Paket Berisi Xiaomi Mi Pad 5 Diterima dalam Keadaan Kosong, Penjual yang Dirugikan

Saya melakukan penjualan melalui Shopee, yaitu produk Xiaomi Mi Pad 5 pada tanggal 21 Agustus 2022, dengan nomor pesanan: 220821PSMJGG9K. Kemudian saya melakukan pengiriman pada hari yang sama, melalui jasa pengiriman SiCepat REG dengan nomor resi: 004074852591.

Berikut tampilan paket saya, baik sebelum saya bungkus maupun setelah saya bungkus dalam kardus pengiriman:

Paket saya kirimkan menggunakan SiCepat Reg. Karena di Shopee tidak ada kewajiban untuk mengasuransikan paket dan pihak pembeli pun tidak melakukan pilihan asuransi, maka saya pun mengirimkan sesuai dengan pilihan yang ada.

Kemudian paket sampai di tangan pembeli pada tanggal 24 Agustus 2022, dalam keadaan kardus ada tapi isinya kosong, unit Mi Pad dan charger hilang. Tentunya saya sebagai penjual kaget dan segera meminta video unboxing dari pembeli.

Berikut foto paket yang diterima oleh pembeli:

Video pun dilampirkan bahwa isi paket sudah dalam keadaan kosong, tanpa unit Mi Pad dan hanya ada box-nya saja. Saya langsung meminta pembeli untuk melakukan diskusi di Shopee untuk menyelesaikan masalah ini dan segera menghubungi pihak pengiriman yaitu SiCepat untuk menyelidiki paket tersebut. Berikut email saya kepada pihak jasa kirim SiCepat:

Dari pihak pengiriman SiCepat hanya disuruh menunggu 2 x 24 jam. Namun setelah 2 x 24 jam, tidak ada konfirmasi kembali kepada saya pihak penjual mengenai kasus isi paket saya yang hilang. Hari ini pihak Shopee pun telah membuat keputusan bahwa paket saya dinyatakan hilang dalam pengiriman dan dana dikembalikan sepenuhnya kepada pihak pembeli.

Sementara saya sebagai pihak penjual harus menunggu 1 – 5 hari kerja untuk mendapatkan penggantian dari pihak jasa kirim. Padahal dari awal pembelian jelas bahwa pembeli tidak melakukan asuransi terhadap barang yang dikirim, yang bernilai 4 juta rupiah, dan malah jadi saya sebagai pihak penjual yang merasakan kerugian sebesar 4 juta rupiah dikarenakan barang yang hilang dari pihak pengiriman.

Sampai saat ini, baik dari pihak Shopee yang sudah saya konfirmasi melalui call center, tidak bisa memastikan jumlah nominal yang akan diberikan kepada saya oleh jasa kirim. Pihak SiCepat pun, selaku jasa kirim yang bertanggung jawab atas kehilangan paket saya, belum ada itikad untuk menghubungi saya.

Saya sangat menyayangkan pihak Shopee yang terkesan lepas tangan dari masalah ini dan langsung mengembalikan uang sepenuhnya ke pihak pembeli. Pihak Shopee tidak mempertimbangkan keamanan dari asuransi pengiriman yang belum disediakan pihak Shopee dan risiko barang hilang dalam pengiriman oleh jasa kirim SiCepat, yang tidak ada kejelasannya. Hal seperti ini sangat merugikan penjual.

Lucy Wijaya
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Lucy Wijaya

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Lucy Wijaya dengan judul “Paket Berisi Xiaomi Mi Pad 5 Diterima dalam Keadaan Kosong,...
Baca Selengkapnya

61 komentar untuk “Paket Berisi Xiaomi Mi Pad 5 Diterima dalam Keadaan Kosong, Penjual yang Dirugikan

  • 6 September 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Saya lebih suka toko ijo karena ada pilihan asuransi baik pembeli atau penjual. Terus ada opsi asuransi tambahan atau ekstra. Dan kalau mau kirim paket gitu upayakan jangan ditulis apa yang ada dalam isi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Paket Berisi Xiaomi Mi Pad 5 Diterima dalam Keadaan Kosong, Penjual ya…

oleh Lucy dibaca dalam: 2 menit
61