Surat Lunas dari BNI yang Belum Juga Keluar Setelah 3 Tahun

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini. Nama saya Daniel, dan saya adalah pemegang 3 kartu kredit BNI dengan nomor 4665 7400 **** 8859, 5241 2500 **** 3362, dan 1 kartu lagi saya lupa nomor kartunya, karena kartu tersebut hilang terselip.

Sebelumnya saya memang mempunyai tunggakan pada ketiga kartu kredit BNI saya tersebut, dikarenakan kondisi perekonomian saya yang sempat jatuh. Pada sekitar tahun 2017, seorang staf Collection BNI bernama Aqi*** Setiawan, menghubungi saya dan menawarkan program keringanan untuk pelunasan kartu kredit saya.

Kurang lebih selama satu setengah tahun, saya mencicil pembayaran kartu kredit tersebut, sehingga pembayaran sesuai nominal yang disepakati untuk ketiga kartu kredit tersebut saya lunasi sekitar tahun 2019. Oleh staf tersebut, saya dijanjikan bahwa surat lunas dari BNI akan segera diproses dan akan dikirimkan ke email saya dan juga melalui alamat rumah.

Karena kesibukan pekerjaan saya, saya baru menyadari pada bulan Juli 2020 bahwa surat lunas belum saya terima. Saat itu saya pun kembali menghubungi Ibu Aqi*** menanyakan perihal surat lunas tersebut. Melalui percakapan WhatsApp, Ibu Aqi*** menyatakan surat lunas sudah dikirimkan ke alamat rumah dan email yang terdaftar di BNI. Saya pun meminta surat tersebut dikirimkan ulang ke alamat email yang saya sebutkan dalam percakapan WhatsApp tersebut.


Pada bulan September 2020, Ibu Aqi*** kembali menghubungi saya dan meminta saya untuk mengirimkan KTP untuk proses penerbitan surat lunas. Di sini menandakan bahwa setelah 1 tahun, BNI BELUM MENERBITKAN SURAT LUNAS SAYA.


Dikarenakan kesibukan saya, saya pun terlupa untuk follow-up kembali perihal surat lunas tersebut. Pada bulan September 2022, saya mendapatkan informasi bahwa berdasarkan SLIK OJK, saya tercatat masih mempunyai tunggakan di BNI.

Pada tanggal 12 September 2022, saya pun menghubungi Unit Collection BNI (021-50834600) dan menanyakan perihal tunggakan di BNI, sedangkan saya merasa sudah melunasi. Saya juga menanyakan mengapa sampai saat ini surat lunas saya belum juga diproses oleh BNI.

Oleh admin yang menerima panggilan saya, di dalam sistem tercatat saya sudah membayar tagihan saya, akan tetapi karena saya pelunasan dengan diskon, ada hal yang belum dihapuskan secara sistem sehingga menghambat penerbitan surat lunas saya. Dan juga orang yang sebelumnya menangani akun saya (Aqi***) sudah resign dan tidak ada kelanjutan setelah staf tersebut resign. Pengajuan penghapusan oleh admin tersebut dijanjikan segera diproses dan maksimal 14 hari surat lunas sudah keluar.

Sore itu, seorang dari tim collection BNI bernama Bu** Mul**** menghubungi saya untuk meminta saya mengirimkan KTP ke alamat email beliau, sebagai syarat untuk penerbitan surat lunas. Sore itu juga saya kembali mengirimkan KTP kepada pihak BNI, karena pertama kali, sudah saya kirimkan pada September 2020.

Pada tanggal 27 September 2022, saya kembali menghubungi BNI, untuk menanyakan proses penerbitan surat lunas saya, karena sudah 14 hari. Oleh admin disampaikan surat lunas masih dalam proses, dan 14 hari yang dimaksud adalah 14 hari kerja (sebelumnya tidak dijelaskan maksimal 14 hari kalender atau 14 hari kerja). Saya pun meminta kepada admin untuk disampaikan kepada Bapak Bu** agar surat lunas saya bisa diterbitkan sesuai dengan waktu yang sebelumnya disampaikan.

Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022, saya kembali menghubungi collection BNI untuk menanyakan progress surat lunas saya sampai di mana, karena 14 hari kerja, akan jatuh esok hari. Di situ saya dihubungkan kepada Pak Bu** Les****, dan oleh beliau disebutkan bahwa surat lunas masih dalam proses. Beliau juga menyebutkan bahwa proses surat lunas itu paling cepat 14 hari, dan paling lama 3 bulan (berbeda dari yang sebelumnya dijelaskan kepada saya).

Hal yang ingin saya garis bawahi di sini kepada BNI:

  1. Saya sudah melunasi tagihan saya dari 2019, mengapa tidak segera diproses surat lunas saya, di mana hal itu adalah HAK SAYA SEBAGAI NASABAH!
  2. Apakah tidak ada SOP dan SLA standar dari BNI apabila nasabah sudah melunasi tagihannya, surat lunas harus segera diproses?
  3. Saya sudah menunggu 3 TAHUN, MENGAPA SAYA MASIH HARUS MENUNGGU SAMPAI 3 BULAN UNTUK SURAT LUNAS TERSEBUT??

Saya tunggu respons dan tanggung jawab BNI!

Daniel Christian
Jakarta Timur


Catatan redaksi (diperbarui 8/10/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Penjelasan BNI Tentang Surat Lunas dari BNI yang Belum Juga Keluar Setelah 3 Tahun.

Menanggapi keluhan Bapak Daniel Christian di www.mediakonsumen.com pada tanggal 7 Oktober 2022 berjudul “Surat Lunas dari BNI yang Belum Juga...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Surat Lunas dari BNI yang Belum Juga Keluar Setelah 3 Tahun

  • 14 Oktober 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    siang, mau nanya waktu itu dapat program keringanan apa?
    Apakah ada diskon? atau bagaimana?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Surat Lunas dari BNI yang Belum Juga Keluar Setelah 3 Tahun

oleh Daniel Christian dibaca dalam: 3 menit
1