Permintaan Pemblokiran Rekening Penipu Lambat Ditanggapi

Pada tanggal 8 September 2022, saya hendak melakukan pemblokiran rekening terduga penipu melalui email Bank BRI (callbri@bri.co.id). Karena sebelumnya saya ditolak ketika melaporkannya melalui cabang BRI. Setelah mengikuti prosedur, dengan melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan pada laporan terduga penipuan, saya mendapat balasan bahwa laporan sedang diproses.

Tanggal 14 September 2022, saya mendapat balasan setelah menanyakan perihal laporan saya melalui email, yang mana saya diminta untuk melampirkan surat bilateral bank pengirim (bank saya). Setelah mengurus surat bilateral di Bank BCA, saya segera mengirimkan foto surat tersebut ke email contactbri@bri.co.id sesuai instruksi.

Saya juga selalu mengecek secara berkala melalui email callbri@bri.co.id untuk progres laporan. Akan tetapi aneh, dikarenakan setiap saya menanyakan laporan tersebut saya selalu mendapatkan balasan yang sama, yaitu saya diminta untuk mengirimkan surat bilateral. Padahal saya sudah mengirimkan surat bilateral beberapa kali.

Akhirnya pada tanggal 22 September 2022, saya memeriksa melalui WhatsApp BRI (saBRIna) dan menanyakan laporan tersebut. Ternyata nomor laporan tersebut sudah tidak ada.

Saya sangat kecewa kepada pelayanan Bank BRI, yang mana tindakan mereka seperti membenarkan sang terduga penipuan. Sampai saat ini pihak bank bahkan belum memberikan kejelasan terkait laporan tersebut.

Bintang
Medan, Sumatera Utara


Update (27 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari oleh Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:91    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Bintang

Sebelumnya perkenankan kami menyampaikan turut prihatin atas kejadian yang Bapak Bintang alami. Terkait dengan laporan yang Bapak Bintang sampaikan pada...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Permintaan Pemblokiran Rekening Penipu Lambat Ditanggapi

  • 26 September 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    setiap disuruh transfer uang oleh penipu langsung main transfer aja ni orang.
    sampai 7 kali loh. ini lagi mabok apa gimana??
    jangan malu bertanya bang. ditransferan pertama dan kedua harusnya udah curiga. tanya dong teman atau keluarga yg paham kartu kredit.
    hadeh….sdm kira org indo memang payah…

    15
    • 26 September 2022 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Itulah kenapa ada istilah malu bertanya sesat dijalan. Jangan sungkan buat datang ke kantor cabang banknya dan tanya secara rinci ke CS nya perihal pembuatan CC. Kalo ga minimal browsing dulu di internet seputar pembukaan kartu kredit

  • 26 September 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Giliran udah ketipu gini malah Bank yg disalahin, sampe dimasukin ke Media Konsumen. Minta ditangani cepat. Dipikir gak ada proses investigasi untuk pengembalian dana antar bank.
    Please be smart brodi….. Udah tahun 2022.

    7
    1
  • 26 September 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    pembuatan kartu kredit “GRATIS” , tdak ada biaya macam-macam. andai pun mau kasih uang cape seiklasnya saja ke marketing/sales yang membantu.

  • 26 September 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnye, ini TS udh pernah punya kartu kredit ape beloman??.. soalnye ini terlalu sangatttt bodoh, mana ade ngebuat kartu kredit harus transfer ke bank pembuat CC untuk pembuatan CC,.. sampe “7 kali berturut2”??.. lah malah skrng nyalahin banknye.. 😅

    6
    1
    • 26 September 2022 - (11:54 WIB)
      Permalink

      kali ini aye setuju dgn ente, penulis sangat2 bodoh, lugu, polos, semua jd satu

      7
      1
    • 26 September 2022 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Namanya surat bilateral ya dari kedua bank, pengirim sama penerima. Lagi juga masa ngirimnya begitu sih, cuman difoto doang mana nama filenya gitu.

      Yg bales email kan ga cuman satu orang.

      4
      1
  • 26 September 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    mau bikin kartu kredit kok sampe berkali2 transfer?? aduh kelewatan deh ini mah

    4
    1
  • 26 September 2022 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Keterlaluan pak kalau lebih dari 3x.
    BJB Syariah atau bank manapun tdk meminta uang apapun dalam proses pembuatan CC .

    Saya aja ditawarin sama marketing CC BJB Syariah. Tp ogah ah, ngeri 😂.

    Btw itu BJB Syariah di kota medan kan ada. Kenapa gak minta konfirmasi ke kantor itu atau datangi gitu lho sebelum transfer ke si penipu a.n Gunawan ini.
    Ya minimal telepon dl ke KCU Bjb syariah medan nanyain bener apa enggak.

    3
    1
  • 26 September 2022 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Mungkin selama ini ts apply kartu kredit d tolak bank dmn2..lalu Ada yg bisa lgs ts sangat bersamangat

    4
    1
  • 26 September 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    semoga yang lain bisa bijak berkomentar, untuk tidak menhujat penulis goblok bodoh.
    Penulis sudah kena musibah, apa salahnya anda2 bapak-bapak ibu-ibu terpelajar. lebih sedikit bersimpati kepada seseorang yang terkena musibah.

    semoga penulis mendapat segera mendapat solusi.

    11
    1
    • 28 September 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dg komentarnya sdr PM ini…setidaknya berusahalah untuk sedikit lebih bijak,karena tidak semua orang terlahirkan menjadi orang cerdas,bahkan untuk menjadi cerdaspun tentu butuh proses dan pembelajaran.Terima kasih.

  • 26 September 2022 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Weleh2 sypun geleng2 kepala deh. Kebodohan anda telah merepotkan bank. Sejak kapan bikin CC disuruh bayar ini itu. CC hanya ada biaya tahunan kalau dapat baru bayar di tagihan

    5
    2
    • 26 September 2022 - (14:30 WIB)
      Permalink

      G ad seorangpun yg bs meminta bank untuk memblokir rekening seseorang. Meski penipu sekalipun. Bank akan memblokir klo ad tindakan dr kepolisian

      2
      1
  • 26 September 2022 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Mungkin kebanyakan nonton YouTube nya pak Rio sapa itu yg bahas2 kartu kredit, jadi termotivasi punya kartu kredit, dan Anada tau buat kartu kredit tu gak mudah

    • 28 September 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Betul bang…kayaknya mas Bintang ini belum layak untuk punya kartu kredit…
      Kalaupun nanti sudah berhasil punya kartu kredit,khuatirnya nanti malah semakin banyak masalah yg timbul dalam masalah finansialnya mas Bintang ini.

    • 26 September 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Mati aja lah Elo bro… Sebegok itukah anda bro? Klo mmg sebegok itu, lebih baik mati aja sekalian bro, kasihan hidup mu itu bro…

      1
      4
  • 26 September 2022 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Secara finansial jika dinilai mampu, dan memiliki npwp serta lolos bi checking, bank yg akan getol hubungi dan menawarkan kartu kredit, gratis! Jika sblmnya pernah apply dan ditolak terus, artinya anda belum dipercaya (atau memang memiliki record hitam pinjaman laennya). Ga ada namanya sistem calo gitu. Dugaan saya, krn melalui semacem calo begini…. Siap2 aja akan menyusul segala tagihan dalam bentuk pinjol, dimana data diri yg anda serahkan ke pihak ketiga tsb akan disalahgunakan. Saat ini, anda belum layak ya memiliki kartu kredit… Masih mending kali ini anda ditipu dana yg memang anda miliki, jika tertipu kartu kredit, bisa lebih boncos lagi dah sial masih harus cari pinjaman utk melunasi.

  • 26 September 2022 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Buset transfernya sampe…
    Btw bikin CC emang pake transfer2 ya? Gw bikin lgs jadi selanjutnya bahkan ga dibikin tp ditlp kartu sudah jadi dalam pengiriman, mohon ditunggu. Lah??? Kapan apply nya wkwkwk.. ini malah transfer berkali kali kok mau..

  • 26 September 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Seharusnya anda bersyukur belum punya kartu kredit, karena kalau sudah punya kartu kredit nominal penipuannya jauh lebih besar, bisa sampai puluhan juta rupiah. Anggap aja itu biaya belajar agar lebih hati-hati kedepannya nanti.

  • 26 September 2022 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Agak aneh ya, mau buat cc bjb syariah, tpi hrus tf dana k rek BRI, lagian skrg apply cc itu rata² bisa langsung dr website resmi bank ybs. Perihal pemblokiran rekening g semudah itu ts, klaupun anda sudah buat laporan dr pihak kepolisian, ttp hrus investigasi dlu. Dan utk rekening penipu udh pasti setiap ada dana masuk pasti pangsung ditarik uangnya. Begitu banyak penawaran cc resmi, knp g curiga sama yg harus bayar. Saran saya ikhlaskan saja uang tsb.

  • 26 September 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Bank ga bisa sembarangan blok rekening nasabah kecuali ada dalil hukumnya yg sah menurut uu
    Data nasabah kan bisa ada di pinjol, ecommerce, dll kalau gampang di blok bisa di salah gunakan atau merugikan nasabah

  • 27 September 2022 - (02:43 WIB)
    Permalink

    Iklan di facebook, kontak via wa, minta transfer dengan bermacam-macam alasan fix penipuan.
    Sebegitu besar keinginan untuk punya kartu kredit.. sampai rela transfer 7 kali.
    Padahal bikin/daftar kartu kredit bisa lewat Tokped ada banyak promonya..

    Semoga masalahnya segera selesai.

  • 27 September 2022 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Hadeeeeh , mampu transfer sebanyak itu … Mending buat sedekah lebih bermanfaat … Segitunya obsesi pengen punya CC ,. ini kalo beneran punya CC bisa lebih stress , jangan salahkan pihak Bank , pihak Bank hanya sarana kirim dan terima duit , saya doakan semoga cepat sadar dan uang yg ditipu bisa tergantikan dan jangan lupa sedekah biar berkah

  • 27 September 2022 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Klo dah urusan rekening iklasin aja… Pencuma nglapor hasilnya hanya bikin sakit hati… Sy juga ke begal rekening saya lewat BRIMO tapi dah tak laporkan ke bank BRI tempat saya buat jawabannya itu transaksi normal saya… Klo pikiran orang tolol kaya saya apa mungkin klo transfetan saya kehendaki saya laporkan… Apa gila saya… Dari kasus saya, saya mengalami kerugian hingga 121.740.000. Lapor ke kominfo juga sudah, ke polisi juga sudah tapi ya… Gak usah berharap banyak uang bisa kembali…

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Permintaan Pemblokiran Rekening Penipu Lambat Ditanggapi

oleh kaisar dibaca dalam: 1 menit
34