Biaya Overlimit, Annual Fee dan Late Charge Kartu Kredit Bank Mega yang Memberatkan Nasabah

Saya nasabah kartu kredit Bank Mega, merasa keberatan mengenai biaya- biaya yang dibebankan oleh Bank Mega.

Tagihan Agustus 2022

Saya dikenakan biaya overlimit sebesar Rp 250.000, karena ada kelebihan tagihan sebesar Rp157.211. Saya menghubungi CS untuk pengajuan penghapusan biaya overlimit nomor REV: 14101987. Setelah saya tunggu lebih dari 7 hari, tidak ada info dari pihak Bank Mega mengenai pelaporan saya. Tetap saya yang harus telepon follow up untuk pelaporan saya. dan pihak bank Mega tidak menyetujui penghapusan overlimit fee. Setahu saya, seharusnya dari bank ada limit toleransi.

Tagihan September 2022

Saya dikenakan biaya Annual Fee sebesar Rp750.000 dan lagi- lagi dikenakan biaya overlimit sebesar Rp250.000. Karena ada annual fee, sehingga kembali overlimit. Saya kembali harus menghubungi CS nomor REV: 14278886, mengenai pengajuan penghapusan biaya overlimit dan annual fee, apakah disetujui atau tidak. Setelah saya hubungi jawaban dari CS bahwa pengajuan saya tidak disetujui untuk biaya overlimit, tetapi biaya annual fee bisa dihapuskan dengan ketentuan melakukan minimal transaksi. Saya menghubungi kembali CS (nomor laporan: 14278978) untuk meminta kembali info tentang penghapusan overlimit, tetap tidak disetujui dengan alasan kebijakan bank.

Tagihan Oktober 2022

Saya dikenakan biaya late charge sebesar Rp100.000, padahal saya sudah lakukan pembayaran satu hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Saya sebagai pengguna kartu kredit Bank Mega merasa sangat dirugikan karena biaya-biaya yang kesannya terlalu dipaksakan untuk mengambil keuntungan dari nasabah. Dengan kondisi ekonomi saat ini, seharusnya ada toleransi dari pihak bank, karena secara pribadi saya sedang mengalami kesulitan ekonomi, ditambah lagi dengan biaya-biaya yang dibebankan.

Mohon tanggapan dari Bank Mega untuk masalah ini. Terima kasih.

Harun M. Nasution
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:166    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Biaya Overlimit, Annual Fee dan Late Charge Kartu Kredit Bank Mega yang Memberatkan Nasabah

  • 24 November 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Kalo pakenya smart, ajuin naik limit sementara, ngga bakal kena charge overlimit. Malah limit sementara bisa diadjust jd limit tetap, syangnya tdk smart jadi yg gitu deh…

    8
    11
    • 24 November 2022 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Juni lalu sudah pernah anda ngeluh hal yang sama, dimana kerap per bulan tagihan dikenakan overlimit. Disini jelas anda itu pemakaian nya sudah sangat mepet limit yang disediakan, dan tagihan bulanan hanya dibayarkan minimal. Dan mungkin selain minimal juga anda belanjakan lagi terus. Sehingga susah manage sisa limit tuh berapa, karena tagihan berjalan juga dikenakan bunga tiap bulan. Gali lubang tutup lubang ya konsekuensi nya begitu. Untuk mencegah hal yang sama terjadi, perbaiki keuangan agar sisa limit ngga mentok2 amat.

      14
      • 24 November 2022 - (11:29 WIB)
        Permalink

        Knp sih suka pake CC bank Mega, btw trnyta udah pernah komplain masalah yg sama… Jatuh k lubang yg sama 2x dong

        5
        4
      • 27 November 2022 - (14:39 WIB)
        Permalink

        Iya bner tuh sbnernya bayar tagihan CC dengan minimum payment sangat tidak dianjurkan.karna bisa menumpuk.

      • 29 November 2022 - (08:52 WIB)
        Permalink

        Anda sangat memperhatikan saya. Atau anda bagian dari strategi marketing.

    • 24 November 2022 - (14:00 WIB)
      Permalink

      mungkin pengaturan pemakaiannya yang harus dikontrol, karena jika tidak maka naik limit juga nanti pemakaiannya tambah banyak, overlimit lagi..

    • 25 November 2022 - (04:20 WIB)
      Permalink

      Klw keberatan dgn biaya2nya, tutup saja kartu kreditnya nggak usah pakak2 kartu kredit, lebih tenang, lebih hemat nggak kena aneka biaya2 siluman dari bank tsb.. makanya klw pakai kk bayar full jgn cuma minimal paymentnya.. ingat kk itu cuma nunda pembayaran bukan utk nambah penghasilan bulanan.. jd pakai kk bila yakin bisa byr full tagihan bln depannya.

    • 26 November 2022 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Memang ketentuan untuk penghapusan anualfee di cc mega cukup memberatkan karena harus ada pemakai sesuai dengan limit yg ditentukan dari cc mega maka disanalah sering terjadi over limit pemakaian, contoh untuk cc MNC penghapusan anualfe cukup dengan 2x pembelajaan 2x dan tidak ditentukan untuk besaran nominalnya kalo saya kira lebih bijak MNC memanjakan nasabahnya

      • 27 November 2022 - (14:40 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna cc permata dan alhmdulilah buat hapus anualfee saya selalu ancam cs nya buat nutup Cc dan akhirnya mereka mengratiskannya deh

        • 27 November 2022 - (15:29 WIB)
          Permalink

          Sy kalo minta penghapusan annual fee gak pake ancam nutup, tp selalu diapprove kok. Selama pemakaian dan pembayaran lancar, bank akan selalu approve, bahkan sy pernah telat bayar tagihan sehari karna salah ingat tanggal, minta dihapuskan denda langsung approve jg.

    • 24 November 2022 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Ini limitnya berapa kok sampai over limit berkali kali?
      Dulu saya pernah pas masih limit 3 jt juga kena charge overlimit tapi bisa dihapuskan. Setelah itu limit malah terus naik tanpa diminta sampai diatas 50 juta, sereeemmm.
      Akhirnya karena ada suatu kejadian, semua CC (4 CC bank berbeda) aku tutup. Puji syukur lebih tenang dan bisa kontrol pengeluaran.
      Sampai sekarang masih sering di telpon Bank Mega dan Cimb buat bikin CC lagi. Big No!

      7
      2
    • 25 November 2022 - (10:34 WIB)
      Permalink

      CC bank Mega kog dipakai pak . Auto tutup aja pak . Bank terburuk yg saya kenal . Uang sy dimakan , katanya iuran suruh bayar dulu , nanti akan dikembalikan . Nyatanya zonk .

  • 25 November 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Aku dah banyak tahun pake cc Bank Mega, nyaman aja.kalo fee annual muncul, bisa minta dihapus. Dapat diskon di banyak outlet.so far so good.tapi emang kalo telat atau ovelimit akan kena charge, makanya hati2.di bank lain juga gt.cc mandiri aku juga kalo telat atau overlimit kena charge. Kan aturannya dah jelas.kalau cerdas memakai insya Allah aman.

  • 25 November 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Pernah gara-gara pemakaian pas di limitnya. kena overcharge fee karena
    kena fee SMS notif ke HP yg jumlahnya 10rb pas bayar.

    JD kena overlimt charge karena lebih 10rb, Krn notif SMS ke HP wkwkwkwk… kocak emang.

  • 25 November 2022 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sy, kartu sy dihack. Biasanya setiap transaksi online di kartu bank lain ada permintaan konfirmasi di sms. Ini tdk ada, tau2 ada pemakaian yg cukup besar. Sy melapor, dikirim kartu baru dan pemblokiran. Tapi nilai yang bukan transaksi tetap dibebankan. Jelas sy keberatan. Sy lapor lagi sy hrs menunggu 3 bulan dan membayar sementara sampai penyelidikan membuahkan hasil. Sungguh sbg nasabah sy merasa tdk aman dan dilimpahkan beban.

  • 25 November 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Kalo memang sudah tidak sesuai, ya ditutup saja. Terkait biaya yang mengada ada kalo saya baca itu sudah by sistem muncul biaya overlimit, kena tagih iuran denda dll jadi over limit muncul lagi. Semua otomatis bukan dari bank pake orang manual nambahin terus sengaja muncul denda.

    Kalo sudah overlimit berkali kali kenapa sebelum pakai tidak cek dulu sisa limit berapa?
    Apalagi kalo nominal besar bisa kira2 limit mentok atau tidak.
    Kalo mau alasan kepepet ya jangan salahkan banknya. Bank menolak untuk hapus ya sah-sah saja, orang pas ngajuin aplikasi si pemakai setuju sama syarat dan biaya yang akan muncul kok.

    Kalo saya dari pihak bank ga mau hapus sih sudah saya tutup itu kartu, ga perlu posting disini kecuali memang posisi kita benar dan sudah seharusnya pihak bank bertanggung jawab.

    Kalo memang masih ga mau tutup, berarti kan memang doyan digituin sama bank ini.

  • 27 November 2022 - (05:02 WIB)
    Permalink

    Emang susah ngajuin penghapusan biaya² di Bank ini, kecuali amf itu jg pake syarat.. klo Biaya Keterlambatan, Bunga, Over Limit jgn harap, hanya 1x aja kesempatan dihapuskan selama menjadi anggota.. Mending tutup aja💪 semangat lunasi tagihan kk ini

  • 27 November 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Bank mega banyaj embel embel nya ya..
    Utk biaya overlimit si sama kaya di CC bank permata 250rb dan ga ada biaya aneh aneh lagi..

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Biaya Overlimit, Annual Fee dan Late Charge Kartu Kredit Bank Mega yan…

oleh Harun dibaca dalam: 1 menit
21