Tidak Bisa Makan karena Uang yang Tersisa Tidak Keluar dari ATM, tapi Saldo Terpotong

Pagi sekitar pukul 9.30 kami berniat mengambil uang di ATM BRI unit Karangwangi, Cirebon. Kebetulan transferan dari hasil jualan di Shopee dan TikTok Shop ada yang sudah cair, meski sedikit. Perlu diketahui, kami sekarang hanya fokus di usaha jualan online, setelah pekerjaan utama kami mengalami pailit. Mau tidak mau semua kebutuhan rumah tangga di-handle dari jualan di marketplace online.

Kembali ke cerita awal, sebelum mengambil uang di ATM, memang kami sudah merencanakan setelahnya untuk membeli beras, susu, BBM, potong rambut anak dan sisanya untuk membeli produk pesanan di Shopee dan TikTok Shop. Namun apa daya, ketika mengambil duit di ATM senilai Rp700 ribu pada tanggal 12 November pukul 9.44, proses di mesin lama banget, dan akhirnya gagal, uang pun tak keluar.

Kami panik, lalu mencoba ke mesin ATM di sebelahnya, tapi ternyata tidak bisa, dengan keterangan kode sudah terpakai. Lalu kami cek via BRI mobile, ternyata saldo sudah terpotong. Setelahnya kami konsul ke satpam BRI setempat, lalu diarahkan untuk  membuat laporan pengaduan via BRI mobile, dengan waktu menunggu 8-15 hari kerja tidak termasuk hari libur.

Dari kejadian ini, kami sebagai rakyat kecil yang tidak mempunyai banyak uang atau tabungan, berharap agar proses pengembalian saldo yang terpotong bisa dipercepat semaksimal mungkin, dalam hitungan jam. Karena kami merasakan apa yang terjadi pada diri kami pribadi sangat menghambat untuk roda perekonomian kami.

Belum lagi efek domino dari kejadian ini, kami harus menunda untuk membeli beras, susu, BBM, sampai kami harus mogok motornya. Belum lagi tangisan anak minta susu, minta makan. Belum lagi misalkan ada yang urgent untuk berobat atau membeli obat. Entah sampai kapan saldo kami akan kembali. Yang pasti kami sekeluarga harus makan, tapi apa daya beras tak ada, saldo di ATM pun tak ada.

Untuk direktur BRI dan menteri BUMN, ini mungkin masalah sepele, tapi dari hal sepele ini banyak orang yang lumpuh ekonominya dan harus menahan lapar karena tidak ada yang untuk membeli beras.

Terima kasih.

Mohammad Ruziq
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ATM BRI:
[Total:291    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Mohammad Ruziq

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

69 komentar untuk “Tidak Bisa Makan karena Uang yang Tersisa Tidak Keluar dari ATM, tapi Saldo Terpotong

  • 17 November 2022 - (13:32 WIB)
    Permalink

    sorry nimbrung pak, pernah alami kasus gini juga dan mnrt ku di BRI penyelesaian masalahnya termasuk cepat. Soalnya aku alami kasus kayak gini, uang sudah balik dalam 2 hari kerja doang. trus uang juga balik otomatis tanpa lapor ke Bank atau call center. namanya juga mesin pasti ada aja yg trouble dan ini juga bisa terjadi di semua bank.

    21
    19
    • 17 November 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pa,mungkin kondisi kami dan bapak berbeda pada kasus yang sama.

      19
      4
      • 17 November 2022 - (14:32 WIB)
        Permalink

        pak pak…cek dulu rekening ya….udh terkredit lagi apa blm…biasanya BRI itu cepat proses pengembalian y..jgn sampe udh ada pengkreditan direkening anda..tp koarkoar belum ada pengembalian..atiati pak sblm buat di MK..nnti anda malu sndiri udh jatuhin reputasi BRI yg udh maksimal untuk nsbhnya.

        7
        47
        • 17 November 2022 - (16:12 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillah saldo kami sudah kembali dan permasalahan sudah Clear.
          Maaf bapak yang terhormat,Kami tidak ada maksud sedikitpun untuk menjelekan atau menjatuhkan reputasi BRI.Seyogyanya kami sebagai Nasabah dan pihak bank sama2 membutuhkan kritik dan saran agar kita saling bisa BEREVALUASI demi kemajuan bersama.Kami sebagai Nasabah Bank BRI selama ini merasa terbantu dengan fasilitas yang ada,.Mohon di maklum karna kejadian ini tidak di waktu yang tepat untuk kami sehingga tidak bisa mencari solusi di waktu yang singkat.

          43
          3
          • 17 November 2022 - (17:38 WIB)
            Permalink

            Bruno… Memang product edan

            18
          • 18 November 2022 - (00:29 WIB)
            Permalink

            Uangnx dah dikmblikan 15november lalu ya pak’ coba di cek lagi

            7
            2
        • 17 November 2022 - (17:41 WIB)
          Permalink

          Ya namanya orang jg panik uang segitu2nya ga keluar, tp saldo kedebet. Kalo mau jd buzzer BRI tlg yg berwibawa dikit lah, andaikan itu terjadi pd dirimu bagaimana. msh bs tenang? penulis sudah tepat memasukkannya di MK agar uang dpt kembali dgn lebih cepat

          48
          4
          • 18 November 2022 - (09:15 WIB)
            Permalink

            Saya bukan buzzer BRI saya hnya sbg nasabah BRI…sblm anda berkata kyk gitu..saya udh pernah mengalami hal sama sperti TS..dan sdh terselesaikan max 3 hk…TS Trx tgl. 12 coba tnyakn ke TS dikembalikan ke rek, y tgl brp…apa sbelm posting di MK atau sesudahnya?

            4
            17
        • 17 November 2022 - (20:44 WIB)
          Permalink

          Mau tanya buzzer itu apa dan juga Banser itu apa
          Sering denger tapi gatau artinya

          4
          1
          • 17 November 2022 - (20:46 WIB)
            Permalink

            Oh iya terus kalo persen mie di gacoan itu caranya gimana ya
            Soalnya kemaren habis mbaknya nyatet pesanan gua semalaman gua tunggu kok gk dipanggil juga ya nama gua

            1
            12
          • 18 November 2022 - (05:04 WIB)
            Permalink

            Liat di bumn noh ada dah arti nya tong

        • 18 November 2022 - (11:02 WIB)
          Permalink

          @pak yasin muhammad, anda buzzer bank tersebut apa gimana?
          Waktu si bapak ts ini nulis di mk, pasti karena direkening uangnya belum balik, wajar kalau ts panik, karena uang tinggal segitu2 nya ga ada lagi, anda mungkin sebagai buzzer bank tersebut belum pernah mengalami uang nol rupiah, sementara anak butuh susu,
          Lain kali, komen pakai empati sedikit, tidak perlu pakai bilang “nanti malu sendiri”.
          Semoga suatu saat anda tidak merasakan rasanya tidak punya uang sampai nol rupiah.

          34
          1
        • 19 November 2022 - (05:36 WIB)
          Permalink

          Nama yasin muhammad, kelakuan minim akhlak. Elu jgn selalu mandang orang yg diatas mulu tong, liat sesekali yg dibawah yg makan aja susah. Mau 2 hari kerja dibalikin juga kalo duit cuma swgitu kan masih kaga makan 2 hari itu. Belom merasain susahnya hidup sih. Moga2 ngerasain lu

          6
          2
        • 28 November 2022 - (07:00 WIB)
          Permalink

          buzzer bri kau ya? rendah kali, ini TS hanya minta hak nya di percepat, kau gatau apa2 kalo uang lagi butuh tapi terhambat karna mesin dan layanan BRI yang bobrok

      • 19 November 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Saya beramsumsi si bapak ini dilingkungannya pasti gk disukai jg. Karena saya membayangkan tulisannya saat dia bercerita langsung, sgt mendramatisir.. Dan saya sudah beberapa kali bertemu dg tipikal spt ini, mrk hnya kekurangan perhatian dan lebih suka membanggakan diri di balik kesulitan..istilahnya merendah utk meroket. Org yg 1 kali bertemu pasti msh akan simPATI, tp klo udh sering pasti ogah ketemu dan malah akan menghindar.

  • 17 November 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    hitungan jam sepertinya mustahil karena perlu pengecekan, paling cepat 1-2 hari…
    ini kejadiannya 12 nov 2022, baru terbit suratnya hari ini 17 nov 2022
    apakah sudah ada pengembalian?
    jika belum semoga dengan adanya surat pembaca ini ada respon lebih cepat dari BRI

    14
    • 17 November 2022 - (14:36 WIB)
      Permalink

      iya setuju bro BRI prosesnya biasanya cepat..1-2 hk…saya yakin gk dicek tuh rekeningnya.

      5
      17
    • 17 November 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Di simak lagi kak itu masalahnya. Ada kalimat “Setelahnya kami konsul ke satpam BRI setempat, lalu diarahkan untuk membuat laporan pengaduan via BRI mobile, dengan waktu menunggu 8-15 hari kerja tidak termasuk hari libur.” Gila duit tinggal 700.000 tenggang waktu 8-15 hari. Satpamnya butuh training lagi. Soalnya BRI tempatku satpamnya kalo ditanya” yang keluar mirip sama CSnya. Uda serasa CS BRI dekat rumahku ada 2 tempat. 1 pintu masuk yang ke-2 di loket CS

      9
      2
    • 18 November 2022 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Saya baru aja ngalamin di Mandiri pembayaran obat pake kartu debit.dua kali mesin mandiri koneksinya error.beralih ke mesin BNI langsung terdebet.ternyata pas cek mbanking saldo terdebet jg di mesin Mandiri.gak smp 5menit,uang yg terdebet di mandiri balik lagi

  • 17 November 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Emang sekere apa sampian bosss
    Krn tak bisa tarik tunai dan tabungan berkurang 700 sampai sampian tak bisa makan, beli susu anak dan lain nya…
    Padahal sampian punya usaha online
    Yg bisa di bilang ada penghasilan tetap….
    Di banding kan para buruh serabutan yg tak tentu…..

    Semoga tabungan sampian segera kembali dan jualan online nya laris dan berkah…..
    Agar bisa beli beras, susu dan lain-lain nya……

    8
    44
    • 17 November 2022 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Mungkin Bapak perlu Berjualan Online agar Lebih Tau kondisi yang sebenarnya.Setiap manusia berbeda2 Kondisi,jangankan kami,Terkadang artis juga kalo ekonomi lagi Dropp atau sepi jobb bisa ngga makan.

      14
      2
        • 19 November 2022 - (10:40 WIB)
          Permalink

          Saya yakin ni org adalah ex bank ini krn di pecat, atau pernah jd karyawan dan tdk capai target dikeluarkan..pdhl keluarganya sdh sgt bangga dia kerja d bank yg sdh dihina nya ini,sehingga apa pun pencapaian atau kesalahan sistem dia bakalan akan vokal menyuarakan sambil menjelek2 kan…karna kata2 nya sgt mencerminkan sakit hati pada bank ini.

    • 17 November 2022 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Bahasa mu kaya sampean tinggal di atas langit bosss…mudah2an sampean gak sampe jatoh Trus benjool sampe di blkang bosss

      • 17 November 2022 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Terimakasih atas kritik dan saranya.
        Pa/Bu mohon maaf kami tidak mencuri atau merampok.Apa kami salah menulis kejadian rill yang terjadi.?
        Perlu di ingat,Tangisan / rengekan anak minta susu itu sangat menyayat hati.

        22
        2
        • 17 November 2022 - (18:18 WIB)
          Permalink

          Intinya kalo mau cepat pegang sendiri mas,perusahaan juga ada aturannya,saya juga pernah seperti itu mas,memang kita tidak bisa apa apa karena mereka juga punya aturan,iya saya tahu memang uang itu urgent bagi mas nya,tp kita juga harus ikut aturan perusahaan

          5
          20
    • 18 November 2022 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Wadaaww komentarmu boss,hidup didunia bagaikan roda berputar bos kadang diatas kadang dibawah,smga aja anda sllu diatas ya boss agar tdk prnh merasakan dan mengerti apa yg dirasakan beliau sprti saat ini,Aamiin ☺️🙏

      11
      1
    • 18 November 2022 - (04:25 WIB)
      Permalink

      Kondisi orang beda beda mas..coba deh sekali kali maen ke warung tempat mangkal abang abang becak..buat ngupi 2000brupiahvpun terkadang ndak punya…
      Tapi sudah bagus si doanya..semoga ijabah..

    • 18 November 2022 - (11:10 WIB)
      Permalink

      Maaf pak Rotib,
      Ga perlu bahas “sekere’ di media konsumen.
      Dibacanya TIDAK enak, kita tidak pernah tau kebutuhan orang apa saja, mendesak, atw anak sakit atw istri hamil atw orang tua sakit.
      Uang 700ribu miliknya adalah hak dia, kalau anda TIDAK bisa kasi komen yg baik, sebaiknya tidak perlu BERKOMENTAR,kalau isi KOMENAN ANDA cuma julid tan macam ibu ibu komplek.

      15
  • 17 November 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Semoga uangnya bisa di klaim secepatnya tanpa kendala berarti ya pak. Mungkin tulisannya cukup apa adanya saja tidak perlu hiperbolik begitu. Pihak korporat dan birokrat tidak akan peduli sekalipun susu tak terbeli BBM naik tinggi.

    7
    1
    • 17 November 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Terimakasih kk atas saran Bijaknya.
      Itulah yang kami rasakan,Jangankan menunggu Sehari 2 hari,Kalo sudah waktunya makan dan susu anak tidak ada kata Toleransi.

      10
      5
      • 17 November 2022 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Maaf pak tidak bisa se enaknya minta hitungan jam,semua ada prosesnya,seolah2 langsung menyalahkan pihak bank,dan minta segera selesai,maaf jika saya bersikap kasar

        4
        17
        • 17 November 2022 - (15:20 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atas Saran Kritiknya,Tapi semua Aturan dan Kebijakan bisa di Perbaharui apalagi sekarang Teknogi yang semakin Maju.Contoh yang terbaru,Penarikan di ATM masi menggunakan Kartu,sekarang mulai bertransformasi lewat Aplikasi.Dari hal inilah kami mempunyai keyakinan bahwa pihak Bank mampu untuk memaximalkan Teknologi Terbarukan.
          Ibu yang Terhormat,Coba ibu bayangkan,Setiap Orang2 yang mengambil/Menarik Duit di mesin ATM mempunyai maksud dan kebutuhan yang berbeda beda,Ada yang hanya untuk mengisi Dompet,Ada yang untuk belanja modal jualan Cilok atau jualan lainya,ada yang untuk berobat atau membeli obat,ada yang untuk membeli kebutuhan dapur,semuanya berbeda beda.
          Ibu yang Terhormat,Tidak semua orang yang mengambil uang di ATM itu mempunyai saldo yang lebih,Mungkin hanya saldo sisa2 terakhirnya yang harus segera di belanjakan.
          Ibu yang terhormat,Mungkin ibu berpikiran Hutang saja dulu atau menjual barang berharga dulu untuk menutupi.Itu solusi yang tidak bisa di bantah ibu,tapi kita kembali lagi ke prinsip Dasar Manusia.Tidak semua Orang bisa berhutang ibu,Entah karna pihak yang akan di hutang berkenan atau tidak untuk menghutangi,Atau memang karna kondisi kita sendiri yang sedang jauh dari sanak saudara misalnya atau yang lainya dengan sebab2 yang tidak bisa di perinci.Untuk Hal Harta yang berharga,Ibu yang Terhormat tidak semua orang mempunyai Harta yang berharga,.
          Ibu yang Terhormat,Sekali lagi Ki tidak menyalahkan pihak manapun,Mohon di bedakan antara Kritik dan Saran.
          Semoga dengan semakin Canggihnya Teknologi,hal semacam ini tidak pernah Terjadi lagi.Kami yakin BRI bisa mengembangkan Teknologi yang Mumpuni.
          Terimakasih

          24
          3
          • 17 November 2022 - (16:05 WIB)
            Permalink

            contohnya kurang cocok, ini bukan masalah teknologi, tapi tetap butuh pengecekan ke mesinnya untuk memeriksa apakah sisa uang di mesin cocok dengan data transaksi di data atmnya
            butuh “manusia” untuk mengecek dan ini butuh waktu

            9
            1
  • 17 November 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah Langsung di Hubungi Pihak BRI dan saldo sudah kembali.Terimakasih untuk saudara yang berkenan komentar baik yang berupa Saran dan Kritikan.
    Kami menulis sesuai apa yang terjadi dengan kondisi pada saat itu,Memang Tidak mudah mencari solusi dalam waktu yang sangat singkat terutama urusan perut,Terlebih Perut Anak2.
    Jadi siapa yang salah kami tidak tau,Semoga Kedepanya dengan Di bantu Do’a pembaca,Kami bisa seperti Raffi Ahmad dalam hal keuangan,agar apabila terjadi Hal Demikian kami tidak pusing karna Tabungan kami Masi banyak.
    Terimakasih pengurus Media Konsumen yang telah membantu menerbitkan Artikel Keluhan kami.

    23
    6
    • 18 November 2022 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah kalau uangnya sudah kembali pak. Maaf kalau boleh saran, gunakan bank BCA atw Bank Mandiri saja, karena pengalaman saya dengan Bank Bca, 2x seperti kasus bapak, dalam 2jam uang kembali.
      Pernah 1x dengan bank mandiri, tidak sampai 24jam uang dikembalikan ke rekening Mandiri saya.

      7
      1
  • 17 November 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kasih atas kritik dan saranya.
    Maaf sebelumnya,Kami sebagai pekerja ketika perusahaan kami mengalami Kebangkrutan entah kata apa yang pantas selain menggunakan kata pailit jika kata pailit di permasalahkan.

    7
    4
    • 17 November 2022 - (16:15 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas kebijaksananya dalam menyikapi setiap masalah.

      2
      7
  • 17 November 2022 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Orang kalau tidak pernah miskin ya susah, ga bakal bisa ngerti. Kalau tidak ada ya beneran tidak ada, jangankan seratus ribu. Seribu pun kalau ga ada ya ga ada.
    Pernah dulu jmn masih muda kost d JKT, gaji katanya ditransfer senin pagi. Air minum sudah habis, trnyata ditransfer siang. Terpaksa minta air minum tetangga kost, dikasih sebotol walau ngomel. Jam 11siang ditransfer baru bisa beli air galon, skalian bliin tetangga kost gorengan buat tanda terima kasih.

    19
    1
    • 17 November 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Terimakasih mas / mbak.

      Ternyata Masi ada orang bijak seperti mas / mbak.
      Terimakasih mas moga sehat selalu panjang umur di mudahkan rezekinya.amien

      9
      6
    • 18 November 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Yes saya setuju dengan anda Pak/Bu Lisianto. Kalau tidak ada ya beneran ga ada, jangan 700ribu, seribu rupiah pun ga ada.
      Saya pernah mengalami masa masa kuliah sambil kerja di Jakarta, kekampus jalan kaki dan puasa.
      Yang komen sok sok ngatain dan julid, fix sie memang antara ga punya empati ( tidak mau berusaha berempat) atw ya memang tidak pernah merasakan tidak pegang uang “sepeserpun” bahasanya. Dan dari semua itu, better “DIAM ” TIDAK USAH KOMEN JULID masalah orang.

  • 17 November 2022 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Cara berceritanya emang sedikit lebay, tp mgkn untuk menarik simpati ya, okelah..
    Dan gw setuju, bukan BRI aja.. urusan kayak begini harusnya hitungan jam atau 1x24jam adalah maksimal.. skrg jaman digital semua ada jejaknya.. termasuk di cctv atm bs dicek apakah uangnya keluar atau engga.. trus di log atm ketauan, dr sisa duit di atm juga keliatan.. apa yg membuat jd 8-15hari?!

    11
    1
    • 17 November 2022 - (18:11 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas pengertiannya,permasalahan sudah Clear.Alhamdulillah usaha jalan lagi.

      2
      3
    • 17 November 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Lebaynya emang pantes, soalnya “cuma” 700rb udah panik. Inget yang kemarin ngaku orang kecil tapi cicilan rumah 8juta ? Ternyata dia kerja di Senayan jadi stafsus DPD 🙄

      7
      4
      • 18 November 2022 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Kalau yg cicilan KPR 8jt menurut sy pribadi memang aga berlebihan dengan kalimat rakyat kecil, tapi poin yg sy tangkap, dia berurusan dg bank plat merah, yang sy tau memang aga ribet itu bank.
        Kalau yang ini, kan uangnya memang cuma 700rb dan kalau dia bilang ga ada uang lagi dan urusannya sama susu anak, ya saya rasa masih wajar, karena dibank bca kan itu bisa balik dananya ga sampai 24jam. (Pengalaman pribadi sy).

  • 17 November 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Duh dramanya sangatlah wow. Padahal faktanya hanya sampai saya tarik duit d ATM dan uang tidak keluar tapi saldo tetap terpotong. TITIK.
    Perlu banget ga sih cerita asal muasal duit dr mana dan buat apa. Ga sekalian dijelasin mw beli susu sama beras merk apa? Berapa kilo/bungkus? Trs buat sapa aja?
    Solusi nya yah urus ke cabang, cek CCTV ATM dan minta bank balikin duitnya.
    Udah itu aja. Terserah mw beli apa abis itu.

    12
    8
    • 17 November 2022 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Iya mendramatisir banget, trus kenapa kalau rakyat kecil, apakah rakyat kecil harus mendapatkan perlakuan khusus dari bank bri kalau ada masalah?
      Trus kalau bukan rakyat kecil apakah jika ada masalah gaakan diselesaikan karena harus mendahulukan rakyat kecil ini ?

      Perusahaan sekelas bank bri itu harusnya profesional, gaada bedanya rakyat kecil ama besar , apalagi kalau ada masalah.

      Ini dari cara penulisan kek minta di spesialkan cuma karena kata rakyat kecil.

      5
      2
  • 17 November 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya bapak harus mulai menyisihkan sedikit dari setiap penghasilan untuk cover kebutuhan mendadak dan tak terduga.
    Selain itu juga perlu untuk menjalin hubungan yang baik dengan tatangga dan saudara, agar kalau kita butuh bantuan mereka dengan senang hati membantu kita.

    15
    • 18 November 2022 - (01:47 WIB)
      Permalink

      Stlh sy bc komen2 disini komen anda yg paling 👍memberi solusi kedepanya tnp menyudutkan 🙏🙏🙏

  • 18 November 2022 - (02:25 WIB)
    Permalink

    Mungkin kedepan biar sama sama safe, ada uang darurat dan pegangan, karena kita juga ga bisa memaksakan sesuatu yang bukan kontrol kita, boleh boleh ajah si minta dipercepat, namun kita musti legowo kalau toh hasilnya ga sesuai harapan yang kita mau, bank manapun pasti ada proses pengecekan ya, saya pernah transaksi tokopedia dan dibatalkan seller, duit saya ngegantung lebih dari 10 hari, saya minta cepat, tapi juga ga bisa hari itu juga, selang 5 hari dana saya kembali. Tapi saya mengerti dan masih batas wajar, sehingga belum perlu untuk masuk ke media konsumen yang notabene media ini adalah khusus keluhan yang sifatnya merugikan dan menyalahi sop atau aturan atau norma atau etika dan sebagainya.
    Turut senang akhirnya masalahnya terselesaikan dengan cepat.

  • 18 November 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    masalah dah beres tp masih pada ribut, di kasih contoh di sangka buzzer ngeri jaman now

  • 19 November 2022 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Syukur lah masalah TS sudah terselesaikan dan uangnya kembali. Utk para netizen yg nyinyir: uang 700rb itu bisa menjadi sangat besar dan bisa menjadi sangat kecil. Bagi yg belum pernah merasakan uang segitu terasa besar, maka bersyukurlah rejeki anda masih bagus. Tp ingat roda itu berputar, suatu saat nanti pasti akan merasakan nominal 700rb itu besar.
    Krn saya sudah mengalami nya. Saat pendapatan kita tinggi, bahkan uang 2-5jt saya anggap kecil/sepele. Namun tatkala saya sedang kesulitan, bahkan 250rb terasa berat bagi saya. Yah pekerja proyekan gampang bgt merasakan naik turunnya pendapatan. Maka jangan anggap sepele nominal 700rb. Berdoa saja anda2 semua yg sedang “kaya” saat ini tidak mengalaminya, setidaknya dlm waktu dekat ini. Oh ya, jikalau sudah mengalami nya tolong ingat2 lg perkataan anda di MK ini yg intinya menganggap uang 700rb adalah nominal yg kecil.

  • 19 November 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya 12 November 2022, Uangnya dikembalikan 15 November 2022. Surat di Media Konsumen 17 November 2022. Yang saling serang para komentator. Meributkan suatu masalah yang sudah selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai ATM BRI?

Ada 69 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Makan karena Uang yang Tersisa Tidak Keluar dari ATM, tapi …

oleh Mohammad Ruziq dibaca dalam: 1 menit
69