Susahnya Pemasangan Baru Internet Provider Telkom IndiHome

Melalui surat pembaca ini, saya ingin menyampaikan keluhan saya sebagai calon konsumen. Besar harapan untuk bisa dan segera pemasangan IndiHome di rumah saya, dikarenakan ada kebutuhan pembelajaran anak saya dan pekerjaan yang membutuhkan adanya koneksi internet.

Awal bulan Juli 2022, kami menempati rumah baru kami di wilayah Tangerang Selatan, lebih tepatnya di Lengkong Wetan Serpong. Kami sekeluarga memerlukan koneksi internet untuk kebutuhan pembelajaran anak dan pekerjaan yang mengharuskan adanya koneksi internet di rumah (WFH). Dengan berbekal pertanyaan ke tetangga baru dan kontraktor perumahan kami, dapatlah info jika perumahan kami terdapatnya jalur internet provider IndiHome dan tetangga kami sudah pakai sejak awal.

Tanggal 16 Juli 2022, saya mendaftar atau registrasi untuk pemasangan IndiHome, menggunakan atas nama istri saya, dengan nomor registrasi: MYID-2122207161121 dan alamat di jalan Lengkong Wetan, Serpong Tangerang Selatan 15310. Saya melakukan registrasi melalui website IndiHome.

Status registrasi berhasil dan dinyatakan area yang saya daftarkan ter-cover area pemasangan IndiHome. Kami juga sudah dihubungi oleh pihak IndiHome dan akan dilakukan pemasangan maksimal 3 hari kerja. Saya lega masalah koneksi yang selama ini kami alami akan terselesaikan.

Pada tanggal 20/21 Juli 2022, karena tidak ada kabar dari IndiHome mengenai pemasangan baru yang kami daftarkan, saya berinisiatif menghubungi call center 147 untuk menanyakan update pemasangan internet kami. Saya sangat terkejut ternyata status pemasangan kami di system IndiHome “cancelled“, tanpa ada pemberitahuan ke konsumen (saya dan istri) kalau status registrasi kami di-cancel.

Di tengah kebingungan yang saya dan istri saya alami, saya menanyakan perihal status pendaftaran kami yang cancelled tersebut. Jawaban call center hanya menjelaskan kalau area atau alamat yang kami daftarkan belum ter-cover atau penuh.

Penuh? Kami jadi tambah bingung. Bagaimana tidak bingung, di awal kami di beri kabar kalau registrasi yang kami lakukan itu ter-cover dan bisa melakukan pemasangan. Call center juga menginformasikan kalau sudah ter-cover kami akan dihubungi oleh pihak IndiHome. Call center juga menyarankan untuk registrasi ulang.

Registrasi ulang? Apakah dengan registrasi ulang kami dapat garansi pemasangan akan dilakukan? Masih di tengah kebingungan, kami akhiri percakapan dengan call center karena tidak memberikan solusi yang kami inginkan sebagai konsumen.

Di tengah kebingungan kami, sempat terpikir menggunakan internet provider lain dan mulai mencari-cari alternatif ketersediaan layanan provider internet lain selain IndiHome, tapi hasilnya nihil. Ada, tapi harus menunggu penarikan jalur dari ISP lain ke perumahan tempat kami tinggal.

Mengingat perkataan call center 147 yang sempat memberikan saran untuk registrasi ulang. Pada tanggal 03 Augustus 2022, kami melakukan registrasi ulang untuk pemasangan IndiHome di rumah kami dengan nomor registrasi: MYID-2122208030651 dengan alamat yang sama. Seperti registrasi pertama kami mendapatkan konfirmasi via telepon dari pihak IndiHome kalau area kami ter-cover dan akan ada teknisi yang datang untuk pemasangan maksimal 3 hari kerja.

Perdaftaran Awal

Sama seperti registrasi yang pertama, selama 3 hari kerja kami tidak dapat update apa-apa dari pihak IndiHome. Seperti biasa saya berinisiatif menelepon call center 147 untuk menanyakan update perihal pemasangan internet di rumah kami.

Tanggal 06 Augustus 2022, ada petugas IndiHome menelepon istri saya dan meminta waktu 1 minggu untuk melakukan hal teknis perihal pemasangan internet di rumah kami. 1 minggu? Kami makin bingung di awal dibilang maksimal 3 hari kerja, ditambah lagi ini kali kedua kami melakukan registrasi di IndiHome.

Kali ini saya tanyakan ke teknisi yang menelepon ada apa sebenarnya yang terjadi perihal pemasangan internet di rumah kami? Jawaban yang kami dapat agak sedikit mengejutkan. Jawaban dan penjelasan yang kami terima bahwa ODP yang ada di sekitar rumah kami penuh. Berbekal background akademis, saya juga seorang IT. ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point, yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi dan membagi kabel FO/Fiber Optic (protect dan split) ke beberapa saluran/pelanggan.

Akhirnya saya mendapatkan jawaban dari apa itu arti kata PENUH yang dikatakan oleh call center di awal registrasi yang kami lakukan. Bukan kelegaan yang saya dapatkan dari jawaban sang teknisi, justru saya bertambah bingung apakah ODP penuh yang menjadikan konsumen terlantar seperti yang saya alami ini? Apakah ODP ini masalah Return Of Investment (ROI) yang dinilai oleh pihak Telkom? Jika iya, alangkah lebih baik di balik penghitungan ROI di IndiHome.

Jika menurut mereka harus ada minimal calon pelanggan atau kuota minimal untuk mengadakan ODP baru yang harus dipasang, bagaimana atau berapa banyak dengan calon pelanggan yang berpaling ke kompetitor atau ISP lain dikarenakan ketidakpastian kapan internet di rumah mereka dipasang akibat ODP penuh? Apakah itu tidak dihitung? Apakah selalu seperti ini prosedur pelayanan IndiHome, yang notabene ISP plat merah?

Di tengah banyak kebingungan dan pertanyaan yang ada di kepala, saya mencoba telepon call center 147 kembali pada tanggal 14 Augustus 2022, untuk menanyakan status pemasangan internet di rumah kami untuk yang kedua kalinya. Kami kembali dikejutkan oleh jawaban dan status yang diinfokan ke kami, statusnya kembali “CANCELLED“, tanpa ada pemberitahuan ke konsumen yang masih menunggu dalam ketidakpastian.

Berbekal internet handphone yang saya punya, saya penasaran apakah ada yang mengalami seperti yang saya alami? Ternyata saya menemukan BANYAK!!! Yes, banyak yang mengalami seperti yang saya alami. Apakah pihak Telkom tidak melihat itu sebagai kelemahan di sisi penjualan dan pengembangan?

Akhirnya saya berbesar hati dan mencoba registrasi kembali untuk yang ketiga kalinya, pada tanggal 14 Augustus 2022. Kali ini saya mendaftar menggunakan aplikasi MyIndiHome, dengan nomor registrasi: MYIRX-1660480216202, berharap kali ini kami mendapatkan koneksi internet di rumah kami. Melalui aplikasi MyIndiHome, akan ada teknisi yang akan melakukan pemasangan pada tanggal 15 Augustus 2022 di jam 08.00 – 12.00. Namun sampai saya menulis surat konsumen ini di jam 13.00 belum ada yang menghubungi dan datang ke rumah kami.

Saya masih berharap ada pihak penyedia layanan Internet Service Provider Telkom IndiHome melihat dan membaca surat konsumen ini, untuk menolong orang-orang seperti saya yang sangat membutuhkan koneksi internet tetapi terbentur prosedur-prosedur, yang menurut saya tidak seharusnya terjadi ke calon pelanggan.

Dengan surat ini saya hanya sharing pengalaman yang saya alami, dan tidak bermaksud menyudutkan pihak mana pun. Terima kasih.

Riza Al Fariz
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:21    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Susahnya Pemasangan Baru Internet Provider Telkom IndiHome

  • 17 Agustus 2022 - (11:19 WIB)
    Permalink

    (UPDATE 17 Augustus 2022)
    Kami sangat mengapresiasi konfirmasi dari pihak telkom 147 (call center) yang sudah menghubungi saya hari ini perihal surat pembaca yang saya tulis hari ini.
    Bapak Taufan dari Telkom 147 (call center) menghubungi saya dan menjelaskan akan mengawal pemasangan internet Indiehome dirumah kami.
    Jika ada update selanjutnya akan saya update segera.

    • 25 Agustus 2022 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Menurut pengalaman saya yang berada cukup jauh dari odp terdekat, memang perlu lapor disini dulu mas baru di urus dilapangan. Saya juga harus menulis artikel disini dulu baru diurus sehari setelah saya menulis disini mas. Semoga cepat selesai ya mas. Salam sehat untuk semuanya.

  • 17 Agustus 2022 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Kl ODP penuh biasanya validasi data dlu di odp2 terdekat, karena biasanya di sistem sama di lapangan beda data. Kl sudah penuh baru pembuatan odp baru. Dalam kabel telkom yg gede kn dalamnya ada banyak kabel2, itu jalur yg buat odp, kl sudah habis, ya solusi telkom tarik kabel gede lagi dari yg masih ada jalure, itu biayanya mahal, makanya biasanya harus pengajuan beberapa pelanggan. Telkom juga kn mengedepankan bisnis, jd kl biaya gede cuma buat 1 pelanggan ya rugi.

    • 17 Agustus 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Hi Mr

      Terima kasih sebelumnya sudah berkomentar dan memberi info atau masukan untuk surat pembaca yang saya tulis.
      Saya setuju sebagian pendapat bapak, kalau ada prosedur yang harus di jalankan untuk pemasangan baru internet indiehome ini, dan juga saya sudah menjalankan prosedur tersebut dengan cara registrasi sesuai petunjuk dan menunggu 3 hari kerja demi terlaksana pemasangan yang kami inginkan.
      untuk informasi yang kami terima dari tekhnisi pihak indiehome bahwa yang penuh itu hanya ODP bukan kabel besar (Backbond Fiber Cable) seperti yang bapak singgung.
      Fyi, untuk pengadaan ODP baru tentu nya ada perhitungan ROI (Return of invesment) dan LOI (Lost of investment), saya sangat menghargai penilaian yang dilakukan pihak indiehome, akan tetapi kenapa tidak di perhitungkan berapa banyak calon pelanggan yang beralih ke kompetitor atau ISP lain (Lost provit) dikarenakan kebijakan minimum kuota yang harus di capai untuk pengadaan ODP tersebut.
      Dan saya sangat setuju jika pihak indihome mengedepankan bisnis mereka, tapi alangkah lebih baik lagi bukan hanya bisnis yang dikedepankan di ikuti juga kepuasan pelanggan dan pelayanan, penanganan keluhan, fasilitas pelanggan, dll. (Customer Centric).

    • 21 Agustus 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      ODP dalam bahasa yg lbh gampang seperti terminal listrik yg biasanya dirumah kita ada yg isi 2,3 atau isi 5… Nah kl misal ODP terdekat dg kita berisi 50 dlm kotaknya maka hanya bs mengkafer 50 pelanggan… Dan kl itu sdh penuh kita sdh tdk bs ikut ODP trsbut… Knp operator meminta pendaftran ulang biasanya untuk mengsikapi siapa tau ada plnggn lama yg memutus berlngganan dan itu bs ditempati untuk ketempat bapak… Mungkin sperti itu yg saya tau tntang ODP

  • 18 Agustus 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    (Update 18 August 2022)
    Kami kedatangan Bapak Abes dan Bapak Iyan dari Indihome Tangsel, kami sangat mengapresiasi kedatangan pihak dari indihome untuk membantu pelanggan memberikan penjelasan mengenai problem yang sedang pelanggan alami.
    Menurut Bapak Abes dan Bapak Iyan, Internet dirumah kami akan dipasang atau di installasi paling lambat 3 hari kerja, kami sekeluarga sangat senang mendengar hal itu. semoga segera cepat ter-realisasi pemasangan internet indihome dirumah kami. dan saya akan update perkembangan nya terus di kolom komentar ini perihal pemasangan internet ini.
    Thanks

  • 18 Agustus 2022 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan: kenapa mesti tayang dulu di MK baru bisa diproses dengan lancar?
    Kalau beneran kemarin penuh, kok bisa begitu surat tayang di MK bim salabim mendadak tidak jadi penuh & ada yang kosong? LOL

    • 18 Agustus 2022 - (15:05 WIB)
      Permalink

      Hi Bapak Samuel,
      Kalau pertanyaan ini saya tidak bisa menjawab dan bukan kapasitas saya untuk menjawab hahaha..
      Semoga kedepannya akan bisa lebih baik dan cepat, tanpa harus menulis ke Media Konsumen.

  • 18 Agustus 2022 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Saran sih jangan indiehome.. kcau.. liat aja reviewnya
    Pakai swasta yg lain banyak lebih bagus

  • 19 Agustus 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Kadang pemasangan melalui sales (banyak di FB) akan lebih cepat.
    Akan dikawal dan di push oleh sales tersebut. Karena sales akan mendapatkan poit / reward jika customernya berhasil ON

  • 19 Agustus 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Ternyata masih banyak banget y yg mau pake Indihome, jaringan sering lost, klo hujan sinyal ga jelas, klo komplain yg ngeladenin robot. Saya dah lama ga pake provider ini, lebih baik pake swasta atau pake modem 4g, klo pemasangan di persulit. Saya pribadi dirumah pakai provider swasta, yg klo komplain ditangani sangat baik dan cepat selesai, dan untuk jaga2 saya juga pakai modem orbit

  • 19 Agustus 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    (update 19 Augustus 2022)
    Internet indihome kami sudah terpasang.
    Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk seluruh redaksi Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca saya sehingga di response cepat oleh pihak indihome.

  • 21 Agustus 2022 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah kalau sudah terpasang internetnya pak. Mudah²an pemasangan jaringan internet dirumah bapak oleh pihak Telkom tidak merugikan tetangga/menggeser slot pelanggan yang lain, mengingat ke ngototan bapak untuk pemasangan walaupun dua kali sudah dibilang oleh pihak 147 dicancel karena area bapak sudah penuh.
    Saya geli sama bapak lari ke ROI/LOI, Mau untung atau rugi itu urusan lain yang penting itu pelayanan internet yang di jual ke masayarakat itu bagus dan cepat, tidak pakai alasan internet down gara² kabel bawah laut digigit hiu dll. Saya sebagI mantan pemakai indihome dan kartu Halo mengucapkan selamat atas terpasangnya internet dirumah bapak. Terima kasih

    Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Susahnya Pemasangan Baru Internet Provider Telkom IndiHome

oleh Riza Alfariz dibaca dalam: 4 menit
14