Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google dan Mengganti Pulsa Saya

Saya ucapkan terima kasih kepada XL, yang telah memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa terpotong lagi oleh layanan berbayar Google dan mengganti pulsa saya yang terpotong secara tidak sah. Ini tulisan klarifikasi untuk surat pembaca saya yang berjudul “Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi” dan surat pembaca saya yang berjudul “Menunggu Itikad Baik XL“.

Saya juga punya saran kepada pihak XL, cobalah sesuatu yang tidak sesuai itu jangan dibilang sudah sesuai. Dulu waktu pulsa saya terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data, kalian bilang sudah sesuai, padahal tidak sesuai. Untung saja yang bagian pulsa terpotong oleh SMS banking dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif, kalian tidak bilang sudah sesuai.

Sekedar informasi tambahan untuk semuanya, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, XL memblokir SMS konten dari nomor saya. Itu membuat nomor saya tidak bisa membeli layanan berbayar Google, karena layanan Google termasuk SMS konten. CS sendiri yang bilang jika XL melakukan blacklist SMS konten itu akan membuat nomor tidak bisa membeli layanan berbayar Google.

Hal itu juga yang membuat saya salut sama XL dan AXIS, karena bisa memblokir SMS konten, operator lain saya lihat tidak bisa. Mungkin ada yang bertanya kenapa SMS konten tidak diblokir menggunakan fitur blokir yang sediakan hp? Saya jawab memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang disediakan hp, tidak membuat pulsa aman dari SMS konten. Harus operator yang melakukan pemblokiran atau fitur yang disediakan operator.

Mungkin ada yang bertanya juga, kenapa memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang di sediakan hp tidak membuat pulsa aman dari SMS konten? Karena kalau yang memblokir SMS konten fitur blokir yang disediakan hp, yang diblokir itu SMS dari nomor SMS konten, bukan SMS kontennya.

Paham atau tidak? Saya kasih contoh SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet. Memblokir SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet tidak membuat pulsa aman dari internet, karena yang diblokir itu SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet, bukan internetnya.

Dulu jika XL/AXIS memblokir SMS konten dari nomor telepon, XL/AXIS memblokir semua SMS konten dari nomor telepon. Bukan cuma satu, semuanya di blokir, termasuk layanan mereka sendiri, yaitu RBT. Bahkan SMS banking pun ikut diblokir juga.

Walaupun saya agak sedikit kecewa kalian mengubah kebijakan seenaknya, layanan berbayar Google tidak lagi diblokir tanpa melakukan pemberitahuan kepada saya. Namun saya bersyukur kalian memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa lagi terpotong oleh layanan berbayar Google.

Saya juga agak kecewa kalian melakukan pengecualian pada layanan berbayar Google di fitur kontrol pulsa. Meskipun sebelumnya itu kebijakan kalian adalah jika SMS konten di blokir dari nomor telepon, maka layanan berbayar Google ikut diblokir dari nomor telepon. Tentu saja kalau yang melakukan pembelian layanan berbayar Google nomor telepon, pakai pulsa di nomor telepon.

Saya harap kalian mengembalikan kebijakan kalian yang dulu, jika SMS konten diblokir dari nomor telepon, maka nomor telepon jadi gak bisa membeli layanan berbayar Google. Itu sekedar saran dari saya. Semoga diimplementasikan di fitur kontrol pulsa, bukan hanya memblokir kembali layanan berbayar Google dari nomor saya. Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon. Jangan kalah dengan lock button AXIS.

Fajar Firdaus
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan XL Axiata:
[Total:16    Rata-Rata: 2.4/5]

75 komentar untuk “Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google dan Mengganti Pulsa Saya

  • 14 September 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    @Kata, sekarang minta diblokir, besok-besok minta dibuka blokir, bolak-balik gak jelas. Cuma pakai 1 nomor XL dengan pulsa pas-pasan, ribut seantero Nusantara. XL sudah ganti pulsa Anda, besok-besok beli lagi layanan google berbayar dan komplain lagi, minta ganti pulsa lagi. Haduuh. Pelanggan seperti ini mending XL blokir aja nomornya sekalian. Kalau gak bisa beli pulsa jangan berlagak beli langganan berbayar, ntar dipotong pulsa komplain, komplain dan komplain. Jadilah orang yang hidup tanpa menyusahkan diri sendiri, apalagi orang lain.

    8
    15
    • 14 September 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      gw gak akan minta buka blokir layanan berbayar google, lagian, gw gak pernah minta buka blokir layanan berbayar google ke xl.

      15
      10
    • 15 September 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Bro jng nasehatin dia,percuma hidupnya sudah susah makannya dia nyusahin oranglain juga.
      Xl aja yang bodoh ngapain di balikin itu pulsa,dah tau nanti bakalan ada komplen lg dr dia.aturan kacangin aja smpe dia bikin narasi di MK 5biji

      3
      14
      • 15 September 2022 - (12:37 WIB)
        Permalink

        gw tidak akan komplain masalah pulsa gw yg terpotong oleh layanan google kalau xl tetap memblokir layanan google dari nomor gw. lagian, jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, nomor gw emang gak bisa beli layanan google. mana gw tahu layanan google gak diblokir lg dari nomor gw. kalau gw tahu, gw pasti akan berhentiin percobaan youtube premium sebelum di perpanjang. kan biasanya kalau gw coba youtube premium gratis, di perpanjangan tertolak meksipun pulsa mencukupi karna layanan berbayar google sudah di blokir dari nomor gw oleh xl.

        11
        1
      • 12 Oktober 2022 - (00:08 WIB)
        Permalink

        langkah xl melakukan ganti rugi itu langkah yg benar, salah xl kenapa itu layanan berbayar google gak di blokir dari nomor telepon sama xl? coba kau pikir pakai logika, misal lu pengguna xl, pembelian di google play sudah di blokir dari nomor telepon oleh xl, tiba2 xl tidak memblokir lh pembelian di google play tanpa pemberitahuan tanpa persetujuan, siapa yg salah?

    • 17 September 2022 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Kalau XL dari dulu memang suka ganti pulsa pelangan kerena kadang kita tidak ada niat langangan jadi langganan .saya pernah di ganti pulsa saya tapi kerena saya tak ada langgana RBT potongan per Minggu .ya di ganti sama XL …terahir kali saya pakek nomor XL 2016 .saat itu saya mau ganti layana XL ke 4G tapi jawaban CS di panbill mall Batam sangat menyusahkan saya .dan alhasi kartu saya buang di depan TOKO CS dan aneh nya nomor saya sampai sekarang masih axtib .dengan nomor hp .0819-2726-2505 .padahal kurang lebih 3 th saya pakek kartu itu .ya kerena memberatkan saya untuk register 4G sampai sekarang tidak pakek kartu XL lagi

    • 3 Oktober 2022 - (16:31 WIB)
      Permalink

      zubir@ lu lihat konteks sebelumnya layanan berbayar google sudah di blokir oleh xl. harusnya gak bisa memotong pulsa dong. di sini jelas xl yg salah, lu mau nyalahin penulis, otak lu sehat?

    • 18 Oktober 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      nama bagus zubir, tp otak si zubir di taruh di dengkul. jelas2 xl salah gak memblokir lg pembelian di google play, tp mata si zubir itu buta.

    • 29 Oktober 2022 - (00:53 WIB)
      Permalink

      si zubir gw lihat komen di mk lebih memihak pada perusahaan daripada konsumen. mau konsumen benarpun di mata zubir konsumen yg salah, perusahaan yg benar. otak si zubir kayaknya di taruh di dengkul.

  • 14 September 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    “terimakasih XL telah memblokir kembali layanan berbayar google, tapi saya akan tetap beli layanan google ya, tolong ya tagihan nya diblokir terus, tanpa sebab aja saya gituin XL, hahahahahahahaha”

    5
    5
  • 14 September 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    sedikit ralat tulisan “Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon.” di ralat jadi “Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon, sms”. admin mediakonsumen menghapus tulisan sms di kata2 “Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon, sms”

    6
    5
    • 15 September 2022 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Wah..besok-besok saya juga mau complen kl smpe pulsa saya kepotong xl.
      Tinggal bikin narasi di MK aja๐Ÿ˜
      Nyontek aja si kata ini nulis,balik dah pulsa.
      Kl ngk di gubris bikin smpe 2-3x.
      Lumayan gratisan aplk+pulsa balik

      2
      7
      • 15 September 2022 - (13:34 WIB)
        Permalink

        emangnya layanan berbayar google sebelumnya sudah di blokir dari nomor lu? kalau gak sah, operator harus melakukan ganti rugi. kalau sah, gak usah di ganti. gak sah itu kaya gimana contohnya? misal kuota utama internet masih ada, tp pulsa terpotong oleh internet, itu gak sah, operator wajib ganti. apakah gw pernah mengalaminya, kuota utama internet masih ada, tp pulsa terpotong oleh internet? pernah, tp kagak masuk mk, gw protes secara privat ke operator dan di ganti, mereka melakukan pengecekan kuota utama internet masih ada, tp pulsa terpotong oleh internet, di ganti sama mereka.

        dengar, yah, gw tidak akan protes masalah pemotongan pulsa yg sah di nomor gw, tp kalau gak sah, gw akan protes. lu lihat atau tidak konteksnya sebelumnya nomor xl gw itu gak bisa beli layanan google karna xl sudah melalukan blacklist global di nomor gw. mereka sendiri yg bilang bahwa layanan berbayar google itu termasuk sms konten. gw tes emang gak bisa, layanan konten berbayar apapun gak bisa di beli oleh nomor gw.

      • 5 November 2022 - (02:11 WIB)
        Permalink

        sok aja lu buat molen. emangnya nomor xl lu sudah diblacklist global? lu nyinyir, tp gak lihat kontes bahwa sebelumnya pembelian di google play sudah di blokir, tp sama xl gak di blokir lg pembelian di google play tanpa persetujuan konsumen dan tanpa pemberitahuan ke konsumen. otak itu pakai, yah? kalau xl tetap memblokir pembelian di google play, pulsa gak akan terpotong oleh google play.

    • 16 September 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      …kata penguna?
      Dulu jika XL/AXIS memblokir SMS konten dari nomor telepon, XL/AXIS memblokir semua SMS konten dari nomor telepon. Bukan cuma satu, semuanya di blokir, termasuk layanan mereka sendiri, yaitu RBT. Bahkan SMS banking pun ikut diblokir juga.

      Seumpama nomer yg dipake untuk daftar M-banking/aplikasi online lainya, trjdi idikasi pembobolan, tidak ada layanan SMS, tdk ada pemberitahuan, tdk dikirmnya kode otp bahaya banget

      • 16 September 2022 - (09:45 WIB)
        Permalink

        sms notifikasi dari bank yg tidak memotong pulsa gak di blokir kak. kode otp yg gak memotong pulsa jg gak di blokir kak.

      • 16 September 2022 - (10:01 WIB)
        Permalink

        makannya saya sekarang pakai bank digital, nomor xl saya gak bisa nerima kode otp berbayar, jangankan nerima, pulsa terpotong oleh kode otp berbayar aja gak bisa. kode otp gratis, masih bisa nerima. maksud kode otp berbayar itu kode otp yg di bayar pakai pulsa. kalau pembayaran lain, itu lain lg ceritanya. sms notif dari bank yg dibayar pakai pulsa, tentu diblokir sama xl, tp sms notif dari bank yg dibayar pakai uang di rekening, gak diblokir sama xl. paham atau tidak?

        anda tahu rbt axis dulu di blokir dari nomor axis saya, nomor axis saya gak bisa beli rbt berbayar, tp masih bisa beli rbt gratis. paham atau tidak? coba berpikir pakai logika, kenapa yg bayar saya gak bisa beli, tp yg gratis saya bisa beli? kira2 apa yg diblokir?

        3
        1
    • 21 September 2022 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Buat CS XL ataupun provider yg terkait akan lebih bagus jika setelah mengganti pulsanya. Identirasnya aja yg diblokir gpp kehilangan satu konsumen yg bisanya nyusahin kayak gini doank. Mental gratisan pengen mewah.
      Dah jelas kesalahan sendiri daftar biaya langganan tapi gk mau keluar budget.

      2
      6
      • 21 September 2022 - (07:04 WIB)
        Permalink

        woi bocah, lu lihat gak konteksnya itu layanan berbayar google sudah di blokir dari nomor si penulis sama xl? sebelumnya jg nomor xl si penulis gak bisa terpotong pulsa oleh layanan berbayar google. mana si penulis tahu xl tiba2 tidak memblokir lagi layanan berbayar google.

        2
        1
      • 21 September 2022 - (08:20 WIB)
        Permalink

        coba kakak bayangkan, kakak pakai xl, layanan berbayar google sudah di blokir sama xl dari nomor xl kakak, cs udah kasih tahu pulsa di nomor xl kakak tidak bisa terpotong oleh layanan berbayar google, kakak coba beli pakai pulsa, dan ternyata gak bisa terpotong. kakak coba yg gratis bisa, tp di perpanjangan pembayaran tertolak, tidak bisa motong pulsa, terus tiba2 pulsa bisa terpotong oleh layanan berbayar google karna layanan berbayar google sudah gak di blokir lagi sama operator tanpa memberitahu pada kakak sebelumnya, siapa yg salah?

        4
        1
      • 7 Oktober 2022 - (14:10 WIB)
        Permalink

        salah gw? salah xl yg tidak memblokir lg layanan berbayar google dari nomor xl gw tanpa memberitahu saya sebelumnya. layanan berbayar google itu sebelumnya sudah di blokir dari nomor xl gw, sebelumnya pulsa di nomor gw itu gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. udah gw coba berkali kali gak bisa. coba otak itu di pakai.

        coba gw tanya ke lu, misal lu punya atm , atm lu hilang, lu lapor ke cs bank, terus cs bank kasih info ke lu atm bank lu sudah berhasil di blokir, besoknya ada transaksi tarik uang lewat atm lu yg sebelumnya sudah di blokir sama bank, lu protes kenapa masih bisa tarik uang lewat atm, padahal sudah di blokir? bank alasan katanya hari ini atm lu sudah gak di blokir lg tanpa memberitahu lu sebelumnya, siapa yg salah?

      • 7 Oktober 2022 - (15:10 WIB)
        Permalink

        nama kardus otak kardus. lu lihat atau tdk konteks bahwa sebelumnya xl sudah memblokir layanan berbayar google? lu lihat atau tidak konteks bahwa sebelumnya pulsa gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google? coba lu pikir, layanan berbayar google sebelumnya sudah di blokir sama xl dari nomor konsumen, lalu tiba2 layanan berbayar google gak di blokir sama xl tanpa memberitahu konsumen, kira2 siapa yg salah? xl yang salah.

      • 18 Oktober 2022 - (22:36 WIB)
        Permalink

        kardus, menurut gw xl yg salah, kenapa pembelian di google play gak di blokir lg sama xl tanpa memberitahu si penulis, tanpa persetujuan si penulis? jelas2 xl yg salah, lu malah nyalahin si penulis? otak lu itu dengkul, yah kardus? oh iya, nama lu kardus, otak lu jg kardus.

      • 5 November 2022 - (02:13 WIB)
        Permalink

        ini lg si kardus kayaknya gak baca dengan benar deh surat klarifikasi ini. yang salah itu xl bodoh karna tidak lagi memblokir pembelian di google play tanpa persetujuan konsumen dan tanpa pemberitahuan ke konsumen.

  • 14 September 2022 - (17:46 WIB)
    Permalink

    dia minta blokir dia bayar pake pilihan pulsa yang udah jelas2 dia minta blokir

    besok masukin lagi nomor xl nya buat beli layanan google play dengan kebijakan baru langganan google play sebagai alat bayar, bukan layanan konten terus minta balikin lagi karena peganganya adalah nomor udah diblokir buat google play karena lupa unsubscribe, lama2 kamu yang diblokir nomornya sama google gak boleh beli layanan google play pake tuh nomor ๐Ÿ˜„

    ibaratnya mau enak tapi gak mau bayar

    6
    5
    • 7 Oktober 2022 - (22:55 WIB)
      Permalink

      apa salahnya pakai metode pembayaran pulsa meskipun sebelumnya layanan berbayar google sudah di blokir oleh xl dari nomor telepon? gak ada yg salah memanfaatkan blokir layanan berbayar google dari nomor telepon, pulsa kan harusnya gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google.

    • 18 Oktober 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      busan2, lu jg sama bodohnya dgn yg lain. gak ada yg salah coba pembelian di google play meskipun sebelumnya pembelian di google play sudah di blokir sama xl. itu kan bisa di katakan sebagai pengetesan berfungsi dgn baik atau kagak? otak lu di taruh di mana? jangan2 di dengkul lg.

    • 2 November 2022 - (21:44 WIB)
      Permalink

      siapa yg salah, siapa yg di salahkan. jelas2 salah xl yg seenaknya kagak lagi memblokir pembelian di google play.

  • 14 September 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    xl itu aneh tahu, pembelian paket internet pakai pulsa gak masuk riwayat transaksi aplikasi myxl, bahkan ganti rugi atas pemotongan layanan berbayar googlepun gak masuk riwayat transaksi aplikasi myxl. tolong perbaikan lg riwayat transaksi aplikasi myxl.

    2
    4
  • 15 September 2022 - (05:39 WIB)
    Permalink

    asik dapet pengembalian pulsa plus perpanjangan youtube premium, mantappp๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • 17 September 2022 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Nyoba youtube premium, metode pembayaran pakai pulsa XL. Lupa stop langganan setelah masa percobaan berakhir, pulsa dipotong ngeluh ke operator dan dibalikin lagi. Kayanya yang salah keyboard hp nya tuh!! #MentalGratisan

    1
    5
    • 17 September 2022 - (10:00 WIB)
      Permalink

      lu lihat konteksnya, sebelumnya layanan berbayar google itu sudah di blokir sama xl. sebelumnya pulsa di nomor gw itu gak bisa terpotong oleh layanan google. emangnya nomor lu sebelumnya udah di blacklist global?

    • 3 Oktober 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      hai ab, apakah sebelumnya layanan berbayar google sudah di blokir oleh xl? lu harus lihat bahwa layanan berbayar google sebelumnya sudah di blokir oleh xl. jadi wajar di protes kalau layanan berbayar google msh bisa motong pulsa di nomor xl.

    • 9 Oktober 2022 - (03:12 WIB)
      Permalink

      ab@ di ganti karna emang salah xl. coba pikir pakai logika, xl memblokir layanan berbayar google dari nomor telepon xl konsumen x, pulsa di nomor telepon xl konsumen xl gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google meskipun mencukupi, cs jg udah kasih nomor telepon jadi gak bisa melakukan pembelian di google play, eh tiba2 xl tidak memblokir lg layanan berbayar google dari nomor telepon xl konsumen x tanpa memberitahu konsumen x tanpa persetujuan konsumen x, pulsa di nomor telepon xl konsumen x jadi terpotong oleh layanan berbayar google, kira2 siapa yg salah? kalau lu logis, harusnya lu jawab xl yg salah.

    • 18 Oktober 2022 - (22:40 WIB)
      Permalink

      bukan lupa stop langganan, emang biasanya gak di stop langganan karna sudah di blokir itu pembelian di google play sama xl. harusnya pembayaran tertolak. lu jangan mengabaikan fakta bahwa sebelumnya xl sudah memblokir pembelian di google play dari nomor si penulis ab.

    • 5 November 2022 - (02:20 WIB)
      Permalink

      ab, nalar lu nalar anak sd, yah? kalau xl tetap memblokir pembelian di google play, pulsa gak akan bisa terpotong oleh google play. salah xl yg tidak lagi memblokir pembelian di google play tanpa persetujuan pelanggan tanpa memberitahu ke pelanggan. otak itu di pakai coba, jangan taruh di dengkul.

    • 12 November 2022 - (11:16 WIB)
      Permalink

      gw kagak lupa stop langganan, emang biasanya gak gw stop langganan youtube premium karna biasanya otomatis akan berhenti sendiri tidak peduli pulsa gw cukup atau kagak. lu asal aja nuduh gw lupa stop langganan, kalau menyalahkan gw itu pintar dikit napa ab.

    • 18 November 2022 - (23:14 WIB)
      Permalink

      ab, tahu darimana lu si penulis lupa stop langganan? bisa jadi sengaja gak di stop karna biasanya akan berhenti dgn sendirinya karna pembelian di google play sudah di blokir sama xl

    • 9 Oktober 2022 - (03:16 WIB)
      Permalink

      gw sih sama sekali gak salut, masalah pulsa yg terpotong oleh layanan berbayar google di nomor telepon xl penulis yg sebelumnya di blacklist global harusnya xl bertanggung jawab tanpa perlu menulis di mk.

    • 10 November 2022 - (03:40 WIB)
      Permalink

      gw sih kagak salut, cs xl tidak kompeten. kalau kompeten, harusnya pemotongan pulsa oleh google play di nomor xl yg sebelumnya sudah di blacklist global, gak perlu masuk mk untuk dapat ganti rugi.

  • 19 September 2022 - (21:05 WIB)
    Permalink

    mana nih netizen yg bilang “Setahu saya operator tidak bisa blokir autodebet google pay. Kecuali pengguna sendiri.” kagak nongol di surat pembac ini? gw yakin tuh netizen yg bilang kalau baca tulisan ini, pasti malu banget itu.

      • 3 Oktober 2022 - (22:42 WIB)
        Permalink

        ahmad@ gw jg gak suka sama si dimas, sok tahu bilang operator gak bisa blokir autodebit google pay, padahal kenyatannya ada operator yg bisa blokir autodebit pulsa oleh google pay.

    • 3 Oktober 2022 - (16:34 WIB)
      Permalink

      lu sedang ngomongin si dimas, yah? dia pasti kabur, gak berani komen lg atau jangan2 si dimas gak baca surat pembaca ini?

    • 3 Oktober 2022 - (22:32 WIB)
      Permalink

      mana berani dia komen di surat pembaca ini, udah malu kali karna tahu xl bisa memblokir layanan berbayar google. wkwkwkkw

    • 3 Oktober 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      di mk gak ada fitur tag, yah? kalau ada gw mau tag si dimas, biar kebuka sekalian pikirannya. setahu di dimas kan belum tentu sesuai dgn kenyataan. kayaknya dia gak baca surat pembaca ini atau baca, tp gak berani komen karna sudah terlanjur malu. ahhahaha

    • 14 Oktober 2022 - (18:54 WIB)
      Permalink

      riska, gak akan berani komen di suratpembaca ini, pasti malu dia. sok tahu, sok pintar, sok ngajarin. orang kaya gitu banyak

    • 8 November 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      udah pasti malu, sudah salah, sok tahu lg. gw jg kesal baca komen si dimas, batu orangnya.

  • 15 Oktober 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    update
    harusnya surat klarifikasi yg saya tulis ini judulnya bukan terima kasih xl yang telah memblokir kembali layanan berbayar google karna yg gratis jg ikut di blokir sama xl, harusnya saya kasih judul “Terima kasih xl yang telah memblokir kembali pembelian di google play” terus terang sebelum surat klarifikasi ini terbit, saya gak tahu yg gratis jg ikut di blokir sama xl. saya kira yg bayar di blokir, yang gratis gak ikut di blokir karna saya melakukan pengetesan membeli youtube premium seharga 59 ribu sebelum surat klarifikasi ini terbit, saya gak melakukan pengetesan beli yg gratis.

    Beberapa hari kemudian setelah surat klarifikasi ini terbit, saya coba beli yg gratis, ternyata yg gratis jg ikut di blokir. dulu sistemnya gak gitu, yang gratis kagak di blokir, yang bayar di blokir. kayaknya xl sengaja yg gratis jg ikut di blokir agar saya gak beli yg gratis pakai nomor xl saya. tentu saja kalau saya pakai metode pembayaran lain, saya masih bisa coba youtube premium gratis meskipun akses internetnya menggunakan nomor xl yg sudah di blokir dari pembelian di google play.

  • 10 November 2022 - (04:13 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai pun masih rame netizen saling berkomentar menyalahkan. Kasian kasian.

    • 11 November 2022 - (02:12 WIB)
      Permalink

      salahkan netizen yg menyalahkan penulis, sudah jelas xl yg salah, malah menyalahkan penulis

  • 18 November 2022 - (02:27 WIB)
    Permalink

    dari surat pembaca ini saya jadi makin yakin bahwa netizen di kita itu banyak yg gak punya otak.

  • 18 November 2022 - (23:39 WIB)
    Permalink

    dimas xl bisa memblokir pembelian di google play. ayo dong komen, apa jangan2 lu gak baca lg

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan XL Axiata?

Ada 75 komentar sampai saat ini..

Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google โ€ฆ

oleh Kata dibaca dalam: 2 menit
75