Pembatalan Sepihak Pesanan “Flash Sale” Mitra10

Pada tanggal 10 September 2022, saya melakukan pembelian barang berupa Teka Kompor Gas Oven 4 Tungku 60Cm FS66F 4G, pada event Flash Sale. Saya sudah melakukan pengecekan stok ke toko dan barang ready.

Saya melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran pada hari itu juga via BCA Virtual Account. Saya sudah melakukan konfirmasi pembayaran ke toko dan bersiap untuk ambil unit. Namun 1 jam sesudahnya, saya mendapat pemberitahuan bahwa order dibatalkan dengan alasan salah input harga, dan uang pembayaran dimasukkan ke kredit.

Apakah mungkin toko sekelas Mitra10 bisa ceroboh begitu? Bagaimana tanggung jawabnya? Kenapa dengan mudah membatalkan pesanan? Tentu ini sangat merugikan konsumen.

Muh Zaenal Mutaqin
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mitra10:
[Total:47    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Pembatalan Sepihak Pesanan “Flash Sale” Mitra10

  • 14 September 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    “Apakah mungkin toko sekelas Mitra10 bisa ceroboh begitu?”

    Sangat mungkin, karena kebanyakan SDM di negara kita memang kurang berkualitas dan sering ceroboh.
    Jangankan di Mitra10 aja. Di perusahaan yang lebih besar pun banyak kecerobohan SDM yang merugikan perusahaan dan orang lain.

    5
    4
  • 14 September 2022 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Harusnya yang bertanggung jawab itu yang salah input harga bukan konsumen yang dikorbankan.
    Sudah banyak kasus flash sale dibatalkan dengan alasan salah input harga, kita jadi berasumsi flash sale itu hanya tipu2 untuk menaikkan view dan kunjungan toko..

    10
    • 14 September 2022 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Manusia tak ada yang sempurna padahal ciptaan ALLAH SWT 🙏 apalagi cuma mitra 10 atau 100😍aggab saja belum beruntung toh juga uang kembali meski bukan ke rekening BCA

      2
      7
    • 15 September 2022 - (16:15 WIB)
      Permalink

      Setahu saya kalau ada kesalahan harga, maka harga yg berlaku adalah harga yg dipublish ke konsumen. Ini sudah dijamin di UU perlindungan konsumen.

      Maka dari itu, di semua toko ritel sudah disepakati jika terjadi perbedaan harga, maka yg berlaku adalah harga yg di rak (yang dipublish ke konsumen).

      Sy sudah pernah mengalami di TIP TOP, saat itu harga di rak lebih murah dari harga di kasir, maka saat itu diputuskan pakai harga yg di rak.

      Coba laporkan mitra10 ke BPKN RI (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) via email (bisa cari di Mbah Google). Itu cara paling ampuh berseteru dgn perusahaan besar.

      Semoga membantu

  • 14 September 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Ceroboh atw ga tetap saja faktanya merugikan customer. Lagi pula kesalahan dari pihak Mitra10, seharusnya tetap mereka harus bertanggung jawab. Kalau menurut saya lebih baik berfikir ini penipuan untuk menarik customer dengan iming2an hadiah / potongan harga.

    • 14 September 2022 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Apakah itu memang salah input atau apapun itu, yang jelas telah merugikan konsumen, apalagi uang tidak masuk kembali kerekening bank konsumen, tapi masuk saldo kredit, biasanya saldo kredit tidak bisa diuangkan tapi harus dibelanjakan,

  • 14 September 2022 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Bukannya di riteil modern berlaku hukum “Customer berhak mendapatkan harga termurah” jika terjadi selisih harga antara label price dan system, termasuk didalamnya perbedaan harga promo. Jika itu kelalaian system/perusahaan dalam menetapkan harga harusnya bisa selisih harga dibebankan kepd perusahaan. Jika itu kelalaian karyawan,misalnya lupa ganti labelprice/promo,maka akan menjadi beban karyawan selisihnya (kalao customernya ttp ngotot beli & tega sih, kalo saya sih ga akan tega).
    Pelayanan customer berhak mendapatkan harga termurah adalah salah satu cara utk menjaga loyalitas dan kepuasan konsumen.

  • 14 September 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Alasan kesalahan input bisa diterima atas dasar kemanusiaan, tapi tanggung jawab MITRA 10 perlu dipertanyakan, gara2 tertarik FLASH SALE gaji untuk karyawan di nomor 2 kan, begitu dibatalkan refound tidak semudah saat transfer ke MITRA 10, perlu waktu dan prosedur.

    • 15 September 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Memang pak, kadang dibuat kesal dgn hal2 spt ini, spt yg sy alami juga dgn voucher MAP yg katanya tanpa expired date sy senilai 1.5jt secara tiba2 pihak MAP mengexpiredkan voucher tsb banyak pemegang voucher lainnya yg vouchernya diexpiredkan juga oleh MAP dan protes tp tdk digubris, kadang perusahaan cuma mikir untung sesaat tp tdk memikirkan nama baik perusahaannya.. klw dlm kasus bpk msh lumayan uang balik kembali walaupun jelas pasti kecewa, klw kasus yg sy alami jelas sy kehilangan 1.5jt gara2 kebijakan arogan dari MAP yg semena-mena..

  • 14 September 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwkwk, lagi lagi korban flash sale.
    Hari gini kok msh percaya sama flash sale, apalagi kalau barang mahal jd murah. Alhasil kena prank

  • 14 September 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Sekelas samsung aja banyak yg mengeluh flash sale di batalkan sepihak, maka yg namanya flash sale dengan harga tidak wajar rata² hanya untuk menarik trafik pengunjung tidak niat menjual dengan harga yg tertera di flash sale, harusnya event flash sale itu di gunakan untuk promosi bukan niat menjual jadi perusahaan manapun tidak merasa rugi, kalau yg di fikirkan penjualan ya rugi terus

  • 14 September 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Bohong kalau salah input harga…. saya pernah beli scooter city harga normal 18jtan dan waktu itu ada promo cuma 7jtan yg katanya hanya berlaku 12jam.. saya langsung order dan transfer , tapi pesanan dibatalkan setelah 3jam alasannya ada kesalahan system.. saya chat fihak penjual katanya tidak membatalkan , saya chat dan email CS katanya waktu saya order ada kesalahan system tapi tidak dijelaskan detail.. dan pengembalian dana juga berbelit 3hari baru dana kembali

  • 14 September 2022 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Sangat tidak profesional tinggalkan saja toko model seperti itu. Indomaret saja jika terjadi selisih harga antara kasir dan rak ikut yang terkecil kalau kita komplen.

  • 15 September 2022 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Apakah mungkin?
    MUNGKIN
    karena di indonesia ini 3 kata ini ajaib.. yg berduit lgs belanja yang kere lgs ngutang… Apa 3 kata itu? “Diskon” “Promo” dan “Flash Sale” biarpun ga masuk akal harganya lgs dikejar dan dibayar.. bahkan mgkn ga butuh barangnya tp lgs hype abis kalo kata indomie wkwkwk.. akibatnya ya seperti penulis ini.. kena hype flash sale e-commerce 🤣🤣🤣

 Apa Komentar Anda mengenai Mitra10?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Sepihak Pesanan “Flash Sale” Mitra10

oleh mutaqin dibaca dalam: <1 menit
16