Kualitas Kredit Menurun Karena Tidak Terima Kartu Kredit Perpanjangan dari BCA

Saya adalah pengguna pasif kartu kredit BCA, sehingga saya tidak menyadari masa aktif kartu saya sampai Maret 2022. Selama ini saya memang hanya sanggup membayar minimum, tapi rutin dan memang di akhir tahun baru akan saya lunasi total tagihan.

Sampai e-statement bulan Juli, status kualitas kredit saya masih LANCAR dan saya masih membayar minimum. Namun saya kaget, di e-statement bulan Agustus 2022, saya harus membayar minimum dengan nominal yang sama dengan nominal total tagihan (saat itu saya masih belum tahu apa penyebab tagihan berubah).

Saya yang saat ini ada dalam kondisi kesulitan sudah jelas belum mampu membayar total tagihan tersebut. Akhirnya pada tanggal 9 September 2022, saya telepon HaloBCA dan saya baru tahu bahwa nominal tagihan minimum saya berubah jadi nominal total tagihan, karena kartu saya expired. Saya lebih kaget lagi ketika diinfokan bahwa pada tanggal 1 Maret 2022 ada pengiriman kartu perpanjangan, tapi tidak terkirim karena saya cuti. Padahal jelas saya ada di alamat tertera dari pagi-sore. Mengapa tidak ada telepon konfirmasi dari BCA ketika kartu ditolak?

Lalu kenapa BCA tidak ada konfirmasi perubahan tagihan dari Maret-Juli?! Kenapa mendadak tagihan saya yang diubah dan itu baru dimulai di bulan Agustus?! Kenapa saya tidak ditagih nominal total dari April, Mei, Juni, Juli (toh saat itu kartu saya sudah expired)?? Sekarang karena saya belum sanggup bayar total, akhirnya kualitas kredit saya menurun dan ini sangat amat merugikan saya yang selama ini berstatus LANCAR!

Saat di telepon, CS bilang saya bisa cicil, tapi status tetap kredit macet. Namun yang saya permasalahkan (sekali lagi) kenapa baru mulai Agustus saya ditagih nominal total? Apakah BCA sengaja agar saya tidak mendapat kartu perpanjangan sehingga sekarang BCA bisa memaksa saya membayar nominal total??

Saya bukan tidak mampu, saya mampu hanya masih nanti di akhir tahun, toh terbukti saya rela bayar minimum dan segala bunga selama ini demi menjaga kualitas kredit saya. Saya tetap setor uang ke BCA walaupun sedikit dan itu sesuai angka di e-statement.

Mohon penjelasan dari BCA. Terima kasih.

Feli Hermanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BCA:
[Total:63    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan BCA atas Surat Ibu Feli Hermanto

Menanggapi keluhan Ibu Feli Hermanto di Redaksi Media Konsumen tanggal 12 Oktober 2022 dengan judul “Kualitas Kredit Menurun Karena Tidak...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Kualitas Kredit Menurun Karena Tidak Terima Kartu Kredit Perpanjangan dari BCA

    • 13 Oktober 2022 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Ini manusia saya perhatikan setiap koment gk ada yang beres..kayak hidup dia oke oke aja

  • 12 Oktober 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    duh duhh bapak yang mampu.. bayar dulu tagihannya baru dikirimkan kartu perpanjangannya,,masa iya nunggak minta kartu perpanjangan,,,

    5
    4
    • 12 Oktober 2022 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk baca yg benar kronologinya, tgl 1 Maret BCA sudah kirim kartu perpanjangan dan status kredit saya lancar, tapi krn dikira saya cuti jadi kartu tidak saya terima. April-Juli saya bayar rutin dan kualitas kredit tetap lancar. Baru bulan Agustus mendadak berubah nominalnya dan di bulan Agustus pun status saya masih lancar. Dibaca lagi donk wkwkwk. September berubah krn saya ngotot ga mau bayar full dan sudah sempat bicara sama CS HaloBCA. Puji Tuhan akhirnya kemarin tanggal 11 Oktober tagihan saya LUNAS krn memang saldo saya selama ini cukup cuma saya ada kebutuhan lain sampai harus pilih bayar minimal + bunga. Baca yaaa beban hidup…

      7
      18
    • 12 Oktober 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Kalau saya nunggak, ga mungkin tgl 1 Maret 2022 BCA kirim kartu tanpa saya minta (saya bahkan ga pakai kartunya sampai lupa dan expired). Kalau bank sekelas BCA bisa kirim berarti saya nasabah yang tidak ada masalah. Logikanya sesederhana itu kok, Bu Beban..

      2
      14
      • 12 Oktober 2022 - (14:08 WIB)
        Permalink

        Maaf ya, hanya ingin meluruskan saja.
        Kartu kredit renewal dari kartu kredit yang expired tetap akan dikirimkan oleh bank manapun, 1-2 minggu sebelum kartu tsb expired. Entah jarang digunakan atau aktif digunakan sama saja, akan dikirimkan selama nasabah tsb belum menutup kartunya.
        Untuk kasus tagihan yang macet, ini kurang tahu, apakah bank akan tetap mengirimkan kartu renewal tsb atau di hold sampai tagihan lunas, mungkin pembaca lain ada pengalaman?!
        Dan terkait kartu renewal jg, yang follow up itu ya nasabah yang bersangkutan. Aku belum pernah denger apabila kartu renewal yang dikirim oleh bank, maka bank harus memberi kabar nasabahnya. Setahu aku selama ini, pemberitahuan apabila kartu sudah dikirim menuju alamat yang dituju ya cukup via SMS saja.
        Sedangkan untuk pembayaran minimum, ketika aku mengajukan KK jg mencentang pembayaran minimum 10%, tapi kenyataannya pernah 30% dan pernah 50% atau bahkan pernah meminta pembayaran minimum 100% dari total tagihan. Itu semua ya mungkin balik lagi ke kebijakan masing-masing bank.

        2
        2
        • 13 Oktober 2022 - (07:16 WIB)
          Permalink

          Saya baru dapat kartu renewal 2 bulan lalu..nggak dapat sms tapi ada di email..bahwa ada 1 kartu yang gagal dikirim..saya biarkan tetapi menjelang kartu saya expired saya ditelpon bca..setelah konfirmasi lagi, saya minta dikirim ulang dan tidak sampai seminggu sudah diterima..saat pengiriman ulang kurirnya konfirmasi juga

  • 12 Oktober 2022 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Ke KCU nya lgsung mas. Jgn ngandelin hallobca. Kewenangannya terbatas pasti jawabannya sesuai apa yg tertera di layar monitor dia.

  • 12 Oktober 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena bayarnya minimum berkelanjutan sehingga mempengaruhi kualitas pembayaran yang awalnya lancar jadi DPK

    • 14 Oktober 2022 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Bukan begitu. Tagihan agustus tidak dibayar jadi tagihan september kolektibilitasnya jadi DPK (dalam perhatian khusus) karena belum melakukan pembayaran 1-90 hari.

  • 12 Oktober 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Update: Bank BCA tadi sudah call saya dan akan ditindaklanjuti termasuk pengurusan renewal card. Sekian. Terima kasih

  • 13 Oktober 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Klw menurut sy bukan karena tidak terima kartu perpanjangan. Tpi karena anda nunggak telat dan bayar2 minimum. Tanda2 keuanganmu mulai tdk sehat sehat.

    3
    1
  • 13 Oktober 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Wah ramai ya hehehe. Terima kasih buat semua komentar, pro kontra tetap terima kasih.

  • 14 Oktober 2022 - (04:27 WIB)
    Permalink

    Setahu saya kualitas kredit itu tidak serta merta terupdate begitu saja. Bank akan melakukan analisis kuartal per kuartal. Karena anda selalu membayar tagihan minimum otomatis akan ada tunggakan dan tunggakan itu berbunga. Tunggakan berbunga akan berbunga kembali di tagihan berikut sampai anda melunasi total tagihan.

    Inilah yang menjadikan bank menurunkan kualitas kredit anda. Jadi mau tak mau tagihan akhir beserta bunga mencapai batas dan wajib anda bayar.

    Sebenarnya sudah banyak kasus seperti ini. Anda tinggal ke kantor cabang terdekat dan ajukan tagihan yang ada menjadi cicilan. Bila perlu ajukan cicilan tanpa bunga alias utang pokok saja. Biasanya bank akan memberikan keringanan. Tidak seperti pinjol atau paylater.

  • 16 Oktober 2022 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Sesat anda, dan sok tahu hahaha.
    Tidak ada bunga diberikan bunga kembali.
    Analisis per kuartal istilah apa ini haha.
    Kualitas pinjaman hanya dihitung dari jumlah hari menunggak. Selama tidak ada tunggakan (misal selalu bayar minimal) maka akan selamanya tetap lancar. Bunga tidak boleh berbunga, hal ini diatur pada PBI.

  • 21 Oktober 2022 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Kok bisa gitu ya? Kalo bayar minumum bisa 10% atau 15% dari tagihan, masa bisa semuanya langsung ditagihkan? Ish aneh bgt deh.

  • 25 Oktober 2022 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Terima kasih semuanya atas pendapat yang diberikan melalui kolom komentar. Kasus ini sudah selesai dengan lancar dan sangat baik. Extended credit card sudah saya terima 2 hari yang lalu. Terima kasih kepada pihak BCA baik tim CS maupun tim credit card yang sudah komunikatif dan responsif terhadap keluhan saya. Poin plus juga untuk kurir yang bersangkutan karena sudah menemui saya beberapa saat yang lalu dan meminta maaf; beliau juga yang mengantarkan credit card saya yang sudah dicetak ulang oleh BCA.

    Sukses selalu untuk BCA dan kita semua.

  • 28 Oktober 2022 - (04:04 WIB)
    Permalink

    Martin Martin….. Kalau bayar minimum otomatis masih ada sisa tagihan yang belum terbayar dan itu akan dikenakan denda berikut bunga. Kalau dalam beberapa bulan saja selalu bayar minimum, otomatis sisa tunggakan bulan sebelumnya akan selalu bertambah dan dikenakan bunga kembali. Begitu seterusnya. Dan kalau sudah terlalu sering otomatis pihak bank akan menjadi ragu dan kualitas kredit bisa menurun. Lagipula semua itu tergantung pihak bank. Jangan samakan bank dengan koperasi simpan pinjam ya Martin

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Kualitas Kredit Menurun Karena Tidak Terima Kartu Kredit Perpanjangan …

oleh Felfel dibaca dalam: 1 menit
21