Tidak Pernah Melakukan Pinjaman atau Mempunyai Akun Kredivo

Pada tanggal 7 November 2022 pukul 09.42, saya mendapatkan chat WhatsApp dari customer service Kredivo yang menanyakan apakah saya melakukan pengajuan pinjaman di aplikasi Kredivo atau melakukan transaksi, dan menyebutkan nama lengkap saya Aries Budianto.

Tidak lama kemudian, dia langsung menelepon juga menanyakan hal yang sama dari semua itu, sampai ada kata-kata harus jujur. Ya saya jawab tidak pernah dan tidak pernah melakukan peminjaman dana atau proses melakukan pembelian melalui aplikasi Kredivo sama sekali.

Terkait masalah ini, saya tidak terima data saya bisa dipakai atau disalahgunakan, sehingga nama saya bisa menjadi jelek di bank atau yang lain atau menjadi masalah di BI Checking (SLIK OJK) saya. Saya minta agar pihak Kredivo bisa menghapus data saya yang ada di Kredivo, kalau memang ada datanya. Karena saya tidak pernah membuat akun Kredivo atau melakukan pinjaman atau melakukan pembelian barang melalui Kredivo.

Aries Budianto
Bekasi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 21/11/2022): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:71    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Aries Budianto

Terima kasih atas informasi yang Bapak Aries Budianto sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 20 Oktober 2022 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Tidak Pernah Melakukan Pinjaman atau Mempunyai Akun Kredivo

  • 9 November 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Itu yang mau nipu, yg jadi target mereka adalah pemilik akun kredivo. Dengan berpura-pura memberitahu ada transaksi mencurigakan.

    Untungnya TS gak punya akun Kredivo jadi mereka salah sambung.

    17
    2
    • 9 November 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Yang begitu gitu itu modus jadi kalau mendapatkan hal yang begitu dan yakin kita tidak pernah melakukan pinjaman atau kredit apapun, abaikan dan blokir mereka adalah orang orang yang tidak memiliki pekerjaan dan hanya mau untung dari enteng …

  • 9 November 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    @Pak Aries Budianto.
    Sudah dapat dipastikan kalau pengirim pesan adalah penipu Pak, karena Kredivo tidak pernah menyediakan layanan pengaduan atau bantuan melalui fitur WhatsApp, layanan pengaduan dan bantuan Krevido hanya melalui Telepon, Email dan Chat (yang ada didalam aplikasi Kredivo) diluar dari 3 fitur diatas sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah modus penipuan mengatasnamakan Kredivo.

    17
    1
  • 9 November 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    di isi chat wa tdk ada nama bapak. kynya itu spam chat, siapa tau ada yg nyangkut. ya ky sebar kail waktu pancing ikan, siapa tau dpt ikan nya

  • 9 November 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Dari pengalaman saya biasanya kredivo langsung to the point klu tagihan akan jatuh tempo dengan total sekian sekian (mengingatkan). Itu sih scam jadi abaikan saja ngab

      • 9 November 2022 - (17:25 WIB)
        Permalink

        @aries
        Itu mah orang yg mau nipu anda.
        Langsung blokir saja.
        Data bisa jadi dia pakai bekas bocoran sampel si bjorka bbrp waktu lalu..

  • 9 November 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Saya kutip:
    “…dan menyebutkan nama lengkap saya Aries Budianto.”

    Sayangnya di tangkapan layar chat tidak ada indikasi seperti itu. Entahlah apakah fakta-fakta yang TS berikan adalah benar. Saran saya, di pengaturan WA bagian Privacy, yang bisa melihat data diri diatur hanya “My Contact”. Dengan demikian, ketika ada chat “meragukan” seperti ini, TS bisa minta verifikasi nama dan alamat kepada lawan bicara.

    3
    1
    • 9 November 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      saya belum sempet bales “tidak ada” dari yg bersangkutan langsung menelepon saya dan menanyakan seperti yg saya ceritakan di atas dan langsung menyebutkan benar nama saaya serta saya di minta kejujurannya apa punya akun ata transaksi menggunakan kredivo….setelah telpon di tutup baru saya balas chat sperti itu.

      karena saya tidak pernah melakukan pinjol dari kredivo atau aplikasi yang lain ,,saya sedikit panik saat oknum tersebut tahu nama saya…dan saya buat surat disini biar ada tanggapan resmi dari aplikasinya atau kalau memang ada data saya mohon di hapus karena saya tidak pernah memakai aplikasi ini sama sekali.

      untuk saran mengenai pengaturan di wa terimakasih om infonya

      • 9 November 2022 - (17:26 WIB)
        Permalink

        Gimana kredivo mau klarifikasi kalo yang nelpon itu bukan dari mereka?

        Gimana penulis bisa “menuduh” kredivo membocorkan data kalau penulis mengaku tidak pernah melakukan pinjaman di kredivo (yang berarti tidak ada data penulis di kredivo)

  • 9 November 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pengguna Kredivo , kredivo tidak pernah kirim wa apalagi nanya nanya maslah pinjaman.Bahkan jika telat bayar cicilan cuma akun yang di bekukan tidak bisa transaksi.Itu murni penipuan hati hati !!!

  • 9 November 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Keponakan saya mengalami jelek soal kredivo yaitu setelah membayar lunas tagihan, akun nya sudah diaktifkan ada SMS nya tetapi karena di non aktifkan, di kritik di aplikasi malah akun nya dihapus secara sepihak oleh kredivo

    Malah kredivo pakai bunga yang tidak rasional dan sangat memberat kan

    Kepada pihak yang memberi ijin operasional pinjol, paylater dll selamat’bertemu di pengadilan akhirat kelak bisa menjadi tersangka kasus dampak dari pinjol, paylater dll yang menyuburkan riba abad modern

    • 10 November 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Mestinya ANDA BERSYUKUR keponakan anda tidak kena RIBA lagi. Terus selama ini anda kemana, kok bisa-bisanya keponakan anda sampe pake RIBA? ANDA kan punya kewajiban menasehati dan mengingatkan keponakan ANDA! kalau keponakan anda kesulitan keuangan, BANTU DONG…

  • 9 November 2022 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Kalau saya mendapatka pesan WhatsApp yg tidak jelas saya TIDAK AKAN MEMBALASNYA CUKUP LAPORKAN DAN BLOKIR. Soalnya saya pernah kerja spam WA blast, semakin banyak target yg membalas WA nomor saya aman tidak di blokir pihak WhatsApp.

    • 9 November 2022 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Setuju

      Kalo lagi iseng sih balas chat nya tapi jangan pernah klik link yang diberikan atau memberikan data pribadi, ntar mereka end chat sendiri kok

  • 10 November 2022 - (04:31 WIB)
    Permalink

    Jelas itu bukan akun resmi dan gak perlu diladeni. Langsung blokir dan lapor spam. Semakin diladeni dia akan semakin menjadi. Kalau tidak merasa daftar di kredivo gak perlu cemas. Gak akan ada data anda yang bocor. Itu hanya oknum yang random dapat nomor anda.

  • 10 November 2022 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Modus baru para PENIPU!!! Mereka menelepon secara acak, mengatasnamakan KREDIVO (dan Paylater2 lain secara random), jika kebetulan si KORBAN punya akun KREDIVO maka siPENIPU akan memulai aksinya dg mengatakan bahwa ada TRANSAKSI dr akun siKORBAN, jika KORBAN merasa tidak pernah melakukan TRANSAKSI tsb, maka KORBAN harus mengkonfirmasi dg memasukkan data-data yg dibutuhkan dg di bantu siPENIPU. DANNNN… ketika data-data sudah diberikan maka detik itu juga AKUN KORBAN sudah di ambil alih SIPENIPU.
    NB: Kenapa nomer PERDANA tidak dijual MAHAL saja agar PENIPU tidak mudah gonta-ganti nomer.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Melakukan Pinjaman atau Mempunyai Akun Kredivo

oleh aries budianto dibaca dalam: 1 menit
24