Kurir Menelantarkan Paket, Malas Cari Alamat dan Tidak Berusaha Menghubungi Pemilik Paket

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat ini. Adapun keluhan saya kepada kurir Anteraja, yang tidak sekali ini saja merugikan saya. Untuk masalah terbaru ini, dengan nomor resi: 10006088566289 tujuan Klapanunggal Bogor, paket dikembalikan ke pengirim di Tangerang.

Bagaimana mungkin rumah saya kosong? Sementara aktivitas saya pedagang online yang setiap hari rutinitasnya membuat packing, menerima barang, serta pickup kurir (selain Anteraja karena saya nonaktifkan). Saya cek WA pun tidak ada dari kurir Anteraja.

Seharusnya seperti ekspedisi lain, misal SiCepat, ada bukti foto jika rumah kosong dan berusaha hubungi jika kurang paham lokasinya. Apalagi di alamat saya selipkan nama tag di Google Map, semakin mempermudah pencarian.

Kronologinya, tanggal 1 November 2022, saya order di Shopee, dikirim pada hari yang sama. Tanggal 6 kurir ditugaskan ke alamat penerima dan tanggal 9 November 2022 itu keputusannya untuk dikembalikan ke pengirim. Bagaimana tidak kecewa? Saya menunggu barang wilayah Jabotabek saja lebih dari seminggu dan akhirnya paket malah diretur ke pengirim.

Sebenarnya kalau satu kendala ini saja saya maklumi, tetapi karena sudah banyak kendala sebelumnya seperti pernah barang hilang hingga 2x, barang dikembalikan ke pengirim tanpa alasan jelas, barang diletakkan di rumah begitu saja, dimasukkan ke dalam mainan anak. Jadi mulai saat ini, jika saya order di marketplace, cek dulu random gratis ongkir dapatnya apa? Jika Anteraja, langsung cancel.

Semoga dengan adanya surat ini pihak Anteraja bisa memperbaiki pelayanannya, terima kasih.

Indra Purnamawan
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:207    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kurir Menelantarkan Paket, Malas Cari Alamat dan Tidak Berusaha Menghubungi Pemilik Paket

    • 12 November 2022 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Nama juga gratong gak bisa milih makanya kurir entaraja suka seenaknya dia pikir para usernya itu para gratong

      13
      2
      • 13 November 2022 - (12:09 WIB)
        Permalink

        Kurirnya itu kurang bnyk, mknya paket pd lama terkirim ke customer.. Mknya Anterbae skrg krjsm sm grab bike yg sewaktu waktu bs ngambil orderan dr antarbae dgn adanya layanan baru pd aplikasi grab…

        • 13 November 2022 - (12:23 WIB)
          Permalink

          Kurir sekarang GK kaya dulu. Semua ada pengurangan kurir .
          Jika paket sudah berada di wilayah sekitar sebaiknya jemput paket jika serasa lama . Ada kemungkinan alamat anda salah dan no WA tidak aktif. Bijaklah dalam berbelanja online .selalu consultasi ke pihak aplikasinya .

          2
          23
        • 14 November 2022 - (17:55 WIB)
          Permalink

          Kurirnya sih banyak kak….banyak yg dikeluarin dan mengeluarkan diri, maksudnya hehe…dikeluarin tanpa ada alasan yg jelas mengeluarkan diri karena sistem kerja perusahaan yg maunya diloyalitasin aja sedangkan bayarannya minim dan itungannya ga jelas

        • 15 November 2022 - (19:42 WIB)
          Permalink

          Sudah kuduga pasti kurirnya AnterAja, karena saya pernah mengalaminya seperti kasus ini, status paket penerima tidak dapat dihubungi padahal hape saya aktif, beda ama kurir lain pasti di telpon tidak ada orang dirumah, begitu paket dikirim ke rumah saya tanya katanya kurir baru, alasan yg gak bisa diterima, pokoknya AnterAja cocoknya ditutup aja

  • 12 November 2022 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Ekspedisi BalikinAja.
    Jaminan termurah se-Indonesia.
    Kami kirim, kami balikin.

    18
    1
  • 12 November 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    2 customer sy di bogor mengalami yg sama kirim dr jakarta ke bogor dr tgl 30 okt terus 2 nov paket tiba digudang cabang bogor gak gerak2 sampai hr ini dah 12hr. Jasa kirim nya anterbae, entah stuck atau hilang gak tau, kalau hilang aneh juga kirim pot bunga gede bisa hilang.

    9
    1
  • 12 November 2022 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Memang ekspedisi ini kadang kurirnya kurang inisiatif, sebenarnya oknum sih, tapi ada juga yang mau tlp/wa. Baru beberapa hari yang lalu saya juga begitu sebagai seller di oren. Pembeli minta di kirim langsung (request pickup) sekitar jam 07.30 pakai sameday anteraja. Pembeli di kira kalau sameday udah pasti grab/Go-Jek jadi pembeli tidak cek dan ganti kurir. Yang jaga toko bukanya jam 9, tapi rumah saya di belakang toko. Kalau jalan ke toko paling berapa detik. Saya tunggu2 TLP/wa biar kalau kurir sudah depan toko saya kesitu sampe jam 10 lewat gak ada kabar, saya cek pengiriman gagal pickup jam 07.55. Kurir sudah sampe toko mungkin ngeliat tutup langsung pergi aja keterangan gagal, bukannya inisiatif telp. Mana sameday, pickup2 jam 2 siang, udah gitu paket sampenya tgl 7 harusnya sampe di hari yang sama yaitu tgl 4. Sameday rasa regular, pelanggan udah bayar ongkir 49.500 Bekasi – Jakbar. Tgl 6 akhirnya pengajuan komplain minta dana balikin, ya udah saya konfirmasi aja. Dana produk-ongkir refund ke pembeli. Setelah paket sampe di tgl 7, saya minta di bayar manual karena dana saya tidak dikirim oleh Oren karena saya konfirmasi pengembalian dana yang mana paket belum di nyatakan hilang. Untung nya pembeli mau bayar. Setelah itu sameday anter aja saya nonaktifkan, kebetulan ini kasus di saya yang pertama jasa sameday anteraja. Sebelumnya pernah juga anteraja reguler di si ijo, gak di pickup sampe 2-3 hari saya lupa. Terus saya beli di toko lain di si ijo juga kebetulan dpt nya anteraja, sama gak di pickup2 berapa hari.

  • 13 November 2022 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Namanya aja “entar aja” ya entar²an. kalo mau ya dikirim kalo males ya dibalikin

    7
    1
  • 13 November 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    aku juga riquest pick up ( karena kurir ganti ) jadi gak d ambil² sama kurir tsb dan j*t dg berbagai alasan. apalagi tertolong banget pick up itu untuk yn belum punya kendaraan. jd s oren kasih point pinalti karena gak mengirimkn pesanan tepat waktu. 😢 suka sedih siii tp ya gmn lg

  • 14 November 2022 - (04:35 WIB)
    Permalink

    Ini berita gak usah seperti ini, gak semua kurier seperti yg dipaparkaj diatas.. Jangaklah membuat nila setitik rusak susu sebelanga..

    Klo memang ada kurier yg nakal ya tegur ajah, gak usah di naikkan menjadi berita, karena terkesan ada yg suka menari nari diatas bangkai orang lain… Trimaksih

    1
    14
  • 14 November 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Adik saya pernah jd kurir entarjaaaa.. Dan keluar ga sampe 1 bulan, saya tanya kenapa?.. Jawab nya sudahmah diupah perpaket kalo ga salah 3rb.. Eh sekali bawa sekaligus banyak, bawa motor berat, alamat tujuan sering ga pas. Rumah kosong, waaah berat2. Untung resign dia, skrg di tempat yg lebih enak alhamdulillah.

  • 15 November 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Mana berani… Antareja gonlok komen Dan menjawab disini. Saya berani taruhan. Kurir sampah

  • 15 November 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah pake anterbae, keluhannya sama persis. Kirimnya luamaaa…n ga ada inisiatifnye. Padahal sy jg ada pengertiannya buat abang kurir dari 5k-10k sbgai ganti freeongkir.
    Sudah cukup n terima kasih pake kurir anterbae (blacklist), buat gantian, sy bikin pesanan ke alamat n nama samaran buat pusing kurir. Gantian di permainkan.
    Sekrg hapus toko online yg pake kurir anterbae, ganti ke toko online yg ga pake kurir anterbae. Skrg dah nyaman blanja online tanpa kurir anterbae, kurir B pengiriman cepat+inisiatif.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kurir Menelantarkan Paket, Malas Cari Alamat dan Tidak Berusaha Menghu…

oleh Purnama dibaca dalam: 1 menit
17