayaran dan pelaporan) yang membedakannya ialah ada SMS dari Indihome yang di kirmkan ke No. HP terdaftar di aplikasi tresebut, bahwasannya add-on yang saya beli akan berakhir pada tanggal ****** dan jam ******.

Kita lompat ke tanggal 11 Agustus 2022 sekitar pukul 17.30 saya mencoba menghubungi kembali CS 147 utk menanyakan progress pelaporan saya, dan jawaban CS Indihome adalah bahwasanya pelaporan saya sedang dalam tahap proses dan mereka menyampaikan

“Laporan bapak akan kami prioritaskan dan kami follow up kembali dan paling lambat di tanggal 13 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB masalah Bapak akan terselesaikan” CS ~ EZZA

Pada tanggal 13 Agustus 2022 pukul 08.20 WIB pihak Indihome menelepon saya ke No. HP saya, menyampaikan hal yang serupa pada tanggal 11 Agustus tersebut:

“Laporan bapak akan kami prioritaskan dan kami follow up kembali dan paling lambat di tanggal 13 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB masalah Bapak akan terselesaikan”, setelah itu telepon berakhir.

Pada tanggal yang sama pukul 18.00 saya coba menelepon 147 kembali di karenakan waktu penyelesaian masalah sudah lewat, dan apa yang saya dapatkan jawaban dari mereka ???? coba tebak ????

Bahwasanya penyelesaian pelaporan saya paling lambat pada tanggal 01 September 2022, alangkah terkejutnya saya memikirkan kelihaian pihak Indihome ini, mulai dari penuduhan sepihak, pembiaran pelaporan pelanggan, segala hal di lakukan pihak indihome agar saya malas, mengabaikan dan meninggalkan pelaporan saya.

Dan akhirnya saya menyerah, dan berserah diri. Artikel ini mudah-mudahan menjadi pengalaman bagi pelanggan si merah merona lainnya. **Sampai artikel ini di buat, saya belum menerima pengembalian limit kartu kredit ataupun menggunakan add-on yang saya bayar menggunakan kartu kredit tersebut**

Ade Chris
Langkat, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Proses Refund Paket Speed on Demand Indihome yang Gagal Tidak Kunjung Terselesaikan

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Paket Speed on Demand Indihome yang Gagal Tidak Kunjung …

oleh aila nazira dibaca dalam: 4 menit
1