Refund Dana di Lazada Tidak Kunjung Diterima

Pada tanggal 9 September 2022 saya membeli TV LG UP7550PTC 50 Inch UHD 4K TV di Lazada dengan nomor pesanan 950012358885195 seharga Rp.5789.000. Namun karena sesuatu hal saya mengembalikan produk tersebut dan pengembalian saya disetujui oleh Lazada.

Pada tanggal 21 September pukul 10.05 produk tersebut sudah diterima oleh Lazada, dan di hari yang sama pukul 13.10 Lazada meninjau pengembalian dana saya. Kemudian setelah menunggu beberapa hari akhirnya pada tanggal 25 September 2022 pukul 05.09 Lazada memproses pengembalian dana saya. Dan dikatakan bahwa estimasi pengembalian dana saya sekitar 2 sd 5 hari kerja. Sehingga seharusnya pada tanggal 30 September saya sudah menerima dana pengembalian saya.

Namun sampai dengan surat pembaca ini dibuat yaitu 1 Oktober 2022 pengembalian dana belum juga saya terima. Saya sudah konsultasi dengan live agent Lazada berkali kali. Saya juga sudah melampirkan bukti mutasi rekening saya dari tanggal 21 September hingga 30 September 2022 dan memang terbukti bahwa pada rentang hari itu tidak ada transfer masuk dari PT. Ecart Eebportal Indonesia/Lazada. Tapi jawaban dari live agent tidak menyelesaikan permasalahan yang saya alami.

Kemudian saya meminta bukti transfer dari PT. Ecart Webportal Indonesia /Lazada kalau memang mereka merasa sudah mentransfer dana ke rekening saya, namun mereka tidak kunjung mengirim bukti transfer ke saya. Malah saya diminta untuk menunggu 3×24 jam kembali.

Tolong kepada manajemen Lazada agar mengembalikan dana saya, saya sudah menunggu sesuai dengan aturan yang Lazada buat yaitu 5 hari kerja. Saya harus menunggu berapa lama lagi agar mendapatkan kembali hak saya?

Revir
Tangerang, Banten


Update (4 Oktober 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Lazada sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:5    Rata-Rata: 4.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Refund Dana di Lazada Tidak Kunjung Diterima

  • 1 Oktober 2022 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Pembeli kadang2 suka seenaknya kembalikan barang ke penjual tidak mikir kalo itu sudah jadi barang bekas disini yang dirugikan penjual Karena sulit untuk jual kembali, wajar uangnya dipermainkan….

    4
    1
    • 3 Oktober 2022 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Saya mengembalikan dengan alasan yang jelas dan diterima oleh lazada dan lazada setuju dengan pengembalian produk ini, penjual adalah lazmall, bukan seller mitra lazada.
      Produk sama sekali belum saya buka,segel pun blm saya apa apakan,bukti videonya jg ada.

  • 1 Oktober 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Pembelian dibatalkan dan barang dikembalikan dengan alasan “karena suatu hal”.

    Jika barang dibeli dari gudang marketplace dan pihak marketplace setuju pengembalian dana, maka lihat estimasi pengembalian dana disini:

    https://www.lazada.co.id/helpcenter/berapa-lama-waktunya-saya-terima-uang-dari-pengembalian-dana-5792.html?spm=a2o4j.helpcenter.top-articles.7.471b755bcprjLU

    Jika barang dibeli dari mitra seller dan pihak marketplace setuju pengembalian dana, maka pengembalian dana mungkin sama dengan alasan pembatalan oleh TS, yaitu “karena suatu hal” maka estimasinya juga suka-suka seller.

    Di setiap nota pembelian sudah umum kalimat “barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar/dikembalikan”. Ketentuan tersebut tidak berlaku jika barang yang dikirim tidak sesuai, ada kesepakatan dengan seller, atau karena klaim garansi.

    • 3 Oktober 2022 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Sudah mas, berdasarkan tabel ini seharusnya maksimal 5 hari kerja dana saya terima ,
      Pengembalian dana saya menggunakan bank transfer.
      Sampai hari ini 3 oktober 2022 pun belum saya terima pengembalian dananya.

      Alasan pengembalian “karena sesuatu hal” bukan alasan sebenarnya, itu hanya satire saja.
      Karena memang tidak ada pilihan pengembalian karena alasan itu di lazada.

  • 3 Oktober 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Hari ini senin 3 oktober 2022 sekitar jam 14.00 pengembalian dana saya senilai Rp 5.789.000 telah saya terima di rekening saya.
    Dengan ini saya nyatakan bahwa permasalahan ini selesai.
    Terimakasih kepada Mediakonsumen.com dan tim yg telah memfasilitasi saya dalam hal ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Refund Dana di Lazada Tidak Kunjung Diterima

oleh revir dibaca dalam: 1 menit
7