Menunggu Hasil Revisi Status Kol 2 di SLIK OJK oleh Akulaku dan Bank Neo Commerce

Salam Media Konsumen.

Saya Ibu Rosilawati. Surat terbuka ini kembali saya tujukan kepada Pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku terkait status kol 2 di SLIK OJK saya pada Bulan April 2022.

Sebelum saya menulis surat ini, saya sudah menghubungi pihak Akulaku untuk mengecek riwayat transaksi pembayaran tagihan saya dan Akulaku sudah mengirimkan balasan via email (screenshot email Akulaku terlampir).

Saya pun kembali menghubungi Bank Neo Commerce dan menjelaskan hal ini.  Bank Neo Commerce memintanya bukti riwayat transaksi pembayaran saya di Akulaku. Saya kirimkan juga pada saat itu. Tetapi setelah bukti saya kirimkan, pihak Bank Neo Commerce malah kembali mengembalikan permasalahan kepada pihak Akulaku dan mengatakan bahwa akan diidentifikasi oleh Akulaku.

Jadi kesimpulannya pihak manakah yang akan merevisi status kol 2 di SLIK OJK saya tersebut? Padahal saya tidak pernah mengalami keterlambatan pembayaran di Akulaku selama ini. Mengapa saling lempar masalah antara pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku.

Perlu diketahui bahwa akibat dari  pelaporan Bank Neo di SLIK OJK yang menyatakan saya kol 2, maka saat ini Pengajuan KPR saya di Bank BTN ditolak karena penanganannya sangat berlarut-larut.

Saya merasa jadi korban dalam hal ini akibat ketidakprofesionalan pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku dalam melaporkan riwayat pembayaran nasabahnya. Setelah saya baca beberapa artikel di MK ini, ternyata banyak sekali kasus seperti yang saya alami saat ini. Saya berharap Bank Neo Commerce dan Akulaku segera menangani masalah ini karena sangat merugikan.

Rosilawati
Bandung, Jawa Barat


Update (4 Oktober 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank Neo Commerce sebagai berikut:

 


Update (11 Oktober 2022): Pihak Bank Neo Commerce kembali memberikan update tanggapan sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:4    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Rosilawati

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Rosilawati pada tanggal 10 September...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Menunggu Hasil Revisi Status Kol 2 di SLIK OJK oleh Akulaku dan Bank Neo Commerce

  • 11 September 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Kita senasib mengalami kejadian yang sama, tidak pernah menunggak di akulaku tapi status SLIK OJK Kol 2. Akhirnya pengajuan KPR di tolak.

  • 12 September 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Iya benar. Bukan kita saja yang mengalami hal seperti ini. Banyak sekali saya baca di artikel-artikel media konsumen yang kasusnya seperti saya dan Bapak Zainuri. Saya trauma dengan aplikasi Akulaku dan setelah membayar lunas sisa tagihan saya, akhirnya saya tutup permanen Akulaku. Saya heran kenapa Bank Neo Commerce tidak bisa melaporkan riwayat pembayaran kredit pengguna Akulaku dengan benar sesuai faktanya. Surat keterangan lunas dari Bank Neo Commerce ternyata tidak membantu pihak Bank BTN dalam meloloskan pengajuan KPR saya, karena status SLIK OJK lah yang diidentifikasi mereka pertama kali. Padahal kesalahan bukan pada saya. Silakan berbenah dan bertanggung jawab atas masalah ini Bank Neo Commerce.

  • 9 November 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Maaf mau tanya, kelanjutan kasus ini bagaimana ya? Saya juga terkendala persis seperti ini. Sudah hampir satu bulan bolak balik komplain ga ada kejelasan.

  • 11 November 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Pak Wahyu Roydoni, Alhamdulillah status Kolektabilitas 2 saya sudah direvisi oleh pihak Bank Neo Commerce di SLIK OJK. Karena pelapornya Bank BNC, maka yang harus melakukan perbaikan juga ke OJK yaitu Bank OJK dengan cara saya meminta pihak Akulaku menghubungi dan “mengurusi” pelaporan riwayat tagihan saya yang tidak sesuai tersebut. Lumayan lama prosesnya karena pihak Bank Neo juga meminta bukti riwayat pembayaran tagihan saya di Akulaku yang terhitung lancar itu. Setelah mereka mengidentifikasi kesalahan mereka, maka segera diperbaiki slik OJK saya. Harus terus diemail ke dua belah pihak (Akulaku dan Bank Neo) Pak agar masalahnya cepat ditangani.

    • 18 November 2022 - (15:04 WIB)
      Permalink

      Maaf bu, berapa lama ya kira-kira? Sudah satu bulan ini saya follow up namun respon BNC selalu template akan menunggu pihak Akulaku. Sedangkan Akulaku saling lempar antar divisi

      • 21 November 2022 - (17:22 WIB)
        Permalink

        Slik OJK saya dihapus oleh Bank Neo Commerce setelah diproses kurang lebih satu bulan Pak Whyroy. Itupun setelah saya up lagi surat terbuka saya ke MK dua kali. Akulaku menelpon saya dan saya sampaikan keluhan saya ini. Saya sedikit tegas kepada mereka minta pihak Akulaku mengonfirmasikan kesalahan pencatatan Bank Neo Commerce di SLIK OJK saya tersebut. Pihak Akulaku menjanjikan permasalahan saya sudah diteruskan ke pihak Bank Neo Commerce oleh Akulaku. Saya juga aktif mengirimkan email ke pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku. Mengirimkan bukti riwayat pembayaran tagihan saya selama ini di Akulaku yang tidak pernah terlambat. Akhirnya pihak Bank Neo Commerce mengirim email kepada saya bahwa SLIK OJK saya sudah direvisi juga melampirkan data SLIK OJK saya. Jadi saya bisa mengecek langsung status kol 2 saya yang sudah tidak ada lagi atau sudah diperbaiki.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Menunggu Hasil Revisi Status Kol 2 di SLIK OJK oleh Akulaku dan Bank N…

oleh Rik dibaca dalam: 1 menit
7