7 Hari Tanpa Kejelasan dari Tokopedia dan Kurir Rekomendasinya

Pada tanggal 3 Oktober 2022 pukul 16:54 WIB saya melakukan pembelian 1 unit hp di Tokopedia. Setelah pembayaran berhasil, unit langsung dikemas oleh seller dan seller mengajukan request pickup pukul 17:05.

Saya tidak tahu kalau proses pengiriman menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia, karena saya hanya checkout dan memilih pengiriman reguler. Setelah resi diproses, keluarlah nomor resi: TKP01-3HRWHWX. Oke saya tinggal menunggu paket datang.

Pada tanggal 4 Oktober 2022 pukul 18:05, saya dikabari seller bahwa paket belum di-pickup. Di sini saya baru menyadari kurir rekomendasi yang didapatkan adalah SiCepat. Dari pernyataan seller, ia sudah menonaktifkan SiCepat sebagai kurir tokonya karena keterlambatan yang sering dialami. Namun entah kenapa sistem kurir rekomendasi tetap memaksa menggunakan ekspedisi tersebut.

Kurir juga memberi keterangan palsu karena pada tanggal 3, tidak ada kurir yang datang ke lokasi pickup. Seller sudah mengajukan komplain melalui CS Tokopedia hingga menelepon CS SiCepat karena pemilihan kurir dan keterangan palsu dari kurir pickup.

Saya akhirnya juga menghubungi CS Tokopedia setelah lewat dari janji pickup kurir, tapi seperti biasa, jawabannya tidak menjawab apa-apa. Seakan-akan tidak ada yang bisa dilakukan oleh Tokopedia walaupun sudah lewat estimasi.

Saya sengaja menunggu kemungkinan resi akan update setelah adanya komplain, ternyata sampai tanggal 6 paket saya tidak ada perubahan status. Tanggal 6 malam seller follow up ke saya dan memang tidak ada respons.

Akhirnya saya memasukkan masalah ini ke pusat resolusi. CS meminta diskusi dilakukan di sana. Setelah membuat laporan dan konfirmasi dari seller, saya lagi-lagi diminta untuk MENUNGGU selama 4 hari untuk tanggapan dari SiCepat.

Saya dan seller menunggu informasi dari kurir 4 x 24 jam, hingga pada 10 Oktober kami bertanya lagi melalui CS pusat resolusi. ANEHNYA tidak ada informasi atau tanggapan apa-apa dari CS, padahal kita sudah menunggu sesuai janji. Terlihat yang aktif berdiskusi hanya saya dan seller.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tokopedia yang tidak memberi solusi dan hanya meminta untuk menunggu. Padahal kurir rekomendasi juga dibuat oleh Tokopedia, yang mana jika ada masalah diminta langsung menghubungi Tokopedia.

Saya berkali-kali meminta untuk dibatalkan saja pesanannya karena terlalu lama menunggu tanpa kejelasan, tapi kembali lagi, saya diminta MENUNGGU dan BERSABAR.

Tanggal 10 malam saya kembali protes melalui CS pusat bantuan, tanggapan yang diberikan seakan-akan kembali lagi ke titik awal. Jawabannya hanya disuruh menunggu tanpa ada estimasi waktu penyelesaian sama sekali, terlihat tidak serius menangani masalah ini.

Sampai saat saya menulis surat ke Media Konsumen ini, pada tanggal 11 Oktober 2022 pukul 13:50, status tidak ada perubahan sama sekali dan tidak ada perkembangan dan respons dari Tokopedia. Saat ini saya hanya membutuhkan pembatalan otomatis dari Tokopedia jika memang tidak ada kejelasan soal kurir rekomendasinya.

Untuk SiCepat, mohon paket saya segera diproses dan segera dikirimkan ke alamat tujuan. Mengingat paket tersebut nominalnya sangat tinggi bagi saya dan saya butuhkan dengan segera. Dan mohon diperbaiki sistemnya agar tidak terjadi kendala seperti ini lagi di kemudian hari.

Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah dan jangan hanya meminta konsumen untuk menunggu tanpa kejelasan waktu. Jika sudah lewat estimasi terlalu jauh, tolong dipermudah untuk pembatalan pesanan.

Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing. Penjual dan pembeli yang paling tahu ekspedisi mana yang sesuai.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menjembatani saya untuk mengulas kekecewaan saya dengan pelayanan Tokopedia dan SiCepat.

Gayatri Putri
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Rekomendasi Tokopedia:
[Total:70    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Gayatri Putri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Gayatri Putri dengan judul “7 Hari Tanpa Kejelasan dari Tokopedia dan Kurir Rekomendasinya” pada...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “7 Hari Tanpa Kejelasan dari Tokopedia dan Kurir Rekomendasinya

  • 13 Oktober 2022 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru belanja di tokopedia, ternyata kurirnya si cepat, langsung saya batalin, kalo mau belanja di tokoped jangan pakai gratis ongkir, kalo gak mau di arahkan ke si lambat

    • 13 Oktober 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Penjual bisa menonaktifkan kurir rekomendasi. Saya seller juga di tokopedia. Memang sempat tau2 aktif sendiri padahal tidak pernah dicentang dari awal, jadi harus dicek berkala.

      • 13 Oktober 2022 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Saya seller di tokopedia
        Jika dapet orderan pengiriman kurir rekomendasi, dengan resi awal TKP
        lebih baik d batalkan dan reorder. Karena kurir rekomendasi itu memakai 2 kurir

        1. Sicepat yg tugasnya pickup dan nanti akan d serahkan ke kurir no.2 yaitu JNE

        yang lama itu adalah proses penyerahan antara kurir sicepat ke JNE
        itu yg saya alami beberapa kali.

        Pernah sampai 12 hari.
        Jadi mending reorder aja.. yg kedua pasti SICEPAT atau ANTERAJA

      • 19 Oktober 2022 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Wadduh yg lwt di beranda sy si cepat lg yg bermasalah…
        Klo caranya seperti itu pasti di tinggalkan.

  • 13 Oktober 2022 - (10:25 WIB)
    Permalink

    coba minta ke penjual untuk drop paketnya ke gerai sicepat terdekat. daripada menunggu tokopedia mengubah kurir

    2
    1
    • 13 Oktober 2022 - (20:08 WIB)
      Permalink

      Emang sicepat menejmen y amburadul, klo menurut saya sih seandai y sudah g sanggup, mendingan tutup aja perusahan expedisi sicepat y karna klo keadan y begini selalu terlambat, jelas merugikan kedua” antara seller, sama konsumen.
      Pelayanan y buruk

  • 13 Oktober 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Penjual seharusnya drop sendiri ke sicepat kalau ada kendala gak pickup daripada tunggu pickup, gak bakal datang ujungnya.

    Atau kalau sudah terlanjur begini bahkan lewat dr estimasi, buatlah chat kesepakatan batal transaksi antara penjual dan pembeli… Lalu screenshot ajukan ke topedcare. Toh barang masih di penjual. Yg lebih rugi ya pembeli karena duit nyangkut

    • 13 Oktober 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Maaf kk ini yang pickup antar aja bukan si cepat kk.. Karna klo si cepat nomor resi nyaa di awali 0030 untuk e-commerce Tokopedia..

      Mungkin area kk belum sampai oleh kurir antar aja.. Maka muncul resi ini.. Yang pickup antaraja lalu akan di teruskan kepada sicepat

      • 13 Oktober 2022 - (16:29 WIB)
        Permalink

        Hmmm… sejauh yang saya tahu TKP-XXXXXXXX itu kode booking untuk anteraja, juga untuk kurir rekomendasi.
        Hanya seller yang bisa tahu di-pickup siapa, diantar siapa ketika cetak label kirim.
        Pembeli tahu setelah tracking jalan akan kelihatannya tracking di pihak kurir yang mana saja.

        Kalo kode booking langsung 0300xxxxxx itu ya kemungkinan besar Sicepat untuk saat ini tapi tidak mungkin karena kurir rekomendasi itu pasti TKP-XXXXXXXX

        Seperti yg sudah disebutkan penulis, yg pickup info dr seller adalah Sicepat.
        Disayangkan saja seller tidak inisiatif drop di gerai. Mau kurir rekomendasi pickup sicepat atau anteraja, bisa kok drop di gerai terdekat. Kalo JNE, Lion, ID Express saya gak tahu bisa apa gak ya?

        • 19 Oktober 2022 - (19:41 WIB)
          Permalink

          Setau saya juga kalo huruf dan angka punya anteraja deh. Kalo sicepat angka semua. Kok aneh ya. Dari pada ribet batalkan aja. Pesan ulang. Minta penjual ganti label pengiriman aja

      • 13 Oktober 2022 - (21:51 WIB)
        Permalink

        TKP itu kode untuk semua kurir rekomendasi (bisa JNE/ANTERAJA/SICEPAT). biasanya dilabel yang diprint penjual tercantum nama ekspedisi yang pickup dan ekspedisi yang antar. sejak ada kurir rekomendasi memang agak aneh, yang pickup bisa SICEPAT tapi yang antar JNE dan sebaliknya

  • 13 Oktober 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Benar tuh, sellernya harus inisiatif drop paket ke gerai Sicepat terdekat. Katanya kasihan pembeli, tapi masih “santai” nunggu pickup. Apalagi saya lihat posisi sellernya ada di Tangerang, itu bukan wilayah yang jauh kemana-mana. Ya seenggaknya, kalau kurirnya males pickup, sellernya juga jangan kebangetan santai nungguin pickup.

  • 13 Oktober 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Setelah menunggu ketidakjelasan yang panjang, akhirnya Tokopedia sudah merespon untuk pembatalan pesanan. Tapi tetap mengecewakan karena proses dan pembatalan pun meleset dari janji yang diberikan Tokopedia.

    Semoga sistemnya diperbaiki lagi. Terima kasih

  • 13 Oktober 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Saya pernah order dari jakarta ke jawa timur, kena kurir rekomendasi, sampai 10 hari tidak ada kabar dan berakhir hilang, untungnya dana diganti asuransi.
    Kepada seller2 tokopedia kurir rekomendasi dinonaktifkan saja.

  • 13 Oktober 2022 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Saya sering belanja di toped pakai bebas ongkir,selama ini aman aman aja bahkan khusus si cepat malah bener bener cepat misal estimasi 3 hari…eh 2 hari udah nyampe.Trackingnya juga selalu update.Tapi kalo antar aja emang agak lambat sih dan trackingnya juga suka ga real time.Cepat atau lambat barangnya dikirim kayaknya tergantung juga kemudahan alamat pembeli.

    1
    3
    • 13 Oktober 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Sama, sy jg selalu pakai antara 2 itu krn itu yg paling murah. Bebas ongkir atau rekomendasi jg pakainya kurir tsb dan ga pernah ada masalah. Selalu sampai sehari sebelum estimasi. Bedanya cm rute pengiriman. Dr toko yg sama kl sicepat muter² dulu hubnya, kl anteraja lebih to the point. Tapi saya ga pedulikan masalah rute krn itu internal pihak ekspedisi. Bagi saya yg penting sampai, dan selama ini justru selalu sampai sehari sebelum waktu estimasi. Jd sptnya masalah TS dan bbrp keluhan serupa di MK ini tergantung oknum atau eilayah tertentu kl mnrt hemat saya

      Btw utk TS, turut prihatin ttg masalahnya. FYI, dlm status menunggu pickup itu msh ada pilihan menu pembatalan, di bagian kiri bawah, ada titik 3. Kalau tekan itu akan lebih cepat dibanding ke pusat resolusi. Uang akan masuk kembali ke dompet (menu saldo tokopedia) kita di tokped, lalu bs order ulang di toko yg sama dgn mengganti ekspedisi yg diinginkan. Sayang komen disini tidak bs menyertakan gambar agar saya berikan bukti bahwa menu pembatalan msh bs saat status menunggu kurir.

  • 13 Oktober 2022 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Pengalaman buruk juga saya alami di Tokopedia dg jasa kirim SiCepat. Pertama dan terakhir.
    Biasanya di Shopee pengiriman dg jasa kirim J&T utk kirim antar kota dlm propinsi, maksimal 1 hari sampai.
    Tapi di Tokopedia dan ̶S̶i̶C̶e̶p̶a̶t sampai 3 hari 👎👎👎

    • 18 Oktober 2022 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami beli hp di tokped dengan kurir rekomendasi, 7 hari baru nyampai. Emang ngeselin, sampai saya komplain berkali2 siang malam ujung2 nya yg bls robot. Kapok pakai kurir rekomendasi, klo belanja mending lbh teliti dgn kurir beginian. Mending pakai reguler lain nya. So pasti cek dulu jasa pengiriman.

  • 14 Oktober 2022 - (05:31 WIB)
    Permalink

    Sudah nonaktif kan saja kurir rekomendasi karena kurirnya itu pakai jasa yg ekonomis dan terkadang yg pickup misal sicepat dan ntr yg krm anteraja / JNE , alias muter2 dilemparnya soal oknum kurir yg kasih laporan palsu itu fix kesalahan oknum nya buat laporan palsu terkadang mereka sudah melewati daerah tsb sblm ada notifikasi pickup sering ngalamin kayak gini saya sbg seller tokped tp kurirnya chat saya dan wa saya untuk pickup besoknya,

    Saran aja kalau free ongkir CKP aktifkan sicepat aja atau antaraja atau JNE aja Krn JNE juga msk free ongkir tokped tp JNE gak bisa request pickup kalau di wilayah saya

    1
    1
  • 14 Oktober 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Iya sama pengalaman kurir rekomendasi bukannya bikin cepat malah makin lama dari estimasi waktu, paketnya muter2 aja disatu kota.. buat Tokopedia mending dihapus saja layanan kurir rekomendasi banyak merugikan, kejelasan pengiriman tidak jelas, pengiriman makin lama, klaim pembatalan susah.

  • 14 Oktober 2022 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Pengalaman dapat kurir rekomendasi Tokopedia pada sekitar tanggal segitu kemungkinan sistem sedang bermasalah, karena 3 transaksi dengan resi TKP tidak terlacak di sistem kurir. Tapi pihak SiCepat dan JNE juga aktif menghubungi saya melalui WA (karena di paket ada nomor saya), CS Tokped juga komunikatif dan membantu.
    Tolong Tokopedia perbaiki sistemnya karena jelas seller dan buyer berpotensi dirugikan, seller dana modal tertahan, buyer tidak kunjung dapat pesanannya yang mungkin butuh segera digunakan. Apalagi jika ada produk yang masa kadaluwarsanya cepat.

  • 14 Oktober 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Semenjak ada kurir rekomendasi, pengiriman bisa ganti kurir, dan malah bikin pengiriman jadi lama ditambah sekarang setiap transaksi ada biaya tambahan Rp. 1000.
    Tolong diperbaiki pelayanannya.

  • 15 Oktober 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Pengalaman ini hampir sama dengan saya .
    Kurir dari Si cepat jarang pick up paket maunya hanya di anter langsung ke gudangnya.
    Sangat buruk pelayanan si cepat.
    Kurir bisa memberikan notifikasi yang semau kurir seperti gagal pick up kios tutup.
    Padahal sudah saya tungguin sampai tutup tapi tidak ada yg datang.
    Dan notifikasi dari kurir gagal pick up dan akan di antar lsng oleh seller ke tempat Sicepat yg terdekat.
    Tolong dari pihak SiCepat agar lebih memperhatikan masukan dari penjual.
    Jika seperti ini terus saya yakin akan byk yang menon aktifkan kiriman melalui Sicepat.
    Terima kasih.

  • 15 Oktober 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Saya 2x pakai kurir rekomendasi tokopedia, dan 2x kejeblos, lamaaaaaa banget. dari sicepat kemungkinan tidak masuk order pickupnya kalau pakai kurir rekomendasi. kasus saya paket diantar/drop ke sicepat, eh malah dioper ke JNE, dan akhirnya proses di JNE untuk berangkat dari jakarta makan 3-4 hari, dan sampai 1 minggu baru sampai purwokerto. Padahal kalau pakai sicepat/anteraja paling 2-3 hari sampai di saya, apalagi pakai tiki bisa 1×24 jam sampai. Sudah tau JNE busuk kok masih dipakai ya? JANGAN PERNAH PAKAI KURIR REKOMENDASI TOKOPEDIA, mending belanja ditoko lain saja.

    • 19 Oktober 2022 - (09:12 WIB)
      Permalink

      Waduh saya juga sama, belanja dengan Bebas Ongkir tapi ternyata sekarang ada sistem baru yaitu Kurir Rekomendasi, yang biasanya selalu SiCepat dan sehari bisa sampai paket saya, sekarang jadi ada 2 kurir, SiCepat dan JNE, SiCepat yang akan pickup dan JNE yang mengirimkan. JNE ini BUSUK banget, saya ada paket lain juga dan terpaksa memang harus menggunakan JNE dan sudah seminggu lebih paket belum sampai, ketika dikomplain selalu disuruh menunggu tanpa kejelasan dan malah beralasan sistem sedang diperbaiki. Sepertinya akan terjadi hal yang sama juga dengan adanya Kurir Rekomendasi ini, tolong buat seller semuanya NONAKTIFKAN FITUR KURIR REKOMENDASI, karena sampah sekali fitur ini dan merugikan keduabelah pihak tentunya.

  • 16 Oktober 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Izin menanggapi yaa.. Karena saya juga sempat merasakan., jadi yg terjadi saat itu adalah “kurir rekomendasi” Ini tiba2 di alih tugaskan dari sicepat ke id express.. Dan ternyata id ekspress seperti tidak siap dengan banyaknya orderan pick up.. Dan seller tidak bisa melakukan drop barang ke ekspedisi id ekspress dikarenakan gerai id ekspress ini sangat jarang dan sulit di jangkau/ditemukan..termasuk saya sudah beberapa gerai yg tertera di gmaps saya datangi tetapi sudah tutup semua.,

  • 16 Oktober 2022 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Tokopedia seakan tutup mata perihal masalah kurir rekomendasi yang sangat bermasalah. Mungkin dikarenakan dana mengendap di tokopedia akan semakin lama, jadi bisa lebih menguntungkan. Kalau memang berpihak ke seller dan buyer tokopedia, pasti kurir rekomendasi ini sudah dihapus.

  • 17 Oktober 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama.
    Pengiriman di kota yg sama sampai hampir 7 hari.

    Alasan gk jelas… Dan satu bulan ini terulang puluhan kali, stuck di satu titik sampai berhari hari.
    Kapok saya pake si cepat.
    Di shopee sudah saya nonaktifkan.
    Tapi di tokopedia kurir rekomendasi gk bisa di nonaktifkan karena resiko bebas ongkir hilang.
    SICEPAT = SILAMBAT
    SELLER SEPERTI KAMI JUGA pengen barang cepat sampai karena ada resiko busuk. Yang kami jual espresso cair. Harusnya sesuai estimasi

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Rekomendasi Tokopedia?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

7 Hari Tanpa Kejelasan dari Tokopedia dan Kurir Rekomendasinya

oleh Gayatri dibaca dalam: 2 menit
31