Sisa Saldo Tabungan Emas Tokopedia Saya Tidak Bisa Diambil

Per tanggal 21 September 2022, saya menarik Saldo Emas Tokopedia sebesar Rp1,6 juta lebih, karena akan diberlakukan penarikan biaya titipan Rp30 ribu per tanggal 29 September 2022. Namun masih tersisa saldo Rp39.952 yang tidak bisa diambil. Saya menanyakan hal tersebut ke Tokopedia Care dan disebutkan bahwa itu merupakan saldo mengendap minimum Rp40 ribu, yang tidak bisa ditransaksikan dan akan menjadi pembayaran biaya penitipan emas.

Loh, implementasi aturan tersebut diberlakukan tanggal 29 September 2022, tapi sisa saldo saya sudah ditahan untuk diambil sepihak. Bagaimana ini?

Disebutkan juga bahwa “minimum” saldo mengendap Rp40 ribu. Katanya “minimum”, tapi sisa saldo emas saya kurang dari Rp40 ribu. Saya tanya aturan adanya saldo mengendap tersebut berlaku per tanggal, bulan dan tahun kapan? Karena sejak awal saya registrasi untuk membeli/menyimpan emas di Tokopedia, saya pastikan sama sekali tidak ada aturan Saldo Mengendap Minimum Rp40 ribu. Jika ada aturan tersebut dari awal, saya tidak akan membeli/menyimpan saldo emas di Tokopedia.

Jawaban dari Tokopedia Care adalah “akan berlaku mulai tanggal 29 Maret 2022”. Kenapa aturan tersebut dipaksakan dan dibuat-buat??? Sama sekali tidak ada konfirmasi dari Tokopedia terkait aturan ini dan tidak ada persetujuan dari saya selaku pengguna/pemilik saldo emas.

Jika ada itikad baik dari Tokopedia, maka kembalikan sisa saldo Rp39.952 saya atau dipindahkan ke akun GoPay saya segera. Saya sudah memberikan waktu 3×24 jam sebelumnya, tapi diabaikan. Semoga dengan ditayangkan keluhan saya melalui surat pembaca Media Konsumen, bisa menjangkau masyarakat untuk lebih berhati-hati/saya tidak menyarankan penggunaan layanan Tokopedia Emas.

Terima kasih kepada tim Media Konsumen atas support-nya. User Tokopedia: Sanjaya.

Rahmat Sanjaya
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Sisa Saldo Tabungan Emas Tokopedia Saya Tidak Bisa Diambil

  • 28 September 2022 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Percuma, sudah dilaporkan ke TokopediaCare tapi tidak ada solusi (sudah ada bukti capture lapor ke TokopediaCare kok, malah komen di sini minta untuk saya DM). Sebelumnya sudah diberi waktu 3×24 jam tapi tidak direspon, terpaksa lapor ke Media Konsumen agar Masyarakat tidak mengalami hal seperti saya. Tuntutan saya sudah jelas karena sisa saldo tersebut merupakan hak konsumen, jika tetap tidak dikembalikan yah semoga berkah lah ya cara-cara negatif seperti ini dipakai!

    6
    12
    • 29 September 2022 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Lagian ya, yang kasi aturan kan Pegadaian, kenapa Tokopedia yg disalahkan?
      Mau nabung emas di Shopee pun, Pegadaian tetap menahan 0,05 gram dan membebankan 30rb per tahun.
      Kalo ga mau bayar, mending nabung di Pluang sebelahnya

      14
      1
      • 29 September 2022 - (13:24 WIB)
        Permalink

        Terima kasih komentarnya.

        1. Saya sbg konsumen hanya terkait dgn Tokopedia.

        2. Clear sejak awal saya registrasi (jauh sebelum tanggal 29 Mar 2022) untuk membeli/menyimpan emas di Tokopedia, tidak ada aturan Saldo Mengendap Minimum Rp40 ribu (jika ada aturan tersebut dari awal, saya tidak akan membeli/menyimpan saldo emas di Tokopedia).

        3. Jawaban dari Tokopedia Care adalah “akan berlaku mulai tanggal 29 Maret 2022” (detail capture yang saya cantumkan di Surat Pembaca). Sama sekali tidak ada informasi atau konfirmasi aturan Saldo Mengendap ke saya dari Tokopedia (lain hal utk aturan biaya titipan 30rb yang berlaku mulai tanggal 29 Sept 2022, saya cantumkan dalam isi Surat Pembaca).

        4. 3×24 jam laporan saya tidak ada solusi, terpaksa keluhan saya sampaikan melalui Surat Pembaca Media Konsumen dan dampaknya “pagi ini sudah ada itikad baik dari Tokopedia untuk mengembalikan hak konsumen, terima kasih. Khusus untuk tim Media Konsumen, barakallah dan sukses selalu”.

        Jika sudah jelas Alhamdulillah, jika belum berkenan tidak masalah.

        2
        8
        • 30 September 2022 - (06:36 WIB)
          Permalink

          Betul.
          Saya setuju dgn Surat yg dibuat ini. Sy dulu tdk ada niat Nabung Emas di Tokped. Cuma karena kadang pembayaran di Tokped itu Pecahan, dan ada penawaran pembulatan ke Tabungan Emas Pegadaian, jadilah saya bulatkan kesitu.
          Aturannya berlaku per 29 Sep 22, tapi kenapa sudah diberlakukan tahan Saldo sebelum tgl tsb. Bbrp hari sebelum tgl 29 Sept jg saya mau tarik, tp malah ditahan jg. Disuruh reg ke Kantor.

          Yg komen nyuruh ke Peluang jg kita tdk tau nantinya, apa akan ada aturan jg seperti ini.

          Mending nabung sendiri, kalo sdh cukup baru beli fisiknya. Simpan dirumah

          1
          1
        • 5 Oktober 2022 - (13:12 WIB)
          Permalink

          Saya juga ngalami jadi gini Loh bang, tokped hanya menyediakan sarananya saja.. yg bermain itu pegadaiannya.. saya pribadi udah dapet info via email udah lama malah beberapa bulan yg lalu langsung dari pegadaiannya.. setelah kurang lebih 1 bulan baru ada notif dari tokped, bahkan disarankan migrasi ke peluang dengan alasan sudah tidak terkait secara langsung, ada biaya kene-ketonya, dan bahkan ada resiko dana hangus atau tertahan jika tidak segera perifikasi sampai tgl (lupa) ke pihak pegadaiannya. Udah lama mungkin 2 atau 3 bulan lalu kayanya. Saya tarik aja semua, sebagian pindah ke peluang, alhasil sama nyangkut 39rb sekian. Jadi kalau mau di labrak ya Sono mending k pegadaiannya aja bisa tutup buku sekalian.

  • 28 September 2022 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Produk Pegadaian yang bikin aturan ya Pegadaian. Member Gold Prestige juga, berarti sudah daftar offline di kantor Pegadaian. Tanya saja langsung ke yang punya produk,Tokopedia cuma jual produk.

    9
    2
    • 29 September 2022 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Harusnya yg dimaki itu pegadaiannya, kenapa bikin aturan kek gitu, wkwkwk..

      10
      2
  • 29 September 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Sy plg males lihat produk beginian di seantero marketplace. Kek gini efek sampingnya soalnya fisik gak ada.

    Mending nabung dikit2 di celengan/box mini trs beli di toko emas mulai dr 0.5gr juga ada.

    11
    • 29 September 2022 - (10:04 WIB)
      Permalink

      Benar. Kalau invest emas mending beli yg ada fisiknya daripada hanya sekedar angka2 digital.

    • 29 September 2022 - (10:12 WIB)
      Permalink

      Tergelitik baca komen ini. Bulan lalu rumah mama saya kemalingan. 90 gram emas beliau habis digondol maling. Abis itu saya nyaranin mama, mending beli emas digital di pegadaian aja, jadi yang dipegang buku rekening emasnya, karna takut kejadian lagi. Sempet mikir coba kemarin mama ngga nyimpen emas fisik sebanyak itu di rumah, coba kalo belinya emas digital aja, yah tapi mungkin emang bukan rezeki kami. Jadi saya rasa apapun pilihannya ada resiko masing2.

      9
      1
  • 29 September 2022 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Pagi ini sudah ada itikad baik dari Tokopedia untuk mengembalikan hak konsumen, terima kasih. Khusus untuk tim Media Konsumen, barakallah dan sukses selalu.

    5
    8
  • 29 September 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Sama saya jga gak bisa diambil 40rb an… Kapok beli emas di Tokopedia, titip emas kok bayar. Lah kan saya mau untung , situ jga untung kan.. sama aja kaya nabung uang di bank ada adminnya tpi kecil .. lah ini cuma punya emas 0.5 gram jga dihitung 40rb..

    • 30 September 2022 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Betul.
      Pdhal Pegadaian jg udah ambil untung dr Selisih jual beli. Masih ambil untung lg dari Konsumen yg beli. Bikin Aturan per tgl 29 Sept, tp dana sudah ditahan sblm tgl tsb

  • 29 September 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Aneh itu kan emas digital yg tak bukan bukan emas fisik berwujud yg harus dibebankan biaya penitipan..
    Di Pluang, Dana emas bisa ditarik semua tanpa sisa

  • 30 September 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Cek email dan notif tokped dong. Ane punya tabungan ini dr taun lalu, semenjak ada pemberitahuan akan ada biaya tahunan langsung aneh pindah kesebelah. Semudah itu…

 Apa Komentar Anda mengenai Tabungan Emas Tokopedia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Sisa Saldo Tabungan Emas Tokopedia Saya Tidak Bisa Diambil

oleh Sanjaya20 dibaca dalam: 1 menit
22