Paket SiCepat Nyasar, Tokopedia Memberi Solusi Sepihak untuk ‘Klaim’

Hallo semuanya salam sehat, dan terima kasih juga untuk media konsumen telah menerbitkan keluhan ini yang ditujukan untuk Tokopedia dan SiCepat.

Kronologinya ada buyer yang membuka komplain pada tanggal 19 Oktober dikarenakan status barang sudah ‘diterima’, tapi buyer belum menerima paketnya (paket nyasar dengan nomor transaksi INV/20221016/MPL/2742024821 dan resi 003096078389.

Bisa dilihat di atas status paket terkirim kepada = ( Paket diterima oleh [ayi bds – (KRY) Karyawan ), yang bukan ditujukan kepada buyer atas nama ‘Nindy’.

Seperti biasa ketika buka komplain, makan di halaman diskusi langsung muncul balasan dari Tanya (virtual assistant) bahwa kendala akan dilaporkan ke SiCepat dan diinvestigasi 7 hari kalender yang berarti sampai 26 Oktober.

Dari tanggal buka komplain 19- 24 Oktober siang tidak ada sepatah kata pun/kemunculan admin Tokopedia di halaman diskusi, hanya saya seller dan buyer yang aktif chit chat bertukar memberi informasi dan menanyakan kabar

Sampai siang tadi tanggal 24 Oktober, saya coba chat ke CFS Tokopedia menanyakan kenapa tidak ada admin Tokopedia yang muncul di halaman komplain, tetapi jawabannya sudah ditebak yaitu hanya ‘template‘ dan disuruh ‘aktif berdiskusi’ yang nyatanya saya sebagai seller dan buyer sudah aktif di diskusi dari awal buka komplain.

24 Oktober siang chat ke CFS, tiba-tiba pada pukul 20.33 malam muncul admin dari entah berantah langsung memberikan keputusan yang sangat ‘WOW’ dan memaksakan memberi solusi hanya karena pada saat siang harinya saya minta follow up ke ekspedisi untuk komplain tersebut.

Karena menurut saya aneh, maka saat itu langsung saya telepon ke pihak SiCepat pukul 21.03 dan menanyakan status paket dari resi 003096078389. Dan nyatanya SiCepat menginformasikan bahwa statusnya MASIH DIINVESTIGASI tim SiCepat dan masih disuruh menunggu sampai tanggal 26.

Memang ada kesalahan di saya juga tidak menchecklist mewajibkan asuransi untuk produk tersebut, dikarenakan kadang ada calon buyer yang ingin order via kurir instant/sameday request untuk menonaktifkan asuransi dan saya lupa untuk mengaktifkannya lagi.

Perihal paket hilang rasanya sangat tidak mungkin, karena produk berukuran lumayan besar dan juga sudah dipacking kardus dengan dimensi 29 x 14 x 17 dan berat kurang lebih 1,5kg dan butuh setidaknya diangkat menggunakan 2 tangan.

Oleh karena itu, untuk SiCepat tolong kerja samanya agar kurir pengantar awal atas nama ‘Reza Valevie’ dan tim terkait untuk mengambil barang yang nyasar dan kirim kembali ke alamat yang benar. Hal sepele harusnya jika emang tim terkait terjun langsung investigasi bersama kurir pengantar.

Dan untuk admin Tokopedia atas nama ‘nata’, jangan langsung memberi informasi dan solusi yang berbeda semua dengan pihak SiCepat.

Christian
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:28    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Christian

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Christian dengan judul “Paket Sicepat Nyasar, Tokopedia Memberi Solusi Sepihak untuk ‘Klaim’” pada tanggal 25...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Paket SiCepat Nyasar, Tokopedia Memberi Solusi Sepihak untuk ‘Klaim’

  • 25 Oktober 2022 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Langsung komplain ke sicepat. Ada nomer wa nya. Biasanya langsung ditangani. Pernah kasus spt diatas, langsung ditangani, sehari selesai. Dan kemarin paket ngendon hampir 1 minggu tidak dikirim, saya komplain langsung ditangani di hari yg sama. Selesai.

    2
    2
    • 25 Oktober 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Uda saya tanyain via whatsapp dan telepon, jawabannya template. Pembeli pun juga uda diwhatsapp sama sicepat katanya tim OPS mau kunjungan cek alamat, tapi kata si buyer gak ada kunjungan sama sekali.

      Pihak tokopedia juga baru muncul ‘bantuannya’ langsung setelah surat ini terbit.

  • 26 Oktober 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk tokopedia telah menangani keluhan dengan baik dan permasalahan sudah beres.

    Untuk sicepat masih berjanji dengan tugasnya untuk investigasi barang.

  • 26 Oktober 2022 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg mirip dgn saya, pesan bakpia dari Medan tgl 16 Okt, prediksi 3-4 sampai di Padang, sampai tgl 21 Okt paket masih berada di Pekanbaru, bolak balik cek status dan komplain ke CS Toped, statusnya sedang diinvestigasi. Saya coba lacak via web Anteraja, per tanggal 24 Okt posisi paket ada di Jakarta Timur, heran bisa nyasar gitu. Kurirnya juga ganti, awalnya Anteraja, diganti sama Si Cepat. Status barang dinyatakan hilang oleh Toped, dana akan dikembalikan ke pembeli, butuh waktu 14 hari. Padahal nilainya cuma 55 ribu. Cukup kecewa dgn layanan kurirnya termasuk CS Toped yg pasif.

    • 27 Oktober 2022 - (06:05 WIB)
      Permalink

      Catatan: saya tidak berpihak kepada siapapun, ini pengalaman pribadi saya juga yang pernah mengalami ini dan itu murni kesalahan saya yang kurang paham.

      Itu alamat tujuannya rumah pribadi / hotel / apartemen, kalo rumah pribadi kenapa si buyer ga komplain langsung ke gerai terdekat?,

      Terus kalo tujuannya di hotel / apartemen semua kurir (semua ekspedisi) pasti paketnya diserahkan ke karyawan atau penjaganya, masa si kurir langsung asal masuk aj? Kan aneh?.

      Menurutku yang salah si buyer, kenapa komplainnya malah ke si penjual kok ga langsung ke gerai si cepat terdekat.
      Dan kenapa kok ga dicari dulu karyawan yang menerima paketnya, pastinya ada kan lobby atau resepsionis nya.

      Malah komplain, herannnnn….

      • 27 Oktober 2022 - (10:49 WIB)
        Permalink

        Tujuannya apartment gan, dan tgl 26 sudah diberesin sama tokopedia dengan asuransi pengembalian dana. Lalu ditgl 26 malam buyer konfirmasi via chat katanya barang uda ditemukan. Uda beres yang penting semuanya

  • 26 Oktober 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Klo saya jd pembeli saya akan datangi kantor sicepat terdekat lsg minta info resi sekian mana kurirnya. Menurut saya terjun lsg lbh cepat penanganannya drpd mager di rumah aja. Beberapa org mungkin mager dengan hal begituan, merasa semua sudah otomatis, merasa udah bayar sekian2, diselesaikan dgn cara yg gak menguras keringat. Tp tergantung orangnya, klo menurut saya klo emang tuh barang sangat penting ya lsg saya urus.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Paket SiCepat Nyasar, Tokopedia Memberi Solusi Sepihak untuk ‘Kl…

oleh JAMZ dibaca dalam: 2 menit
8